13+ Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh (Lengkap Penjelasan)

Elnuha.net – Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa manfaat buah mangga tidak hanya sebagai makanan untuk kesehatan tubuh saja.

selain menyegarkan dan menyehatkan tubuh, buah mangga ini ternyata juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Manfaat buah mangga ini juga dapat mengurangi beberapa penyakit.

Buah mangga ini sebenarnya kaya akan nutrisi yang baik untuk perawatan kulit wajah. Jika Anda teliti lebih dalam lagi, sekarang ini telah banyak perawatan kulit yang menambahkan ekstrak dari buah mangga di dalamnya.

Manfaat Buah Mangga bagi Kesehatan

manfaat buah mangga

pixabay.com

Berikut inilah beberapa manfaat dari buah mangga yang luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Mencegah Jerawat

manfaat daun bidara

.perdoski.id

Manfaat buah mangga yang pertama yaitu dapat membantu mencegah timbulnya jerawat. Mengoleskan bulir buah mangga ini pada kulit akan sangat membantu dalam membersihkan pori-pori serta mencegah terjadinya masalah komedo dan jerawat.

Ekstrak dari buah mangga akan dapat membantu dalam menjaga agar kulit Anda selalu terlihat sehat dan segar dengan membersihkan semua bakteri yang ada pada kulit.

Selain itu, mango butter ini juga merupakan pelembap yang sangat baik untuk kulit sensitif. Buah mangga juga bermanfaat bagi mereka yang memiliki kulit yang berminyak dengan melarutkan kelebihan minyak serta menyembuhkan bekas luka serta menutrisi bagi kulit Anda.

2. Menyehatkan Kulit

lamesaskincare.com

Buah mangga memiliki nilai nutrisi yang sangat tinggi karena kaya dengan vitamin, mineral, hingga antioksidan. Anda akan menemukan banyak sekali vitamin seperti vitamin C, A, B6, E, K, beta-karoten, magnesium, dan banyak lagi yang selain menjaga kesehatan tubuh juga akan membantu mendorong kesehatan kulit Anda.

3. Meredakan Inflamasi Pada Kulit

today-love.com

Mangiferin yang ditemukan pada biji dan kulit dari buah mangga merupakan antioksidan yang sangat kuat bagi tubuh manusia. Antioksidan ini dapat membantu dalam meredakan peradangan akibat jerawat dan kondisi peradangan kulit lainnya.

Bacaa Juga : Manfaat Daun Bidara

4. Mendorong Terbentuknya Kolagen

brilio.net

Vitamin A dan C bisa membantu dalam menjaga sistem imun tubuh dengan cara menghasilkan protein kolagen. Protein kolagen adalah sebuah rantai asam amino yang membangun jaringan ikat di dalam tubuh.

5. AHA Menghilangkan Sel Kulit Mati

beritagar.id

Alpha hydroxy acid atau AHA pada buah mangga juga merupakan eksfoliator kimia alami yang cukup baik untuk kulit Anda. Bahan ini dapat membantu untuk menghilangkan kulit yang kusam dan kering serta membuatnya menjadi terlihat lebih segar dan sehat.

6. Mencegah Kanker

hellosehat.com

Buah mangga memiliki sejumlah besar pektin dan protein, serat makanan yang larut secara efisien berkontribusi dengan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Pektin ini juga dapat membantu dalam mencegah perkembangan kanker prostat di dalam tubuh.

Penelitian yang dilakukan di The Institute for Food Research menemukan bahwa senyawa dalam pektin bergabung dengan galektin 3 (protein yang memainkan peran sangat penting dalam semua tahap kanker). The European Prospective Investigation of Cancer juga telah meneliti tentang adanya hubungan yang kuat makan buah mangga dan menurunkan risiko pada kanker saluran pencernaan.

7. Bantu Menambah Berat Badan

food.detik.com

Mengonsumsi buah mangga dapat membantu sekali dan cara termudah untuk menambah berat badan. 150 g buah mangga ini memiliki sekitar 86 kalori, yang dapat diserap dengan mudah oleh tubuh. Selain itu, mereka juga mengandung pati, yang berubah menjadi gula dan dapat membantu menambah berat badan.

Milkshake buah mangga akan mempercepat proses penambahan pada berat badan mereka, karena buah mangga ini juga mengandung susu di dalamnya.

Baca Juga : Manfaat Pohon Pisang

8. Mengatasi Masalah Pencernaan

magazine.job-like.com

Manfaat buah mangga dapat memainkan peran penting dalam menghilangkan masalah seperti gangguan pencernaan dan keasaman yang berlebih. Enzim pencernaan di dalamnya dapat membantu mempromosikan pencernaan alami yang efisien.

Bahan bioaktif yang terdapaat di dalam buah mangga seperti ester, terpene, dan aldehid berkontribusi dalam membantu meningkatkan nafsu makan dan juga meningkatkan fungsi pada sistem pencernaan.

9. Menyembuhkan Anemia

hellosehat.com

Buah mangga juga kaya akan zat besi, yang dapat membuat buah ini sangat bermanfaat bagi orang yang menderita penyakit anemia. Asupan yang juga teratur dan dimoderasi dapat membantu dalam proses menghilangkan penyakit anemia ini dengan cara meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

Tonik yang dibuat dari buah mangga dalam obat herbal dari China dikenal sebagai tonik yin, dan dapat digunakan untuk mengobati penyakit anemia, gusi yang berdarah, batuk, sembelit, mual, demam, mabuk laut, dan sebagai obat untuk pencernaan yang lemah agar bisa lancar kembali.

10. Menunda Penuaan

muslimobsession.com

Khasiat yang selanjutnya dari buah mangga yaitu dapat membantu untuk menghasilkan protein kolagen di dalam tubuh, karena buah mangga ini juga mengandung banyak vitamin A dan C di dalamnya.

Kolagen dapat membantu melindungi pembuluh darah dan jaringan ikat yang berada di dalam tubuh, sehingga dapat membantu memperlambat proses penuaan alami. Oleh karena itu, buah mangga benar dapat disebut sebagai makanan anti-penuaan heheh.

11. Membakar Kalori

hellosehat.com

Fakta yang gak kalah unik mengenai buah mangga ini, adalah caranya dalam membakar lemak pada tubuh. Buah yang kaya serat ini, dapat membantu dalam melancarkan pencernaan Anda. Serta juga bisa membantu menjaga sistem pada pencernaan, dan terpenuhinya vitamin.

12. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

dream.co.id

Buah mangga yang kaya akan serat ini juga kaya akan vitamin yang dapat membantu meningkatkan kekebalan pada tubuh. Ternyata terdapat 25 jenis vitamin yang terdapat di dalam buah mangga ini lho. Hal inilah yang membuat buah mangga, menjadi buah yang sangat istimewa dan baik sekali untuk dikonsumsi.

13. Menyehatkan Mata

oktanur.com

Bukan hanya wortel saja ternyata yang bermanfaat baik untuk kesehatan pada mata, tapi juga buah mangga. Vitamin A yang terkandung di dalam buah mangga dapat membantu menjauhkan adanya penyakit mata, seperti rabun jauh dan iritasi pada mata.

Bila Anda bosan dengan mengkonsumsi wortel maka, segeralah beralih ke buah mangga ini. Agar mata Anda bisa selalu terjaga dari berbagai penyakit mata.

Baca Juga : Manfaat Pohon Cemara

14. Tinggi Zat Besi

mamapapa.id

Tidak berhenti sampai hanya menyehatkan mata, manfaat selanjutnya dari buah mangga yaitu memilikibanyak sekalai zat besi yang tinggi dan sangat bermanfaat sekali untuk tubuh manusia.

Bagi Anda yang mengidap penyakit seperti Anemia, maka cobalah mengonsumsi buah mangga ini. Selain itu juga, zat besi juga baik untuk wanita yang menopause dan wanita hamil.

Ciri-Ciri Pohon Mangga

manfaaat pohon mangga

pixabay.com

Mungkin anda sudah tahu bagaimana ciri ciri pohon mangga ini secara umum. Namun apakah anda tahu ciri ciri pohon mangga mulai dari ujung pangkal akar pohon mangga sampai ujung daun pohon mangga.

Berikut ini adalah beberapa ciri ciri mengenai pohon mangga.

1. Akar Pohon Mangga

manfaat buah mangga

pixabay.com

Akar merupakan salah satu bagian yang sangat penting untuk berlangsungnya hidup setiap tumbuhan. Salah satunya yaitu pohon mangga. Pohon mangga memiliki akar yang berjenis tunggang.

Akar ini sangat kuat dan panjang sekali. Panjang akar dari pohon mangga ini dapat mencapai kedalaman hingga 6 meter dari permukaan tanah. Akar pohon mangga ini berfungsi untuk menyerap air dan unsur hara yang terdapat pada tanah.

2. Batang Pohon Mangga

manfaat buah mangga

pixabay.com

Berbeda dengan ciri dari batang pohon pisang yang memiliki batang yang lunak. Batang Tanaman mangga ini memiliki ciri ciri yang tegak, besar, keras, dan kuat. Hal ini dikarenakan batang pohon mangga ini memiliki kambium yang merupakan lapisan jaringan yang selnya selalu aktif membelah.

Tekstur kulit pada pohon mangga ini lebih tebal dan kasar, dan jika kulit pohon ini terluka maka akan mengeluarkan getah. Warna kulit dari batang pohon mangga ini adalah coklat muda hingga coklat kehitaman apabila umur dari pohon ini sudah tua. Pohon mangga juga mempunyai cabang dan ranting yang ditumbuhi oleh banyak daun.

3. Daun Pohon Mangga

manfaat buah mangga

pixabay.com

Selanjutnya yaitu daun pohon mangga. Selain dua bagian diatas, daun mangga juga merupakan salah satu bagian yang paling penting pada pohon mangga.

Daun ini berfungsi untuk mengolah zat makanan yang disebut dengan fotosintesis. Daun pada pohon mangga biasanya berwarna hijau dan berbentuk melebar panjang dengan ujung yang sangat runcing tergantung varietasnya. Daun pohon mangga ini biasanya memiliki tulang daun yang menyirip.

4. Bunga Pohon Mangga

manfaat buah mangga

sawonbudidaya.com

Seperti yang sudah kita ketahui dari klasifikasi di atas. Pohon mangga merupakan salah satu tanaman yang masuk ke dalam kategori kelompok tanaman berbunga. Bunga dari pohon mangga ini berbentuk majemuk.

Jumlah bunga yang terdapat di setiap tandan atau tanaman ini berjumlah sekitar 1000 sampai 8000 kuntum. Dan setiap kuntum bunga mangga ini memiliki ukuran yang kecil, yaitu sekitar 6 sampai 8 mm.

5. Buah Pohon Mangga

manfaat buah mangga

pixabay.com

Selanjutnya adalah buah mangga. Buah mangga merupakan salah satu buah yang menjadi primadona sekali di kalangan masyarakat. Hal ini dikarenakan buah mangga ini memiliki rasa yang manis dan dapat dijadikan sebagai bahan untuk membuat sebuah minuman maupun makanan yang enak dan sehat tentunya bagi tubuh.

Buah mangga memiliki bentuk yang sangat beragam tergantung jenis dan varietasnya, namun biasanya buah mangga ini kebanyakan berbentuk lonjong, bulat, dan sedikit pipih. Ukuran dari buah mangga juga ditentukan oleh jenisnya.

Bagian dari buah mangga yang berubah ketika sudah matang adalah warnanya, warna buah mangga ketika belum masak biasanya berwarna hijau, namun ketika sudah matang buah mangga ini akan memiliki warna kuning kemerah merahan. Namun ada juga beberapa jenis buah mangga yang tetap memiliki warna hijau ketika sudah matang.

Biasanya umur buah mangga yang sudah mulai berbuah yaitu sekitar 4 tahun untuk pohon mangga yang cangkokan, sedangkan untuk pohon mangga okulasi akan mulai berbuah ketika sudah berumur 5 sampai 6 tahun.

Dalam buah mangga juga mengandung berbagai vitamin yang sangat baik untuk tubuh. Diantaranya yaitu vitamin C dan vitamin E, selain itu buah mangga juga banyak mengandung karotenoid yang dapat digunakan untuk mencegah datangnya penyakit kanker.

6. Biji Pohon Mangga

manfaat buah mangga

pixabay.com

Yang terakhir adalah biji pohon mangga. Biji pohon mangga dapat Anda temukan ketika pohon tersebut sudah menghasilkan buah mangga. Biji pohon mangga merupakan biji berkeping dua atau disebut dengan dikotil.

Wah ternyata banyak juga ya manfaat dari pohon mangga ini. Setelah membaca artikel ini semoga kamu sudah seharusnya untuk lebih menghargai pohon mangga tersebut karena dia memberi banyak keuntungan bagi manusia, baik dari segi materi atau non materi.

Jangan lupa juga untuk selalu melestarikan tanaman apapun, karena jika mereka telah punah maka manusia juga lah yang akan merasakan kerugian nya juga.

Semoga artikel ini bisa membantu untuk membuka lebih luas wawasan dan bermanfaat bagi kita semua! 🙂

 

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply