√ 24 Manfaat Buah Mahoni Untuk Kesehatan Tubuh & Cara Konsumsinya

Elnuha.Net – Buah mahoni adalah merupakan salah satu buah yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan dan tubuh manusia. Mungkin hanya segelintir orang saja yang telah mengetahui tentang manfaat buah mahoni ini.

Ada beberapa manfaat dari buah mahoni yang bisa membuat Anda sangat terkesan dengan buah yang satu ini. Oleh karena itu, maka baca terus untuk mengetahui apa saja manfaat dari buah mahoni ini.

Apa Itu Pohon Mahoni?

manfaat daun mahoni, manfaat biji mahoni, manfaat pohon mahoni

setiawanap.com

Mahoni adalah sebuah pohon yang berukuran cukup besar dengan tinggi bisa mencapai 35-40 meter, diameter batang kayunya bisa mencapai 125 cm. Pohon mahoni ini memiliki batang silinder dan lurus.

Kulit bagian yang luar dari pohon mahoni ini berwarna coklat kehitam-hitaman, sementara saat masih muda, pohon ini kulitnya berwarna keabu-abuan dan halus. Pohon mahoni yang baru ditanam akan berbunga kira-kira pada saat berumur 7 tahun.

Tanaman mahoni ini berasal dari Hindia bagian Barat, bisa tumbuh di pasir payau yang dekat dengan pantai. Saat ini, pohon mahoni ( Swietenia macrophylla ) tumbuh di sebagian besar negara di Asia.

Bukan hanya khasiat dari biji mahoni nya saja yang sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia, kayu mahoni ini juga sering sekali digunakan untuk berbagai keperluan tekstil, dan juga membuat lemari, kursi, meja atau aneka ukiran yang sangat indah dan bisa bernilai cukup tinggi apabila dijual.

Di hampir semua negara di mana pohon mahoni ini tumbuh, biji dari pohon mahoni biasanya digunakan sebagai obat herbal yang dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah, mengobati diabetes, dan menyembuhkan impotensi.

Meski sudah terbukti secara ilmiah yang menegaskan khasiatnya sebagai obat herbal masih lemah, banyak orang juga yang mengaku sudah merasakan khasiat dari biji mahoni ini.

Apa Itu Biji Mahoni?

manfaat daun mahoni, manfaat biji mahoni, manfaat pohon mahoni

khasiatsehat.com

Biji mahoni yang terdapat pada buah mahoni. biji ini diklasifikasikan sebagai tonik kesehatan ekonomis dengan banyak sekali manfaat yang setara dengan gabungan ginkgo biloba dan ginseng.

Tidak semua negara memiliki tanaman pohon mahoni ini, karena pohon mahoni ini (swietenia macrophylla) hanya tumbuh di negara yang memiliki hutan hujan tropis yang sebagian besar adalah negara-negara Asia Pasifik seperti Indonesia, Malaysia, Fiji, Honduras, dan jugaolomon.

Buah mahoni ini memiliki keunikan tersendiri yaitu dari cara buah tersebut tergantung di atas pohon, karena hampir seluruh buah-buahan menggantung ke bawah namun beda dari buah mahoni ini yang menggantung ke atas dan tangkainya mengarah ke langit, sehingga negara barat menyebutnya sebagai sky fruit ( atau buah langit).

Apa Itu Buah Mahoni?

manfaat daun mahoni, manfaat biji mahoni, manfaat pohon mahoni

pixabay.com

Buah mahoni yaitu buah yang berasal dari pohon mahoni. Pohon mahoni sendiri memiliki nama latin yaitu Swietenia macrophylla. Tanaman mahoni ini berasal dari wilayah Pasifik Selatan dan telah banyak tumbuh di berbagai wilayah di Asia.

Bentuk buah mahoni yaitu lonjong dan berwarna cokelat ketuaan. Ada lima lipatan pada satu buah mahoni tersebut. Bagian buah dari mahoni adalah bagian yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia di samping bagian-bagian lainnya.

Kandungan Biji Mahoni

manfaat daun mahoni, manfaat biji mahoni, manfaat pohon mahoni

cakrawalamedia.co.id

Setidaknya ada tiga kandungan yang berbahan aktif dalam biji buah mahoni  ini yang bermanfaat bagi kesehatan, yaitu: flavonoid, saponin dan alkaloid. Mari kita cermati satu-persatu apa saja khasiat dari masing-masing zat tersebut:

1. Flavonoid

manfaat daun mahoni, manfaat biji mahoni, manfaat pohon mahoni

hellosehat.com

Flavonoid adalah sebuah senyawa fenolik yang banyak mengandung pigmen tumbuhan. Flavonoid ini bisa bermanfaat bagi manusia terutama karena flavoid ini merupakan antioksidan yang bisa membasmi radikal bebas dan racun serta memperbaiki sistem pada kekebalan di dalam tubuh.

Sifat anti-oksidasi yang ada dalam kandungan flavonoid ini dapat menciptakan manfaat biji mahoni yang efektif untuk melawan berbagai macam penyakit, seperti penumpukan LDL, tekanan darah tinggi dan masalah jantung.

  • Flavonoid ini dapat memperlancar peredaran darah, dapat membantu meningkatkan sistem kardiovaskular, membersihkan pembuluh darah dari penyumbatan oleh kolesterol, dan mencegah arteriosklerosis.
  • Flavonoid ini memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mencegah peradangan jaringan.
  • Flavonoid juga bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit saat terjadi cedera ringan pada tubuh.

2. Saponin

manfaat daun mahoni, manfaat biji mahoni, manfaat pohon mahoni

titiknol.co.id

Khasiat dari biji mahoni yang selanjutnya yaitu didapat dari Saponin, saponin adalah glukosida yang membentuk seperti busa sabun saat dicampur dengan air. Saponin ini adalah sebuah sabun alami yang berasal dari tumbuhan dan memiliki sifat hipoglikemik bila dijadikan panganan.

Kandungan saponin dari biji buah mahoni ini bisa membuat nya menjadi obat alami yang cukup ampuh bagi penderita diabetes mellitus. Meski saponin adalah sabun, tidak akan meracuni pada hewan yang berdarah panas saat tertelan, termasuk pada manusia.

Berdasarkan studi yang telah dilakukan oleh Smith et al dari Ekiti State University, Nigeria, dan diterbitkan dalam Journal of Drug Delivery & Therapeutics, mengungkapkan bahwa efek dari hipoglikemik dari saponin ini bahkan lebih kuat daripada obat antidiabetes generik pada umumnya, terutama metformin.

Oleh sebab itu kita bisa menyimpulkan bahwa salah satu khasiat dari biji mahoni yang terbukti adalah sebagai obat diabetes alami yang bisa mempertahankan kadar gula dalam darah agar tetap normal.

Selain membantu melawan diabetes, khasiat lain dari biji mahoni yaitu, sebagai berikut :

  • Penelitian yang diterbitkan oleh National Institutes of Health menyatakan bahwa saponin mengandung efek anti-alergi dan antihistamin, membuat biji buah mahoni ini sebagai obat yang ampuh untuk berbagai masalah kesehatan yang berhubungan dengan alergi, terutama asma.
  • Penelitian juga menunjukkan bahwa saponin berpotensi mengatasi disfungsi ereksi, terutama yang berkaitan dengan diabetes. Percobaan pada tikus telah menunjukkan bahwa pemberian saponin dosis tinggi pada tikus berhasil meningkatkan rasio tekanan intracavernous tikus itu. Banyak ramuan yang mengandung saponin, terutama ginseng, telah dikonsumsi secara teratur oleh pria untuk meningkatkan maskulinitasnya.
  • Saponin adalah obat yang efektif untuk pembekuan darah dan insomnia.

3. Alkaloid

manfaat daun mahoni, manfaat biji mahoni, manfaat pohon mahoni

wajibbaca.com

Khasiat biji mahoni yang juga cukup penting lainnya diperantarai oleh kandungan alkalinya. Telah umum diketahui bahwa kebanyakan datangnya semua penyakit terjadi ketika tingkat pH tubuh seseorang terlalu rendah atau asam.

Segala sesuatu yang mencemari tubuh, termasuk racun dan radikal bebas, yang bersifat asam. Kandungan alkaloid dari biji buah mahoni ini sangat efektif untuk mendetoksifikasi tubuh dan mencegah oksidasi dan efek merusak dari sifat asam tersebut.

Mengonsumsi biji buah mahoni dengan teratur akan dapat membuat tubuh manusia lebih kebal terhadap penyakit kanker, ditambah pula sistem kekebalan tubuh akan semakin meningkat secara signifikan dan tahan dari berbagai penyakit.

Baca Juga : Manfaat Daun Bidara

Manfaat Buah Mahoni 

manfaat daun mahoni, manfaat biji mahoni, manfaat pohon mahoni

pixabay.com

Buah mahoni memiliki banyak sekali manfaat yang sangat menakjubkan. Manfaat dari buah mahoni ini terutama berguna bagi kesehatan tubuh manusia. Selain untuk kesehatan tubuh, buah mahoni ini juga bermanfaat untuk hal lainnya.

Berikut inilah beberapa manfaat buah mahoni bagi kehidupan manusia:

1. Meningkatkan Kesuburan Wanita

haibunda.com

Manfaat buah mahoni ini dapat membantu dalam meningkatkan kesuburan bagi para wanita. Bagi Anda yang ingin segera hamil maka saya sarankan untuk mengonsumsi buah mahoni ini, agar bisa meningkatkan kesuburan Anda. Konsumsilah buah mahoni ini secara teratur dan tidak boleh berlebihan juga agar cepat hamil.

2. Meningkatkan Nafsu Makan

magazine.job-like.com

Apakah Anda termasuk orang yang susah sekali dalam menambah berat badan dikarenakan adanya nafsu makan yang rendah? Maka Anda harus mengonsumsi buah mahoni ini karena buah ini bermanfaat dapat meningkatkan nafsu makan agar dapat menambah berat badan.

Peningkatan pada nafsu makan akan membuat Anda dalam menambah berat badan yang akan mengalami kenaikan sebagaimana yang Anda inginkan sebelumnya.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

medicalnewstoday.com

Apabila Anda sedang memiliki masalah dengan kadar gula darah maka Anda bisa mengonsumsi buah mahoni ini. Buah mahoni ini bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah agar tetap normal sehingga diabetes bisa dicegah secara baik.

Kandungan saponin yang ada di dalam buah mahoni ini memiliki peran yang cukup penting terhadap kadar gula darah normal.

4. Sebagai Suplemen Bagi Tubuh

honestdocs.id

Anda tidak harus membeli suplemen multivitamin dan mineral dengan harga yang cukup mahal. Manfaat yang terdapat pada buah mahoni ini bisa sebagai suplemen kesehatan bagi tubuh Anda.

Suplemen yang terbuat dari buah mahoni ini bisa menyuplai dan melengkapi zat-zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh.

5. Mengatasi Pilek dan Hidung Tersumbat

guesehat.com

Pilek dan hidung tersumbat itu dikarenakan adanya masalah medis yang sering terjadi bagi kebanyakan orang. Jangan terlalu tergesa-gesa dalam mengambil obat batuk dan pilek karena Anda bisa memanfaatkan buah mahoni ini sebagai obatnya.

Manfaat buah mahoni ini bisa mengatasi penyakit seperti pilek dan hidung tersumbat. Caranya cukup mudah yaitu dengan menyeduh buah mahoni bersama air panas. Anda juga bisa menambahkannya madu agar rasanya lebih manis saat di konsumsi. Konsumsilah sebanyak 2 hingga 3 kali sehari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga : Manfaat Buah Ciplukan

6. Meredakan Demam

halodoc.com

Selain untuk mengatasi gejala pilek, buah mahoni juga bermanfaat untuk membantu meredakan gejala demam bagi anak ataupun dewasa. Demam akan semakin berkurang secara berangsur dengan cara mengonsumsi buah mahoni ini bersama pemanis alami seperti madu ataupun sirup.

7. Meredakan Nyeri Haid

sehatq.com

Pada beberapa wanita, nyeri pada saat haid kerap kali dialami pada saat fase menstruasi itu berlangsung. Nyeri haid biasanya sangat mengganggu sekali dalam beraktivitas apapun.

Anda tidak perlu untuk menggunakan obat pereda nyeri untuk mengatasi nyeri haid tersebut. Anda cukup mengonsumsi buah mahoni ini agar rasa sakit saat haid menjadi berkurang dan sembuh.

8. Mengobati Sembelit Atau Konstipasi

doktersehat.com

Anda sulit dalam membuang air besar atau sembelit biasa dialami oleh hampir semua orang dewasa. Kondisi seperti ini akan menimbulkan rasa ketidaknyamanan yang luar biasa terhadap orang yang mengalaminya.

Aktivitas dan konsentrasi sering kali terganggu karna adanya sembelit ini sehingga urusan Anda akan banyak yang tertunda dan terganggu. Maka Anda perlu untuk mengonsumsi buah mahoni ini untuk mengobati konstipasi atau sembelit ini sehingga Anda bisa beraktivitas seperti orang pada umumnya.

9. Mengatasi Eksim

honestdocs.id

Apakah Anda memiliki eksim di bagian tubuh tertentu Anda? Eksim yaitu merupakan kondisi medis yang membuat orang selalu merasa gatal-gatal dan ingin sering menggaruk sehingga kulit orang tersebut menjadi perih.

Apabila Anda mengalami hal tersebut maka segeralah atasi eksim Anda itu dengan mengonsumsi buah mahoni. Hal ini dikarenakan manfaat dari buah mahoni ini bisa untuk mengatasi eksim pada kulit.

10. Mengatasi Rematik

tirto.id

Orang-orang yang memiliki masalah medis berupa penyakit rematik maka bisa memanfaatkan buah mahoni ini sebagai obat bagi penyakit rematik.

Buah mahoni ini bisa bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri pada otot atau sendi yang terkena rematik. Dengan mengonsumsi buah mahoni ini maka Anda bisa mengurangi rasa sakit akibat rematik tersebut.

Baca Juga : Manfaat Daun Jati

11. Menjaga Kesehatan Jantung

ajnn.net

Jantung yaitu merupakan organ tubuh yang sangat vital. Setiap orang seharusnya menjaga jantung mereka agar tetap sehat selalu sehingga dapat memiliki sirkulasi darah yang lancar dan metabolisme yang sehat. Kandungan flavonoid pada buah mahoni ini memiliki manfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah.

Peningkatan sirkulasi darah tersebut itu ke seluruh bagian tubuh ini sangat baik sekali bagi jantung. Selain itu, kandungan saponin terkandung di buah mahoni ini yang juga bisa menjaga kesehatan pada jantung sehingga masalah sistem kardiovaskular bisa dapat dicegah.

12. Mengobati Penyakit Diabetes

medicalxpress.com

Sebelumnya telah disebutkan bahwa manfaat dari buah mahoni ini dapat mencegah penyakit diabetes karena mampu dapat mengontrol kadar gula darah agar tetap normal dan lancar. Bagi para penderita penyakit diabetes, buah mahoni ini sangat bermanfaat untuk mengobati masalah diabetes.

Konsumsilah buah mahoni ini secara teratur maka kadar gula darah yang tidak stabil bisa normal kembali. Kadar gula darah yang normal ini akan membuat penyakit diabetes Anda bisa berangsur lebih membaik dan segera sembuh.

13. Mengurangi Risiko Penyakit Alzheimer

hellosehat.com

Apakah penyakit Alzheimer cukup menakutkan bagi Anda? Penyakit Alzheimer memang terkesan menyeramkan sekali bagi orang-orang tertentu. Hal ini dikarenakan bahwa penyakit ini seolah membuat orang menjadi tidak bisa menggunakan pikirannya kembali.

Anda tidak usah menyimpan rasa takut atau khawatir tersebut terhadap penyakit Alzheimer ini. Manfaat buah mahoni ini bisa mengurangi risiko datangnya penyakit Alzheimer. Konsumsilah buah mahoni ini sebelum makan berat secara rutin untuk mencegah terjadinya penyakit Alzheimer.

14 Mengobati Tekanan Darah Tinggi

hellosehat.com

Hipertensi atau tekanan pada darah tinggi bisa membahayakan keselamatan seseorang. Kondisi hipertensi ini bisa menimbulkan berbagai komplikasi tentang masalah medis seperti stroke, gagal jantung, diabetes, dan lainnya. Konsumsilah buah mahoni ini karena dapat bermanfaat untuk mengobati tekanan darah tinggi.

15. Sebagai Antioksidan Bagi Tubuh

nutrisipangan.wordpress.com

Buah mahoni ini mengandung zat tertentu yang dapat bertindak sebagai antioksidan bagi tubuh. Zat tersebut akan menolak datangnya radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Radikal bebas yang tidak dihadang akan bisa menimbulkan banyak masalah seperti penyakit kanker. Selain itu, antioksidan juga akan membuat Anda terlihat lebih awet muda.

16. Mengurangi Lipid Darah

alodokter.com

Kadar lipid darah yang sangat tinggi seperti trigliserida dan kolesterol LDL bisa memicu datangnya penyakit degeneratif.

Kadar kolesterol LDL dan trigliserida harus diturunkan agar tubuh tetap terjaga dari penyakit dan sehat. Mungkin Anda tidak menyangka bahwa sebelumnya bila buah mahoni ini bermanfaat untuk mengurangi lipid darah yang menghambat aliran darah.

17. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

cdr.co.id

Setiap orang pastinya ingin selalu terjaga badanya agar tetap sehat. Akan tetapi, berbagai kuman penyakit dan virus selalu ada di mana-mana dan siap menginfeksi tubuh kapan saja. Sistem pada kekebalan tubuh yang dimiliki oleh semua orang dapat melawan bakteri atau virus yang menyebabkan penyakit.

Tubuh yang tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit memiliki sistem kekebalan tubuh yang sangat baik. Manfaat dari buah mahoni ini bisa untuk membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh kita akan selalu siap untuk melawan kuman-kuman dan virus yang masuk ke dalam tubuh.

18. Sebagai Bubuk Pengusir Serangga

bobo.grid.id

Tidak hanya terbatas untuk kesehatan tubuh saja, buah mahoni jini uga bisa dimanfaatkan sebagai obat pengusir berbagai serangga. Buah mahoni sendiri mengandung saponin yang bisa membantu untuk mencegah serangga untuk hinggap dan datang seperti nyamuk malaria dll.

Bagi Anda yang seringkali merasa terganggu dengan adanya serangga maka Anda bisa mengusirnya dengan mengggunakan buah mahoni ini.

19. Sebagai Pewarna Kain

makassar.tribunnews.com

Manfaat buah mahoni yang lanjutnya yaitu juga bisa sebagai pewarna pada kain. Meskipun buah mahoni sendiri berwarna coklat tetapi warna yang akan dihasilkan dari buah mahoni ininakan berubah menjadi berwarna kuning. Anda bisa mendapatkan warna kuning tersebut dengan merebus kain bersama buah mahoni yang belum dikupas.

20. Sebagai Lem atau Perekat

dekoruma.com

Buah mahoni ini memiliki bagian dapat digunakan untuk dijadikan lem yang disebut dengan getah. Getah pada buah mahoni ini bisa bermanfaat untuk dijadikan sebagai lem atau perekat. Anda pun juga bisa memiliki lem alami yang terbuat dari buah mahoni ini.

21. Mengobati Hipertensi

lifestyle.okezone.com

Khasiat dari biji mahoni yang selanjutnya yaitu mampu untuk mengobati hipertensi. Cukup dengan hanya mengumpulkan 8 gram biji mahoni, lalu Anda seduh dengan 2 gelas air panas. Setelah air tersebut dingin kemudian saring dan bagi menjadi dua bagian/gelas. Lalu minumlah 2x sehari pada saat di pagi hari dan sore hari.

22. Menguranngi Bau Nafas

kafekepo.com

Untuk membantu menghilangkan bau nafas busuk di dalam mulut, maka buah mahoni ini bermanfaat bagi Anda. Buah mahoni ini terasa pahit dan bisa membantu mengurangi nafas yang busuk pada mulut. Mengunyah benih di pagi hari adalah tipuannya.

23. Keharmonisan Cinta

honestdocs.id

Buah mahoni ini juga bisa membantu untuk membumbui kehidupan cintamu. Buahmahoni ini sehat karena mempromosikan dan meremajakan kehidupan cintamu.

Maka minumlah sedikit susu dan bubuk yang terbuat dari buah mahoni ini sebelum Anda tidur. Jika Anda membuat teh dari biji buah mahoni ini, maka akan membantu meningkatkan libido pada pria.

24. Mengobati Tumor

hellosehat.com

Manfaat dari buah mahoni juga dapat membantu untuk mengobati korban yang melawan segala jenis tumor. Ini bertindak sebagai agen pencegahan kanker pada tubuh.

Efek Samping Buah Mahoni

manfaat buah mahoni

pixabay.com

Kunci agar dapat terhindar dari efek samping buah mahoni ini adalah mengonsumsi dengan kadar aman yang telah direkomendasikan.

  • Saponin, dengan terlalu banyak mengonsumsi saponin maka akan menyebabkan batu empedu. Saponin ini juga bertindak sebagai steroid.
  • Flavonoid, konsumsilah flavonoid ini dadlam jumlah yang tidak lebih dari 200 mg, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Umumnya, menurut tradisi dan adat yang sudah kebiasaan mengonsumsi biji buah mahoni ini cukup dengan 1 biji setiap hari. Dari situ saja sudah sangat cukup untuk mendapatkan efek bagi kesehatan pada tubuh seperti yang diharapkan. Selalu konsultasikan dengan dokter kesehatan untuk informasi lanjutnya, keluhan dan bantuan kesehatan.

Karena relatif tidak adanya penelitian yang konklusif untuk mengenai manfaat buah mahoni dan efek kesehatannya bagi tubuh, maka efek samping dari buah mahoni ini sama tidak jelasnya dengan manfaatnya.

Memang sih saat ini tidak ada laporan dengan danya konsumen yang mengatakan bahwa buah ini menyebabkan efek samping yang tidak bagu untuk tubuh, namun, berdasarkan teori ilmiah yang telah teruji, memang selalu ada efek yang tidak diinginkan yang mungkin itu akan terjadi jika ramuan flavonoid aktif dikonsumsi secara berlebihan.

Menurut dari sebuah penelitian yang diterbitkan di Free Radical Biology and Medicine, flavonoid ini memiliki kecenderungan untuk memiliki sifat mutagenik dan genotoksik.

Pada dosis yang normal, sifat berbahaya tersebut tidak akan muncul dan flavonoid masih tetap bermanfaat. Jika diminum secara berlebihan, maka antioksidan ini akan berubah menjadi pro-oksidan dan mutagen.

Mengonsumsi flavonoid secara berlebihan akan menyebabkan terjadinya bumerang yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Mengenai dari bibit mahoni untuk menstruasi, kami juga belum mendapatkan referensi yang tepat mengenai dampaknya terhadap kesehatan badan. Meski saat ini belum ada juga penelitian yang membahas tentang buah mahoni yang mengadopsi teori ini, lebih baik berhati – hati saja saat mengonsumsi biji buah mahoni ini.

Cara Mengonsumsi Biji Buah Mahoni

manfaat daun mahoni, manfaat biji mahoni, manfaat pohon mahoni

bibliotika.com

Sebelum Anda mengonsumsi biji buah mahoni ini, maka minumlah 1-2 gelas air terlebih dahulu untuk membersihkan perut sehingga proses penyerapan akan lebih baik. Biji buah mahoni ini dapat dikonsumsi baik sebelum maupun sesudah makan.

  • Untuk membantu memelihara kesehatan tubuh: Konsumsi satu biji buah mahoni (ukuran kecil/sedang) atau satu kapsul biji buah mahoni setiap 2x sehari pagi dan malam hari.
  • Untuk penyakit kronis: Maka disarankan konsumsi 2 biji buah mahoni (ukuran sedang) atau 2 kapsul biji mahoni setiap 3x sehari pagi, siang dan malam hari.

Anda juga dapat langsung menelannya atau menggigitnya hingga menjadi potongan kecil lalu Anda telan dengan mencampur air putih agar tidak terlalu berasa pahitnya. Ketika Anda menggigitnya, namun hal itu dapat mempercepat penyerapan pada tubuh Anda.

Nah, itulah manfaat dari buah mahoni yang telah elnuha sajikan buat teman-teman semua, semoga dengan adanya artikel ini maka dapat membantu untuk menambah wawasan teman-teman semua.

Terimakasih

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply