Terbukti! 24+ Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan Tubuh Manusia – Elnuha

Adakah yang sudah pernah mencicipi buah yang satu ini (plum)? Hmm.., sepertinya mayoritas atau kebanyakan orang Indonesia mungkin belum pernah mencicipinya ya, karna bahkan mungkin melihatnya secara langsung pun juga mungkin belum pernah hehe...
Wajar memang siih, karena buah yang satu ini tergolong buah dari impor dan bisa dibilang keberadaannya pun juga sangat masih langka di negara kita tercinta ini.
Nah, agar banyak yang lebih tertarik untuk membudidayakannya buah plum ini di Indonesia, yuk coba kita bahas manfaat buah plum ini. Siapa tahu saja kedepannya buah plum ini tak lagi menjadi komoditi yang langka di indonesia.
Buah plum sendiri termasuk jenis tanaman yang masuk ke dalam genus Prunus dari famili Rosaceaemeliputi persik, aprikot, dan nektarin. Buah plum ini memiliki berbagai jenis variasi warna dan bentuk, kurang lebih dari 2000 varietas.

Apa saja manfaat buah plum untuk kesehatan?

manfaat buah plum

pixabay.com

1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat buah plum yang paling banyak dikenal adalah kemampuannya untuk membantu mencegah sembelit. Serat buah plum dapat memadatkan massa feses dan melancarkan proses pembuangannya, sehingga dapat mengurangi resiko kanker usus besar dan wasir.

Sementara itu, serat buah plum yang tidak larut, dapat bertugas menyediakan makanan untuk bakteri baik yang berada di usus besar maupun kecil, sehingga dapat membantu melestarikan populasinya.

Bakteri baik dalam usus yang menghasilkan asam lemak rantai pendek yang disebut dengann asam butirat. Asam butirat ini berfungsi sebagai bahan bakar utama untuk sel-sel usus besar dan dapat membantu mempertahankan kesehatan organ manusia.

Bakteri baik dalam usus dapat menciptakan dua asam lemak rantai pendek lainnya, asam propionat dan asetat, yang dapat digunakan sebagai bahan bakar keepada sel-sel hati dan otot.

Bakteri ramah ini juga bisa memerangi bakteri patogen penyebab penyakit dan mencegahnya dapat bertahan di saluran pencernaan.

2. Membantu Menurunkan Kolesterol

Asam propionat yang dihasilkan oleh buah plum dan serat buah plum termasuk jenis serat tidak larut. Bukti medis membuktikan bahwa selama ini melaporkan asam propionat memiliki sifat penurun kolesterol.

Dalam penelitian pada hewan, asam propionat telah terbukti dalam menghambat HMG-CoA reduktase, enzim yang juga terlibat dalam produksi kolesterol oleh hati.

Dengan menurunkan aktivitas enzim tersebut, maka asam propionat dapat membantu menurunkan kolesterol darah dengan mengikat asam empedu dan bisa mengeluarkannya dari tubuh melalui kotoran.

Asam empedu adalah sebentuk senyawa yang digunakan untuk mencerna lemak yang diproduksi oleh hati dari hasil kolesterol.

Ketika asam empedu diekskresikan bersama dengan serat plum, maka hati harus memproduksi asam empedu yang baru dan memecah lebih banyak lagi kolesterol, sehingga dapat menurunkan jumlah kolesterol yang beredar pada tubuh. Serat larut juga dapat mengurangi jumlah kolesterol yang diproduksi oleh hati.

3. Mengandung Antioksidan yang Tinggi

Buah Plum ini banyak sekali mengandung fitonutrien unik yang disebut dengan nama asam neochlorogenic dan chlorogenic. Kedua zat ini tergolong sebagai bentuk fenol.

Fenol adalah salah satu jenis antioksidan yang sudah terbukti ampuh dapat menetralkan radikal-radikal bebas berbahaya yang disebut radikal anion superoksida.

Fenol ini juga terbukti dapat membantu mencegah kerusakan pada oksigen dalam lemak. Sel-sel tubuh, termasuk sel otak dan molekul seperti kolesterol sebagian besar tersusun dari lemak, sehingga penting juga untuk mencegah kerusakan radikal bebas pada lemak.

Baca Juga : Manfaat Buah Naga

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah Plum adalah sumber kalium yang sangat baik, elektrolit yang dapat membantu dalam berbagai fungsi dalam tubuh vital.

Mineral ini juga dapat membantu memelihara irama jantung, impuls saraf, kontraksi otot jantung, serta tekanan darah yang dapat menekan resiko datangnya penyakit  stroke.

Karena tubuh tidak dapat menghasilkan kalium secara alami, untuk itu harus rutin dalam mengonsumsi buah plum atau versi jusnya.

Buah plum ini juga dapat membantu Anda mencukupi kebutuhan harian kalium tubuh. Terlebih lagi, zat pewarna alami dari buah plum, antosianin, dapat melindungi terhadap kanker dengan menetralkan radikal bebas yang sangat berbahaya.

5. Mencegah Anemia

Sesak napas, mudah emosi, kulit pucat, dan kelelahan adalah tanda-tanda anemia ringan. Anemia ini terjadi ketika tubuh manusia tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat.

Untuk dapat membuat sel darah merah yang sehat, maka tubuh Anda harus membutuhkan cukup asupan zat besi. Plum adalah sumber zat besi yang sangat hebat dan dapat membantu dalam mencegah dan mengobati kekurangan zat besi pada tubuh.

Dua ratus lima puluh gram buah plum ini mengandung 0,81 miligram zat besi, yang menyediakan 4,5 persen kebutuhan harian zat besi.

6. Mengobati Osteoporosis

Buah plum kering merupakan sumber yang penting dari mineral boron, yang dapat membantu membangun tulang dan otot yang lebih kuat. Boron juga dapat membantu meningkatkan ketajaman mental dan koordinasi pada otot.

Plum bahkan dipercayai dan berpotensi sebagai pengobatan osteoporosis. Studi gabungan dari Florida State University dan Oklahoma State University yang menunjukkan bukti bahwa buah plum yang sudah kering dapat mencegah hilangnya massa tulang pada wanita pascamenopause yang rentan osteoporosis.

Manfaat buah plum untuk kesehatan pada tulang juga termasuk melawan proses hilangnya kepadatan pada tulang akibat radiasi pada sumsum tulang yang berlebih.

Baca Juga : Manfaat Buah Manggis

7. Menurunkan Gula Darah

Buah Plum termasuk makanan yang memiliki tingkat indeks glikemik yang sangat rendah. Artinya, makanan-makanan ini dapat membantu Andauntuk  mengendalikan kadar gula darah dan mengurangi risiko pada Anda terhadap diabetes tipe 2.

8. Menurunkan Risiko PPOK

Penyakit paru obstruktif kronis atau bisa disebut dengan nama (PPOK), termasuk emfisema, adalah sejenis penyakit kronis yang dapat menyebabkan masalah pada pernapasan.

Ada banyak penyebab datangnya penyakit PPOK ini, namun merokok sampai saat ini merupakan biang penyebab yang langsung dari kedua penyakit ini.

Sebuah penelitian baru melaporkan bahwa makanan yang mengandung polifenol, termasuk antioksidan, yang dapat mengurangi risiko datangnya penyakit PPOK.

Buah Plum ini juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi, yang dapat membantu melawan kerusakan akibat merokok dengan menetralkan stres oksidasi.

Hal ini sangat membantu mengurangi kemungkinan emfisema, PPOK, dan kanker paru-paru, meskipun demikian namun tidak ada penelitian yang secara khusus mengamati buah plum untuk kesehatan paru-paru.

9. Menurunkan Risiko Kanker Usus Besar

Kanker usus besar seringkali sulit untuk dideteksi, tapi perkembangannya bisa sangat ganas apabila. Makan makanan  yang akan tinggi antioksidan dilaporkan bahwa dapat membantu menekan risiko Anda terhadap kanker ini pada usus besar.

Sebuah studi kasus yang terbaru yang dilakukan olehuniversitas Texas A&M University dan University of North Carolina menentukan bahwa apabilla memakan buah plum yang sudah kering dapat meningkatkan populasi bakteri baik di usus besar maupun kecil.

Hal ini, pada gilirannya, dapat mengurangi risiko kanker pada usus besar.

10. Meningkatkan Ketajaman Otak

Selain dapat berperan sebagai memerangi radikal bebas yang berada di dalam tubuh yang dapat memicu kanker pada usus besar, antioksidan penting dari buah plum ini dapat membantu mencegah kepada kepikunan karena membantu menetralisir radikal bebas yang merusak pada sel otak.

Untuk meraih manfaat yang banyak dari buah plum yang satu ini maka, cukup rutin saja mengkonsumsi 3-4 buah plum sehari.

11. Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah Plum ini dapat membantu Anda untuk mengatur berat badan yang berlebih. Alasannya yaitu, buah ungu tua yang rasanya masam ini banyak sekali mengandung serat dan indeks glikemiknya yang rendah.

Padatnya serat pada buah plum lambat untuk dicerna oleh tubuh manusia sementara indeks glikemik rendah yang dapat berperan mengatur pelepasan kadar pada gula darah, sehingga membuat Anda jauh lebih kenyang lebih lama.

Buah Plum juga mengandung sorbitol alami, gula alkohol dengan tingkat penyerapan yang lambat dalam tubuh manusia.

Baca Juga : Manfaat Buah Kesemek

12. Menangkal Radikal Bebas

Vitamin C dan fitonutrien seperti lutein, cryptoxanthin, zeaxanthin, neochlorogenic, dan asam klorogenik, yang hanya terdapat pada buah plum yang berwarna merah ini kualitas antioksidan yang efektif sekali dalam mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal oksigen yang disebut dengan superoxide anion radicals.

Selain itu juga, kandungan fenol yang terdapat dalam buah plum merah ini juga membantu memperluas efek perlindungannya terhadap bakteri dan lemak esensial di neuron dan membran sel terhadap cedera yang disebabkan akibat oleh stres oksidatif.

13. Meningkatkan Perkembangan Janin

Ahli gizi telah merekomendasikan untuk mengonsumsi setidaknya 2 sampai 3 porsi buah plum dalam seminggu sekali selama kehamilan masih berlangsung.

Ini adalah salah satu buah yang juga mengandung banyak sekali nutrisi dan manfaat untuk ibu yang sedang hamil buah plum untuk kesehatan. Ini sebabnya, ibu hamil harus menambahkan buah plum ini untuk diet pada menu makan harian.

Mengkonsumsi buah plum secara teratur akan membantu membuat janin semakin sehat dan dapat mengurangi risiko yang terkait dengan penyakit bawaan bayi.

Manfaat buah plum yang lainnya yaitu salah satunya juga dapat memperkuat tubuh Anda, kondisi penglihatan dan tulang. Selain itu juga, karena diperkaya dengan antioksidan yang bagus buat tubuh msks, khasiat buah plum dapat menangkal berbagai infeksi selama proses kehamilan.

14. Membantu Mencegah Influenza

Manfaat buah plum yang jarang orang-orang pada umumnya pada ketahui adalah kemampuannya yang dapat melawan virus influenza.

Konsentrasi buah plum ini mengandung molekul seperti lectin yang dapat membantu dalam menghambat dan mengobati infeksi pada kulit atau penyakit yang disebabkan oleh virus influenza.

15. Menjaga Kesehatan Psikologis

Banyak orang yang juga tidak menyangka bahwa buah plum merah ini memiliki kemampuan yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan psikologis manusia.

Ahli gizi mengatakan bahwa, dari manfaat buah plum yang bisa didapatkan adalah dapat mengurangi kecemasan dan stres pada otak manusia.

Cara Memilih dan Menyimpan Buah Plum

manfaat buah plum

pixabay.com

Pilihlah buah plum merah yang masih dalam kondisi sedikit keputihan seperti bedak, ini menunjukkan bahwa tidak adanya penanganan berlebihan. Hindari juga buah plum yang lunak dan memar. Buah plum yang matang dan siap untuk dimakan tidak begitu lunak dan memiliki aroma yang manis dan harum.

Buah Plum bisa disimpan juga di dalam kulkas. Sementara buah plum yang masih sedikit lebih keras dapat disimpan dalam kantong kertas pada suhu kamar hingga matang. Buah plum juga dapat disimpan pada suhu kamar selama beberapa hari.

Efek Samping Buah Plum

manfaat buah plum

pixabay.com

Selain manfaat buah plum yang dapat menyehatkan badan manusia, bukan tidak mungkin jika buah ini memiliki dampak yang kurang baik juga bagi tubuh. Berikut ini efek samping yang diakibatkan dari buah plum jika dikonsumsi terlalu berlebihan.

1. Bahaya Akrilamida

Buah plum sendiri mengandung konsentrasi yang cukup tinggi akrilamida, yang dianggap sebagai karsinogen dan neurotoxin. Akrilamida yang tidak secara alami ditemukan dalam makanan normal, kecuali jika dimasak terlebih dahulu pada suhu di atas 100 ° C.

Menurut FAO, dalam Organisasi Pangan dan Pertanian, jumlah akrilamida yang harus diperlukan untuk menyebabkan kerusakan neuropati adalah sekitar 500 kali asupan makanan dalam sehari-hari. Jadi, mengonsumsi buah plum ini yaa relatif aman asalkan tidak terlalu berlebihan juga.

Namun, karsinogenisitas menjadi perhatian yang khusus karena buah plum ini ditemukan sangat karsinogenik pada hewan yang diuji di laboratorium.

2. Plum Dapat Menyebabkan Diare

Serat yang tidak larut dalam buah plum dapat menyebabkan atau memperburuk diare. Inilah sebabnya mengapa Anda perlu yang namanya menghindari buah plum ketika mengalami penyakit diare.

Ada juga kasus-kasus tertentu dari orang-orang yang pernah mengalami penyakit diare setelah mengonsumsi buah plum dan jus plum.

Ini dapat dikaitkan dengan sifat pencahar dari bua plum sendiri. Plum adalah obat pencahar alami yang sangat bagus karena mengandung banyak senyawa pencahar yang disebut dengan nama sorbitol.

Jadi, dosis yang tidak teratur atau terlalu banyak makan buah plum ini dapat dengan mudah menyebabkan datangnya penyakit diare.

Beberapa sumber juga berbicara tentang intoleransi fruktosa dan makanan yang ditemukan pada banyak individu, yang juga dapat mengakibatkaan kram pada perut dan diare. Buah plum juga mengandung gula dalam jumlah yang cukup besar, yang mungkin memicu masalah yang seperti itu.

3. Menambah Berat Badan

Satu porsi dari 6 buah plum yang belum dimasak atau belum diolah banyak mengandung 137 kalori dan 22 gram gula. Satu porsi jus buah plum ini mengandung sekitar 185 kalori.

Meskipun manfaat buah plum hitam juga bagus untuk diet karena mengandung serat, mengonsumsi buah plum secara berlebihan juga dapat menyebabkan efek sebaliknya terhadap tubuh kita.

Buah Plum juga memiliki beban glikemik yang cukup tinggi (beberapa banyak makanan tertentu yang akan meningkatkan kadar glukosa seseorang setelah mengkonsumsinya).

Ini berarti mengonsumsi buah plum dapat meningkatkan kadar gula darah yang lebih dari sebagian besar buah-buah yang lainnya.

4. Menyebabkan Gas Usus dan Kembung

Buah plum banyak mengandung karbohidrat kompleks dan gula yang tidak sepenuhnya rusak kalau berada di saluran pencernaan. Jadi, ketika gula mencapai usus besar, maka bakteri mulai memberi makan pada karbohidrat yang tidak dicerna oleh tubuh.

Bakteri ini bertanggung jawab untuk gas usus dan kembung. Ini juga bisa menyebabkan manusia kentut. Anda dapat mengonsumsi alpha-D-galactosidase sebelum makan buah plum ini karena mengurangi gas usus dengan memecah karbohidrat kompleks sebelum mereka mencapai usus besar.

5. Menyebabkan Ketergantungan Laksatif

Buah plum kebanyakan digunakan oleh banyak orang sebagai obat pencahar yang menjengkelkan. Namun, mereka yang menderita penyakit sembelit tidak harus bergantung pada buah plum sepenuhnya untuk membersihkan sistem pada pencernaan.

Ini dapat menyebabkan pada ketergantungan pencahar setelah periode tertentu dari penggunaan, yang dapat memperburuk suatu kondisi dan menyebabkan komplikasi.

6. Dapat Menyebabkan Feses Gelap

Buah Plum kaya akan zat besinya, seperti kebanyakan makanan yang ada dengan kaya zat besi dapat menyebabkan feses atau kotoran berwarna lebih gelap jika mengonsumsi buah flum dengan jumlah yang berlebihan.

Buah Plum memang memiliki efek samping yang harus kita waspasdai juga, tetapi Anda masih bisa mengonsumsinya dalam jumlah yang sesuai takaran. Jadi, berlebihan itu selalu tidak baik dalam hal papaun.

Itulah artikel yang membahas tuntas tentang manfaat buah plum untuk kesehatan yang bisa didapatkan oleh tubuh Anda. Jadi, masihkah Anda ragu untuk mendapatkan khasiat buah plum ini?

Ok, sekian artikel yang bisa kami bahas, semoga bisa bermanfaat buat teman-teman semua. 🙂

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply