TERLENGKAP!! Inilah Tata Cara Sholat Istikharah Beserta, Doa,Waktu

Shalat istikharah adalah sebuah amalan yang dikerjakan dengan cara shalat sunnah yang bertujuan untuk meminta petunjuk kebaikan kepada Allah SWT dalam perkara mubah yang tidak kita diketahui. Misalnya memilih jodoh atau pekerjaan yang baik buat kita.

Syaikh Abdurrahman Al Juzairi megatakan dalam Fiqih Empat Madzhab, disunnahkan bagi setiap muslim untuk melakukan dua rakaat shalat istikharah ini pada saat hendak menentukan sesuatu.

Dalam sebuah kitab Fiqih Manhaji disebutkan juga bahwa, shalat istikharah ini sangat disunnahkan bagi seseorang yang ingin mengharapkan sesuatu hal yang dibolehkan, tapi orang tersebut tidak mengetahui bahwa apakah itu baik baginya atau sebaliknya.

Inilah bagaimana tata cara shalat istikharah, beserta niat, doa dan panduannya? Berikut ini pembahasannya :(terlengkap).

Tata Cara Shalat Istikharah

Tata cara sholat istikharah, Definisi Shalat istikharah, doa Sholat istikharah, Sholat istikharah jodoh, Niat Sholat istikharah, Niat Shalat istikharah, keutamaan sholat istikharah

blog.ebaba.co.id

Sayyid Sabiq dalam kitabnya yang bernama Fiqih Sunnah menjelaskan bahwa, shalat istikharah boleh berupa shalat sunnah apa saja. Bisa dengan shalat sunnah rawatib, shalat sunnah tahiyatul masjid, maupun shalat sunnah yang lainnya.

Yang paling penting, setelah shalat sunnah dua rakaat, ikita harus berdoa kepada Allah SWT atau meminta agar dipilihkan yang terbaik buat kita.

Menurut Sayyid Sabiq, tidak ada bacaan surat yang khusus untuk melaksanakan shalat istikharah ini. Setelah membaca surat Al Fatihah, boleh kita membaca surat apa pun terserah kita.

Namun ada pendapat menurut Syaikh Wahbah az Zuhaili dalam kitab nya yang bernama Fiqih Islam wa Adillatuhu, disunnahkan untuk membaca surat Al Kafirun setelah membaca surat Al Fatihah pada rakaat yang pertama dan disunnahkan juga untuk membaca surat Al Ikhlas setelah membaca surat Al Fatihah pada rakaat yang kedua.

Berikut inilah tata cara shalat istikharah yang benar dan praktis:

  • Pertama yaitu dengan Niat
  • Dilanjutkan dengan takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah
  • Lalu membaca surat Al Fatihah
  • Dan membaca surat dari Al Qur’an, paling diutamakan yaitu Surat Al Kafirun
  • Ruku’ di barengi dengan tuma’ninah
  • I’tidal di barengi dengan tuma’ninah
  • Sujud di barengi dengan tuma’ninah
  • Duduk di antara dua sujud di barengi dengan tuma’ninah
  • Sujud kedua di barengi dengan tuma’ninah
  • Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat yang kedua
  • Membaca surat Al Fatihah lagi
  • Membaca surat dari Al Qur’an, paling diutamakan Surat Al Ikhlas untuk rakaat kedua ini
  • Ruku’ di barengi dengan tuma’ninah
  • I’tidal di barengi dengan tuma’ninah
  • Sujud di barengi dengan tuma’ninah
  • Duduk di antara dua sujud di barengi dengan tuma’ninah
  • Sujud kedua di barengi dengan tuma’ninah
  • Tahiyat akhir di barengi dengan tuma’ninah
  • Penutup atau salam

Lalu kita bisa membaca doa yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Syaikh Wahbah Az Zuhaili menjelaskan bahwa, disunnahkan sebelum dan sesudah doa tersebut untuk membaca hamdalah terlebih dahulu dan sholawat untuk Nabi.

( Baca juga : Tata cara sholat hajat )

Bacaan Niat Sholat Istikharah dan Terjemahannya

niat-sholat-istikharah-doamustajab.com-as

Bacaan Niat Sholat Istikharah dan Terjemahan tersebut hanya bisa teman-teman bacakan secara lirih maupun dibacakan didalam hati saja, baik ketika memohon untuk meminta Jodoh ataupun yang lainnya karena sekali lagi bahwa mempunyai atau (membaca) niat sholat sebelum mengerjakan Sholat, baik itu Sholat Fardhu ataupun Sholat Sunnah itu termasuk kedalam Syarat Sah dalam Mengerjakan Sholat didalam Syariat Agama Islam.

Oleh karena jika kita mempunyai keniatan untuk mengerjakan Shalat Istikharah, maka kita jangan sampai lupa untuk membaca Niat Sholat Sunnah Istikharah sebelum mengerjakan nya.

karena menurut salah satu Ulama yaitu Imam Syafi’i (Mazhab Syafi’i) membaca Niat Sholat sebelum mengerjakan Sholat itu sangat dibolehkan, asalkan dilakukan (dibacakan) secara tidak berlebihan atau (keras), cukup dibacakan secara lirih ataupun hanya kita saja yang dapat mendengar suara kita.

Bacaan Dzikir Setelah Sholat Istikharah

Tata cara sholat istikharah, Definisi Shalat istikharah, doa Sholat istikharah, Sholat istikharah jodoh, Niat Sholat istikharah, Niat Shalat istikharah, keutamaan sholat istikharah

cahayaislam.id

Untuk Bacaan Dzikir Sesudah Sholat Istikharah ini sejatinya dilakukan terserah kita sendiri mau membacakan Dzikir Pendek ataupun yang Dzikir Panjang, tetapi jika teman-teman tidak mengetahui atau bingung mau membaca Dzikir Setelah Mengerjakan Sholat Istikharah yang mana, maka bacalah Dzikir Setelah Sholat dibawah ini bisa dijadikan referensi buat teman-teman semua.

1. Membaca Dzikir dengan cara Istighfar untuk memohon ampunan kepada Allah SWT

2. Membaca Dzikir yang Pendek seperti Tasbih, Tahmid dan Takbir

3. Membaca Sholawat kepada Nabi Muhammad SAW

4. Membaca Surat-surat pendek seperti An Nas, Al Falaq dan Al Ikhlas

5. Ditutup dengan membaca Surat Al Fatihah dan hamdallah.

Bacaan Dzikir Setelah Shalat Istikharah tersebut tentunya juga boleh dibacakan sebanyak – banyaknya menurut keikhlasan hati teman-teman sekalian, selain itu juga sudah tentu teman-teman sudah bisa membaca Bacaan Dzikir Setelah Sholat yang lainnya karena tidak ada aturan khusus untuk melakukan shalat istikharah ini harus dengan membaca Dzikir Setelah Sholat Istikharah yang ini atau yang itu.

( Baca Juga : Tata cara sholat dhuha )

Doa Shalat Istikharah

Berikut inilah bacaan doa shalat istikharah sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Jabir bin Abdullah:

Bacaan Latin Doa Shalat Istikharah

Allahumma innii astakhiiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudrotik, wa as-aluka min fadhlikal adhiim, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa ta’lamu wa laa a’lamu wa anta ‘alaamul ghuyuub.

Allahumma in kunta ta’lamu anna haadzal amro khoirun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii faqdurhu lii wayassirhu lii tsumma baariklii fiih.

Wa in kunta ta’lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii fashrifhu ‘annii washrifnii ‘anhu waqdur lil khoiro haitsu kaana tsumma ardlinii.

Arti Doa Shalat Istikharah

Tata cara sholat istikharah, Definisi Shalat istikharah, doa Sholat istikharah, Sholat istikharah jodoh, Niat Sholat istikharah, Niat Shalat istikharah, keutamaan sholat istikharah

blog.ebaba.co.id

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu yang begitu luas, aku memohon kekuasaan-Mu (untuk menyelesaikan semua urusanku) dengan kodrat-Mu, dan aku memohon kepada-Mu sebagian karunia-Mu yang begitu agung, karena sesungguhnya Engkau yang Maha kuasa sedangkan aku tidak punya kuasa, Engkau yang Maha tahu sedangkan aku tidak tahu, dan Engkau yang Maha Mengetahui perkara yang gaib dan nyata.

Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini yang baik untukku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya baik pula bagiku, maka takdirkanlah dan mudahkanlah urusan ini bagiku, kemudian berkahilah aku dalam urusan ini.

Dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk untuk diriku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku, maka jauhkanlah urusan ini dariku, dan jauhkanlah aku dari urusan ini, dan takdirkanlah kebaikan untukku di mana pun, kemudian jadikanlah aku ridha menerimanya.

Waktu Sholat Istikharah Yang Terbaik

Tata cara sholat istikharah, Definisi Shalat istikharah, doa Sholat istikharah, Sholat istikharah jodoh, Niat Sholat istikharah, Niat Shalat istikharah, keutamaan sholat istikharah

shopback.co.id

Didalam mengerjakan Sholat Sunnah Istikharah ini tidak seperti Sholat Wajib pada umumnya yang mempunyai waktu dalam melakukan nya tersendiri, beda lagi dengan Sholat Istikharah ini yang bisa lebih bebas dan bisa dilakukan kapanpun dengan catatan diluar Waktu Sholat Wajib (Fardhu).

Selain itu Waktu Sholat Sunnah Istikharah sendiri juga memiliki waktu yang berbeda jika dibandingkan dengan Sholat Sunnah Tahajud.

Karena didalam Waktu Mengerjakan Sholat Istikharah sendiri bisa dilakukan pada Siang Hari dan Malam Hari, tetapi Waktu Sholat Tahajud hanya dilakukan pada saat malam hari saja dari dimulainya masuk waktu sholat isya sampai sebelum masuk waktu nya sholat subuh, dengan salah satu Syarat dalam melakukan Sholat Tahajud boleh dilakukan setelah teman-teman tidur dan didalam mengerjakan Sholat istikharah bisa dilakukan tanpa melakukan tidur terlebih dahulu.

Namun, tetap saja ada ketentuan dan waktu yang paling dianjurkan dan Waktu Terbaik untuk melaksanakan Sholat Istikharah ini yaitu pada saat waktu sepertiga malam.

Hal ini dikarenakan suasana malam yang begitu hening dan tenang dan diharapkan juga bisa membuat kekhusyu’an dalam menunaikan ibadah sholat istikharah tersebut dan kamu dapat juga Berdzikir dan berdoa kepada Allah SWT dengan lebih khusyu dan lebih tenang agar apa yg menjadi permintaan teman-teman dapat dikabulkan oleh Allah SWT secara cepat dan barokah tentunya.

( Baca Juga : Tata cara sholat jamak )

Berapakah Rakaat Sholat Istikharah Dilakukan ?

Tata cara sholat istikharah, Definisi Shalat istikharah, doa Sholat istikharah, Sholat istikharah jodoh, Niat Sholat istikharah, Niat Shalat istikharah, keutamaan sholat istikharah

ranti.co.id

Kemudian untuk Jumlah Rakaat Sholat Istikharah sendiri bisa kamu lakukan dengan minimal 2 rakaat dan maksimal sampai 12 Rakaat, yang diakhiri dengan 1 Rakaat yaitu Sholat Sunnah Witir.

Hanya saja perlu kamu ketahui bahwa didalam melakukan Sholat Sunnah Istikharah ini harus dikerjakan setiap 2 Rakaat 1 Salam sehingga jika kalian ingin mengerjakan Sholat Istikharah sebanyak 2 Rakaat maka dilakukan sebanyak 1 kali, dan jika ingin sebanyak 4 Rakaat maka dilakukan sebanyak 2 kali begitu seterusnya yaa.

Selain itu kamu juga bisa melakukan Sholat Istikharah ini secara 3 malam atau bahkan sampai 7 malam berturut-turut, agar kamu cepat mendapatkan Petunjuk oleh Allah SWT atas kebimbangan (kebingungan) yg sedang kamu alami saat ini.

Hal tersebut juga terjadi karena biasanya jawaban yang akan diberikan oleh Allah tidak langsung datang setelah kamu melakukan sholat istikharah sekali saja, tetapi bisa dalam beberapa hari kemudian setelah kamu melakukan nya sehingga sangat dianjurkan untuk mengerjakan Sholat Istikharah sampai kamu benar-benar diberikan petunjuk oleh Allah SWT.

Shalat Istikharah Jodoh

Tata cara sholat istikharah, Definisi Shalat istikharah, doa Sholat istikharah, Sholat istikharah jodoh, Niat Sholat istikharah, Niat Shalat istikharah, keutamaan sholat istikharah

Ebaba.com

Seperti yang sudah di jelaskan di bagian awal pembahasan pada artikel ini yaa, istikharah merupakan shalat sunnah dalam rangka untuk meminta petunjuk kebaikan kepada Allah dalam perkara yang mubah dan tidak diketahui atau meminta dipilihkan yang terbaik dari dua pilihan yang mubah tersebut. Termasuk juga dalam memilih jodoh.

Caranya yaitu, lakukan shalat istikharah sebanyak dua rakaat kemudian membaca doa di atas sembari memohon kepada Allah semoga dipilihkan jodoh yang terbaik.

Bagaimana cara untuk mengetahui hasil istikharah bahwa kita telah dibimbing untuk memilih sii A bukan B atau sebaliknya? Tidak seperti prasangka sebagian orang bahwa jawaban shalat istikharah dikirim Allah dalam bentuk mimpi, bahwa sesungguhnya hasil istikharah adalah sebuah kemantapan hati.

Yakni hati kita yang akan lebih condong ke pilihan yang mana yang terasa lebih baik untuk diri kita. Hati kita mantap memilih apa, itulah hasil istikharah kita selama ini. Tidak harus berupa mimpi, yaa walupun ada juga yang berupa mimpi.

Imam An Nawawi menjelaskan bahwa, “Setelah sholat istikharah, seseorang harus mengerjakan apa yang dirasa baik untuknya.

Di samping hal itu, hendaknya kita juga harus benar-benar bebas dari kehendak pribadi ataupun orang lain.

Jadi jangan sampai ada perasaan ini pilihan yang paling terbaik, sebelum mengerjakan shalat istikharah ini. Karena jika demikian dilakukan, maka sama halnya tidak istikharah atau kurang tawakkal pada pengetahuan dan kekuasaan Allah SWT.

Syaikh Wahbah Az Zuhaili juga menasehatkan bahwa, jika pada shalat istikharah pertama belum mendapatkan sebuah petunjuk dari Allah SWT, maka ulangilah shalat istikharah tersebut hinga tujuh kali.

Karena Ibnu Sunni meriwayatkan, “Hai Anas, jika engkau menginginkan sesuatu pada dirimu, maka mintalah petunjuk kepada Allah sebanyak tujuh kali.

Setelah itu, lihatlah urusanmu mana yang masuk dalam perasaan hatimu pertama kali karena di situlah tempat kebaikan di tempatkan oleh Allah. Dan jika ada udzur hingga tidak sempat shalat istikharah, maka mintalah petunjuk dengan cara berdoa sebanyak-banyaknya.”

Jadi shalat istikharah ini tidak dibatasai  yaa berapa kali dilakukan. Artinya yaitu, jika hari ini kamu melakukan sholat sebanyak dua rakaat, maka kemudian besok istikharah lagi dua raka’at juga, maka tidak ada masalah.

Justru semakin bagus sebagai bentuk taqarrub kamu kepada Allah SWT dan memohon pertolongan pada-Nya. Wallahu a’lam bish shawab.

Penutup

Demikianlah pembahasan secara lebih detail mengenai Cara dan Niat Sholat Istikharah yang bisa dijadikan sebagai referensi teman-teman semua sebelum mengerjakan Sholat Sunnah Istikharah ini, dan sebagai tambahan informasi saja bahwa Keutamaan Sholat Istikharah ini juga sangatlah banyak.

Selain untuk memohon dan meminta Petunjuk kepada Allah SWT, kalian juga bisa mendapatkan Pahala mengerjakan Sholat Sunnah yang banyak karena Sholat Istikharah ini telah dianjurkan juga oleh Nabi Muhammad SAW untuk dikerjakan oleh setiap Umat Muslim.

Jangan lupa baca juga tata cara sholat jum’at dan tata cara sholat ashar di artikel sebelumnya, semoga bisa menambah wawasan kamu untuk menjadi hamba yang semakin di cintai Allah SWT, Aamiin.

Akhir kata Penulis mengucapkan terima kasih banyak dan memohon maaf apabila terdapat penulisan kata dan kalimat didalam Artikel Niat Sholat Istikharah ini kurang baik, dan semoga saja apa yang telah Penulis sampaikan dan tuliskan disini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua Para Pembaca Muslim.

Karena Penulis sangat meyakini bahwa diluar sana masih banyak sekali Masyarakat Muslim dan Muslimah yang membutuhkan informasi tentang Sholat Sunnah Istikharah secara lebih lengkap dan detail  yang tertulis disini.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply