√ 1001 Manfaat Pohon Kelapa Bagi Manusia (Lengkap Penjelasannya)

Manfaat Pohon Kelapa – Siapa sih yang tidak mengenal pohon kelapa, dengan dahannya yang begitu tinggi menjulang tanpa cabang yang ada. Daunnya yang selalu memanjang adalah ciri khas pohon kelapa ini. Pohon kelapa identik dengan kebermanfaatnya, kegunaan dan juga tiada yang sia-sia atas keberadaan pohon kelapa ini.

Saking besar manfaatnya, komunitas gerakan pramuka pun menjadikan cikal atau tunas kelapa menjadi lambang kebanggan yang menandakan seorang pramuka haruslah berguna di setiap saat dan tidak ada hal yang sia-sia ketika melakukan sesuatu.

Nah kembali lagi ke pohon kelapa, apa saja yang bisa di manfaatkan dari pohon kelapa ini? Pertanyaan tersebut bisa dijawab dengan jawaban ‘semuanya sangat bisa berguna’, benar sekali semua bagian dari pohon kelapa memang sangat berguna buat segi apapun, terutama untuk kehidupan manusia.

Dari akar, daun, lidi sampai buahnya pun sangat berguna atau bermanfaat bagi manusia. Banyak sekali manfaat pohon kelapa ini. Untuk mengetahui manfaat pohon kelapa lebih detailnya, mari kita bahas satu persatu manfaat dari pohon kelapa ini :

Manfaat Pohon Kelapa

manfaat pohon kelapa

pixabay.com

1. Bahan Konstruksi Bangunan

Pohon kelapa tergolong memiliki struktur yang kuat sehingga bisa juga dimanfaatkan sebagai penyangga sebuah bangunan seperti rumah dan bangunan lainnya.

2. Mencegah Banjir

Pohon kelapa memiliki kemampuan yang sangat tinggi dalam menyerap jumlah air yang banyak sehingga dipercaya pohon ini mampu mencegah datangnya banjir.

3. Menangkap Ikan

Pohon kelapa memiliki rongga di dalam pohon tersebut, sehingga sering di pakai dibagian masyarakat tertentu untuk menjebak ikan agar masuk kedalam rongga tersebut dan dapat menghasilkan ikan yang begitu banyak bagi sebagian masyarakat.

Baca Juga : Manfaat Daun Bidara

Manfaat Akar Kelapa

manfaat akar kelapa, manfaat pohon kelapa

busy.org

Di negara-negara Asia seperti China, akar pohon kelapa ini digunakan untuk membantu dalam mengecilkan selaput lendir. Di Indonesia sendiri juga, akar dari pohon kelapa dipercaya dapat membantu menurunkan penyakit seperti demam.

Menurut Maurafe dan rekan dalam Journal of Agricultural Food Science pada tahun 1987, “akar dari pohon kelapa ini menyediakan karbohidrat, lipid, asam laurat, miristat, dan kaprilat.

Asam larut yang mudah dicerna menjadi sumber energi yang sangat bagus untuk badan dan menghadirkan lipid antimikroba yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia”.

1. Bahan Obat-Obatan dan Minuman

Saringan dari akar kelapa yang sudah direbus dapat membantu dalam mengobati berbagai macam gangguan pencernaan seperti diare, disentri dll.

Akar dari pohon kelapa juga mampu mengobati berbagai gejala gatal-gatal. Akar kelapa juga berperan penting sebagai bahan pembuatan sikat gigi dan alat pencuci mulut.

2. Bahan Pembuatan Kerajinan Tangan

Akar kelapa sudah lama dimanfaatkan sebagai bahan untuk pembuatan kerajinan tangan seperti dibuat gelang dan kalung yang memiliki nilai ekonomis.

Baca Juga : Manfaat Daun Jati

Manfaat Batang Kelapa

manfaat akar kelapa, manfaat pohon kelapa

pixabay.com

Batang kelapa ini memiliki tekstur yang kasar dan sangat berserat. Kayunya juga memiliki sifat fisik yang variatif terutama untuk kerapatannya, sehingga bisa dimanfaatkan oleh sebagian orang. Berikut manfaat batang kelapa:

1. Pengganti Kayu Konstruktif

Batang dari pohon kelapa yang memiliki kerapatan tinggi dapat diolah atau dimanfaatkan untuk pembuatan furnitur, komponen bangunan rumah, balok lantai yang cukup kuat untuk dijadikan penopang suatu hal yang berat.

2. Barang Kerajinan

Batang dari pohon kelapa tidak hanya sebatas bahan konstruksi tapi juga dapat digunakan menjadi beragam macam produk yang unik dengan nilai jual yang cukuptinggi.

Contoh kerajinan tangan yang terbuat dari batang kelapa adalah mainan anak-anak, aneka souvenir, tempat lilin dan berbagai keperluan rumah tangga lainnya.

 3. Bahan Pembuatan Kertas

Ekstrak dari batang pohon kelapa ini ternyata bisa dijadikan sebagai bahan untuk pembuatan kertas.

 4. Bahan Pembuatan Kriket dan Arang

Meskipun pemanfaatan batang dari pohon kelapa ini masih terbatas dalam bahan kimia namun sejauh ini telah banyak dikembangkan sebagai sumber energi untuk pembuatan arang.

Manfaat Daun Kelapa

manfaat akar kelapa, manfaat pohon kelapa

pixabay.com

Tidak hanya akar dan batangnya saja yang bisa bermanfaat bagi kita tapi juga daunnya juga banyak sekali manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari. Berikut inilah manfaat dari daun kelapa yang berhasil kami sadur:

1. Membuat Ketupat

Daun dari kelapa yang masih muda sudah sering sekali digunakan sebagai bahan dalam membuat ketupat. Daunnya yang masih kuning atau hijau muda (janur) sudah sejak dari zaman dahulu menjadi bagian dari tradisi pembuatan ketupat terutama ketika datangnya Hari Raya Idul Fitri/Idul Adha.

2. Alternatif Pembuatan Atap

Di beberapa daerah khususnya di Indonesia terutama di kampung-kampung penggunaan daun kelapa ini sebagai atap rumah yang masih sering kita jumpai. Daun kelapa yang setengah kering ini lalu dianyam dan rapikan kemudian dimanfaatkan sebagai atap rumah agar terhindar dari panas dan hujan.

3. Hiasan Pernikahan

Mungkin teman-teman sudah familiar sekali bukan dengan istilah janur kuning? Yup, daun kelapa yang masih muda yang berwarna kuning biasanya dijadikan lambang pesta pada acara pernikahan.

Hiasan acara pernikahan ini biasanya diletakkan di berbagai tepi jalan yang menandakan bahwa adanya sebuah pesta di sekitar daerah tersebut.

4. Pakan Ternak

Daun kelapa yang masih muda yang telah diambil lidinya juga bisa dimanfaatkan sebagai alternatif buat pakan ternak kita seperti kerbau dan sapi.

5. Bahan Kerajinan Tangan

Daun kelapa juga sering dibuat kerajinan tangan yang sangat menarik seperti contohnya seperti tikar, bakul, anyaman dan masih banyak yang lainnya.

Baca Juga : Manfaat Pohon Beringin

Manfaat Buah Kelapa

manfaat akar kelapa, manfaat pohon kelapa

pixabay.com

Buah kelapa berbentuk bulat dan berukuran yang cukup besar. Warna kulit buahnya pun bervariasi, mulai dari yang berwarna hijau, kuning, dan coklat. Buah kelapa pun terbagi menjadi tiga bagian penting yang semuanya sangat bermanfaat yaitu air kelapa, daging kelapa, tempurung maupun sabut kelapa.

1. Air Kelapa

Air kelapa tidak hanya sebagai pelepas dahagasaja lho, tapi fungsinya bisa lebih dari itu. Kandungan nutrisi yang terkandung di dalam air kelapa seperti kalium, natrium, kalsium, magnesium, vitamin dll kesemuanya sudah diketahui sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan.

Air kelapa juga sangat baik untuk ibu hamil, penderita diabetes, kekebalan tubuh, bahkan untuk kulit dan rambut.

2. Daging Kelapa

Untuk manfaat yang satu ini mungkin sudah jelas sekali yaa. Daging dari buah kelapa yang masih muda sering dikonsumsi langsung atau dicampurkan pada es buah dan sejenis minuman lainnya. Rasanya sangat segar dan juga lezat sekali bukan.

Daging dari buah kelapa ini digunakan dalam berbagai keperluan memasak seperti santan nya. Daging kelapa bahkan juga merupakan bahan utama dalam pembuatan minyak kelapa yang memiliki aroma yang sangat khas kelapa nya.

Kandungan lemak jenuh yang dimiliki daginga kelapa ini jauh lebih tinggi dari minyak zaitun sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

Minyak kelapa telah lama sekali digunakan dalam mengobati berbagai macam penyakit. Selain itu, minyak kelapa juga berperan sangat banyak dalam menjaga kesehatan rambut, minyak urut untuk bayi dan masih banyak kegunaan minyak kelapa lainnya.

3. Tempurung Kelapa

Tempurung atau cangkang dari buah kelapa ini sering dimanfaatkan sebagai arang yang berguna untuk memasak, batoknya juga bisa diolah menjadi filter rokok, dan dibuat bahan kerajinan seperti gayung, sendok nasi, dan masih banyak yang lainnya

4. Sabut Kelapa

Sabut kelapa juga banyak dan sering dijadikan sebagai bahan kerajinan tangan seperti pembuatan tali, bahan dalam industri karpet, boneka, keset dan lain sebagainya.

Sabut dari pohon kelapa ini bahkan bisa diolah menjadi media tanam yang dikenal sebagai cocopeat. Dan yang paling sering dijumpai adalah sebagai scrubber untuk membersihkan peralatan dapur hingga lantai yang kotor.

Manfaat Bunga Kelapa

manfaat akar kelapa, manfaat pohon kelapa

pixabay.com

Bunga kelapa biasanya mulai mekar ketika pohon kelapa sudah berusia sekitar 4 sampai 6 tahun. Bunga-bunga tersebut memiliki warna yang kuning dan beraroma manis. Bagian bunga tersusun majemuk pada rangkaian yang yang dilindungi oleh bractea. Dimana terdapat juga bunga jantan yang terletak jauh dari pangkal dan betina yang terletak di pangkal karangan.

Bagian bunga dari kelapa yang dapat dimanfaatkan sebagai berikut :

  • Hasil fermentasi dari getah bunga kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan alkohol dan cuka.
  • Sebagai bahan obat-obatan tradisional
  • Sebagai bahan kerajinan seperti topi, tas, maupun tali sendal.

Manfaat pohon kelapa dari akar hingga pucuk memang sangat banyak sekali dan sudah menjadi rahasia umum bahwa pohon kelapa telah menjadi salah satu tanaman yang sangat bermanfaat di bumi ini.

Penutup

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari pohon kelapa yang bisa berguna bagi kehidupan manusia, lain daerah lain juga penggunaannya atau dimanfaatkannya bukan?

Nah kini teman-teman semua semakin tahu berbagai macam manfaat pohon kelapa bukan?

Hampir setiap bagian dari pohon kelapa sangat bermanfaat bagi manusia, Kini tugas kita tinggal untuk menjaga lingkungan dan mari menanam pohon sebanyak mungkin agar tetap terjaga kelestariannnya. Sekian info manfaat pohon kelapa yang dapat elnuha sajikan, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply