√ 21 Manfaat Pohon Beringin Bagi Kesehatan & Lingkungan (Lengkap)

Manfaat Pohon Beringin – Tanaman beringin ini sudah memiliki kemampuan sebagai tanaman konservasi mata air dan penguat pada lereng alami.

Hal tersebut dapat dilihat dari struktur pada perakarannya yang dalam dan akar lateral yang mampu mencengkeram tanah dengan baik.

Selain itu, jenis-jenis pohon beringin memang dapat diketahui sebagai habitat beberapa burung, reptilian, serangga dan mamalia yang biasa mengkonsumsi buahnya. Jadi, dengan menanam pohon beringin ini, maka secara tidak langsung kamu juga akan mengkonservasi fauna yang menjadikan pohon beringin ini sebagai tempat hidup mereka.

Daun dari pohon beringin ini terkenal sebagai sebuah daun yang mempunyai berbagai macam manfaat. Salah satu manfaat yang paling terkenal dari daun pohon beringin ini adalah dapat mengobati serangan kejang pada anak- anak yang disebabkan karena penyakit panas ataupun demam, mengobati bronchitis, disentri atau infeksi pada usus.

Klasifikasi Tanaman Pohon Beringin

manfaat pohon beringin

pixabay.com

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan yang berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua atau dikotil)
Sub Kelas: Dilleniidae
Ordo: Urticales
Famili: Moraceae (suku nangka-nangkaan)
Genus: Ficus
Spesies: Ficus benjamina L. 

Anatomi dan Morfologi Tanaman Pohon Beringin

manfaat pohon beringin

pixabay.com

Tanaman pohon beringin ini merupakan tanaman pohon yang berukaran sangatlah besar, dengan diameter batangnya bisa mencapai 2 m lebih, yang mana tingginya bisa sampai 25 m.

Batang tanaman pohon beringin ini tegak agak bulat, dengan struktur permukaan yang kasar, batang tanaman beringin ini berwarna coklat kehitaman, dan juga mempunyai akar gantung yang bisa keluar dari batangnya.

Daun pohon beringin ini tunggal dan berbentuk lonjong, daun tanaman beringin berhijau, dengan panjang 3 hingga 6 cm, dengan tepian daun yang rata, yang dimana letaknya bersilang berhadapan.

Bunga tanaman beringin tunggal, bunganya ini dapat keluar dari ketiak daun, kelopak bunga tanaman beringin berbentuk seperti corong yang ke atas, berwarna kuning kehijauan.

Buah pohon beringin ini berbentuk bulat kecil, panjang 0.5 – 1 cm berwarna hijau saat muda dan kemerahan pada saat tua.

Pohon beringin ini dapat berkembang biak dengan cara stek dan biji. Tanaman beringin juga biasa hidup dihutan dekat dengan sungai, lereng bukit serta daerah-daerah pegunungan. Habitat pohon beringin di dataran rendah dan tinggi.

Baca Juga : Manfaat Daun Bidara

Manfaat Pohon Beringin

manfaat pohon beringin

pixabay.com

1. Mencegah Kanker

artria.id

Berdasarkan data empiris, bahwa pohon beringin ini mampu mengobati atau mencegah datangnya penyakit kanker. Beringin putih mempunyai kandungan yang sama yaitu saponin, flavanoid, dan alkaloid yang dapat membantu untuk menghambat laju pertumbuhan sel kanker pada tubuh (agen kemopreventif).

2. Mengatasi Kejang Panas

guesehat.com

Untuk mengatasi kejang panas terhadap anak, Anda bisa mempersiapkan sekitar 100 gram daun beringin yang masih segar. Kemudian cuci hingga bersih lalu rebus bersama 5 liter air selama 25 menit. Lalu gunakan air rebusan tersebut selagi masih hangat untuk memandikan anak yang sakit panas tersebut.

3. Mengobati Bronchitis

beritaliputan.com

Untuk mengobati penyakit bronchitis , caranya yaitu : dengan merebus 75 gram daun beringin yang masih segar dan 18 gram kulit jeruk mandarin dengan 3 gelas air, sampai tersisa sampai sekitar 1 gelas saja. Setelah air tersebut dingin maka saring dan minum 3 kali sehari pagi , siang dan malam. Lakukan cara ini secara rutin selama 10 hari.

4. Mengatasi Radang Usus

go.care

Untuk mengatasi radang usus atau disentri caranya cukup muda yaitu : Cuci bersih 500 gram daun beringin yang masih segar dan rebus dengan 3 gelas air putih sampai tersisa sekitar 1 gelas saja. Setelah air tersebut dingin lalu saring dan minum 2 kali sehari pagi dan sore masing – masing 1/2 gelas saja, lakukan cara ini secara rutin supaya bisa maksimal.

5. Obat Sakit Sawanan Bagi Anak

parenting.dream.co.id

Daun beringin juga berkhasiat sebagai obat sakit sawanan bagi anak-anak. Untuk obat sawanan ini maka dipakai 100 gram daun beringin, kemudian dicuci dan direbus dengan 5 liter air selama 25 menit.

Air rebusan tersebut setelah sudah agak dingin lalu digunakan untuk memandikan anak yang sedang sakit sawan. Kandungan dari Akar udara yang terletak pada bagian batang pohon beringin ini mengandung asam amino, fenol, gula, dan asam orange. Dan juga memiliki rasa yang sedikit pahit, namun sejuk.

Baca Juga : Manfaat Pohon Kelapa

6. Obat Amandel

hellosehat.com

Untuk mengobati penyakit amandel, maka kamu memerlukan akar udara dari pohon beringin ini. Siapkan akar udara beringin sebanyak sekitar 180 gram, lalu siapkan pula cuka sebanyak 1 gelas. Kemudian rebus akar beringin tersebut dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas.

Sebelum direbus sebaiknya di potong-potong terlebih dahulu akar beringinnya. Setelah selesai direbus maka tambahkan cuka lalu biarkan air rebusannya hingga dingin agar bisa langsung diminum untuk mengobati amandel.

7. Mencegah Longsor

rmolbengkulu.com

Dengan adanya pohon beringin ini sangat membantu bagi masyarakat untuk mencegah terjadinya bencana longsor, karena pohon beringin ini mempunyai akar yang lebat dan besar yang mampu menyerap kadar air yang sangat banyak di dalam tanah, maka sangat membantu sekali untuk mencegah terjadinya longsor.

Baca Juga : Manfaat Kayu Gaharu

8. Mencegah Banjir

blog.act.id

Tanaman pohon beringin ini memiliki postur batang yang sangat besar dan kokoh sekali, pohon beringin ini juga memiliki akar yang lebat yang sangat membantu dalam mencegah adanya banjir.

Manfaat dan Khasiat Pohon Beringin Lainnya Bagi Kesehatan

manfaat pohon beringin

pixabay.com

  • Pohon beringin bermanfaat untuk mengobati penyakit pilek (influenza)
  • Pohon beringin digunakan sebagai obat penyakit demam tinggi
  • Pohon beringin untuk mengobati penyakit radang amandel (tonsilitis)
  • Pohon beringin bermanfaat untuk mengobati penyakit nyeri rematik pada sendi
  • Pohon beringin bermanfaat untuk mengobati pada luka yang terpukul (memar)
  • Pohon beringin bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit radang pada saluran napas (bronkhitis)
  • Pohon beringin berkhasiat dapat mengobati penyakit tatuk rejan (pertusis)
  • Pohon beringin bermanfaat sebagai obat penyakit malaria
  • Pohon beringin berkhasiat mengobati penyakit radang usus akut (acute enteritis)
  • Pohon beringin bermanfaat sebagai obat penyakit disentri,
  • Pohon beringin bermanfaat untuk mengobati kejang panas pada anak-anak
  • Pohon beringin berkhasiat sebagai obat sakit sawanan bagi anak-anak

Itulah beberapa manfaat dari pohon dan daun beringin untuk pengobatan. Banyak sekali bukan? Ternyata selain dipercaya sebagai pohon yang “istimewa”, beringin ini juga mempunyai kegunaan medis yang benar- benar nyata kegunaannya yaitu untuk membantu menyembuhkan penyakit manusia.

Semoga setelah ini kita dapat lebih bijak lagi dalam memanfaatkan pohon beringin ini.

Baca juga referensi yang biasa menjadi kutipan kami, thebirdnature.com Anda akan dapat ilmu dan wawasan baru bila mau dan rajin membaca artikel-artikel di dalamnya.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply