12+ Permainan Tradisional Indonesia [Terlengkap]

permainan tradisional – Assalamualaikum sahabat semua Elnuha.net. Pada kesempatan ini saya akan berbagi sebuah artikel yang berisi tentang jenis permainan tradisional yang berada di Indonesia.

Negara Indonesia yang kaya akan beragam kebudayaaan dan seninya tentu menyimpan keunikan tersendiri dibanding dengan negara-negara lainnya.

Salah satunya yaitu tentang macam-macam permainan tradisional yang pernah ada di Indonesia.

Indonesia juga memliki banyak kesesian lainnya seperti adat istiadat jawa dll.

Banyak permainan tradisional dari daerah jawa barat, jawa timur, sunda dan jawa yang pernah populer di masanya, tetapi kini sayangnya hanya menjadi kenangan dan jarang sekali dimainkan oleh penerus-penerus zaman sekarang.

Contoh permainan tradisional yang paling sering kita mainkan dulu adalah petak umpet, kelerang, layangan dan lain sebagainya, kita tentu pernah memainkan salah satunya bukan ?

Permainan tradisional Indonesia merupakan salah satu bentuk keaneragaman Indonesia. Yang memiliki permainan tradisional di berbagai daerahnya massing-masing.

Permainan Tradisional dan Cara Bermainnya

permainan tradisional indonesia,permainan petak umpet, permainan bola belel,permainan gundu atau kelereng

busy.org

Seiring berkembang nya zaman dan tekhnologi permainan tradisional sedikit demi sedikit mulai hilang di telan zaman dan mulai jarang sekali di mainkan oleh anak-anak sekarang dan mulai tergantikan dengan permainan baru yang serba tekhnologi sekarang ini.

zaman 90 an dulu jika mau bermain harus keluar rumah dulu malah (mayoritas) sekarang terbalik. Tidak perlu harus keluar-keluar rumah bahkan di rumah atau di kamar pun juga bisa.

Sehingga dapat mengganggu hubungan sosial antar anak semakin terkikis abis dan berdampak kepada mental dan moral khususnya di Indonesia ini.

pixabay.com

Permainan tradisional sekarang ini hanya menjadi sebuah kenangan indah bagi kamu yang lahir di zaman 90 an, oleh sebab itu untuk membangkitkan dan mengenang rasa sayang kita terhadap permainan tradisional indonesia.

Beragam permainan tradisional Indonesia sangat diminati karena zaman duhulu belum secanggih zaman saat ini. Dimana sekarang ini hampir semua permainan bisa dimainkan di rumah dengan menggunakan hanphone saja.

Coba bayangkan dulu di era 90-an dari anak-anak hingga orang dewasa pasti mereka selalu bermain dengan cara yang tradisional dan keluar dari rumah nya, tetapi memberi kesan yang tidak bisa dilupakan hingga sekarang.

Bukan hanya terkenal dengan permainan tradisional nya indonesia juga mememiliki beragam budaya seperti yang sudah saya tulis di artikel sebelumnya yaitu tarian tradisional jawa

Untuk mengingat masa kejayaan permainan tradisioanal tersebut kami disini akan memberikan beragam contoh permainannya, mari kita simak:

PERMAINAN TRADISIONAL INDONESIA TAHUN 90 AN

1. Permainan Tradisional Petak Umpet

permainan rakyat, permainan tradisional, permainan kecil, permainan pernikahan, permainan anak perempuan, permainan counter strike, permainan perempuan, game tradisional indonesia, permainan rambut, mainan tradisional

permainan-tradisional.com

permainan petak umpet ini biasa dilakukan oleh lebih dari dua orang. Caranya sangat mudah sekali. Ada satu orang yang menjadi penjaga dan mencari temannya yang menghilang, sedangkan orang yang lain mencari tempat yang aman untuk ngumpet di tempat tersebut.

Misalnya jika bermain dengan tujuh orang, lalu dimulai dengan hompimpa untuk menentukan siapa yang menjadi penjaga atau kucing.

Jika hompimpa sisa satu orang maka langsung dinyatakan dia yang kalah, tetapi jika hompimpa berbanding 2:3, maka yang tiga orang melakukan hompimpa hingga sisa satu orang, maka yang satu itu yang kalah atau yang jaga.

Orang yang kalah tersebut biasanya dinamakan sebagai kucing.

Permainan dimulai hingga kucing yang menjaga dan harus menutup matanya lalu sii kucing menghitung mundur dari sepuluh sampai satu.

Orang-orang yang lainnya harus segera mengumpet di belakang pohon atau di belakang rumah, jangan sampai si kucing menemukannya. Jika si kucing melengah maka orang-orang yang lain harus segera melarikan diri menuju tempat penjaga si kucing tersebut, dan berteriak inglo.

Jika sudah ada yang teriak inglo, maka orang tersebut menjadi pemenang sedangkan si kucing tetap mencari orang-orang lain yang masih bersembunyi.

Si kucing terus mencari dan jika menemukan salah satu orang yang mengumpet, maka orang tersebut menjadi kalah dan sii kucing pun digantikan dengan orang yang kalah tadi. Jadi begitulah permainan petam umpetyang dilakukan sampai permainan berakhir.

2. Permainan Tradisional Gundu atau Kelereng

permainan tradisional, permainan kecil, permainan pernikahan, permainan anak perempuan, permainan counter strike, permainan perempuan, game tradisional indonesia, permainan rambut, mainan tradisional, permainan anak perempuan memasak

permainan-tradisional.com

Hanya anak-anak yang lahir pada zaman dahulu lah yang pernah dan mengenal permainan yang satu ini.

Gundu meupakan kelereng yang bentuknya seperti kaca bening dan biasanya yang memainkan ini adalah anak-anak lelaki. Untuk memainkan permainan kelereng cukup mudah karena hanya menyentil kelereng yang kita punya dan harus mengenai kelereng lawan kita yang lain.

Jika ada beberapa kelereng lawan yang kena dengan punya kita, maka kelereng lawan pun akan menjadi sah milik kita.

Permainan kelereng ini bisa dilakukan oleh dua orang sampai tujuh orang lebih.

Di zaman sekarang ini sudah jarang sekali anak lelaki yang memainkan permainan kelereng tersebut, karena sudah jarang juga yang membuat kelereng nya, sehingga jarang sekali kita bisa menemukan penjual kelereng seperti dulu.

3. Permainan Tradisional Bola Bekel

permainan kecil, permainan pernikahan, permainan anak perempuan, permainan counter strike, permainan perempuan, game tradisional indonesia, permainan rambut, mainan tradisional, permainan anak perempuan memasak, permainan restoran

kakileema.com

Permainan bola bekel adalah permainan yang sangat digemari dan paling ramai tepatnya di tahun 2003 hingga saat ini. Sebenarnya permainan ini sudah ada di zaman dahulu, tetapi di era milenium baru ramai dimainkan oleh anak-anak.

Cara memainkannya butuh keahlian khusus dan harus dicoba beberapa kali agar bisa, karena permainan ini tidak semudah yang kita dibayangkan.

Ada beberapa benda yang perlu disiapkan untuk memainkan bola bekel ini, yang pertama yaitu bola bekel yang bentuknya bola kecil, biasanya di dalam bola tersebut diisi air. Dan ada enam biji yang disebut bekel. Permainan ini ada beberapa step by step, mulai dari step mengambil satu biji bola bekel sampai enam bekel berikutnya.

Lalu membalikan biji bekel yang lain dan biji membentur lambang laguk , dan dimulai dari mengambil satu biji sampai ke enam biji berikutnya.

Lanjut lagi dengan berbalik kearah sebaliknya dan sama prosesnya juga, mengambil dari satu biji sampai enam biji berikutnya. Jika step nya sudah selesai, langsung dilanjut dengan membalik lagi biji bekel yang ada tanda titiknyatersebut.

Maka jika ada salah satu anak yang berhasil memenangkan step terlebih dahulu maka ia dijadikan pemenang. Dan yang menang mendapatkan hadiah berupa menyuruh anak-anak yang lain menjadi patung atau memberi bedak di  wajah anak-anak yang kalah tersebut.

4. Permainan Tradisional Egrang

permainan pernikahan, permainan anak perempuan, permainan counter strike, permainan perempuan, game tradisional indonesia, permainan rambut, mainan tradisional, permainan anak perempuan memasak, permainan restoran, permainan anak tradisional

http://www.picluck.net

Permainan egrang, Permainan ini dipopulerkan oleh masyarakat daerah Jakarta. Tidak mudah untuk menggunakan egrang, hanya orang-orang yang sudah terbiasa saja yang menaklukkan keseimbangan egrang tersebut.

Egrang adalah dua tongkat yang panjang dan di bagian tengah diberikan pembatas injakan untuk kaki. Setelah itu kita naik keatas pijakan tersebut yang sudah diberikan.

Jika jatuh maka akan diberi hukuman. Tetapi untuk awal-awal biasanya kita tidak perlu membuat hukuman karena masih belajar, tapi jika sudah bisa menggunakan maka harus diberi hukuman agar semakin seru permainan nya.

Diantara manfaat bermain egrang ini adalah sebagai keseimbangan tubuh dan konsentrasi untuk tetap berpijak pada sebilah bambu bertumpu pada kaki kanan dan kiri.

5. Permainan Tradisional Lompat Tali

permainan anak perempuan, permainan counter strike, permainan perempuan, game tradisional indonesia, permainan rambut, mainan tradisional, permainan anak perempuan memasak, permainan restoran, permainan anak tradisional, permainan rumah

dictio.id

Lompat tali adalah merupakan permainan tradisional yang kelihatannya seperti mudah. Namun, ternyata permainan tersebut memiliki aturan main yang butuh kelincahan. Dan tidak semua anak bisa melakukannya.

Permainan ini biasanya bisa dilakukan dua orang hingga lebih dari lima orang. Ada dua orang yang memegang tali di bagian ujung tali agar tidak putus.

Tapi jika tidak ingin memegang tali maka kita bisa mengikatkan tali tersebut ke pohon atau apapun yang bisa untuk memegang tali ataupun karet secara kuat.

Cara bermainnya pun dimulai dari tali di letakkan paling bawah lalu kita melompat. Jika tidak bisa melompat maka kita harus menunggu giliran yang terakhir dan mengulang lompatan dari awal lagi.

Setelah itu tali diarahkan sampai ke atas kepala, dan kita harus melompat diatas tali tersebut. Yang menang bisa menyuruh ke yang kalah untuk melakukan apa saja tetapi tidak boleh yang berbahaya dan berat.

6. Permainan Tradisional Boi-boian

permainan counter strike, permainan perempuan, game tradisional indonesia, permainan rambut, mainan tradisional, permainan anak perempuan memasak, permainan restoran, permainan anak tradisional, permainan rumah, permainan tradisional dari bambu

the-picta.net

Boi-boian adalah permainan yang merupakan permainan tradisional yang dimainkan di suatu daerah di Indonesia. Kita mungkin sangat jarang sekali menemukan permainan yang satu ini karena mungkin hanya kita bisa lihat di daerah asalnya saja. Permainan ini biasa dilakukan oleh lima sampai sepuluh orang.

Cara memainkan permainan boi-boian ini yaitu dengan cara menyusun satu lempengan batu.

Lalu siapkan bola kecil yang dibuat dari kertas untuk melepar tumpukan batu yang sudah kita siapkan. Kita gunakan kertas agar tidak sakit waktu melempar kertas tersebut ke lawan kita.

Setelah itu salah satu pemain melempar bola, jika tumpukan batu itu rubuh maka penjaga wajib mengambil bola dan dilempar ke pemain lawan yang lainnya.

7. Permaianan Tradisional Ular Naga Panjang

permainan perempuan, game tradisional indonesia, permainan rambut, mainan tradisional, permainan anak perempuan memasak, permainan restoran, permainan anak tradisional, permainan rumah, permainan tradisional dari bambu, macam macam permainan bola besar

ahmadgaus.com

Permainan ular naga ini bukan permainan bersama ular ya, hehe . Ini adalah salah satu permainan tradisional outdoor yang biasa dilakukan oleh anak-anak bersama teman-temannya.

Permainan ini tidak membutuhkan alat bantu sama sekali loh. Instrumen permainan ular naga hanyalah beberapa anak-anak yang berperan sebagai ular naga dan gerbangnya saja.

Jika 5 10 orang anak sudah terkumpul, maka hanya tinggal mencari lapangan atau halaman yang agak luas untuk arena bermainnya.

Dua anak akan berperan sebagai gerbang, kemudian anak-anak lainnya berbaris sambil berpegangan pundak bagian belakang milik teman yang ada di depannya (posisi membuntut).

Dalam permainan ini anak yang paling besar atau yang paling tinggi biasanya menjadi gerbang, berdiri saling berhadapan sambil menyatukan kedua tangan mereka setinggi mungkin.

Mereka seolah-olah sebagai pintu masuknya naga yang diperankan oleh anak-anak yang sedang berbaris dan saling berpegangan ke pundak teman nya yang ada di depannya.

8. Permainan Tradisional Engklek

game tradisional indonesia, permainan rambut, mainan tradisional, permainan anak perempuan memasak, permainan restoran, permainan anak tradisional, permainan rumah, permainan tradisional dari bambu, macam macam permainan bola besar, permainan masak

antarafoto.com

Permainan engklek ini sampai sekarang masih dilakukan dan kebanyakan seluruh daerah Indonesia mengenal pula permainan yang satu ini, meskipun disetiap daerah memiliki sebutan yang berbeda-beda.

Engklek biasa dimainkan oleh anak laki-laki dan juga perempuan.

Bisa juga dilakukan oleh dua orang saja dan maksimal lima orang, sebab untuk memainkannya harus menunggu giliran yang main terlebih dahulu dan jika banyak yang bermain maka kemungkinan juga akan lama menunggunya.

Cara engkle yaitu pertama kita menggambar di atas tanah atau juga bisa di jalan 8 kotak dan setengah lingkaran di bagian atas sendiri. Lalu kita beri nomor pada masing-masing kotak yang kita gambar.

Kemudian yang di gambar setengah lingkaran itu diberi nomor sembilan dan dibagian setengah lingkarannya diberi nomor sepuluh.

Permainan engklek ini sangat bagus untuk melatih otot-otot kaki saat melompat, ya semacam olah ragalah dan juga melatih ketepatan dan kejelian mata dalam melempar gacoan ke dalam kotak yang akan kita tuju.

9. Permainan Tradisional Bola Kasti

permainan rambut, mainan tradisional, permainan anak perempuan memasak, permainan restoran, permainan anak tradisional, permainan rumah, permainan tradisional dari bambu, macam macam permainan bola besar, permainan masak, permainan permainan permainan

afifbenzumaen.com

Permainan Bola Kasti- Sekarang ini banyak olahraga yang sangat mendunia di kalangan kita, yang salah satunya adalah bola kasti ini.

Jumlah pemain bola kasti pun juga tidak sedikit, jadi harus dibutuhkan kekompakan tim tersebut. Permainan bola kasti merupakan olahraga yang sangat digemari dan diminati olehkebanyakan orang.

Dengan banyaknya jumlah pemain bola kasti, maka orang yang bermain harus benar-benar bisa mengatur dan menjaga kekompakan timnyamasing-masing, agar tidak mudah kalah dengan tim lawan. Permainan bola kasti juga memerlukan pukulan yang kuta, keras dan tepat saat pemukulan bola kasti di lempar.

10. Permainan Tradisional Congklak

mainan tradisional, permainan anak perempuan memasak, permainan restoran, permainan anak tradisional, permainan rumah, permainan tradisional dari bambu, macam macam permainan bola besar, permainan masak, permainan permainan permainan, kumpulan permainan tradisional

citraindonesia.com

Permainan congklak ini juga telah banyak dikenal oleh seluruh masyarakat khususnya di Indonesia.

Permainan yang menggunakan biji congklak yang terbuat dari cangkang kerang tapi ada juga yang menggunakan batu,atau kerikil-kerikil kecil lalu menggunakan papan congklak yang berisi 16 lubang.

Permainan congklak ini hanya bisa dimainkan oleh dua orang saja. Biji congklak berisi 98 buah dan papan congklak ada yang terbuat dari plastik namun juga ada yang terbuat dari kayu.

Awal cara memainkan permainan congklak ini dengan melakukan suit kepada lawan main untuk menentukan siapa yang jalan duluan, lalu jika ada yang menang maka pemain harus mengambil semua biji dari salah satu lubang congklak dan biji tersebut diisi satu persatu ke lubang yang sudah ditentukan, dari kiri atau kanan.

Hingga biji tersebut habis dan setelah itu ambil lagi semua biji dari tempat terakhir biji itu diletakkan. Begitu seterusnya sampai siapa yang mendapat biji paling banyak maka ia yang menjadi pemenang dalam permainan ini.

11. Perminan Tradisional Benteng-Bentengan

permainan anak perempuan memasak, permainan restoran, permainan anak tradisional, permainan rumah, permainan tradisional dari bambu, macam macam permainan bola besar, permainan masak, permainan permainan permainan, kumpulan permainan tradisional, permainan mewarnai

depok.go.id

Permainan benteng-bentengan ini biasa disebut dengan rerebonan di daerah Jawa Barat. Kalo di daerah Jombang, permainan ini disebut benteng bentengan.

Tujuan utama dari permainan ini adalah saling menyerang benteng lawan. Masing-masing tim menentukan bentengnya, dapat berupa tiang, pohon, atau juga tembok.

Mereka berusaha melawan anggota tim lawan agar tidak dapat merebut benteng mereka. Permainan ini dimulai dengan salah satu anggota keluar dari benteng, maka anggota tim lawan akan berusaha menyentuh orang yang keluar tersebut.

Tetapi anggota tim pertama dapat langsung bisa menyerang dengan berusaha menyentuh pemain yang keluar tersebut begitu pula dengan tim lawan. Untuk menghindari sentuhan lawan, biasanya mereka bisa kembali ke bentengnya masing-masing.

12. Perminan Tradisional Pletokan

permainan restoran, permainan anak tradisional, permainan rumah, permainan tradisional dari bambu, macam macam permainan bola besar, permainan masak, permainan permainan permainan, kumpulan permainan tradisional, permainan mewarnai, permainan tradisional jawa tengah

cliptonghop.com

Permainan tradisional pletokkan ini hanya bisa ditemukan di daerah khusus saja karena saat ini sudah jarang sekali yang memainkan permainan pletokkan ini.

Permainan ini terbuat dari bambu yang cukup kuat bertujuan agar tidak mudah pecah saat di mainkan.

Setelah bambu dibagi menjadi dua kemudian buat peluru menggunakan kertas yang di basahkan lalu dibuat seperti bola kecil agar bisa masuk ke lubang bambu tersebut. Kemudian bisa ditambahkan daun pandan supaya suara yang di keluarkan menjadi nyaring.

Setelah semua bahan tersedia, lakukan penembakan ke arah lahan kosong atau sasaran yang mau kita tuju.

13. Permainan Tradisional Gasing

permainan anak tradisional, permainan rumah, permainan tradisional dari bambu, macam macam permainan bola besar, permainan masak, permainan permainan permainan, kumpulan permainan tradisional, permainan mewarnai, permainan tradisional jawa tengah, permainan lama

3.bp.blogspot.com

Berbeda dengan permainan congkak yang identik dengan anak perempuan yang main, permainan gasing ini justru lebih identik dengan anak laki-laki yang memainkannya.

Jika saat ini permainan gasing di mainkan dengan menggunakan gasing yang di beli di toko-toko permainan anak, namun di zaman dahulu anak-anak lebih kreatif untuk membuat gasing sendiri. Mereka lebih banyak berkreasi menggunakan kayu dan benang jahit sepatu.

Cara memainkan gasing cukup mudah, yaitu dengan beberapa anak secara bersamaan melemparkan gasing mereka ke lantai yang sama. Kemudian gasing-gasing tersebut akan di uji dengan cara ketahanan lama nya gangsing tersebut berputar di lantai.

Setelah di ketahui salah satu gasing mana yang lebih lama berputar berarti gangsing itulah pemenangnya.

14. Permainan Tradisional Ketapel

permainan rumah, permainan tradisional dari bambu, macam macam permainan bola besar, permainan masak, permainan permainan permainan, kumpulan permainan tradisional, permainan mewarnai, permainan tradisional jawa tengah, permainan lama, video permainan anak anak

pasberita.com

Permainan ketapel ini hampir sama prinsipnya dengan permainan pletokan. Hanya saja bentuk alat bermainnya berbeda jauh. Untuk ketapel sendiri merupakan senjata mainan yang terbuat dari sebatang kayu/cekeh yang membentuk huruf Y/U (berpangkal).

Kemudian pada kedua ujung atas batang kayu tersebut dipasangi dengan karet ban (pentil). Pastikan pemasangan karet ban harus kuat an sama panjangnya.

Kenapa harus karet ban? Karena karet ban akan memantulkan peluru dengan baik ke sasaran yang kita tuju, dan tidak mudah putus meskipun di tarik sepanjang mungkin.

Untuk peluru bisa menggunakan biji-bijian atau batu yang ukurannya lebih kecil, atau bisa juga menggunakan biji-bijian yang mengeluarkan warna.

PENUTUP

pixabay.com

Itu tadi kawan, pembahasan mengenai nama permainan tradisional di indonesia yang saya berikan.

Saya ucapkan terima kasih banyak kepada teman-teman semua yang telah membaca artikel ini hingga selesai. Tak lupa juga saya mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam proses penulisan baik itu typo atau terdapat kata yang menyinggung kalian.

Jangan lupa untuk membaca artikel saya yang sebelumnya yang berjudul makanan tradisional jawa agar untuk menambah wawasan kamu tentang macam-macam makanan tradisional Di Insonesia khususnya Di Jawa ini.

Semoga artikel yang saya bagikan ini bisa memberikan manfaat untuk kalian semua. Dan bisa memecahkan masalah kalian semua. Pantengin terus Elnuha.net agar kalian tidak ketinggalan berita unik dan menarik lainnya.

Sampai jumpa lagi dengan postingan yang berikutnya yah, …bye-bye????

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply