√ Perjanjian Kalijati, Sejarah, Pengertiaan, Latar Belakang (LENGKAP)

Hallo sahabat Elnuha semua, kali ini admin akan membahas tentang perjanjian kalijati.

Apakah sobat semua sudah pernah mendengar sebelumnya apa itu perjanjian kalijati ini?

Perjanjian Kalijati adalah sebuah kesepakatan diplomasi yang penting dalam sepanjang sejarah tanah air ini. Perjanjian tersebut dilakukan oleh dua belah pihak antara Jepang dan Belanda ketika berada di Indonesia, tepatnya di Kecamatan Kalijati pada saat itu, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat.

Adapun alasan yang melatar belakangi terjadinya perjanjian kalijati ini dapat dibaca pada paragraf berikut.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang hal tersebut, maka pada artikel ini admin akan memberikan informasi secara singkat mengenai sejarah dan latar belakang dari perjanjian yang terjadi antara Jepang dan Belanda ini.

Dalam sejarah perjuangan kemerdekaan di tanah air, terjadi berbagai macam peperangan dan juga perjanjian. Salah satunya yaitu perjanjian kalijati ini yang pernah terjadi pada tahun 1942.

Sejarah Singkat Perjanjian Kalijati

perjanjian kalijati

9fpgsajadeh.wordpress.com

Pada waktu itu pihak Jepang menganggap bahwa dirinya sebagai pemimpin dunia. Jepang lalu menyerang pangkalan angkatan laut yang di Amerika di pearl harbour, Hawai secara mendadak tanpa adanya pernyataan perang sebelumnya dari Jepang.

Tentu saja kejadian ini mendapat kecaman yang serius dari penjuru dunia. Pada saat itulah baru pihak Jepang secara resmi menyatakan secara terang-terangaan perang kepada Amerika Serikat.

Jepang yang berkeinginan untuk mewujudkan Asia Timur Raya berlanjut untuk menunjukkan kekuatannya dengan cara memperluas jajahannya yang bermulai dari Cina sampai ke Indonesia yang waktu itu masih dikenal dengan nama Hindia Belanda dan akhirnya dikuasai oleh Belanda.

Karena mendapat serangan yang sangat serius dari pasukan Jepang yang bersenjata lengkap, maka pihak Belanda pun mengalami beberapa kekalahan, ini terbukti dari jatuhnya pangkalan minyak ke tangan Jepang sekitar awal tahun 1942.

Karena berbagai penyerangan yang telah dilakukan, Kekuasaan Jepang di Indonesia pun semakin lama semakin bertambah luas bahkan pasukan yang berasal dari gabungan sekutu tidak mampu lagi untuk menahan serangan yang di lontarkan oleh tentara Jepang.

Pada bulan Oktober tepatnya di tahun  tahun 1942 pasukan Jepang akhirnya berhasil untuk masuk ke Batavia yang sekarang dikenal dengan nama Jakarta.

Serangan yang semakin bertubi-tubi yang dilakukan oleh tentara Jepang membuat pasukan Belanda kocar kacir semua dan akhirnya benteng dari pertahanan Belanda pun jatuh demi satu persatu. Lalu akhirnya Jepang pun berhasil menyerang ke markas besar pasukan Belandak, serangan ini lalu dimenangkan oleh pasukan Jepang.

Karena peristiwa itulah akhirnya kedua belah pihak tersebut sepakat untuk menandatangani perjanjian yang sudah diberi nama perjanjian Kalijati. Perjanjian ini terjadi pada tanggal 8 Maret 1942.

Baca Juga : Konferensi Meja Bundar

Latar Belakang Perjanjian Kalijati

perjanjian kalijati

gardanasional.id

Sesudah restorasi meiji, Jepang telah menjadi negara yang kuat secara di bidang militer dan juga ekonominya. Tujuan jepang mau menjadi “Leader” di kawasan ssia dan Jepang ingin mewujudkan untuk Negara Asia Timur Raya, dengan cara memperluas daerah jajahannya yang dimulai dari china, sampai wilayah Asia Tenggara dan juga termasuk Negara Indonesia yang telah di jajahnya.

Sedangkan di Eropa sendiri, pihak Belanda telah hancur lebur akibat dari serangan NAZI Jerman, bahkan sampai mengakibatkan krisis yang berkepanjangan terjadi pada pemerintahan kolonial Belanda di Indonesia.

Krisis pemerintah Belanda di Indonesia semakin bertambah saat pada tanggal 1 maret 1942, pasukan AL Jepang telah berhasil mendarat di pantai eretan, Indramayu, pasukan Jepang langsung saja menyerang serta telah berhasil merebut satu per satu benteng pertahanan dari Belanda yang berada di Indonesia, hanya butuh waktu satu minggu saja, untuk Jepang berhasil menaklukkan benteng utama Belanda yang berada di Indonesia.

Karena sudah tidak mempunyai kekuatan lagi dan pasukan nya juga sudah berhamburan kemana-mana, maka pihak Belanda terpaksa untuk menerima perjanjian yang sudah diberi nama dengan nama Perjanjian Kalijati.

Isi Dari Perjanjian Kalijati

perjanjian kalijati

kalimat.id

Perjanjian Kalijati ini merupakan sebuah upaya diplomasi yang dilakukan oleh pihak Belanda akibat dari kekalahannya terhadap Jepang. Maka perjanjian ini dilakukan di Kecamatan Kalijati yang bertempat di Subang, Jawa Barat.

Kemenangan yang dialami pihak Jepang terhadap Belanda pada Oktober 1942 memaksa Belanda harus mengakui kekalahan atas Jepang pada saat itu. Pada tanggal 8 maret tahun 1942, kedua belah pihak ini telah sepakat untuk membuat perjanjian yang diberi nama dengan Perjanjian Kalijati, adapun isi dari perjanjian tersebut adalah:

Belanda Harus Menyerah Tanpa Syarat Kepada Jepang

Jepang lalu membentuk pemerintahan militer di Indonesia yang terdiri dari:

  1. Pemerintah tentara yang ke-16 AD dengan wilayah Jawa, Madura dan ibukota di Jakarta
  2. Pemerintah tentara yang ke-25 AD dengan wilayah Sumatera, beribukota di Bukit tinggi.
  3. Pemerintah armada AL dengan wilayah Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku Dan juga Papua, Beribukotakan di Makasar.

Ketiga dari wilayah pemerintahan tersebut lalu dipimpin oleh Kepala staff dengan gelar GUNSEIKAN.

Ditanda tanganinya perjanjian ini untuk membuat Jepang secara resmi telah menjajah Indonesia dan menggantikan posisi Belanda. Perbuatan ini membuat Jepang untuk mengikuti Perang Dunia ke II.

Baca Juga : Perjanjian Postdam

Situasi Pasca Perjanjian Kalijati

perjanjian kalijati

syuhada.net

Dalam sejarah perjanjian Kalijati ini, ada beberapa dampak yang terjadi pasca penandatanganan perjanjian ini buat. Pada awalnya, bangsa Indonesia menyambut dengan sangat baik pengambil alihan oleh kekuasaan dari Belanda ke Jepang karena Indonesia mengira Jepang akan membawa perubahan ke arah yang lebih baik sebagai sesama bangsa yang masih se Asia.

Berikut Dampak Pasca Perjanjian Kalijati

  • Penanda tanganan dari perjanjian ini berarti juga berakhirnya kekuasaan dan penjajahan yang dibawa pihak Belanda di Indonesia yang sudah berlangsung selama kurang lebih 350 tahun dan secara resmi penjajah Indonesia sudah digantikan oleh pihak Jepang.
  • Jepang telah membentuk badan militer dalam jumlah yang sangat banyak dengan tingkatan yang berbeda – beda sehingga para pemuda dan rakyat di Indonesia bisa mendapatkan akses pendidikan yang lebih baik lagi, terutama pendidikan dalam bidang militer.
  • Indonesia juga dijanjikan mendapatkan kemerdekaan dari Jepang dengan pembentukan BPUPKI dan PPKI yang bertugas untuk membantu mempersiapkan hal – hal yang dibutuhkan untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

Akan tetapi, semua itu ternyata hanya omong kosong saja dari Jepang yang dihembuskan pihak Jepang untuk mendapatkan simpati rakyat Indonesia. Sebab pada kenyataannya, perlakuan Jepang kepada rakyat Indonesia jauh lebih kejam daripada di masa penjajahan oleh pihak Belanda sehingga walaupun hanya berlangsung selama tiga tahun saja, secara keseluruhan masa penjajahan Jepang ke Indonesia dan lebih buruk situasinya bagi rakyat sendiri.

Peninggalan Perjanjian Kalijati

perjaanjian kalijati

alifrafikkhan.blogspot.com

  • Museum Rumah Sejarah – Rumah sejarah Kalijati ini bertempat di bekas rumah yang dahulunya digunakan untuk menandatangani perjanjian tersebut tepatnya berada di Komplek Lapangan Udara Suryadarma Kalijati, Subang. Pada zaman dulu, Lapangan Udara ini adalah sebuah sekolah penerbangan oleh Hindia Belanda. Hingga saat ini rumah tersebut masih berdiri engan kokoh dan masih layak untuk ditempati dan sangat lengkap dengan perabotnya yang berasal dari tahun 1940an. Pemeliharaan rumah ini dilakukan oleh Pemda yang berasal dari Kabupaten Subang, karena museum ini menjadi cagar budaya milik pemerintah daerah Subang pada saat itu.
  • Musium Hidup – Dinamakan museum hidup dikarenakan tempat ini masih banyak menyimpan berbagai jenis pesawat terbang dari zaman dahulu yang masih bisa diterbangkan kembali berkat perawatan yang sangat baik. Pesawat – pesawat terbang ini kemungkinan adalah peninggalan dari sekolah penerbangan yang dulu pernah ada.
  • Monumen Jepang – Monumen yang dibuat sebagai bagian dari sejarah oleh perjanjian Kalijati ini merupakan monumen yang dibangun oleh tentara jepang dan masih dikunjungi banyak kerabat para tentara Jepang yang dulu pernah bertugas di Kalijati ini.

Setelah sejarah perjanjian ini selesai, kekuasaan Jepang yang menyengsarakan bagi rakyat Indonesia tidak lagi berlangsung lama seperti pihak Belanda dulu.

Arah peperangan berubah dengan dijatuhkannya bom atom ke Hiroshima dan Nagasaki yang dilakukan oleh Amerika sebagai balas dendam atas serangan Pearl Harbour yang mereka alami pada saat itu.

Serangan bom atom tersebut sangat efektif membuat pihak Jepang menjadi kacau balau dan mulai mengalami kemunduran dalam kekuasaannya.

Jepang akhirnya memutuskan untuk menyerah pada sekutu, dan sekali lagi kekuasaan di Indonesia menjadi bergeser. Hal ini dipandang oleh pihak Belanda sebagai kesempatan yang bagus untuk mengambil kembali kekuasaan mereka di Indonesia. Akan tetapi perlawanan rakyat Indonesia juga sangat gigih dan pada akhirnya membuahkan kemerdekaan bagi rakyat Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Baca Juga : Perjanjian Ekstradisi

Kalijati Saat Ini

perjanjian kalijati

jelajahkhatulistiwa.com

Kalijati adalah sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Dari Ibu kota Subang, Kecamatan Kalijati ini terletak di sebelah barat dari kota subang.

Di Kecamatan kalijati ini terjadi sebuah peristiwa yang sangat bersejarah, yaitu menyerahnya kolonel Belanda terhadap Jepang akibat kekalahannya pada tanggal 8 Maret 1942.

Belanda menyerah kepada pihak Jepang secara resmi lewat Perjanjian Kalijati yang dilakukan di dalam Rumah Sejarah Kalijati yang berlokasi di Komplek Garuda E 25 Lanud Suryadarma.

Mungkin itu saja yang bisa admin Elnuha sampaikan mengenai perjanjian kalijati.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat sobat Elnuha semua. Terima kasih

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply