Inilah 39 Manfaat Buah Tin & Daunnya Bagi Kesehatan Badan

Manfaat Buah Tin – Buah tin atau ara adalah salah satu jenis tanaman yang pada awalnya dulu tumbuh di kawasan Asia Barat, dan sudah tersebar mulai dari pantai balkan sampai Afganistan.

Tumbuhan dengan nama lain Ficus carica L ini mempunyai banyak sekali ciri-ciri nya yaitu pohon nya yang cukup besar dan bisa tumbuh hingga 10 m, batang pohon buah tin ini berciri khas berwarna abu-abu dan memiliki daun yang cukup besar dengan lekukan 3 atau 5 cuping perdaun nya.

Buah tin sendiri juga sangat populer sekali di dunia, hal ini dibuktikan dengan begitu cepat nya tanaman buah tin ini menyebar di seluruh dunia, terlebih juga bagi umat muslim yang mengangap buah tin ini sebagai buah yang sangat istimewa, karena nama buah tin tersebut telah tertulis dengan sangat indah di dalam kitab suci al-Quran.

Terlepas dari hal tersebut maka, ada beberapa hal menarik yang perlu kita bahas menyangkut besarnya kandungan nutrisi dan segudang manfaat dari buah tin dalam kehidupan kita sehari-hari, berikut inilah penjelasannya:

Kandungan Nutrisi di Dalam Buah Tin

manfaat buah tin

pixabay.com

Salah satu buah yang sudah dianggap oleh umat muslim sebagai “Buah dari Surga” ini ternyata banyak sekali mengandung nutrisi yang bisa dibilang cukup komplit dan bagun untuk kesehatan.

Ada terdapat air mineral dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Tidak salah jika sebagian orang yang telah mengetahui manfaat buah ini akan menjadikan buah tin ini sebagai buah super, California Fig-s Advisory melansir bahwa kandungan nutrisi yang terdapat buah tin per 100 gram yang hasilnya sebagai berikut:

Kandungan di Dalam Buah Tin

manfaat buah tin

pixabay.com

  • Energi 250 kcal 1040 kJ
  • Karbohidrat 63.87 g
  • Gula 47.92 g
  • Dietary fiber (serat) 9.8 g
  • Lemak 0.93 g
  • Protein 3.30 g
  • Thiamine (Vit. B1) 0.085 mg 7%
  • Niacin (Vit. B3) 0.619 mg 4%
  • Riboflavin (Vit. B2) 0.082 mg 5%
  • Pantothenic acid (B5) 0.434 mg 9%
  • Vitamin B6 0.106 mg 8%
  • Magnesium 68 mg 18%
  • Folat (Vit. B9) 9 μg 2%
  • Vitamin C 1.2 mg 2%
  • Zinc 0.55 mg 6%
  • Kalsium 162 mg 16%
  • Iron 2.03 mg 16%
  • Fosfor 67 mg 10%
  • Potassium 680 mg 14%

Meski buah tin ini sudah banyak terbilang memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi, namun di Indonesia sendiri buah tin ini belum banyak masyarakat yang dengan rutin mengkonsumsinya.

Mungkin hal ini disebabkan karena kurangnya informasi terkait manfaat dari buah tin itu sendiri atau adanya anggapan bahwa buah tin yang hanya bisa dibeli untuk oleh-oleh sepulang dari ibadah haji dan umrah saja.

Sangat disayangkan sekali bukan? Padahal di zaman sekarang, teknologi sudah maju sekali seperti sekarang ini maka tidak terlalu sulit untuk mendapatkan buah ini.

Manfaat Buah Tin Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat buah tin

pixabay.com

1. Mencegah dan mengatasi sembelit

lifestyle.kompas.com

Terdapat 5 gram serat dalam setiap tiga porsi di daalam buah tin. Konsentrasi serat yang tinggi dapat membantu mempromosikan fungsi pada usus yang sehat dan teratur serta dapat membantu mencegah konstipasi atau sembelit.

Serat saat bekerja dengan cara menambah massa pada feses sehingga dapat membantu memudahkannya untuk bergerak di dalam usus. Jadi, tidak hanya untuk mencegah sembelit saja, tetapi buah tin ini juga dapat menghilangkan diare dan buang air besar yang tidak sehat dan tidak teratur.

2. Menurunkan berat badan

bebasjerawat.info

Khasiat selanjutnya dari buah tin yang satu ini juga tidak terlepas dari peran serat. Selain juga dapat melancarkan BAB, serat juga dapat membantu menurunkan penyerapan lemak di dalam saluran cerna. Tak heran jika buah tin ini direkomendasikan untuk orang-orang yang banyak lemak nya (gemuk).

Namun, jumlah kalori yang sangat tinggi juga dapat menyebabkan penambahan pada berat badan, terutama ketika dikonsumsi dengan susu.

Jadi jangan pernah makan buah tin ini terlalu banyak kalau tujuannya untuk menurunkan berat badan loh yaa.

3. Menurunkan dan Menjaga Kadar Kolesterol Normal

hellosehat.com

Buah tin juga banyak mengandung pektin, yang merupakan serat larut.

Ketika serat ini sudah ada di saluran pencernaan, maka ia akan membantu menggumpalkan kolesterol dan membawanya ke sistem pembuangan untuk dikeluarkan dari badan dengan bentuk kotoran dari dalam tubuh.

4. Mencegah Penyakit Jantung Koroner

beritaliputan.com

Buah ara kering juga mengandung fenol, omega-3, dan asam lemak omega-6. Asam lemak ini dapat membantu mengurangi risiko pada penyakit jantung koroner .

Selain itu, daunnya juga memiliki efek dalam penghambatan pada trigliserida, sehingga jumlah keseluruhannya bisa menurun. Trigliserida adalah faktor utama lain di balik berbagai penyakit jantung.

5. Mencegah Hipertensi

doktersehat.com

Kebanyakan orang tidak sadar bahwa dirinya telah mengonsumsi sodium yang sangat tinggi saat mengonsumsi makanan yang asin (kaya garam). Padahal makanan yang tinggi sodium dan rendah kalium dapat menyebabkan datangnya penyakit hipertensi.

Berbeda dengan buah tin ini, kandungan kaliumnya dan sodiumnya cukup rendah, sehingga akan menyehatkan pada dibagian jantung dan pembuluh darah tanpa harus menyebabkan darah tinggi.

6. Menjaga Kesehatan Jantung 

insanmedika.co.id

Dengan menjaga kadar trigliserida dan kolesterol, serta merta bisa menyetabilkan tekanan darah, maka buah tin ini sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan khususnya pada jantung. Juga, antioksidan fenolik dalam buah tin ini membantu mampu menyingkirkan radikal bebas yang bersifat merusak jantung dan pembuluh darah.

Tidak hanya bentuknya yang mirip seperti jantung, tetapi manfaat buah tin juga baik untuk jantung

7. Mencegah Datangnya Kanker Colon

hollisterrnde.com

Salah satu faktor yang paling berisiko terbesar terjadinya pada kanker usus besar (colon) adalah radikal bebas dan zat karsinogen dalam feses yang tak kunjung dikeluarkan dari tubuh.

Kehadiran serat yang terdapat di dalam buah tin ini sangat membantu sekali dalam merangsang pembuangan radikal bebas dan zat-zat penyebab kanker lainnya, khususnya yang berada di usus besar, karena serat melancarkan buang air besar.

8. Mencegah Kanker Payudara

artria.id

Kandungan serat yang terdapat di dalam buah tin telah dikenal dapat membantu melindungi tubuh terhadap kanker payudara. Pasalnya serat di dalam buan ini dapat membantu pertahanan tubuh untuk menangkal radikal bebas.

Apalagi pada tubuh wanita yang berada di usia menopause, keseimbangan hormonnya seringkali berfluktuasi. Hormon-hormon ini mempengaruhi sistem kekebalan pada tubuh, yang pada gilirannya mempengaruhi kemampuan antioksidan untuk melawan radikal bebas.

9. Membantu Mengontrol Diabetes

medicalnewstoday.com

The American Diabetes Association telah merekomendasikan buah tin ini sebagai makanan berserat yang sangat tinggi dan dapat membantu mengendalikan kadar gula darah pada penyakit diabetes.

Manfaat dari buah tin yang satu ini diperantarai oleh kandungan potasium dan magnesium, yang dapat membantu mengatur pelepasan insulin sehingga jumlah yang terdapat di gula dalam darah dapat dikendalikan.

10. Menguatkan Tulang Badan

peradabandunia.com

Manfaat buah tin yang satu ini diperantarai karena adanya kandungan kalsium di dalamnya, kalium, dan magnesium, yang semuanya itu dapat membantu menjaga kesehatan dan kekuatan pada tulang tubuh.

Anak-anak yang masih dalam masa proses pertumbuhan serta wanita menopause juga sangat dianjurkan  sekali untuk mengonsumsi buah tin ini juga.

11. Membantu Meredakan Nyeri Tenggorokan

guesehat.com

Kandungan lendir yang tinggi yang terdapat pada buah tin ini dapat membantu untuk menyembuhkan dan melindungi sakit tenggorokan.

Sifat yang terdapat pada buah ara yang menenangkan ini juga dapat menghilangkan rasa sakit dan stres pada pita suara dan bisa menghaluskan suara.

12. Mengobati Penyakit Anemia

hellosehat.com

Salah satu penyebab datangnya penyakit anemia tersering adalah kekurangan zat besi. Buah ara yang sudah kering mengandung zat besi yang cukup tinggi dan merupakan komponen kunci pembentukan hemoglobin (Hb).

Anak-anak yang sedang masih pada proses pertumbuhan, remaja, wanita menstruasi dan wanita hamil lebih berisiko saat mengalami anemia defisiensi besi apabila asupan zat besinya kurang.

Oleh karena itu, mereka tentu sangat dianjurkan sekali untuk mengonsumsi buah ini.

13. Meningkatkan Stamina Seksual

durex.co.id

Buah tin juga dianggap sebagai buah kesuburan dan suplemen seksual yang sangat ampuh. Bukan tanpa alasan apa-apa, karena buah tin ini kaya akan kalsium, zat besi, kalium, dan seng.

Juga kaya akan magnesium serta mineral yang sangat penting dan dibutuhkan untuk menghasilkan hormon seks; androgen dan estrogen.

14. Mencegah Degenerasi Makula

hellosehat.com

Buah tin juga dipercaya dapat membantu mencegah degenerasi makula, yang merupakan penyebab utama pada kebutaan pada orang tua.

Manfaat buah tin ini diperantarai oleh kandungan vitamin A yang tinggi yang terdapat di dalamnya. Vitamin A adalah antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mata karena mampu melindungi mata dari berbagai radikal bebas dan mencegah kerusakan retina.

15. Meningkatkan Kesehatan Hati (Liver)

honestdocs.id

Sebuah penelitian jjuga menunjukkan bahwa ekstrak yang dibuat dari daun pada pohon tin ini dapat menunjukkan aktivitas hepatoprotektif pada tikus, membuka jalan bagi penggunaannya dalam mencegah kerusakan pada hati manusia.

Adapaun manfaat yang terdapat pada buah tin itu yaitu untuk hati yang masih belum ada pembuktiannya.

17. Mengatasi Penyakit Insomnia

hellosehat.com

Diet seimbang juag sangat penting untuk tidur yang nyenyak bagi tubuh. Termasuk bisa menyertakan buah tin ini di dalam menu diet harian Anda.

Kandungan tryptophan yang terdapat di dalamnya dapat membantu tubuh untuk membuat melatonin, si hormon tidur. Ditambah lagi kandungan magnesium yang bida membantu meredakan stres yang umumnya menjadi penyebab datangnya penyakit insomnia ini.

18. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

dream.co.id

Buah tin memang sangat baik sekali untuk menunjang sistem kekebalan pada tubuh yang kuat dengan memenuhi kebutuhan kalium, mangan, dan berbagai antioksidan lainnya.

Ketika sistem imun sudah kuat, maka ancaman infeksi bakteri, virus, dan cacing maka dapat ditangkal dengan mudah.

Manfaat Buah Tin lainnya

manfaat buah tin

pixabay.com

19. Dapat membunuh virus, jamur dan bakteri jahat yang ada di dalam tubuh

20. Memicu untuk pembentukan Hemoglobin atau sel di darah merah

21. Memperlancar sistem pencernaan tubuh

22. Dapat membantu mengurangi resiko jantung koroner

23. Membantu untuk pertumbuhan tulang dan gigi

24. Mencegah pengeroposan di dalam tulang

25. Membantu menurunkan nyeri pada penyakit asam urat

26. Mengurangi sesak nafas bagi para penderita penyakit asma

27. Membantu menstabilkan pada tekanan darah

28. Mengurangi resiko pada penyakit kanker

29. Dapat dikonsumsi sebagai pengganti susu

30. Dapat membantu bagi para penderita insomnia

31. Menyeimbangkan kadar kolesterol dalam darah

32. Mengandung zat penangkal tumor

33. Mengontrol kandungan gula dalam darah

34. Obat untuk luka luar

35. Menghilangkan jerawat pada wajah

36. Dapat dijadikan masker untuk menghaluskan kulit wajah

37. Dapat dijadikan pengganti gula

38. Sebagai obat usus dan lambung

39. Mengandung zat antioksidan

40. Meninggikan tubuh secara alami

41. Mengatasi susah buang air besar

42. Baik untuk penderita wasir dan ambeien

43. Mengotai penyakit abses dan bisul

44. Menangkal radikal bebas

45. Dapat meluruhkan batu ginjal

46. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

47. Menjaga kesuburan

Sungguh menarik sekali bukan? Hanya satu bagian saja yang bisa mengandung manfaat yang begitu luar biasa. Simak lebih lanjut lagi manfaat apa saja yang dapat dikupas dari bagian-bagian lain dari tanaman yang berasal dari surga ini.

Manfaat Daun Tin

Manfaat-Daun-Tin

blog.elevenia.co.id

Sudah puas daalam mengetahui manfaat buah tin di atas? Eits tapi tunggu dulu yaa hehehe, tidak hanya buahnya saja loh namun daun dari buah tin ini juga memiliki banyak sekali manfaat yang sayang jika kamu lewatkan.

Yuk, kita eksplosari lebih dalam lagi tentang manfaat daun tin yang akan diuraikan di bawah ini:

Manfaat Daun Tin

doktersehat.com

  1. Membantu Memperkuat Bagian Tulang Dalam
  2. Membantu Meningkatkan Nafsu Makan
  3. Membantu Mengurangi Sesak Nafas
  4. Membantu Mencegah Penyebaran Beragam Jenis Kanker
  5. Membantu Meningkatkan Kesehatan Jantung
  6. Membantu Menghilangkan Bakteri Jahat
  7. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol
  8. Membantu Menambah Kadar Hemoglobin
  9. Dapat Membantu Program Diet Anda

Cara Mengkonsumsi Buah Tin

Manfaat-Buah-Tin-

hellosehat.com

Buah tin yang masih segar dapat disantap secara langsung. Anda juga bisa mengolahnya seperti jus atau mencampurkannya dengan buah lain menjadi salad buah dll.

Ketika belum bisa memasuki musimnya, maka akan lebih mudah sekali untuk menemukan buah tin kering. Buah tin yang masih segar maupun kering sama-sama memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh manusia.

Selain bagian buahnya, sebenarnya daun dari tanaman buah tin ini juga memilki banyak sekali manfaat.

Daun dari pohon tin atau ara ini sudah dipercaya dapat menurunkan gula darah sehingga sangat baik sekali untuk dikonsumsi oleh pasien penderita diabetes.

Daun pohon tin ini bisa langsung direbus atau dikeringkan terlebih dulu kemudian diseduh seperti menyeduh teh pada umumnya.

Jadi, konsumsilah buah tin secukupnya untuk mendapatkan hasil dan manfaat dari buah tin untuk kesehatan. Selamat mencoba yaa! 🙂

Lengkap sudah pembahasan kita mengenai manfaat buah tin dan manfaat daun tin yang dapat kita jadikan acuan untuk mengkonsumsinya dalam kehidupan sehari-hari.

Terimakasih

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply