√ 13 manfaat Buah Zuriat Bagi Kesehatan & Promil (Terlengkap + Gambar)

Manfaat Buah Zuriat – Hai teman-teman semua! Pernahkah kamu mendengar buah yang bernama zuriat? Mungkin kebanyakan dari kamu hanya sebagian saja yang mengenalnya. Buah zuriat ini adalah buah asli yang berasal dari hulu Mesir yang menjadi salah satu jenis buah yang sangat populer dikalangan jamaah haji selain buah kurma.

Nah, ternyata buah zuriat ini ada juga sangat banyak banget manfaat untuk kesehatan, lho. Bahkan, buah zuriat ini juga dinilai bisa berkhasiat untuk membantu wanita yang tengah menjalani program kehamilan (promil).

Sekilas Tentang Apa Itu Buah Zuriat

manfaat buah zuriat

hellosehat.com

Buah zuriat atau bisa disebut dengan kata doum palm atau doum fruit ini juga memiliki nama latin Hyphaene thebaica. Tanaman buah zuriat ini adalah sejenis pohon palem yang umum nya ditemukan di negara-negara Arab dan di bagian utara Afrika.

Buah zuriat sendiri juga memiliki sumber karbohidrat dan serat yang sangat baik buat kesehatan, khusus nya buat program hamil bagi para wanita. Selain itu, tentunya terdapat juga kandungan vitamin dan mineral di dalamnya juga seperti vitamin B kompleks, kalium, natrirum, kalsium, mangan, dan fosfor.

Buah zuriat ini juga banyak memiliki kandungan senyawa fenol dan flavonoid tinggi, yaitu senyawa yang memiliki aktivitas antioksidan dan antibakteri yang cukup signifikan.

Manfaat Buah Zuriat Untuk Kesehatan & Promil

manfaat buah zuriat, khasiat buah zuriat

hellosehat.com

1. Mengurangi Plak Lemak di Dalam Pembuluh Darah

doktersehat.com

  • Para peneliti menemukan adanya kandungan fenol seperti 3-OH thorosol, asam E-vanilic, catechin dan asam klorogenik di terdapat di dalam buah zuriat ini. Selain itu, buah ini juga mengandung asam alphacoumaric, asam cinnamic dan asam p-coumaric.
  • Pada tahun 2014 lalu, penelitian ini juga menemukan bahwa fenol dalam ekstrak buah bisa mengurangi kondisi hiperlipidemia, yang merupakan sindrom nefrotik dan sangat baik untuk menurunkan risiko penebalan arteri.

2. Memiliki Kandungan Vitamin B Kompleks

skinstore.com

  • Buah zuriat ini juga kaya dengan vitamin B kompleks seperti B1, B2, B3, B6, B9 dan B12.
  • Untuk merasakan manfaat vitamin B kompleks yang berada di dalam buah ini maka, jangan merebus buah zuriat terlalu lama sebab akan mengurangi kandungan pada vitamin B kompleksnya.

3. Dapat Mencegah Radikal Bebas

medcom.id

  • Kandungan flavonoid ini dapat mencegah radikal bebas yang bisa merusak sel yang berada di dalam tubuh.
  • Flavonoid juga memiliki sifat antihistamin, antimikroba dan dapatt membantu meningkatkan daya fungsi otak serta memperbaiki mood.

Baca Juga : Manfaat Buah Naga

4. Melancarkan Haid

wajibbaca.com

Manfaat buah zuriat yang selanjutnya yaitu sangat berguna bagi kalian wahai kaum wanita yang haidnya kurang lancar. Jika mengonsumsi rebusan buah zuriat ini maka dapat membantu agar haidmu lebih lancar dan teratur ketika datang bulan.

Hal ini dikarenakan buah zuriat dapat membantu melancarkan peredaran darah, sehingga buah ini dapat membantu kamu ketika datang bulan.

5. Mencegah Osteoporosis

doktersehat.com

Kandungan kalsium yang cukup tinggi yang terdapat di dalam buah zuriat ini merupakan manfaat buah zuriat berikutnya yang dapat membantu mencegah adanya osteoporosis, teman-teman! Jika kamu memiliki masalah kesehatan pada tulang, ada baiknya kamu wajib untuk mengkonsumsi buah zuriat ini secara rutin.

6. Menangkal Penyakit Kanker

hellosehat.com

Khasiat buah zuriat lainnya yaitu juga dapat mencegah datangnya penyakit kanker, teman-teman semua! Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan yang cukup tinggi yang dimiliki oleh buah zuriat yang mampu mencegah perkembangan sel kanker pada tubuh.

7. Mengurangi Stress

hellosehat.com

Jika kamu sering merasa stress dan hilang akal fikiran, maka ada baiknya kamu harus mengkonsumsi buah ini agar kamu juga bisa merasakan khasiat dari buah zuriat ini.

Kandungan antioksidan phytochemical, hydroxycinnamates, kumarin dan flavonoid serta lignin ini memiliki manfaat yang sangat tinggi untuk mengurangi stres oksidatif atau stress yang disebabkan dari pengaruh radikal bebas dan fifkiran yang terlalu banyak.

8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

dream.co.id

Selain itu, buah zuriat juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi! Kandungan vitamin C ini bermanfaat untuk membantu melindungi dan membunuh kuman-kuman yang membahayakan pada tubuh.

Jika kamu merasa bahwa kamu sering sakit dan lemah, maka cobalah untuk mengonsumsi buah zuriat ini untuk mengembalikan kesehatan tubuhmu agar segar dan sehat kembali.

9. Mencegah Infeksi dan Peradangan

fenomagz.com

Buah zuriat memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk mengatasi peradangan dan infeksi yang berada di dalam tubuh.

Jika kamu mengalami ataua mempunyai jerawat di wajah, hingga cedera pada organ tubuh, maka buah zuriat ini bisa membantu untuk mempercepat proses penyembuhan.

Baca Juga : Manfaat Buah Tin

10. Memperlancar Sistem Pencernaan

magazine.job-like.com

Untuk kamu yang sedang mengalami susah pencernaan, maka tidak perlu kwatir. Buah zuriat ini kaya akan kandungan serat dan mineral yang bisa memperlancar sistem pencernaan serta mengatasi sembelit yang berlebih.

11. Mengatasi Dehidrasi

sb.blogspot.com

Buah zuriat bisa dikonsumsi dengan berbagai banyak cara, salah satunya yaitu dengan diolah menjadi minuman. Meminum olahan dari buah zuriat akan dapat membantu mengatasi kondisi kamu yang tengah dehidrasi dan melepas dahaga, lho. Cocok sekali diminum saat siang hari dan cuaca yang panas.

12. Menghindari Alergi

surabaya.bisnis.com

Jika kamu termasuk orang yang mudah terkena alergi, maka buah zuriat ini mampu mengatasi masalah tersebut, lho. Kandungan flavonoid dan hydroxycinnamates yang terdapat di dalam buah zuriat ini mampu berperan sebagai zat anti alergi yang ampuh dalam menjaga tubuh.

13. Meningkatkan Kesuburan

mommiesdaily.com

Bagi kamu yang sedang menjalankan promil, buah zuriat telah dipercaya mampu membantu meningkatkan kesuburan pada janin, lho. Manfaat dari buah zuriat untuk promil, yaitu bisa mempersubur sel sperma dan ovum yang berada di dalam rahim. Selain itu, buah zuriat juga sangat baik dikonsumsi bagi ibu hamil, karena bisa memperkuat dinding pada rahim.

Jenis-jenis Makanan yang Dapat Meningkatkan Kesuburan

manfaat buaah zuriat

bukalapak.com

Selain buah zuriat, nyatanya ada beberapa juga jenis makanan yang bisa membantu meningkatkan kesuburan pada rahim sehingga baik dikonsumsi bagi pasangan yang sedang merencanakan program kehamilan.

  • Bunga matahari – biji dari bunga matahari mengandung sumber vitamin E yang sangat baik dan dapat membantu untuk kesuburan rahim dan telah terbukti meningkatkan kesuburan pria dan DNA sel reproduksi.
  • Tomat – buah ini juga dapat membantu untuk meningkatkan kesuburan pria, meningkatkan kualitas semen dan membuka peluang wanita untuk cepat hamil.
  • Kacang-kacangan – Kacang merupakan sumber protein yang sangat baik untuk wanita khususnya. Untuk kesuburan, protein nabati lebih baik ketimbang protein hewani. Terutama wanita dengan masalah ovulasi.
  • Telur – makanan ini juga banyak mengandung sumber vitamin B yang cukup baik untuk kesuburan janin. Lemak omega 3 dalam telur sama baiknya dengan vitamin yang berada di dalam tubuh ikan. Faktanya, telur adalah sumber protein rendah lemak dan mudah dikonsumsi.
  • Kayu manis – kayu manis juga dapat membuat kadar glukosa pada wanita dengan sindrom PCOS berkurang. Bahkan, penelitian juga menemukan bahwa wanita yang menderita PCOS disarankan untuk mengonsumsi suplemen yang berbasis kayu manis selama 6 bulan. Hasilnya menunjukkan peningkatan ovulasi dan jadwal menstruasi yang dapat teratur kembali.

Tak hanya cukup mengonsumi beragam makanan di atas dan merasakan manfaat dari buah zuriat untuk kesehatan, hal yang juga penting dan harus dilakukan yaitu dengan menjalankan pola hidup yang lebih sehat. Mulai dari mengonsumsi makanan yang bernutrisi, menjalankan olahraga dengan rutin, dan tentu saja memerhatikan pola tidur dan makan.

Baca Juga : Manfaat Buah Manggis

Cara Konsumsi Buah Zuriat

manfaat buah zuriat

cepethamil.com

Cara mengkonsumsi buah zuriat yaitu dengan cara meminum air rebusan buah tersebut. Cara ini adalah cara yang paling populer di kalangan banyak orang. Buah zuriat yang dipotong menjadi beberapa bagian lalu, kemudian direbus bersama dengan kulitnya paling tidak selama 15-20 menit.

Buah zuriat juga tersedia dalam bentuk serbuk di pasaran juga akan banyak teman-teman temui. Cara ini bisa menjadi pilihan cara untuk konsumsi buah zuriat yang lebih praktis.

Serbuk buah zuriat tersebut cukup diseduh dengan air hangat untuk kemudian diminum.

Kamu diperbolehkan untuk menambahkan madu hanya untuk menambah cita rasa manis baik untuk rebusan buah zuriat maupun seduhan buah zuriat yang sudah serbuk. Konsumsilah buah zuriat ini sesuai dengan dosis yang disarankan oleh dokter maupun ahli herbal.

Penutup

Itulah beberapa manfaat buah zuriat, Teman-teman! Ternyata banyak juga ya khasiat buah zuriat yang tidak kita ketahui! Jika kamu memiliki keluhan-keluhan yang berada diatas yang bisa diobati dengan buah zuriat maka, cobalah rutin mengonsumsi buah zuriat ini untuk merasakan manfaatnya.

Selain itu juga, ada beberapa cara lain yaitu untuk tetap segar dan sehat, seperti makan makanan yang banyak mengandung vitamin seperti sayur-sayuran dan menerapkan pola hidup sehat serta minum vitamin dan perbanyak minum air putih.

 

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply