√ Teori Akuntansi Beserta Jenis, Pengertian, Sifat, Tujuan (Lengkap)

Teori Akuntansi – Suatu konsep definisi dalil yang telah memberikan suatu gambaran dari fenomena akuntansi secara sistematis. Tujuan dari teori ini yaitu untuk menjelaskan hubungan dari berbagai variabel yang ada di dalam struktur akuntansi sehingga dapat memperkirakan adanya fenomena yang mungkin akan terjadi.

Dalam melakukan sesuatu maka akan selalu ada teorinya entah itu yang kita sadari atau pun yang tidak kita sadari. Kebanyakan kita itu mengetahui praktek tanpa perlu adanya sebuah teori, misalnya seperti membuat adonan beton dll.

Secara teori tukang bangunan mungkin kurang tahu tapi mereka paham cara prakteknya. Tapi berbeda lagi dengan ilmu pasti seperti akuntansi.

Tanpa teori ilmu pasti seperti akuntansi yang akan sedikit kesuliatan untuk memperkirakan apa yang mungkin terjadi. Karena itu ada yang disebut dengan teori akuntansi. Apa itu teori akuntansi dan apa saja isi dari teori tersebut?

kali ini akan Elnuha bahas pada artikel kali ini. Selamat membaca!

Pengertian Teori Akuntansi

teori akuntansi

pintaar.com

Seperti ungkapan menurut Vernon Kam (1986) teori akuntansi ini merupakan sebuah sistem yang komprehensif. Dia telah membagi unsur teori dalam beberapa elemen, yaitu sebagai berikut:

  • Postulat atau asumsi dasar
  • Definisi
  • Tujuan akuntansi
  • Prinsip atau standar
  • Prosedur atau metode-metode

Nah dari penjelasan diatas ini maka bisa kita rumuskan bahwa teori akuntansi ini adalah suatu konsep definisi dalil yang telah memberikan gambaran dari fenomena akuntansi secara sistematis.

Tujuannya adalah untuk menjelaskan suatu hubungan dari berbagai variabel yang ada di dalam struktur akuntansi sehingga dapat memperkirakan fenomena yang mungkin sudah terjadi.

Sedangkan Hendriksen sudah menilai teori akuntansi sebagai satu susunan prinsip yang dapat memberi kerangka acuan secara umum darimana sebuah praktek dalam akuntansi yang bisa dinilai.

Karena telah bersifat umum itu berarti teori akuntansi ini juga bisa ikut berkembang sesuai waktu dan menyesuaikan perubahan dalam sebuah lingkungan.

Selain itu teori akuntansi yang ada saat ini merupakan hasil dari seluruh literatur akuntansi yang telah memberi pendekatan yang saling berbeda antara satu sama lain.

Baca Juga : Teori Konspirasi

Sifat-Sifat Teori Akuntansi

teori akuntansi

mpssoft.co.id

Menurut beberapa ahli teori akuntansi yang sudah memiliki sifat sifat seperti berperan penting dalam penyusunan sebuah kebijakan akuntansi.

Selain itu kerangka umum yang telah tersusun mempunyai prinsip atau metode yang logis dan saling berhubungan satu dengan yang lainnya.

Teori akuntansi ini juga harus sanggup memberikan penjelasan secara lengkap mengenai praktek akuntansi, menjelaskan serta menjawab semua fenomena yang ada dalam penerapan sebuah metode para praktek akuntansi.

Ditambah lagi harus perlu mencakup semua literatur akuntansi dan serta memberi pendekatan pendekatan yang beda.

Sifat lainnya adalah dengan bisa meramalkan, memproyeksikan serta menemukan gejala ataupun kejadian akuntansi yang tidak dapat diketahui dengan pasti adanya. Kemudian mampu memeriksa, memverifikasi dan menyusun prinsip prinsip akuntansi yang benar.

Jenis Teori Akutansi

teori akuntansi

economy.okezone.com

Menurut aspek dan tataran semiotika yang mengkaji teori umum tentang tanda-tanda dan simbol-simbol yang ada di dalam bidang linguistik, teori akuntansi sendiri dibedakan menjadi 3 yaitu, sebagai berikut:

  1. Teori Sintaktik yang berkepentingan kepada struktur pelaporan pada keuangan. Teori ini dapat memberi penalaran mengapa data / informasi dapat disajikan dengan cara tertentu.
  2. Teori Semantik, memusatkan perhatian kepada masalah-masalah penyimbolan, pengukuran dan penyajian pada kegiatan operasi dan objek fisis perusahaan dalam bentuk laporan keuangan. Teori ini mampu memberi penalaran mengapa kegiatan perusahaan ini disimbolkan dengan cara tertentu.
  3. Teori Pragmatik, memusatkan perhatian kepada pengaruh informasi dan perubahan perilaku pemakai laporan keuangan. Teori ini biasa membahas reaksi pihak yang dituju oleh informasi akuntansi tersebut.

Baca Juga : Teori Warna

Metode Perumusan Teori Akuntansi

teori akuntansi

jasapembukuan.co.id

Untuk dapat merumuskan suatu teori maka harus diperlukan metode perumusan. Belkaoui dan Godfrey telah menyebutkan bahwa terdapat beberapa metode yang bisa digunakan untuk merumuskan teori akuntansi, yaitu, sebagai berikut:

1. Metode Deskriptif (Pragmatic)

eurekapendidikan.com

Dalam metode ini akuntansi ini telah dianggap sebagai sebuah seni yang tidak bisa dirumuskan.

Metode perumusan akuntansi ini bersifat menjelaskan atau mendeskripsikan serta mampu menganalisa praktek yang ada dan yang diterima pada saat ini.

2. Metode Psychological Pragmatic

teori akuntansi

brilio.net

Metode ini telah mengamati reaksi dari pengguna laporan keuangan terhadap output akuntansi yang sudah disusun dari berbagai standar, prinsip, pedoman atau aturan.

Hal ini juga seringkali disebut sebagai behavioral accounting.

3. Metode Normatif | 1950 – 1960

teori akuntansi

id.techinasia.com

Metode ini telah menganggap bahwa akuntansi sebagai sebuah norma peraturan yang wajib diikuti tanpa perlu memperdulikan apakah dipraktekan, berlaku saat ini atau tidak.

4. Metode Positive | 1970

teori akuntansi

quipper.com

Metode yang dimulai dari sebuah metode ilmiah yang mampu diterima oleh umum dan sedang berlaku. Berdasar Teori akuntansi positif ini, telah dirumuskan permasalahan penelitian untuk mengamati fenomena nyata yang tidak terdapat didalam teori akuntansi.

Keempat metode ini bisa digunakan dan dikombinasikan dengan cara berbagai dan pendekatan yang bisa dilakukan. Selain itu teori yang didapatkan atau rumus dari akuntansi ini yang diperoleh harus mampu menggambarkan keadaan yang sebenarnya. Sehingga teori-teori yang dihasilkan dapat digunakan dalam prakteknya.

Dalam praktik akuntansi maka terdapat gagasan yang melandasi yaitu asumsi-asumsi dasar, konsep, penjelasan, deskripsi dan penalaran yang secara keseluruhan dapat membentuk teori akuntansi ini.

Teori akuntansi juga membahas berbagai masalah seperti konseptual dan ideal yang ada di balik praktik akuntansi dan juga mampu berperan di dalam pengembangan akuntansi yang sehat.

Baca Juga : Teori Konflik

Pandangan Teori Akuntansi

teori akuntansi

filotansi.com

Pengertian teori akuntansi ini bergantung terhadap kesepakatan tentang pengertian akuntansi sebagai disiplin dalam pengetahuan. Akuntansi sendiri dapat dipandang sebagai berikut:

1. Sains

greatmind.id

Bila akuntansi telah dipandang sebagai sains, maka akuntansi ini bertujuan untuk mendapatkan kebenaran atau validitas penjelasan tentang suatu fenomena akuntansi dengan cara menerapkan metode ilmiah.

Teori akuntansi ini berkepentingan untuk menghasilkan pernyataan-pernyataan umum (yang bermula dari hipotesis) sebagai penjelasan dan praktik akuntansi.

Bidang kajian yang menjadi pusat perhatian adalah masalah fakta sehingga teori akuntansi ini harus bebas dari pertimbangan nilai.

2. Teknologi

teori akuntansi

digitalentrepreneur.id

Bila akuntansi sudah dipandang sebagai teknologi, maka akuntansi merupakan teknologi perangkat lunak yang harus dipelajari lebih dalam dan dikembangkan untuk mencapai tujuan sosial tertentu.

Dengan demikian, maka akuntansi merupakan suatu pengetahuan tentang perekayasaan informasi untuk pengendalian pada keuangan. Hasil akhir akuntansi adalah prinsip, metode atau teknik yang mampu bermanfaat untuk mencapai tujuan akuntansi tersebut.

mungkin itu saja yang bisa Elnuha sampaikan mengenai teori akuntansi, semoga bisa bermanfaat buat sobat semua dan bisa menambah wawasan sobat.

Terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply