√ Ukuran Kertas HVS Lengkap (dalam cm, mm, inch & perbedaan)

Ukuran Kertas Hvs – Kata hvs ini yaitu singkatan yang diambil dari bahasa Belanda “Houtvrij schrijfpapier” yang artinya kertas tulis bebas serat kayu.

Kertas hvs sendiri sekarang sudah banyak sekali digunakan dipasaran mulai dari kertas yang berukuran A5, B5, A4, Quarto, F4, dan A3.

Kertas ini juga sudah menjadi kalangan wajib oleh para mahasiswa dan karyawan kantoran, setiap harinya mereka banyak menggunakan kertas hvs ini untuk membuat laporan kuliah, dan tugas kuliah.

Jenis Ukuran Kertas HVS

Ukuran Kertas HVS

idseducation.com

Ukuran kertas HVS ini sudah menyesuaikan jenisnya berikut akan elnuha ulas tentang jenis dan ukuran dari kertas HVS yang biasa dipakai dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan skala internasional.

Ukuran Kertas Seri A

ukuran kertas a2

satujam.com

Kertas Seri A ini biasa digunakan oleh para karyawan perkantoran, sekolah dan penerbitan, yang paling terkenal dari seri ini adalah jenis kertas A3 dan A4.

Kertas A4 ini memiliki ukuran kertas setengah dari ukuran kertas A3. Kertas A3 ini juga memiliki ukuran 29,7 x 42 cm sedangkan A4 memiliki ukuran 21 x 29,7 cm untuk jenis kertas A4 ada lagi jenis A4 s yang mempunyai ukuran 21,5 x 29,7 cm.

Ukuran Kertas Seri B

Jenis ukuran kertas seri B ini biasa dipakai untuk keperluan cetak seperti poster besar atau sebagai media lukis yang berada di dinding.

Jenis kertas Seri B ini tidak begitu populer di kalangan masyarakat, namun yang paling sering di pakai dari jenis kertas sei B ini yaitu seri B3 dan B5. B3 yang memiliki ukuran kertas HVS 35,3 x 500 cm dan ukuran kertas B5 17,6 x 25 cm.

Ukuran Kertas Seri C

ukuran kertas seri c

Bila Anda ingin menggunakan kertas HVS ini untuk membuat amplop, map, dan kantor pos, maka pihak percetakan biasannya memakai seri kertas C ini sebagai bahan utama dalam membuatnya.

Ukuran kertas HVS seri C ini dapat dibedakan menjadi C0, C1,C2, C3, C4, C5, C6, C7, dan C8. Masing-masing ukuran kertas ini memiliki ukuran yang berbeda-beda yang paling besar adalah C0 yang mempunyai ukuran 91,7 x 129,7 cm sedangkan yang paling terkecil adalah C8 dengan memiliki ukuran 5,7 x 8,1 cm

Ukuran Kertas Seri F

Berbeda dari seri kertas yang lainnya seri F ini hanya memiliki satu jenis kertas yaitu F4 yang mempunyai ukuran kertas 21 x 33 cm. Kertas seri F4 ini banyak sekali dipakai untuk keperluan foto copy.

Ukuran Kertas Seri R

ukuran kertas Seri R

Kalian tentu pernah mendengar istilah ukuran kertas 3R atau 4R, ya ini adalah jenis ukuran yang sering digunakan untuk cetak foto.

Ukuran ini biasa dipakai sebagai standar dalam pembuatan atau menentukan seberapa besar foto yang akan di cetak. Biasanya ukuran seri R ini dicetak dengan kertas canvas, glossy, Matt dan inkjet.

Ukuran Kertas Legal

ukuran kertas legal

Ukuran kertas Legal ini mempunyai ukuran 27,94 x 35,56 cm, ukuran yang cukup besar namun tidak lebih besar dari ukuranya dari kertas A3.

Baca Juga : Ukuran Kertas F4

Ukuran Kertas Letter

ukuran kertas lertter

Kertas Letter ini memiliki ukuran 21,59 x 27,94 cm dan tidak banyak memang orang yang memakai jenis kertas ini karena ukurannya yang terlalu kecil baik dalam segi lebar maupun dalam segi tinggi sehingga orang banyak memilih untuk menggunakan kuarto atau folio.

Namun secara otomatis komputer atau laptop juga akan memilih ukuran kertas ini sebagai kertas yang dipakai jadi pastikan bila Anda merubah pengaturan kertas jika tidak ingin menggunakan ukuran kertas letter ini.

Ukuran Kertas Tabloid

ukuran kertas tabloid

Ukuran kertas tabloid ini mempunyai ukuran 27,94 x 43,18 cm sesuai dengan namanya ukuran ini dipakai dalam pembuatan tabloid saja.

Ukuran Kertas HVS (mm, cm, inchi)

Ukuran Kertas HVS

blog.printerqoe.com

Kertas HVS ini hadir dalam berbagai jenis ukuran, namun yang sangatt populer digunakan di Indonesia hanya beberapa jenis saja dari sekian banyak jenisnya.

Mengetahui informasi dari masing-masing ukuran kertas ini merupakan hal yang sangat penting untuk memastikan dokumen yang tercetak dengan benar. Selain itu merupakan suatu hal yang bijak juga karena akan meminimalisir penggunaan kertas secara sia-sia.

Baca Juga : Ukuran Kertas B5

Ukuran Kertas A4

Kertas yang paling banyak sekali digunakan oleh masyarakat Indonesia yang pertama adalah ukuran kertas A4. Print, fotocopy, dan scan kebanyakan menggunakan kertas ini untuk kehidupan sehari-hari.

Spesifikasi ukuran dari Kertas A4 :

  • 8.27 x 11.69 inch
  • 21 x 29.7 cm
  • 210 x 297 mm

Ukuran Kertas F4 (Folio)

Kertas F4 ini sering kita kenali memiliki ukuran yang lebih panjang dibandingkan dengan kertas A4. Kertas F4 juga banyak sekali digunakan terutama untuk mencetak dokumen-dokumen resmi seperti SK (Surat Keputusan).

Spesifikasi ukuran dari Kertas F4 (Folio) :

  • 8.5 x 13 inch
  • 21.5 x 33 cm
  • 215 x 330 mm

Kertas F4 ini merupakan sebutan lain dari ukuran kertas Folio. Jadi ukuran kertas F4 ini sama dengan ukuran kertas Folio, tetapi Folio yang dimaksud bukan kertas Folio yang bergaris 2 lembar yang biasa dijual di tempat fotocopy, ya.

Perbedaan Ukuran Kertas Letter dan A4

Banyak masyarakat yang menganggap bahwa ukuran kertas Letter sama dengan ukuran kertas A4, tetapi ini merupakan anggapan yang salah besar.

Meskipun kedua kertas ini jika dilihat sekilas memang terlihat sama, tetapi sejatinya ukuran kertas A4 lebih panjang dibandingkan kertas letter.

Memang jika dipikir-pikir orang yang mengatur settingan kertasnya menggunakan ukuran Letter, sedangkan kertas yang digunakannya adalah ukuran kertas A4, maka hal itu tidak akan menimbulkan masalah yang terlalu serius jika sudah terlanjur.

Mungkin hal inilah yang membuat banyak orang yang keliru menganggap bahwa ukuran kertas Letter sama dengan ukuran kertas A4.

Baca Juga : Ukuran Kertas Folio

Perbedaan Ukuran Kertas Legal dan F4

Ukuran kertas Legal juga banyak sekali disamakan dengan ukuran kertas F4, padahal ini anggapan yang juga sangat keliru.

Kertas Legal berukuran lebih lebar dan lebih panjang dibandingkan kertas F4, bahkan panjangnya terpaut hingga 1 inchi.

Hati-hati jika pengaturan kertas yang berada di Microsoft Word menggunakan ukuran kertas Legal, sedangkan kertas yang akan digunakan untuk mencetak adalah ukuran kertas F4, dijamin akan ada bagian yang terpotong dan tercetak pada kertas lain.

Demikian yang bisa Elnuha sampaikan mengenai ukuran kertas hvs, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan sobat semua. 🙂

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply