√ Inilah 11+ Manfaat Bunga Matahari Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Apakah diantara teman-teman ada yang menanam pohon bunga matahari di halaman rumah? Jika iya, apakah kamu tahu bahwa bunga matahari ini tidak hanya berguna sebagai tanaman hias aja lho, tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat? Hmm… Saya yakin banyak yang belum tahu mungkin mengenai manfaat bunga matahari untuk pengobatan tradisional.

Bunga matahari ini memiliki nama latin yaitu Helianthus annuus Linn. dan termasuk dalam keluarga Compositae. Sama seperti lidah buaya ini, bunga matahari juga merupakan tanaman hias yang banyak dan sering dijadikan sebagai obat tradisional.

Beberapa penyakit yang bisa diobati dengan bunga matahari ini antara lain yaitu Hipertensi, Sakit kepala, Sakit gigi, nyeri menstruasi, reumatik, Nyeri lambung, radang payudara, Sulit melahirkan, Disentri, Campak, Infeksi saluran kencing, Bronkhitis, Batuk, Keputihan dan Malaria.

Bunga matahari sendiri juga termasuk tanaman hias yang cukup terkenal di penjuru dunia.

Berikut inilah contoh pemanfaatan dari bunga matahari yang digunakan sebagai obat tradisional:

Manfaat Bunga Matahari untuk Kesehatan dan Pengobatan

Manfaat Bunga Matahari untuk Kesehatan dan Pengobatan
elnuha.net

1. Mengobati Sakit pada Kepala
Pertama yaitu ambil 30 gram bunga matahari, kemudian kamu direbus dengan satu butir telur ayam (jangan sampai dipecahkan). Rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1/2 gelas. Kemudian air yang sudah rebusan tersebut diminum sesudah makan sebanyak dua kali sehari.

2. Mengobati Rematik
Cara untuk mengobati rematik dengan bunga matahari yaitu rebuslah 1 tangkai kepala bunga matahari sampai tangkai tersebut menjadi kanji. Kemudian tempelkan kanji tersebut ke bagian yang sakit seperti menggunakan salep pada ummumnya yaitu dengan cara di oles.

3. Mengobati Disentri
Untuk mengobati disentri yaitu yang pertama seduh 30 gram biji bunga matahari, kemudian didiamkan selama kurang lebih yaitu 1 jam. Setelah dingin, maka tambahkanlah gula batu secukupnya, kemudian kamu diminum.

4. Melancarkan buang air besar dan kecil
Jika kamu mengalami susah buang air besar ataupun susah buang air kecil, maka yang pertama-tama kamu lakukan yaitu dengan merebus 15-30 gram akar bunga matahari segar, kemudian minum yang sudah direbus tersebut. Insya Allah semuanya akan normal seperti semula.

5. Infeksi saluran kencing
Selanjutnya untuk penyakit infeksi saluran kencing yaitu yang pertama rebuslah 30 gram akar bunga matahari yang masih segar. Sewaktu ingin mendidih, maka segeralah kamu angkat dan minum selagi masih hangat.

Baca juga : Inilah bunga terindah di dunia

Manfaat Bunga Matahari Untuk Kecantikan

Manfaat Bunga Matahari Untuk Kecantikan
elnuha.net

Sebagai bunga dengan bentuk yang sangat indah, bunga matahari ini tidak hanya bagus untuk dipandang saja loh tetapi bunga matahari juga digunakan sebagai tanaman hias. Bunga yang mempunyai kelopak besar ini nyatanya telah lama dikenal bunga yang memiliki banyak manfaat mulai untuk memasak sampai kecantikan kulit.

Untuk masalah kecantikan, bunga dengan kelopak besar ini ternyata memiliki sifat emolien atau melembabkan kulit yang cukup baik. Sifat bunga matahari yang melembabkan tersebut bisa kamu dapatkan melalui minyak bunga matahari yang berasal dari biji bunga matahari tersebut.

Minyak bunga matahari sendiri memiliki satu komponen utama yaitu asam linoleat. Selain asam linoleat, komponen lainnya yang berada dalam minyak bunga matahari ini adalah asam oleat, asam palmitat, lesitin, karotenoid, tocopherol dan jumlah vitamin nya yaitu A, D dan E. yang cukup besar.

1. Pelembab

macam macam Tanaman Hias beserta gambarnya, bunga, gantung, dan namanya, dan gambarnya, bunga dan daun, outdoor, daun
style.tribunnews.com

Sifat emolien yang terkandung di dalam minyak bunga matahari ini ternyata dapat membantu mempertahankan kelembaban pada kulit manusia. Menggunakan minyak bunga matahari ini sebagai lotion pada kulit bayi juga dapat membuatnya lebih segar dan kencang.

Selain itu, manfaat bunga matahari untuk kulit lainnya yaitu sebagai minyak pijat yang dapat mengurangi infeksi pada kulit hingga hampir 14 persen. Maka oleh sebab itu, minyak bunga matahari ini bisa digunakan untuk perawatan kulit sehari-hari yang cocok dan menyehatkan.

2. Meningkatkan Kesehatan Kulit

manfaat bunga matahari
mediaku.biz

Minyak bunga matahari yang cukup tinggi memiliki vitamin E dibandingkan dengan produk perawatan kulit contohnya seperti minyak almond atau shea butter. Vitamin E yang sangat penting untuk mencegah kerusakan sel pada kulit oleh sinar ultraviolet atau sinar UVA dari sinar matahari. Vitamin E ini dapat meningkatkan penampilan dan kesehatan kulit kamu dengan mencegah bekas luka dan menyamarkan bintik-bintik hitam.

3. Mengatasi Jerawat

manfaat bunga matahari
hellosehat.com

Minyak bunga matahari yang yang dipercaya dengan kaya akan Vitamin A, C, dan D serta karotenoid dan wax sehat yang membentuk perlindungan pada kulit yang sangat efektif dalam mengobati berbagai jenis jerawat.

Minyak bunga matahari ini sering dipilih oleh kebanyakan orang sebagai obat jerawat yang cukup ambuh, karena teksturnya yang sangat ringan dan mudah terserap terhadap dalam kulit maka akan dengan mudah, tanpa menyumbat atau menghalangi pori-pori pada wajah

Vitamin dan asam lemaknya yang terdapat di bunga matahari ini juga sangat berperan sebagai antioksidan untuk meregenerasi sel kulit mati dan membantu kulit menghilangkan jerawat yang menyebabkan masuknya bakteri. Dengan demikian, maka kamu akan mendapatkan kulit yang lebih cerah dan sehat secara alami.

4. Kaya Beta-Karoten

manfaat bunga matahari
hellosehat.com

Beta-karoten adalah sebuah senyawa berpigmen yang kaya lemak dan kaya bakteri yang dapat diubah menjadi Vitamin A dan sifat antioksidannya juga bermanfaat bagi kesehatan pada kulit manusia. Minyak bunga matahari adalah sumber beta-karoten yang cukup baik untuk menjaga kulitmu.

Konsumsi senyawa ini membuat kulit kamu akan kurang sensitif terhadap sinar matahari. Antioksidan yang berada di dalamnya akan menetralkan radikal bebas yang menembus kulit kamu, yang menyebabkan sengatan sinar matahari dan jenis kerusakan matahari lainnya seperti kanker pada kulit.

5. Mengurangi Tanda Penuaan

manfaat bunga matahari
burangir.com

Paparan radikal bebas dan sinar matahari yang berlebihan akan dapat mempercepat proses penuaan kulit yang menyebabkan munculnya banyak keriput dan garis halus pada usia dini. Hal ini jelas sangat menghawatirkan bagi wanita karena wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang terlihat jelas dilihat oleh banyak orang.

Namun kamu ngga perlu khawatir, cukup dengan memakai minyak bunga matahari ini, maka wajah kamu akan lebih terlihat lebih sehat dan cerah. Manfaat ini didapat karena minyak bunga matahari ini mengandung antioksidan yang cukup tinggi yang dapat memelihara kecantikan pada kulit.

6. Mengatasi Kulit Kering

manfaat bunga matahari
barusip.blogspot.com

Sebagai emolien yang sangat alami, minyak bunga matahari ini juga dapat membantu meningkatkan kapasitas penyimpanan air yang bermanfaat menjaga kelembaban kulit kamu. Manfaat ini sangat jelas berguna terutama bagi kamu yang memiliki jenis kulit kering atau sensitif terhadap udara.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampur minyak bunga matahari ini dan minyak jarak. Lalu kedua bahan ini sangat efektif membuat kulit kamu kenyal serta mengeluarkan sel-sel mati dan kotoran yang terperangkap pada kulitmu.

Campuran ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pembersih wajah dan tidak perlu menggunakan pelembab lainnya, karena minyak bunga matahari telah mengandung banyak asam lemak dan vitamin untuk melembabkan kulit kamu.

7. Merawat Kulit Sesuai dengan Kondisinya

manfaat bunga matahari
mediaku.biz

Minyak biji bunga matahari adalah minyak yang dihasilakan dari biji bunga matahari dengan kualitas yang sangat bagus karena teksturnya yang cukup ringan dan sangat sesuai untuk perawatan mata dan kulit kamu. Minyak bunga matahari ini juga sangat cocok untuk kulit normal hingga kering dan banyak juga digunakan sebagai minyak aromaterapi.

Dengan aroma dan teksturnya yang ringan dan harum, maka produk kecantikan dengan minyak matahari akan menciptakan kesan lembut dan indah pada kulit.

Penutup

Nah itulah artikel yang kami tulis yang membahas tentang manfaat bunga matahari.

Jangan lupa baca juga nama nama bunga yang sudah saya tulis di artikel sebelmnya dan semoga bisa menambah wawasan kamu mengenai tumbuhan-tumbuhan yang ini.

Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan di hati kawan semua dan dalam penulisan yang kurang bagus.

Jangan lupa terus pantengin Elnuha.net yaa agar selalu mendapatkan informasi-informasi penting dan menarik lainnya sampai jumpa Bye-Bye ????

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *