√ Perjanjian Saragosa, Sejarah, Latar Belakang, Isi, Tokoh

Perjanjian saragosa yaitu perjanjian yang dilakukan oleh antara bangsa Portugis dan Spanyol pada saat itu. Dan di tandatangani pasda tanggal 22 April 1529.

Tujuan dilakukannya perjanjian ini yaitu agar kedua belah pihak tidak saling rusuh dalam memperebutkan daerah kolonial di wilayah Maluku.

Pemicunya yaitu dengan kedatangan bangsa Spanyol di Maluku, setelah sebelumnya daerah ini sudah ditempati oleh wilayah Portugis.

Adapun hasil dari Perjanjian Saragosa ini mengharuskan pihak Spanyol untuk meninggalkan wilayah Maluku. Selain itu juga diadakannya kesepakatan yang mengenai daerah kekuasaan bangsa Spanyol dan Portugis.

Perjanjian ini telah dinamai seperti itu karena diadakan di kota Saragosa yang berada di Spanyol.

Pengertian Perjanjian Saragosa

perjanjian saragosa

ibnuasmara.com

Perjanjian Saragosa atau zaragoza ini adalah sebuah kesepakatan yang bertujuan untuk menentukan hak tanah kolonial. Perjanjian ini telah diratifikasi pada tahun 1529 antara raja Spanyol dan Kaisar Charles V yang menghadapi Raja John III dari Portugal.

Hal yang akan dibahas dalam perjanjian saragosa ini yaitu mengenai bidang-bidang yang telah mempengaruhi kedua negara di Asia secara umum dan di Maluku, Indonesia.

Maluku sendiri telah menjadi salah satu kekuasaan yang diperebutkan oleh beberapa negara karena dikenal sebagai kepulauan yang menghasilkan banyak sekali rempah-rempah.

Perjanjian saragosa itu memberikan kedaulatan atas daerah Maluku ke Portugal, termasuk hak navigasi dan perdagangannya.

Pihak Portugal sendiri akhirnya mensetujui agar membayar sebesar 350.000 dukat sebagai pembelian sah untuk hak negara Spanyol.

Secara teori mengatakan bahwa, perjanjian itu menyiratkan pihak Spanyol untuk melepaskan haknya untuk menduduki negara Filipina dan negara Asia lainnya, menurut perjanjian itu juga pernah juga daerah tersebut dikuasai Spanyol dan akan jatuh di bawah pengaruh wilayah Portugis.

Baca Juga : Perjanjian Linggarjati 

Perjanjian Saragosa

perjanjian saragosa

kalimat.id

Berikut ini akan elnuha bagikan tentang apa itu sejarah perjanjian Saragosa, meliputi latar belakang yang diadakannya perjanjian, tokoh-tokoh yang terlibat pada waktu itu.

Hasil dan isi perjanjin hingga akibat dan dampak yang ditimbulkan oleh perjanjian tersebut.

Sejarah Awal Perjanjian Saragosa

perjanjian saragosa

portalsejarah.id

Latar belakang dari adanya perjanjian Saragosa ini adalah perpanjangan dari perjanjian Tordesillas yang dilaksanakan pada tahun 1494 yang cuma menghasilkan kesepakatan sementara saja.

Pertikaian antara dua belah pihak yaitu Spanyol dan Portugis memang sudah sejak lama terjadi dan jauh sebelum memperebutkan kepulauan Maluku di negara Indonesia.

Konflik yang selalu muncul antara dua belah pihak Portugal dan Spanyol ini berupa pengambilan wilayah yang tidak sesuai dengan apa yang ditetapkan pada kesepakataaan di Perjanjian Tordesillas pada waktu itu.

Selama dua dekade pertama pada abad ke-16, konflik itu muncul kembali di antara kedua negara tersebut.

Bagi masyarakat Spanyol, untuk mencapai dan menguasai daerrah Maluku, menavigasi ke barat juga sangat relatif mudah, tetapi kembali lagi ke Meksiko dan itu adalah rute yang cukup sulit dan hampir mustahil untuk mereka bisa selesaikan.

Kemudian masalah yang lebih lanjut lagi adalah mengenai ekspansi kekaisaran pada pihak Spanyol dan Portugal yang memberlakukan kesepakatan pada waktu itu.

Perjanjian yang ditandatangani pada tanggal 5 April 1529, di kota Spanyol Zaragoza ini telah menentukan bahwa garis pengaruh dari pihak Portugis akan ditandai di sebelah timur di daerah Maluku, garis yang pada saat itu sudah diyakini dapat melewati dekat Kepulauan Mariana.

Negara Spanyol pun juga memberikan pembatalan pada saat perjanjian jika ada bukti yang ditemukan bahwa daerah Maluku terletak di sebelah timur antimeridian.

Sebagai imbalannya maka, João III akan segera membayar lebih dari 350.000 dukat dan uang muka yang di tawar atas tawaran awalnya yaitu sebesar 200.000.

Kemudian pada tanggal 22 April 1529 kedua belah pihak negara berusaha untuk mengklarifikasi Perjanjian Tordesillas tersebut dari tahun 1494 antara Spanyol dan juga Portugal.

Lagi-lagi perjanjian ini berusaha semaksimal mungkin untuk memperjelas batas-batas sebelumnya yang telah disepakati hanya antara dua negara tersebut saja yaitu, Spanyol dan Portugal, ditambah laginbatas-batas sebelumnya.

Semua tanah yang masih akan dibagi dengan kedua negara tersebut, dengan Filipina dan Amerika Utara ke Spanyol, dan Maluku kepada Portugal.

Baca Juga : Perjanjian Bongaya

Latar Belakang Perjanjian Saragosa

perjanjian saragosa

youtube.com

Sejarah pada perjanjian Saragosa ini dilatar belakangi karena ada sebuah pertikaian antara dua belah pihak bangsa Spanyol dan bangsa Portugis di wilayah Maluku waktu itu. Hal ini dikarenakan adanya kedua belah pihak ingin melakukan monopoli pada perdagangan rempah-rempah di wilayah Maluku tersebut.

Awalnya dari bangsa Portugis ini tiba di tanah Maluku pada tahun 1512 Masehi. Lalu mereka diterima oleh Raja Ternate yang saat itu sedang bermasalah dengan Kerajaan Tidore.

Raja Ternate ini meminta agar mendapatkan bantuan dari pihak Portugis untuk membuat benteng pertahanan. Sebagai imbalannya, pihak Portugis diberi hak untuk melakukan monopoli perdagangan tersebut.

Namun pada tahun 1521 Masehi, bangsa Spanyol yang gantian melakukan ekspedisi tiba di Tidore. Datangnya pihak Spanyol ini memulai terjadinya konflik yang cukup besar antara Portugis dan Spanyol.

Kedua belah pihak sama-sama menuding pihak yang lain yang telah melanggar Perjanjian Tordesillas, yakni perjanjian sebelumnya antara dua belah pihak Portugis dan Spanyol.

Untuk itu kemudian dilakukanlah perjanjian baru antara Portugis dan Spanyol untuk menyelesaikan sengketa sebelumnya, dimana perjanjian tersebut telah dinamai dengan Treaty of Zaragoza yang bernama Perjanjian Saragosa.

Baca Juga : Perjanjian Internasional

Tokoh Perjanjian Saragosa

perjanjian saragosa

syuhada.net

Perjanjian Saragosa ini juga melibatkan dua belah pihak yaitu dari pihak Spanyol maupun pihak Portugal. Dari pihak Spanyol sendiri diwakili oleh Kaisar Charles V.

Sementara dari pihak Portugis diwakili oleh Raja John III. Kedua belah kepala pemerintahan tersebutlah yang menandatangani berkas perjanjian saragosa ini.

Waktu dan Tempat Perjanjian Saragosa

perjanjian saragosa

ibnuasmara.com

Perjanjian Saragosa ini ditandatangani pada tanggal 22 April 1529. Tempat diadakannya perjanjian Saragosa yaitu bertempatan di kota Saragosa, Spanyol.

Lalu perjanjian ini ditandatangani oleh keduabelah pihak kepala pemerintahan yaitu Raja John III dan Kaisar Charles V.

Tujuan Dilakukan Perjanjian Saragosa

perjanjian saragosa

elnuha.net

Tujuan dilakukan perjanjian Saragosa ini adalah agar pasukan dari negara Portugis dan Spanyol tidak saling bersaing dalam merebutkan kerajaan dan koloni, maka dibuatlah perjanjian dari kedua belah pihak tersebut, Spanyol dan Portugis yang telah disepakati oleh pemerintahan.

Isi Perjanjian Saragosa

perjanjian saragosa

kalimat.id

Adapun isi dari perjanjian Saragosa adalah sebagai berikut :

  • Bumi akan dibagi atas dua pengaruh, yaitu pengaruh dari bangsa Spanyol maupun Portugis.
  • Wilayah kekuasaan dari pihak Spanyol membentang dari Meksiko ke arah barat sampai melebar ke kepulauan Filipina dan wilayah kekuasaan Portugis juga membentang dari Brazil ke arah timur sampai kepulauan Maluku. Sedangkan daerah yang terletak di sebelah barat garis Saragosa adalah di dalam pengusaan pihak Portugis.

Dampak perjanjian saragosa

perjanjian saragosa

gardanasional.id

Dampak yang diakibatkan dari Perjanjian Saragosa adalah sebagai berikut.

  • Berubahnya dasar pemikiran tentang Bumi yang dulu sudah dianggap berbentuk datar berubah bahwa ternyata bentuk bumi itu bulat.
  • Yaitu sejak bertemunya antara dua belah pihak antara spanyol dan portugis di Maluku, yang pada awalnya pihak spanyol pergi terlebih dahulu ke barat dari eropa dan portugis ke timur dari eropa maka bertemulah kedua belah pihak ini di Indonesia.
  • Daerah maluku sebagai pusat perdagangan yang sangat besar, sehingga menjadikan daerah ini sangat terkenal dengan julukan “The richest islands of the world.”
  • Portugis juga sudah mulai menanamkan kekuasaannya di daerah Maluku dan memonopoli perdagangan di daerah tersebut.

Nah itulah pengertian dan sejarah Perjanjian Saragosa telah elnuha bahas secara mendetail yang meliputi latar belakang, tujuan, waktu dan tempat, pihak dan tokoh yang terlibat, isi dan hasil serta dampak yang ditimbulkan dari diadakannya perjanjian Saragosa tersebut. Semoga bisa menjadi referensi sejarah buat teman-teman semua.

Terimakasih

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply