21+ Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan tubuh [Penjelasan Lengkap]

Manfaat buah nanas – Seperti halnya juga buah apel, nanas juga merupakan salah satu buah yang memiliki banyak sekali nutrisi yang baik untuk perkembangan tubuh.

Buah ini tidak hanya rasanya yang segar, manis, dan sedikit asam, namun manfaat buah nanas ini memiliki banyak sekali serat yang baik untuk tubuh manusia khususnya yang berhubungan dengan pencernaan dan penyerapan pada nutrisi.

Buah Nanas merupakan buah penghasil antioksidan yang sangat banyak. Vitamin A dan C dari buah nanas ini merupakan sumber antioksidan. Kandungan nutrisi lainnya pada buah nanas diantaranya adalah fosfor, kalsium, kalium, zat besi, magnesium, mangan, thiamin, serat, natrium, dan gula buah atau (sukrosa).

Selain itu buah nanas sangat rendah akan kalori. Satu buah nanas yang segar hanya mengandung 82 kalori saja.

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Badan

Manfaat buah nanas

pixabay.com

Mengonsumsi buah nanas dalam porsi yang cukup dan rutin dalam setiap harinya bisa membuat siapa saja mendapatkan beberapa manfaat dari buah nanas seperti penjelasan berikut ini.

Melawan Radikal Bebas

Buah Nanas yang memiliki rasa yang begitu manis, asam, dan segar ini mengandung banyak sekali vitamin C yang bagus buat kesehatan. Seperti yang kita tahu, vitamin C ini sangat baik untuk mencegah radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan banyak gangguan di kulit atau di organ bagian dalam.

Jika radikal bebas ini bisa dicegah untuk masuk, maka kemungkinan akan terjadi kerusakan organ atau terjadi mutasi pada sel yang bisa dihindari.

Konsumsilah buah nanas ini secara rutin dalam bentuk di jus yang dicampur dengan yoghurt atau juga bisa dengan cara dimakan langsung sebagai buah potong, Ingat jangan lupa dicuci bersih dengan air garam sebelum mengonsumsinya yaa.

Menjaga Kesehatan Jantung

Ada dua kandungan dari buah nanas yang sangat baik untuk kesehatan dari jantung. Pertama adalah potasium. Zat ini sangat baik untuk menyeimbangkan kandungan air yang berada di dalam tubuh. Kandungan air di dalam tubuh ini biasanya kacau akibat banyak sodium atau garam yang dikonsumsi. Penyeimbangan air ini akan menurunkan risiko datang nya hipertensi.

Kandungan kedua yang juga baik untuk kesehatan jantung adalah vitamin C. Zat ini dapat membantu mencegah terjadinya gangguan pada pembuluh darah seperti penebalan atau penyumbatan akibat penyakit kolesterol jahat.

Membantu Menurunkan Kadar Lemak

Buah nanas mengandung cukup banyak gula alami yang baik untuk kesehatan tubuh. Jika Anda lapar dan ingin ngemil sesuatu yang manis, tapi menyehatkan buat badan, nanas bisa dijadikan jalan alternatif untuk membuat perut lebih kenyang dan tahan lama.

Selain itu, khasiat buah nanas juga memicu pembakaran pada lemak di dalam tubuh yang berjalan lebih lancar.

Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah Nanas yang mengandung banyak sekali vitamin C ini juga bisa meningkatkan daya tahan pada tubuh manusia lho. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam buah nanas ini dapat memicu tubuh untuk selalu siaga terhadap berbagai macam serangan yang terjadi mulai dari serangan penyakit seperti bakteri, jamur, hingga virus.

Buah Nanas yang masih segar atau yang dibuat menjadi jus juga membuat pria dan wanita tidak mudah mengalami penyakit flu. Saat musim panas, tubuh manusia akan selalu sehat karena daya tahan tubuh tidak bisa dihancurkan oleh virus dan kuman.

Baca Juga : Manfaat Buah Naga

Membuat Tulang Lebih Sehat

Mengonsumsi buah nanas dalam jumlah yang seimbang juga akan membuat tulang menjadi lebih kuat dan sehat.

Buah Nanas sendiri banyak juga mengandung senyawa mangan yang cukup baik untuk tulang dan juga tendon dari otot yang mengelilinginya.

Membantu Menyehatkan Mata

Selain vitamin C yang terdapat di buah nanas yang banyak manfaatnya, nanas juga mengandung juga viatamin A.

Anda yang sedang mengalami masalah pada penglihatan atau rabun mata ketika sudah tua, maka disarankan untuk konsumsilah buah nanas secara rutin dalam bentuk jus atau juga bisa dimakan secara langsung.

Mencegah Terbentuknya Sel Kanker

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya di atas, khasiat dari buah nanas ini dapat membantu mencegah radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Radikal bebas tersebut bisa berupa asap rokok yang mengandung racun atau partikel berbahaya lain di dalamnya. Partikel tersebut biasanya dapat memicu terjadinya masalah pada sel sehingga kanker terbentuk.

Jika Anda sekarang merokok, coba mulai di kurangi aktivitas berisiko tersebut. Selanjutnya Anda bisa perbanyak makan nanas ini sebagai pengganti camilan atau untuk pengganti makanan penutup pada saat siang hari.

Membantu Melancarkan Pencernaan

Makan buah nanas yang masih segar dalam segala bentuk secara teratur dapat melindungi badan Anda dari berbagai kondisi kesehatan, maka ini termasuk sembelit, diare, sindrom iritasi usus (IBS), aterosklerosis, dan pembekuan pada darah serta tekanan darah tinggi.

Buah Nanas yang sudah kering tanpa pemanis, kaya akan serat, dapat mendorong pengalihan makanan melalui jalan saluran pencernaan pada tingkat normal dan menstimulasi pelepasan pada lambung dan cairan pencernaan yanag dapat untuk membantu makanan larut.

Manfaat buah nanas sendiri juga bisa membantu dalam mengobati penyakit diare dan IBS. Selanjutnya, bromelain dalam buah nanas yang merangsang pada pencernaan protein, dapat membantu mengurangi peradangan pada usus sehingga bisa mengobati masalah pada pencernaan tenggorokan

Baca Juga : Manfaat Buah Kesemek

Membantu Mengobati Arthritis

Khasiat selanjutnya dari buah nanas ini yaitu mampu mengurangi radang sendi dan otot, terutama pada bagian  yang berkaitan dengan radang sendi. Ini mengandung enzim proteolitik langka yang bisa disebut bromelain, yang terutama dapat membantu dalam proses pemecahan protein kompleks dan memiliki efek anti-inflamasi.

Boleh saja sih mengonsumsi suplemen Bromelain atau enzim buah nanas, tetapi sebaiknya lagi diminum di bawah pengawasan oleh medis.

Membantu Mengontrol Diabetes

Buah nanas juag mengandung banyak serat, nanas sendiri adalah makanan yang bagus untuk orang yang penderita diabetes.

Bagi mereka yang menderita penyakit diabetes tipe 1, ini akan sangat membantu dalam proses menurunkan kadar pada glukosa darah tinggi.

Pada orang penderita diabetes tipe 2, itu dapat menghasilkan peningkatan pada gula darah, insulin, dan tingkat lipid. Namun, ada juga sejumlah gula yang hadir, jadi batasi juga asupan Anda untuk menghindari efek buruk tersebut.

Menjaga Gigi dan Gusi Sehat

Berkat kandungan vitamin C-nya yang terdapat di buah nanas yang tinggi, maka manfaat buah nanas ini banyak berguna untuk kesehatan gigi dan gusi Anda.

Hanya makan dengan irisan buah nanas ini maka akan membantu menjaga gigi dan gusi yang sehat, lho. Selain itu juga, buah nanas juga bisa membantu membuat gigi kamulebih terlihat jauh lebih putih dan menghilangkan plak hitam dan kuning pada gigi, terutama yang disebabkan oleh enzim yang disebut bromelain.

Manfaat Buah Nanas Sebagai Anti Penuaan

Menerapkan masker yang terbuat dari buah nanas di wajah dapat membantu mengurangi efek penuaan pada wajah. Hal ini karena buah nanas memiliki kandungan yang bernama asam alpha-hydroxy dan antioksidan yang dapat menghilangkan radikal bebas yang dapat merusak pada kulit wajah.

Membantu Menghilangkan Kutil

Salah satu cara terbaik untuk menangkal kutil agar tidak tumbuh atau, tahi lalat, dan noda di wajah adalah dengan dengan cara menerapkan buah nanas langsung ke kulit kamu yang sedang bermasalah.

Cara mengambil manfaat dari buah nanas untuk kesehatan pada kulit adalah diamkan selama 10 menit dan lihat seperti apa hasilnya. Hebatnya, kandungan vitamin C yang terdapat pada buah nanas aman terhadap kulit yang sensitif.

Manfaat Nanas Untuk Memperkuat Kuku dan Kutikula

Apakah kamu kini sedang mengalami kulit kering dan kuku yang sering patah?

Maka buah sanas inilah buah yang ajaib yang akan membantu kamu untuk memperbaiki kekurangan vitamin dalam tubuh Anda sehingga dapat menguatkan kuku dan kutikula.

Baca Juga : Manfaat Buah Pepaya

Membantu Menghilangkan Bintik-Bintik di Wajah

Selain untuk diolah dan dijadikan makanan, buah nanas juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan pada wanita.

Manfaat buah nanas sendiri bagus untuk kesehatan pada kulit yaitu dapat membantu menghilangkan bintik-bintik di wajah. Salah satu dari banyak orang yang menggunakan buah nanas ini untuk membantu menghilangkan noda atau bintik-bintik hitam di wajah.

Membantu Mencegah Jerawat

Selain berguna untuk kesehatan tubuh secara alami, buah nanas juga bermanfaat untuk kesehatan khususnya untuk kulit wajah.

Manfaat buah nanas untuk kesehatan kulit wajah adalah dapat menghilangkan jerawat dengan cepat dan efektif secara keseluruhan. Enzim bromelain pada buah nanas ini dapat membantu mencegah munculnya bintik bekas jerawat, atau bisa mengecilkan pori-pori sekaligus menghilangkan komedo di wajah.

Sebagai Sumber Energi

Manfaat buah nanas untuk kesehatan lainnya yaitu dapat menjadi sumber energi. Kandungan vitamin B1 yang terdapat di dalam buah nanas ini dapat bermanfaat untuk mengubah gula menjadi energi sehingga banyak disarankan untuk mengkonsumsi buah nanas ini sehari-hari atau rutin mengkonsumsi jus nanas.

Efek Samping Berlebihan Makan Buah Nanas

Manfaat buah nanas

pixabay.com

Selain buah nanas yang baik untuk pencernaan tubuh manusia, namun tidak baik juga kalau mengonsumsinya terlalu berlebihan.

Anda mungkin akan merasakan seperti bengkak dan agak gatal di bagian, bibir, lidah, dan pipi bagian dalam. Hal ini disebabkan karena oleh sifat daging buah nanas itu sendiri yang lumayan panas, biasanya akan hilang dalam waktu beberapa jam.

Tapi kalau disertai juga dengan gatal-gatal sampai sulit bernapas, maka bisa jadi Anda memang alergi terhadap buah nanas ini.

Sedangkan untuk wanita yang sedang hamil, asupan kandungan bromelain yang berlebihan akan mengakibatkan kontraksi terhadap rahim yang berpotensi menimbulkan keguguran kepada rahim tersebut.

Tentu saja bukan berarti ibu hamil tidak boleh makan buah nanas lho yaa. Bromelain dalam level membahayakan ini juga baru bisa didapat jika Anda melahap dua buah nanas utuh sekaligus dalam satu waktu.

Maka makanan apapun apabila terlalu berlebihan semuanya tidak akan bagus buat kesehatan badan kita. 🙂

Demikian tulisan mengenai manfaat buah nanas kumpulan  yang dapat elnuha sajikan dalam tulisan ini. semoga bermanfaat 🙂

Terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply