Inilah 14 Manfaat Pohon Cemara Bagi Kesehatan & Lingkungan (Lengkap)

Manfaat Pohon Cemara – Pohon cemara merupakan salah satu pohon yang telah dianggap spesial dan mempunyai banyak manfaat yang terkandung didalamnya.

Dalam perayaan natal pohon cemara ini juga selalu digunakan sebagai simbol perayaan agar semakin meriah acara natal tersebut. Jika dihias dengan berbagai macam ornamen, maka akan kelihatan bagus sebagai dekorasi ruangan rumah.

Selain itu, pohon cemara yang bisa mencapai usia sampai ratusan bahkan ribuan tersebar luas di belahan bumi selatan yang meliputi wilayah Amerika Selatan, Afrika Selatan, Australia hingga ke Selandia Baru. Sedangkan di wilayah khatulistiwa, pohon cemara ini bisa ditemukan, salah satunya di Indonesia.

Manfaat Pohon Cemara

manfaat pohon cemara, ciri-ciri pohon cemara

pixabay.com

Perayaan Natal tak hanya identik dengan santa claus dan hadiah saja. Pohon cemara pun juga ikut menjadi ciri khas penanda adanya perayaan umat kristiani itu telah tiba.

Kita bisa menemukan bahwa  beberapa tempat umum dan gereja bersolek dengan hiasan Natal dengan menggunakan pohon tersebut dan ornamen pelengkap lainnya seperti lampu yang berwarna-warni untuk memeriahkan natal tersebut.

Dibalik kegunaan pohon cemara sebagai pohon Natal ternyata ada juga beberapa manfaat yang bisa diperoleh. Apa saja sih manfaat yang terdapat di dalam pohon cemara bagi kehidupan manusia? Berikut inilah penjelasannya.

1. Mencegah Abrasi dan Jadi Tameng Terhadap Tsunami

manfaat pohon cemara, ciri-ciri pohon cemara

pixabay.com

Akar kuat yang dimiliki oleh pohon cemara ternyata punya fungsi yang vital bagi tanah. Seperti halnya tanaman tembakau, pohon cemara berguna dapat membantu mencegah abrasi di pesisir pantai. Tak heran jika ada beberapa wilayah pantai atau perairan yang di beberapa negara ditumbuhi dengan pohon cemara.

Selain pohon cemara ini punya akar yang kuat pohon ini juga tahan dengan guncangan dan hembusan angin pantai yang sangat kencang sekalipun. Ini sangat berguna sekali untuk menahan gelombang tsunami yang datang.

2. Membantu Untuk Suburkan Tanah

manfaat pohon cemara

renunganlenterajiwa.com

Pohon cemara termasuk salah satu tumbuhan yang sangat tinggi dan memiliki daun yang juga lebat dan rindang. Lebatnya daun dari pohon cemara ini suatu saat akan mengalami pengeringan dan jatuh ke tanah di sekitar pohon cemara tersebut.

Daun dan juga batang pohon cemara yang gugur inilah yang akan membantu menyuburkan tanah supaya semakin subur. Ini akan sangat bermanfaat bagi para petani ataupun penggarap lahan di sekitar pohon cemara yang akan menanam tanaman mereka untuk dipanen.

Baca Juga : Manfaat Daun Bidara

3. Penolong Petani Palawija

manfaat pohon cemara

medcom.id

Selain petani punya andil menyuburkan lahan pertanian, pohon cemara juga jadi ‘juru selamat’ nagi para petani palawija.

Kekuatan dari pohon cemara yang tahan akan di kondisi yang buruk dapat melindungi berbagai macam tanaman dari terjangaan hujan lebat dan angin kencang. Ini juga dapat menolong para petani supaya tanaman mereka tetap subur.

4. Meredakan Batuk dan Obati Penyakit Bronkitis

manfaat pohon cemara

honestdocs.id

Sering juga kita jumpai produk-produk pengharum ruangan yang beraromakan cemara. Ternyata, aroma yang dihasilkan produk tersebut berasal dari tanaman tersebut juga berguna untuk meredakan penyakit, minyak yang diolah dari pohon cemara ini dapat membantu untuk mengobati batuk, sinus hingga bronkitis.

Kamu bisa mencoba untuk menggunakan minyak dari pohon cemara dan bisa membantu mengatasi batuk atau sinus yang dirimu derita. Kamu perlu menuangkan minyak pohon cemara ini sebanyak tiga tetes saja ke dalam air hangat dan hirup uapnya secara perlahan.

5. Kaya Vitamin Guna Kesehatan Kulit

lamesaskincare.com

Pernahkah kamu membayangkan apabila kambium yang terdapat di dalam pohon cemara bisa diolah? Nyatanya kambium pohon cemara ini bisa dimanfaatkan sebagai bumbu masakan lho.

Bumbu pelengkap yang diolah dari kambium pohon cemara akan membuat masakan menjadi lebih sedap dan harum. Umumnya, makanan yang dilegkapi dengan bumbu kambium pohon cemara bisa dijumpai di beberapa kawasan dataran tinggi yang ditumbuhi oleh tanaman ini.

6. Sebagai Obat Cacingan Pada Anak

guesehat.com

Pernahkah kamu bayangkan bahwa pohon cemara ini bisa dimanfaatkan menjadi obat untuk penyakit? sungguh benar adanya bahwa akar dari pohon kelapa ini bisa dijadikan sebagai obat cacingan untuk anak-anak yang menderita penyakit tersebut.

Baca Juga : Manfaat Buah Mangga

7. Memberikan Ketenangan Pada Diri

manfaat pohon cemara

suaramuslim.net

Aroma yang terkandung di alam pohon cemara ini tidak hanya mujarab dalam mengobati penyakit saja. Bahkan bau yang keluar dari pohon ini pun juga dapat membantu menurunkan rasa stres yang dialami seseorang.

Tak heran kemampuan pohon ini bisa memberikan rasa nyaman dan meredakan penyakit mental yang dikaitkan dengan makna dengan pohon cemara yang berarti kesejahteraan kehidupan.

8. Mengandung Vitamin C

manfaat pohon cemara

doktersehat.com

Pinus yang dihasilkan oleh pohon cemara ini ternyata juga mengandung senyawa yaitu vitamin C. Dan ternyata kandungan vitamin C yang di dalam pinus ini tidak kalah atau setara dengan sumber vitamin C lain yang sudah dikenal lebih lama seperti contohnya buah jeruk maupun jambu.

Temuan ini pun telah diteliti sebelumnya dan peneliti tersebut juga menemukan flavanol dan juga bioflavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan alami yang bagus bagi tubuh.

9. Hiasan Rumah

manfaat pohon cemara

pixabay.com

Pohon cemara sudah lama sekali dimanfaatkan sebagai hiasan rumah dalam variasi yang sangat banyak dan beragam. Pinus, daun, hingga tangkainya pn sudah menjadi hiasan dekorasi rumah sejak lama.

Beberapa juga ada yang memanfaatkannya dengan mengolah produk pohon cemara ini menjadi kerajinan tangan yang bernilai jualcukup tinggi . Selain itu banyak yang membentuknya sedemikian rupa sehingga memiliki nilai seni yang bagus dan tinggi.

10. Sebagai Pohon Natal

manfaat pohon cemara

furnizing.com

Ini dia manfaat dari pohon cemara yang paling populer. Pohon cemara sudah lama dimanfaatkan sebagai pohon yang dihias saat datangnya acara natal dengan berbagai dekorasi di rumah keluarga yang merayakannya.

Walau sekarang pohon cemara ini sering digantikan dengan pohon cemara imitasi yang dibuat dari plastik ataupun karet,  tetap saja pohon cemara ini sangat identik sebagai pohon natal yang dihiasi berbagai macam dekorasi dan lampu yang ramai dan berwarna-warni.

11. Minuman Segar

doktersehat.com

Pohon cemara juga dapat menghasilkan pinus yang akan memberikan banyak sekali manfaat lebih. Seperti salah satunya yaitu dapat menjadikan olahan pinus sebagai minuman sirup maupun minuman segar yang mampu meredakan dahaga.

12. Menghilangkan Sakit Otot

lifestyle.okezone.com

Ada lagi khasiat yang mengenai pohon cemara ini yang tidak kalah bermanfaatnya yaitu dengan menggunakannya sebagai obat sakit otot.

Dengan menggunakan minyak yang dihasilkan dari pohon cemara ini (pinus), maka akan sangat membantu untuk meredakan sakit otot yang sedang diderita seseorang. Hanya saja, sepertinya kamu harus menghindari jenis pohon cemara Sylvestris yang justru akan membuat kulit menjadi iritasi.

Baca Juga : Manfaat Buah Ciplukan 

13. Pelindung Jalan

manfaat pohon cemara

pixabay.com

Pohon cemara yang cantik, hijau, dan rindangini  juga mampu menjadi pelindung jalan yang sangat bagus. Hal ini dikarenakan bahwa pohon cemara mampu tumbuh dengan sangat tinggi dan lebat.

Maka, pohon ini mampu menjadi seolah-olah sebagai payung jalanan yang memberikan efek rindang terhadap jalanan yang disekitarnya ditumbuhi dengan pohon cemara.

14. Menyejukkan Pesisir Pantai

blog.airpaz.com

Dengan adanya pohon cemara yang ditanam di pinggir pantai, maka akan timbul rasa sejuk yang luar biasa enaknya. Hal ini dikarenakan dari daun yang rimbun dari pohon cemara sendiri mampu membuat daerah sekitar pantai menjadi sejuk dan tidak terasa gersang walaupun cuaca sedang panas.

Ciri-Ciri Pohon Cemara 

manfaat pohon cemara, ciri-ciri pohon cemaramanfaat pohon cemara, ciri-ciri pohon cemara

pixabay.com

  • Berukuran tinggi dan berbentuk kerucut keatas.
  • Daunnya yang berbentuk ramping dan runcing yang berguna untuk mengurangi penguapan panas. Bentuk daun tersebut juga merupakan adaptasi dari pohon cemara terhadap lingkungan yang panas atau gersang.
  • Warna dari daun pohon cemara biasanya berwarna hijau gelap, tetapi ada beberapa spesies dari pohon ini yang berwarna hijau terang daunnya.
  • Pada saat pohon cemara masih muda, kulit kayunya begitu halus, berwarna coklat kehijauan, dan belum mempunyai retakan pada batangnya.
  • Kulit kayu pohon cemara yang sudah dewasa terbilang tebal dan warnanya lebih ke coklat gelap dan biasanya terdapat retakan-retakan di sekujur pohon cemara tersebut. Tebalnya kulit kayu pohon cemara ini membuatnya dapat bertahan di segala kondisi cuaca.
  • Pohon cemara yang tidak menghasilkan buah melainkan pinecone atau runjung cemara. Runjung cemara adalah semacam pucuk yang membawa biji dan juga menjadi organ dari reproduksi pohon cemara untuk berkembang biak lebih banyak lagi.
  • Cabang dari pohon cemara tumbuh sangat rapat dengan cabang lainnya hingga tampak seperti lingkaran yang bercabang dengan tumbuh dari titik yang sama. Namun sebenarnya pola dari cabang-cabang tersebut yaitu berbentuk spiral, dimana semakin ke atas pohon cemara itu, maka cabangnya akan semakin tumbuh pendek. Inilah yang membuat pohon cemara tampak seperti kerucut atau piramida yang tinggi dan indah.

Wah, wah, ternyata sangat banyak sekali ya manfaat dari pohon cemara ini. Setelah membaca artikel ini semoga kamu sudah seharusnya untuk lebih menghargai pohon cemara tersebut karena dia memberi banyak keuntungan bagi manusia, baik dari segi materi atau non materi.

Jangan lupa juga untuk selalu melestarikan tanaman apapun, karena jika mereka telah punah maka manusia juga lah yang paling dirugikan.

Semoga artikel ini dapat membantu untuk membuka wawasan dan bermanfaat bagi kita semua! 🙂

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply