√ 10 Manfaat Pohon Pisang Bagi Kesehatan Badan & Lingkungan

Manfaat Pohon Pisang – Buah pisang tentunya sudah banyak sekali diketahui bahwa memiliki manfaat untuk kesehatan serta bernutrisi yang tinggin buat tubuh.

Namun, tak disangka bahwa, batang pisang pun ternyata juga memiliki sederet manfaat yang baik bagi tubuh manusia.

Bahkan di beberapa negara Asia, seperti India, Malaysia, dan Thailand, mereka memasak dan mengonsumsi batang pohon pisang ini dan bunganya.

Menurut para ahli gizi, batang pohon pisang ini mengandung berbagai nutrisi seperti tanin, gula, vitamin A, vitamin B, vitamin C, saponinZat tepung, kalium, serotonin, hidrokitiptamin, dan neropinefrin.

Berikut inilah manfaat yang didapat jika mengonsumsi batang pohon pisang :

Manfaat Pohon Pisang

manfaat pohon pisang

pixabay.com

1. Mencegah Batu Ginjal

korankaltim.com

Ginjal merupakan organ yang sangat penting dalam tubuh yang berfungsi untuk menyaring darah setiap harinya di tubuh kita.

Oleh karena itu, endapan kalsium dalam organ ini bisa menyebabkan munculnya batu ginjal yang berbahaya di tubuh.

Namun, hal seperti itu bisa kita cegah dengan cara alami, salah satunya dengan memanfaatkan efek diuretik batang dari pohon pisang, yang dipercaya dapat membantu melancarkan buang air kecil dan membersihkan saluran ginjal.

2. Mengontrol Keasaman

doktersehat.com

Orang dengan keasaman yang tinggi harus sering minum jus dari batang pisang ini, karena batang pisang ini mampu memberikan bantuan dari tingkat keasaam lambung.

Bahkan cara ini telah diyakini sangat efektif untuk mencegah terjadinya kerusakan pada dinding lambung.

Baca Juga : Manfaat Daun Bidara

3. Mengobati Diabetes

medicalnewstoday.com

Karena jus dari batang pohon pisang ini bisa mengatur tingkat insulin di dalam tubuh, maka dari itu hal ini sangat bermanfaat dalam mengobati penyakit diabetes.

Minum jus yang terbuat dari batang pisang dengan tetap mempertahankan kandungan seratnya maka, mampu mencegah kadar gula dan dan menatralisir tensi darah.

4. Membantu Menyehatkan Sistem Pencernaan

magazine.job-like.com

Manfaat batang pisang yang selanjutnya yaitu dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan dalam tubuh.

Karena dengan mengonsumsi batang pohon pisang, sistem pencernaan kita bisa selalu terjaga kesehatannya dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang terhubung dengan sistem pencernaan.

5. Menyembuhkan Anemia

hellosehat.com

Batang pohon pisang ini juga bisa meningkatkan hemoglobin di dalam darah, karena batang pohon pisang ini mempunyai kandungan vitamin B6.

Oleh karena itu, bagi para penderita Anemia, maka sangat di sarankan untuk mengonsumsi batang pohon pisang, karena batang pohon ini telah dipercaya bisa menjadi ramuan herbal yang sangat baik untuk mengobati penyakit anemia.

Baca Juga : Manfaat Kayu Gaharu

6. Sebagai Bahan Olahan Pada Makanan

manfaat pohon pisang

pixabay.com

Manfaat selanjutnya dari buah pisang adalah sebagai salah satu bahan utama yang dibuat menjadi olahan makanan. Biasanya buah pisang ini dimanfaatkan untuk dibuat sebagai menu dessert, seperti kue, es krim, minuman, dan masih banyak lagi.

Selain itu, buah pisang juga sering dimanfaatkan sebagai salah satu camilan yang sangat enak untuk menemani waktu santai Anda, seperti pisang goreng ataupun juga pisang bakar.

Saat ini, pengolahan dari bahan pisang juga sudah mulai berkembang pesat dan yang paling populer yaitu buah pisang ini menjadi keripik pisang, yang dapat dengan mudah kita temui di berbagai pasar-pasar tradisional maupun modern.

7. Kaya Akan Zat Gizi dan Juga Mineral

manfaat pohon pisang

pixabay.com

Manfaat lainnya yang juga cukup penting dari pisang yaitu kandungan mineral dan juga vitaminnya yang sangat tinggi dan bagus buat kesehatan badan.

Buah pisang diketahui telah memiliki kandungan manfaat kalsium, fosfor, manfaat vitamin A, manfaat vitamin C, Vitamin D dan potasium serta masih banyak lagi vitamin dan juga mineral yang terkandung di dalam buah pisang pada keseluruhan. Vitamin dan juga mineral pada buah pisang ini telah mampu untuk membantu mencukupi kadar kebutuhan tubuh akan mineral dan vitamin setiap harinya.

8. Dapat Membantu Menahan Rasa Lapar

hellosehat.com

Anda sedang merasa lapar, namun belum saatnya untuk makan makanan yang berat? maka cobalah untuk mengkonsumsi buah pisang, baik dimakan begitu saja atau juga bisa diolah menjadi jus pisang.

Pisang memiliki kandungan potassium di dalamnya yang mampu untuk memberikan rasa kenyang pada tubuh Anda. tentu saja, rasa kenyang yang dihasilkan dari buah pisang ini dapat membantu dalam mengurangi rasa lapar dan juga mencegah Anda untuk mengkonsumsi camilan yang tidak sehat dan makanan yang berat.

Baca Juga : Manfaat Buah Mangga

9. Sebagai Rakit

festivalsungaimandar.blogspot.com

Gedebong pisang merupakan jenis batang pohon yang dapat mengapung di atas air. Karena itu, gedebong pisang seringkali banyak dimanfaatkan untuk dijadikan rakit, yang dapat membantu menjadi alat transportasi antar desa yang dipisahkan dengan perairan, seperti sungai dan juga danau.

10. Sebagai Bahan Makanan

manfaat pohon pisang

www.matanaga.com

Beberapa masyarakat di Indonesia juga sering memanfaatkan batang atau gedebong dari pisang ini sebagai salah satu bahan utama dalam proses pembuatan suatu masakan.

Mungkin memang sudah agak jarang dilakukan di semua masyarakat di Indonesia, namun demikian, ternyata sayur dari gedebong pisang ini memiliki rasa yang cukup menarik dan enak untuk dicoba.

Mungkin itulah manfaat yang terdapat pada pohon pisang, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat teman-teman semua.

Terimakasih

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply