√ Ukuran Kertas B5 (dalam cm, mm, inch & penggunaan) Terlengkap

Ukuran Kertas B5 – Umumnya, kertas B5 ini biasa digunakan untuk keperluan percetakan profesional. Misalnya seperti pembuatan majalah. Meskipun tak semua majalah itu menggunakan kertas B5 ini, namun kebanyakan majalah yang sering kita jumpai itu menggunakan kertas B5 ini.

Seri B ini besarnya kira-kira di tengah antara 2 ukuran dari kertas seri A, biasa digunakan untuk poster dan lukisan dinding.

Ukuran kertas sendiri memiliki standard dan konvensi yang berbeda-beda. Untuk setiap negara punya standard ukuran masing-masing, juga berdasarkan situasi setempat.

Beberapa negara mengikuti standar internasiona ISO (termasuk ukuran A4, B3, C4, dll). Ada juga standart lokal seperti yang banyak digunakan di Negara Amerika Utara ( Letter, legal, ledger, dll).

Standar ini berguna untuk menentukan berapa ukuran dari kartu, binder buku, majalah, koran, keluaran printer dll.

Penggunaan Kertas B5

ukuran kertas B5

elnuha.net

Fungsi dari kertas B5 ini biasa digunakan untuk berbagai kebutuhan percetakan seperti

  • Sampul buku
  • Paspor
  • Poster
  • Amplop
  • Majalan dan keperluan lainnya

Kertas jenis seri B ini memiliki karakteristik yang lebih tebal dibandingkan kertas seri A, sehingga percetakan profesional sering menggunakan kertas ini.

Ukuran kertas B5 ini sudah termasuk dalam Seri B berdasarkan ISO sebagai standar internasional. Ukurannya dapat ditentukan dalam satuan pengukuran dalam mm (milimeter) dan dapat dikonversi ke dalam unit lain juga seperti cm (centimeter) dan juga inci (inci).

Berikut adalah tabel ukuran dari kertas B5:

Ukuran Kertas B5 Standar

Ukuran Kertas B5

idseducation.com

Ukuran kertas dalam Seri B dan seterusnya sudah ditentukan dengan membagi 2 atau setengah ukuran kertas sebelumnya dalam dimensi yang lebih besar dari ukuran sebelumnya.

Ukuran Kertas Seri B ini juga menunjukkan representasi visual tentang bagaimana ukuran berhubungan satu sama lain, misalnya B5 setengah ukuran B4, dan B7 setengah ukuran kertas B6.

Ukuran Kertas B5 Dalam mm

Ukuran Kertas B5 yang dihitung dalam mm yakni 176 × 250 milimeter.

Ukuran Kertas B5 Dalam cm

Ukuran Kertas B5 yang dihitung menggunakan cm adalah 17,6 × 25 centimeter.

Ukuran Kertas B5 Dalam inci

Ukuran Kertas B5 dalam inci yakni 6,93 × 9,84 inci.

Ukuran kertas seri B Paper menjadi standar yang sering sekali digunakan sesuai dengan standart ISO dan secara luas sudah diterapkan secara internasional, termasuk seperti ukuran kertas B0, B1, B2, B3, B4, B5, B6, B7, B8, B9, B9, B10.

Ada banyak konvensi standar darai ukuran kertas lainnya yang telah ada pada waktu yang berbeda-beda dan di berbagai negara di seluruh dunia. Hal ini mempengaruhi atau biasanya banyak digunakan untuk menulis kertas, alat tulis, kartu, beberapa dokumen cetak, dan ukuran kertas yang masih terkait dengan amplop.

Mungkin itu saja yang bisa Elnuha sampaikan mengenai ukuran kertas B5, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan sobat semua. Terima kasih 🙂

Baca Juga:

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply