Terbukti! Inilah 33 Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh (Lengkap)

Tahukah Anda bahwa manfaat buah pepaya ternyata begitu bagus sekali untuk penderita diabetes dan sangat cocok untuk dijadikan makanan diet kamu. Ya, di dalam buahnya yang berwarna orange kemerahan, buah pepaya menyimpan rasa yang sangat manis dan menyegarkan.

Meski harganya sangat relatif murah, namun buah pepaya tetap kaya akan beragam manfaat.

Salah satu manfaat dari buah pepaya yang sangat terkenal adalah dapat membantu dalam proses melancarkan buang air besar, buah ini juga bisa membantu melunakkan feses sehingga dapat mengatasi gangguan sulit BAB atau konstipasi.

Hebatnya lagi dari buah ini, tidak hanya sebatas itu, ada banyak sekali manfaat yang terkandung di dalam buah pepaya ini yang akan sama-sama kita bahas secara lengkap disini.

Apa Saja Manfaat Pepaya bagi Kesehatan?

manfaat buah pepaya

pixabay.com

Berikut inilah manfaat buah pepaya bagi kesehatan yang harus Anda ketahui:

1. Memperkuat sistem kekebalan pada tubuh

peradabandunia.com

Manfaat buah pepaya yang pertama yaitu dapat membantu untuk memperkuat sistem pada kekebalan tubuh. Vitamin A dan vitamin C dalam buah pepaya ini dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah adanya perkembangan infeksi.

Mengonsumsi buah pepaya secara rutin, akan sangat membantu sekali untuk menciptakan lapisan pelindung terhadap bakteri dan virus yang juga bisa menyebabkan flu, batuk dan pilek.

2. Mencegah penyakit jantung

artria.id

Manfaat buah pepaya lainnya yaitu untuk membantu mencegah datangnya penyakit jantung. Ini dikarenakan adanya kandungan serat, kalium dan vitamin yang dapat mencegah penyakit jantung.

Peningkatan asupan pada kalium diketahui dapat membantu mengurangi efek buruk pada penyakit jantung. Itulah mengapa kita harus mengonsumsi buah pepaya ini secara ritun dalam sehari-hari

3. Mencegah pembekuan darah

medika-platform.com

Pembekuan darah di dalam tubuh dapat membantu memperlambat sirkulasi darah dan menyumbat bakteri. Dalam kasus yang cukup parah, itu bahkan dapat menyebabkan pada serangan jantung atau strok.

Nah, manfaat buah pepaya ini untuk menjaga kesehatan dan juga bisa mencegah pembekuan pada darah. Hal ini karena buah pepaya mengandung zat yang dikenal sebagai fibrin yang bisa membantu meningkatkan aliran pada darah.

4. Manfaat buah pepaya untuk menjaga kesehatan pencernaan

obrolanvatika.com

Kandungan serat yang cukup tinggi yang terdapat di dalam buah pepaya ini telah dipercaya mampu memperlancar sistem pencernaan pada tubuh.

Selain itu  dengan, mengonsumsi buah pepaya setiap harinya maka bisa memenuhi kebutuhan serat harian untuk tubuh.

Potong buah pepaya menjadi beberapa bagian (bentuk seperti dadu), lalu peras satu buah jeruk nipis, kemudian taburkan sedikit gula di atasnya. Lalu masukkan ke dalam kulkas, dan santap ketika buah pepaya sudah mulai dingin.

5. Membantu mengurangi peradangan

fenomagz.com

Manfaat selanjutnya dari buah pepaya yaitu dapat membantu mengurangi peradangan. Pasalnya, buah pepaya mengandung enzim yang disebut papain dan chymopapain yang memiliki efek antiinflamasi dan bisa membantu mengurangi risiko menderita penyakit kronis.

Enzim ini juga dapat mengobati masalah lain yang terkait dengan peradangan seperti edema dan lainnya.

6. Membantu program diet

pixabay.com

Khasiat buah pepaya bagi kesehatan lainnya yaitu sangat cocok untuk membantu program diet.  Satu buah pepaya yang mempunyai ukuran medium panjang 5 inci (12,7 cm) dan diameter 3 inci (7,6 cm) hanya mengandung 119 kalori, kurang dari 0,5 g lemak, 24 g gula alami dan 5,5 g serat.

Jadi, Anda bisa mengonsumsi buah pepaya ini di sela-sela diet Anda tanpa harus takut akan mengalami peningkatan pada berat badan Anda.

7. Mencegah kanker dan tumor

unknews.unk.edu

Manfaat buah pepaya selanjutnya yaitu untuk kesehatan tidak hanya terletak pada buahnya saja loh ternyata. Daun buah pepaya juga ikut memberikan konstribusi yang sangat besar pada kesehatan tubuh.

Para peneliti yang berada di University of Florida bisa menggunakan ekstrak daun pepaya kering untuk menemukan efek dramatis pepaya terhadap 10 jenis tumor.

Penduduk yang berasal asli di Australia juga telah berhasil menggunakan ekstrak dari daun pepaya ini untuk mengendalikan kanker tanpa toksisitas.

8. Menjadi anti parasit

ajnn.net

Selama berabad-abad lamanya, akar dan biji dari buah pepaya dapat digunakan untuk membuat teh, yang berkhasiat untuk mengusir parasit, mengurangi perdarahan, kolik ginjal dan menyembuhkan penyakit kuning.

Sekitar dari 20 biji buah pepaya ini telah mengandung protein yang sangat mudah dicerna oleh tubuh, bisa dikunyah atau ditelan untuk menghilangkan sebagian besar parasit yang berada di dalam tubuh.

Sebuah studi yang dalaksanakan dari Nigeria dan diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food menemukan bahwa biji buah pepaya yang sudah kering ini dapat menjadi pengobatan yang efektif murah, alami dan banyak tersedia untuk parasit usus manusia tanpa ada efek samping yang signifikan.

9. Mencegah penyakit jantung

beritaliputan.com

Manfaat buah pepaya untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat membantu mencegah penyakit jantung. Kandungan yang terdapat di dalam buah pepaya terdiri dari vitamin C yang cukup tinggi dan likopen yang sangat bermanfaat untuk menguatkan pada fungsi jantung Anda.

Jadi, jika Anda ingin mencegah datangnya penyakit jantung, maka konsumsilah buah pepaya ini secara rutin agar jantung Anda semakin sehat dan kuat.

10. Membuat rambut subur

beautyundercover.sg

Manfaat buah pepaya untuk kesehatan umumnya dapat dikaitkan dengan kesehatan organ pada pencernaan, akan tetapi tahukah Anda bahwa manfaat yang terdapat di dalam buah pepaya juga bisa untuk kecantikan.

Manfaat buah pepaya ini bisa diterapkan untuk membuat rambut menjadi subur dan sehat.

Konsumsilah buah pepaya ini secara rutin untuk membuat rambut Anda menjadi lebih lebat dan subur. Selain itu, buah pepaya juga bisa membuat kuku Anda semakin cantik dan tidak mudah rapuh dan patah.

11. Mencegah penyakit asma

hellosehat.com

Risiko mengembangkan asma lebih rendah pada orang yang rutin mengonsumsi sejumlah besar nutrisi tertentu. Salah satu nutrisi tersebut adalah beta-karoten, yang terkandung hanya dalam makanan sayur dan buah seperti buah pepaya, aprikot, brokoli, buah melon, labu, dan wortel.

12. Menyehatkan tulang

cdr.co.id

Asupan rendah vitamin K juga telah dikaitkan dengan risiko pada patah tulang yang lebih tinggi. Mengkonsumsi vitamin K yang cukup penting untuk kesehatan yang lebih baik lagi, karena dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium dan juga dapat mengurangi ekskresi kalsium urine, yang berarti ada lebih banyak lagi kalsium di dalam tubuh.

Untuk memperkuat dan membangun kembali tulang yang sudah rapuh. Maka Anda bisa mendapatkan vitamin ini dari buah pepaya.

13. Mencegah penyakit diabetes

medicalnewstoday.com

Khasiat dari buah pepaya ternyata juga dapat mengatasi penyakit diabetes loh. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang telah pengidap penyakit diabetes tipe 1 yang sering mengonsumsi makanan berserat tinggi memiliki kadar glukosa darah yang lebih rendah, dan orang-orang dengan diabetes tipe 2 mungkin telah meningkatkan kadar gula darah mereka, lipid, dan insulin.

Dengan mengonsumsi buah pepaya ini maka dapat memenuhi 3 gram serat yang di butuhkan, yang setara dengan hanya 17 gram karbohidrat.

14. Mengurangi peradangan

1health.id

Kolin adalah nutrisi yang sangat penting dan serba guna yang terkandung di dalam buah pepaya. Kandungan yang terdapat di dalam buah  pepaya ini dapat membantu tubuh kita beristirahat, gerakan otot, belajar, dan memori.

Kolin juga bisa membantu mempertahankan struktur membran sel, membantu transmisi impuls saraf, membantu penyerapan lemak, dan mengurangi peradangan kronis.

15. Menyehatkan mata

brilio.net

Degenerasi makula terkait umur/usia. Memiliki berbagai manfaat yang berada di dalam buah pepaya untuk kesehatan, termasuk pencegahan asma dan bahkan sifat anti-kanker.

Zeaxanthin, antioksidan yang terkandung di dalam buah pepaya dapat menyaring sinar biru yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Diperkirakan bisa memainkan peran protektif dalam kesehatan mata, dan dapat menangkal degenerasi makula. Namun, asupan akan jauh lebih tinggi dari semua buah telah terbukti mengurangi risiko dan perkembangan degenerasi makula terkait umur seseorang.

Manfaat buah pepaya untuk wajah

manfaat buah pepaya

pixabay.com

16. Membantu mencegah kerutan

surabaya.bisnis.com

Vitamin E yanf terdapat di dalam buah pepaya ini dapat membantu untuk menghentikan kerusakan seluler dan juga mencegah pembentukan kerutan.

Vitamin A yang akan bertanggung jawab menampilkan kulit yang halus dan tidak bernoda. Vitamin C dan E bisa meningkatkan produksi kolagen sehingga mempertahankan kekencangan pada kulit wajah.

17. Mencerahkan kulit wajah

lamesaskincare.com

Vitamin yang terdapat pada buah pepaya ini dapat membantu mengurangi stres pada kulit dan mengangkat sel kulit mati. Hal ini memberikan efek yang rileks bagi kulit, sehat, cerah dan segar.

Selain itu juga buah Pepaya mengandung antioksidan dan juga menutrisi kulit wajah sehingga akan terasa lebih lembut dan kenyal.

Cara mendapatkan manfaat dari buah pepaya untuk wajah yaitu dengan cara menggunakan masker yang terbuat dari buah pepaya selama 20 menit kemudian bilas hingga bersih dengan air dingin.

18. Membantu mengatasi jerawat

beritagar.id

Manfaat buah pepaya selanjutnya yaitu untuk wajah dan membantu mengatasi jerawat. Jerawat dan pori-pori yang besar merupakan dua permasalahan kulit yang paling ditakuti khusus nya bagi kaum wanita.

Cara untuk meredakannya maka Anda bisa menggunakan masker yang terbuat dari buah pepaya secara rutin setiap harinya.

Selain itu juga, masker ini juga dapat bermanfaat membantu menyamarkan noda tau fleks-fleks hitam bekas jerawat dan yang membandel. Campurkan buah pepaya dengan lemon dan madu untuk mewujudkan formula masker alami yang lebih sempurna dan sehat.

Manfaat lain dari buah pepaya yaitu:

  1. Membantu menurunkan kolesterol
  2. Dapat menurunkan berat badan
  3. Mendongkrak sistem pada kekebalan tubuh
  4. Membantu penderita diabetes
  5. Membantu menjaga kesehatan mata
  6. Mencegah radang sendi
  7. Membantu sistem pada pencernaan
  8. Meredakan sakit saat lagi haid
  9. Dapat mencegah penuaan dini
  10. Bisa merangsang pertumbuhan rambut
  11. Bisa mencegah kanker
  12. Membantu mengurangi stres
  13. Dapat mempercepat penyembuhan luka
  14. Dapat menjaga kesehatan ginjal
  15. Mencegah datangnya serangan jantung
  16. Mencegah penyakit stroke
  17. Mencegah penyakit asma
  18. Menunjang kesehatan pada kulit
  19. Mencegah penyakit flu
  20. Membantu mencegah dan mengatasi jerawat.

Sekian artikel manfaat buah pepaya yang sudah elnuha bahas secara mendetail, semoga dapat menambah wawasan teman-teman semua 🙂

Terimakasih

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply