√ 17 Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan Badan & Cara Memakainya

Elnuha.net – Pernahkah Anda pernah mendengar tentang apa itu daun bidara? Daun bidara atau widara ini adalah pohon yang menghasilkanl buah bidara. Tanaman ini umumnya biasa tumbuh di daerah yang tandus atau kering.

Selain menghasilkan buah yang dapat dikonsumsi oleh banyak orang dan memiliki banyak sekali berbagai manfaat, daun bidara ini juga banyak dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan khususnya bagi para wanita yang menginginkan wajah yang lebih cerah dan haalus.

Berikut inilah manfaat daun bidara dan cara menggunakannya!

Manfaat Daun Bidara dan Cara Menggunakannya

manfaat daun bidara

elnuha.net

Pohon bidara merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak sekali dibudidayakan di Indonesia, salah satu yang yang populer adalah bidara arab.

Manfaat yang terkandung di dalam daun bidara arab yang paling populer yaitu dipercaya dapat mengusir jin. Namun, di luar kepercayaan tersebut, ternyata ada juga berbagai manfaat yang terkandung di dalam daun bidara untuk kesehatan dan juga bagi kecantikan. Berikut inilah manfaat yang terkandung di dalam daun bidara dan cara menggunakannya!

1. Mengobati Jerawat

manfaat daun bidara

.perdoski.id

Daun bidara juga bermanfaat untuk mеmbеrsihkаn dаn mеnjаgа kesehatan kulit wajah. Mаsаlаh раdа kulit wаjаh biаsаnyа diаlаmi оlеh para kaum rеmаjа. Раrа rеmаjа, раdа wаjаhnyа biasanya mulai sеring bermunculan jеrаwаt, dаn itu раsti sаngаt mеnggаnggu sekali bagi para anak remaja.

Daun bidara ini memiliki khasiat yaitu salah satunya dapat membantu mеngаtаsi pada mаsаlаh jеrаwаt lhо, cаrаnyа  yaitu cukuр mudаh.

Реrtаmа, аmbil bеbеrара lеmbаr daun bidara yang masih segar, kеmudiаn tumbuk daun bidara sаmраi hаlus. Lalu tаmbаhkаn sеdikit аir dаn cаmрur sаmраi аgаk mengental. Lаlu, bisa langsung di оlеskаn раdа wаjаh yаng bеrjеrаwаt, sереrti mеnggunаkаn mаskеr wаjаh pada umumnya.

Diаmkаn sаmраi mаskеr daun bidara tersebut mеngеring, kurang lebih 20 mеnit. Sеtеlаh itu, cuci sampai bеrsih wаjаh tаnра mеnggunаkаn sаbun, Untuk hаsil yаng lеbih bаik maka, gunаkаn cаrа di аtаs sеlаmа 2 bulаn. Lаkukаn hаl ini secara rutin sеbаnyаk 3-4 kаli dаlаm sеminggu.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

insanmedika.co.id

Manfaat yang terkandung pada daun bidara dan cara menggunakannya yang pertama yaitu dengan cara dikonsumsi langsung atau dalam bentuk jus untuk menjaga kesehatan pada jantung.

Penyakit jantung ada bermacam-macam jenisnya dan juga penyebabnya. Salah satu yang paling mempengaruhi datangnya penyakit jantung ini adalah gaya hidup kita.

Maka dari itu, kita harus memiliki pola gaya hidup yang seimbang, teratur dan konsumsi daun bidara ini juga dipercayai dapat mencegah dan mengatasi gangguan pada jantung.

Baca Juga : Manfaat Buah Mangga

3. Mempercepat Penyembuhan Pada Luka

merdeka.com

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya yang kedua yaitu dapat diaplikasikan terhadap luka untuk mempercepat proses penyembuhan luka tersebut.

Daun bidara ini juga dipercaya memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang sangat membantu untuk proses penyembuhan pada luka seperti luka sayatan, lecet, atau akibat goresan.

Selain itu, daun bidara ini juga dipercaya oleh kebanyakan orang memililki senyawa yang dapat membantu untuk menyembuhkan luka bakar dan mencegah luka bakar yang meninggalkan bekas pada kulit.

Manfaat daun bidara jugaa berkhasiat untuk menyembuhkan luka lebih cepat dari obat lainnya dan juga berasal dari kemampuan daun bidara ini untuk mempercepat regenerasi kulit.

4. Mengatasi Gangguan Tidur

hellosehat.com

Manfaat pada daun bidara selanjutnya yaitu dapat membantu untuk mengatasi gangguan pada susah tidur. Cara menggunakannya yaitu dengan cara mengonsumsi teh rebusan dari daun bidara.

Teh yang terbuat dari daun bidara ini memiliki kandungan saponin sehingga dipercaya dapat memberikan efek untuk menenangkan sehingga dapat mengatasi masalah insomnia dan meningkatkan kualitas tidur pada seseorang.

5. Baik Untuk Sistem Pencernaan

sunnahhealty.blogspot.com

Manfaat buah bidara dan daunnya yaitu untuk memelihara pada sistem pencernaan. Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya yaitu untuk membantu menjaga kesehatan pada pencernaan adalah dapat dikonsumsi secara langsung, dengan cara meminum rebusan dari daun bidara tersebut, makan buahnya, ataupun dengan mengonsumsi teh daun bidara.

Daun bidara juga dapat membantu untuk mengeluarkan berbagai racun yang berada di dalam pencernaan sehingga mampu untuk mencegah terjadinya infeksi pada saluran pencernaan dan berbagai risiko gangguan pencernaan pun bisa diatasi dengan mengonsumsi daun bidara ini.

6. Menurunkan Risiko Diabetes

hellosehat.com

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya yang lain yaitu dengan cara meminum air rebusan dari daun bidara secara rutin untuk menurunkan kadar pada gula darah. Penderita diabetes memang telah diharuskan untuk mengurangi konsumsi karbohidrat dan gula lainnya untuk menstabilkan kadar gula darah.

Selain disuruh mengatur pola makan, penderita diabetes umumnya juga bisa menjadikan herbal sebagai salah satu cara untuk mengontrol kadar gula darah. Daun bidara ini dapat menjadi salah satu pilihan obat herbal yang cocok untuk membantu menurunkan kadar pada gula.

7. Mengobati Wasir

doktersehat.com

Manfaat daun bidara yang selanjutnya adalah dapat mengatasi wasir. Penyakit yang satu ini memanglah bukan penyakit yang begitu mematikan sih, tapi tetap saja penyakit yang satu ini bisa mengganggu dan juga menyiksa penderitanya.

Cara untuk menggunakan daun bidara untuk mengobati penyakit wasir ini yaitu dapat dengan meminun air rebusan daunnya secara rutin dan juga dengan cara mengaplikasikan daun bidara secara langsung pada bagian anus yang membengkak.

Baca Juga : Manfaat Buah Ciplukan

8. Melancarkan Haid

wajibbaca.com

Manfaat daun bidara yang penting untuk wanita adalah dapat melancarkan haid. Daun bidara dapat membantu menyeimbangkan hormon yang dapat menjadi penyebab dari siklus haid menjadi tidak teratur. Cara untuk mendapatkan manfaat daun bidara adalah dengan meminun ekstrak daun bidara.

9. Dapat Membersihkan Tubuh

lamesaskincare.com

Daun bidara juga berkhasiat untuk membersihkan tubuh dengan lebih maksimal dan halus. Hal inilah yang membuat daun bidara ini sering dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan sabun. Selain itu juga, daun bidara telah dipercaya dapat membantu untuk mengatasi masalah keputihan yang dialami oleh wanita.

Manfaat yang terkandung di dalam daun bidara juga bisa untuk membantu membersihkan daerah kewanitaan.

Pada dasarnya daun bidara ini memang sudah bisa dijadikan sebagai antiseptik, sehingga tidak heran lagi jika terdapat anjuran untuk membersihkan tubuh dengan menggunakan daun bidara ini.

10. Menurunkan Berat Badan

food.detik.com

Mengkonsumsi daun bidara secara rutin juga dipercaya dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Daun bidarajuga dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara memberikan rasa lapar yang lebih lama dan juga membantu dalam pembakaran lemak yang berlebih di dalam tubuh.

Cara menggunakannya yaitu dengan cara meminun air rendaman dari daun bidara yang sudah direndam semalaman atau dengan mengkonsumsi teh dari daun bidara.

11. Merawat Rambut

beautyundercover.sg

Manfaat daun bidara yang selanjutnya adalah untuk membantu dalam perawatan rambut. Cara menggunakan daun bidara untuk perawatan rambut yaitu dengan cara menjadikan air rebusan daun bidara ini sebagai hair tonic.

Daun bidara juga dapat membuat rambut lebih kuat, tahan lama dan dapat mencegah rambut dari kerusakan dan kerontokan yang berlebih.

12. Menjaga Kesehatan Mulut

kafekepo.com

Kesehatan mulut juga harus dijaga, karena banyak masalah dalam tubuh kita ini yaa dimulai dari tidak sehatnya mulut. Terdapat masalah dalam mulut seperti sariawan atau bibir pecah-pecah.

Kandungan antioksidan yang terkandung di dalam daun bidara ini mampu membantu menghalau bakteri yang menetap di dalam mulut.

13. Mengobati Flu

hellosehat.com

Antibakteri yang terkandung di dalam daun bidara ini mampu untuk mengobati bebagai virus dan bakteri di dalaqm tubuh manusia.

Flu yang disebabkan oleh virus dapat disembuhkan dengan cara menggunakan rebusan daun bidara ini. Selain flu biasa, daun bidara juga dipercaya mampu untuk menyembuhkan flu burung.

Baca Juga : Manfaat Pohon Kelapa

14. Memandikan Jenazah

.indonesia.go.id

Sebagai umat islam maka, semua kegiatan dan gerak-gerik kita sehari-hari telah diatur secara lengkap oleh Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.

Mulai dari bangun tidur hingga kembali tidur lagi, bahkan untuk urusan jenazah pun sudah dijelaskan tata cara untuk memandikan dll.

Di dalam hadits yang sudah disebutkan bahwa ketika kalian memandikan jenazah maka sangat dianjurkan untuk menggunakan air yang dicampur dengan daun bidara. Di dalam daun bidara ini ada semacam kandungan alami untuk membersihkan kotoran yang berada di badan jenazah.

Ketika daun bidara kita rebus dan dicampur air maka dapat menghasilkan busa yang bisa digunakan untuk membersihkan dan memandikan jenazah.

Baca Juga : Manfaat Kayu Gaharu

15. Mengobati Gangguan Jin dan Sihir

manfaat daun bidara

doktersehat.com

Mungkin manfaat daun bidara yang dipakai untuk ruqyah adalah salah satu yang paling sering kita dengar. Pada prakteknya daun bidara ini digunakan untuk ruqyah syar’iyyah dalam menangani masalah-masalah yang diakibatkan oleh jin dan sihir-sihir yang dikirimkan oleh para ahli sihir dan dukun terhadap korban.

Salah satu tabi’in yang ahli di bidang ilmu kedokteran yaitu Wahb bin Munabih menyarankan apabila sedang melakukan ruqyah maka harus menggunakan tujuh lembar daun bidara yang telah ditumbuk hingga halus.

Kemudian daun bidara tersebut yang sudah halus di larutkan dalam air dan dibacakan ayat-ayat al-qur’an seperti ayat kursi, Al Kafirun, dan tiga qul, yaitu surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Nas (Mushannaf Ma’mar bin Rasyid 11/13).

Setelah dibacakan ayat-ayat Al-qur’an tadi, air daun bidara tersebut diminum dan air sisanya bisa digunakan untuk memandikan jenazah. Insyaallah penyakit-penyakit yang berasal dari gangguan jin dan sihir akan hilang secepatnya.

16. Gangguan Akut

akut

patas.id

Apabila ada orang yang terkena ujian yaitu dengan gangguan jin dan sihir yang sudah akut atau parah, hendaknya ia mengharap pahala atas musibah yang dia alami seraya tetap terus berikhtiar dalam pengobatan agar bisa sembuh sebagaimana biasanya.

Berikut ini adalah metode yang dijelaskan oleh salah seorang ulama yang berasal dari Arab Saudi yang bernama Dr. Said bin Ali bin Wahf Al-Qahtani Rahimahullah dalam bukunya beliau yang berjudul Ad-Du’a wa Yalihi Al-Ilaj bi Ar-Ruqo Hal.35.

  • Tumbuk hingga halus daun bidara dan campurkan ke dalam air
  • Bacakan ayat-ayat suci Al-qur’an di dekat air (diluar kamar mandi)
  1. Membaca ta’awudz
  2. Membaca ayat kursi
  3. Membaca Al-A’raf ayat 117-122
  4. Membaca Yunus ayat 79-82
  5. Membaca Taha ayat 65-70
  6. Membaca Al Kafirun, Al Ikhlas, Al Falaq, An Nas.
  7. Minum air tersebut sebanyak diatas 3 kali
  8. Gunakan sisa air daun bidara tersebut untuk mandi.
  9. Lakukan cara ini yang beberapa kali sampai efek dan pengaruh jin atau sihir hilang.

17. Membersihkan Rumah Angker Dari Gangguan Jin

rumah angker

rumahmisteri.com

Masalah yang sering terjadi di masyarakat adalah rumah angker atau rumah yang didalamnya sering atau banyak sekali kejadia-kejadian aneh hasil dari perbuatan atau gangguan jin. Cara yang paling efektif yaitu dengan membacakan surat Al Baqarah secara utuh satu surat.

Hal ini berdasarkan hadist Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu.

لا تجعلوا بيوتكم مقابر، إن الشيطان ينفر من البيت الذي تقرأ فيه سورة البقرة

“Jangan kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya.” (HR. Muslim 780, At-Tirmidzi 2877)

Selain dibacakan surat Al-Baqarah, kalian juga bisa mengkombinasikan dengan campuran air daun bidara yang telah dibacakan ayat-ayat suci Al-qur’an atau ruqyah, ataupun dengan bacaan surat Al-Baqarah tadi.

Air daun bidara tadi kemudian dipercikkan atau disemprotkan ke pojok-pojok rumah dan di tempat-tempat yang dirasa banyak terjadi gangguan aneh disana.

Lebih lengkapnya bisa tonton video manfaat daun bidara di bawah ini

Itu dia berbagai manfaat yang terkandung di dalam daun bidara untuk kesehatan dan kecantikan, serta cara untuk menggunakannya. Daun bidara dipercaya mampu untuk mengusir jin, ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan juga.

Jika Anda menggunakan produk yang ada kandungan atau yang berbahan dasar daun bidara maka, harus pastikan keamanan produk tersebut dengan cara memeriksa izin BPOM dalam produk yang mau Anda konsumsi.

Jika Anda mengolahnya sendiri, pastikan daun bidara yang Anda pakai bebas dari paparan dari bahan kimia. Selain itu, jika sedang menjalani pengobatan, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menjaga keamanan dalam mengkonsumsi daun bidara ini. Selamat mencoba!

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply