√ 16 Manfaat Buah Ciplukan Bagi Kesehatan Tubuh (Penjelasan Lengkap)

Tanaman ini memiliki banyak sekali manfaat yang sangat dibutuhkan untuk tubuh, tetapi masih banyak sekali orang yang belum mengetahui tentang manfaat buah ciplukan ini, bahkan beberapa tahun yang lalu harga dari buah ciplukan sendiri bisa mencapai 300-500 ribu per kilo gramnya lho, wah!.

Keberadaan dari buah Ciplukan ini sering kali dianggap hama atau tanaman liar oleh banyak orang. khususnya para petani di sawah, sehingga sering kali dibasmi karena dianggap menganggu tanaman mereka.

Padahal jika mereka tahu bahwa manfaat buah Ciplukan ini pasti tidak akan lagi mereka membasmi Ciplukan ini dan tidak menganggap bahwa buah Ciplukan adalah tanaman liar atau hama bagi tanaman mereka.

Berikut ini dalah manfaat yang terkandung di dalam buah cuplikan :

Apa Itu Tanaman Buah Ciplukan?

manfaat buah ciplukan

elnuha.net

Ciplukan adalah sebuah tanaman liar yang biasa ditemukan di kebun, persawahan yang sudah mengering, hingga di pinggiran hutan yang banyak disinari oleh matahari.

Buah Ciplukan tumbuh hampir di seluruh wilayah di Indonesia dan banyak memiliki sebutan yang berbeda-beda di setiap daerah seperti cecendet dalam Bahasa Sunda, kopok-kopokan dalam Bahasa Bali, nyurnyuran dalam Bahasa Madura, hingga leletokan dalam Bahasa Minahasa, lucu juga yaa nama sebutannya hehe.

Buah Cimplukan memiliki bentuk yang cukup unik karena di bunganya diselubungi oleh kelopak yang menggembung bagus keatas.

Buahnya akan berwarna hijau ketika baru tumbuh dan berubah menjadi kuning ketika sudah masak dan bisa langsung di konsumsi. Sebelum buahnya masak, buah ciplukan ini akan memiliki rasa yang getir, tetapi jika sudah berwarna kuning-oranye maka rasa dari buah ini akan menjadi manis-asam.

Buah yang memiliki nama latin Physalis angulata ini biasa disebut juga dengan sebutan morel berry atau physalis saja dalam Bahasa Inggris.

Buah ciplukan sendiri kabarnya kini sudah semakin jarang sekali ditemui di lahan yang liar, namun kamu justru dapat menemui buah ciplukan ini di kebanyakan pasar swalayan. Namun harganya juga bisa dikatakan fantantis karena harga dari buah ini bisa mencapai 500 ribu rupiah per kilogramnya. Selain itu, buah ciplukan juga kini banyak diperjual belikan secara online maupun offline.

Tidak hanya di Indonesia saja, bahkan buah Ciplukan juga banyak di budidayakan di berbagai negara seperti Amerika Selatan, Selandia Baru, dan Australia. Namun yang banyak dibudidayakan yaitu jenis buah ciplukan badak atau Physalis peruviana yang memiliki ukuran lebih besar di bandingkan buah pada umumnya.

Kandungan Buah Ciplukan

manfaat buah ciplukan

elnuha.net

Jika dahulu buah ciplukan hanya dianggap sebagai tanaman liar yang tidak memiliki manfaat bagi siapapun, tentunya bukan tanpa alasan lagi bahwa buah ciplukan kini semakin banyak diperjualbelikan dimana-mana.

Bahkan di beberapa negara juga, ciplukan kini dijadikan sebagai garnish untuk berbagai hidangan di sebuah restoran. Di sisi lain, buah ciplukan juga banyak diminati karena sudah dipercaya banyak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Manfaat dari buah ciplukan untuk kesehatan ini tentunya tidak lepas dari kandungan senyawa yang terkandung di dalam tanaman ciplukan ini.

Kandungan tersebut antara lain yaitu seperti saponin, flavonoid, polifenol (dalam bantuk tanin), alkaloid, kriptoxantin, vitamin C, asam stearat, asam sitrat, asam palmitat, asam malat, dan fisalin.

Hampir semua bagian yang terdapat pada tanaman ciplukan ini dapat dimanfaatkan mulai dari buah, daun, akar, sampai batangnya.

Manfaat Buah Ciplukan

manfaat buah ciplukan

sadarasuransi.id

1. Melindungi Tubuh Dari Ancaman Radikal Bebas

hellosehat.com

Menurut ungkapan dari Dr. Gökçen Yıldız dalam bukunya yang berjudul of Food Science Technology, manfaat paling penting dari buah ciplukan ini berasal dari kandungan antioksidannya yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan buah ciplukan sudah dipercaya sebagai sumber suplemen nutrisi yang ideal untuk berbagai jenis penyakit di tubuh.

Selain itu, buah ciplukan ini seperti halnya karoten dan senyawa polifenol, antioksidan yang ditemukan di dalam buah ciplukan ini dapat menetralkan radikal bebas di dalam tubuh, yang dapat melindungi tubuhmu dari ancaman penyakit kanker, tekanan darah tinggi, aterosklerosis, dan penyakit jantung koroner.

2. Mengatasi Rasa Nyeri

sains.kompas.com

Senyawa antiinflamasi yang terdapat di dalam buah ciplukan ini dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang diakibatkan oleh radang sendi, asam urat, nyeri otot, atau bahkan wasir.

Sebuah penelitian bahkan menunjukkan bahwa ekstrak dari buah ciplukan ini dapat mengatasi nyeri yang dirasakan oleh penderita penyakit lupus.

Baca Juga : Manfaat Daun Bidara

3. Menurunkan Berat Badan

food.detik.com

Sebagai makanan yang termasuk rendah kalori, yaitu hanya mengandung 53 kalori per 100 gram, buah ciplukan ini adalah alternatif yang sangat baik jika buah ini dimasukan ke dalam menu makanan diet kamu.

Buah mungil ini dapat memberi asupan nutrisi harian yang sangat besar untuk tubuhmu tanpa harus menyumbang lemak atau kalori negatif. Maka kamu bisa mengkonsumsinya setiap hari tanpa khawatir akan banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh kamu.

4. Mengurangi Kadar Kolesterol

medicalnewstoday.com

Asam oleat dan linoleat yang terkandung di dalam buah ciplukan ini dapat membantu untuk menurunkan jumlah kolesterol LDL (kolesterol jahat) yang berada di dalam tubuhmu.

Kedua jenis asam ini juga mampu untuk membentuk keseimbangan pada kolesterol untuk memastikan bahwa jantung kamu tetap sehat dan terjaga.

5. Mengontrol Penyakit Diabetes

healthline.com

Buah ciplukan ini memiliki kandungan senyawa yang dapat membantu memperlambat pada penguraian asupan gula dalam darah. Tubuhmu akan semakin terlindungi dari tingginya kadar gula yang ada di tubuhmu karena reseptor insulin dapat diatur dengan benar.

6. Meningkatkan Kesehatan Ginjal

insanmedika.co.id

Buah ciplukan ini dipercaya sebagai salah satu obat alami yang dapat membantu dalam menghilangkan racun melalui rangsangan untuk buang air kecil.

Buah ciplukan juga dapat membantu membuang kelebihan lemak, garam, dan racun dari sistem limfatik yang akan menjaga kerja ginjal lebih optimal dan baik.

Baca Juga : Manfaat Pohon Cemara

7. Menjaga Penglihatan Mata

brilio.net

Dengan kandungan karotenoid yang sangat tinggi, buah ciplukan sangat baik sekali dalam membantu meningkatkan kesehatan pada mata kamu.

Karotenoid ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit katarak dan memperlambat timbulnya degenerasi makula, serta dapat membantu menjaga penglihatanmu tetap tajam seiring bertambahnya usia kamu.

8. Memelihara Sistem Kekebalan Tubuh

today-love.com

Vitamin C atau asam karbonat yang terkandung di dalam buah ciplukan ini dapat membantu merangsang proses produksi sel darah putih serta mengandung sifat antioksidan yang sangat baik untuk membantu memelihara sistem kekebalan tubuhmu.

Selain itu, vitamin C yang terdapat didalam buah ciplukan juga bisa menjadi komponen utamadalam proses pembentukan kolagen yang dapat membantu memperbaiki dan memproduksi sel, jaringan, dan pembuluh darah.

9. Dapat Menjadi Obat Asma

parenting.dream.co.id

Buah ciplukan dapat membantu untuk mengobati sakit asma yang kamu miliki, ikuti cara dibawah ini untuk menjadikan buah Ciplukan sebagai obat asma :

Bahan-bahan yang harus di siapkan :

  • Daun Ciplukan
  • Batang Ciplukan
  • Buah Ciplukan
  • Air 1 liter

Cara menjadikan obat asma :

  • Bersihkan terlebih dahulu semua bahan diatas
  • Rebus semua bahan diatas dengan air 1 liter
  • Biarkan air rebusan tersebut hingga tersisa setengahnya
  • Saring air hasil rebusan tadi
  • Minum air hasil rebusan ciplukan itu sebanyak 2x sehari (pagi dan sore)
  • Ulangi sampai asma kamu sembuh

Selain dengan cara direbus masih ada satu cara lagi yang dapat kamu gunakan untuk mengobati penyakit asma dengan menggunakan buah Ciplukan

Bahan-bahan yang harus disiapkan :

  • Daun Ciplukan
  • Kapur Sirih
  • Air secukupnya

Cara menjadikan obat asma :

  • Bersihkan terlebih dahulu semua bahan diatas
  • Gabungkan daun Ciplukan dengan Kapur Sirih lalu hancurkan kedunya menggunakan kedua telapak tangan
  • Tambahkan air secukupnya
  • Gumpalkan di kedua telapak tangan kamu hingga keluar air yang berwarna hijau keputih-putihan serta buih
  • Oleskan pada dada, perut, dan punggung kamu

10. Obat Untuk Penyakit Kurap

honestdocs.id

Kurap adalah sebuah penyakit yang membuat kita sangat terganggu dan penyakit yang membuat kita selalu kehilangan kepercayaan diri kita apabila penyakit Kurap ini berada di bagian tubuh yang terbuka atau terlihat orang lain. Kurap dapat diobati dengan menggunakan buah Ciplukan, ikuti cara dibawah ini ya 🙂

Bahan yang harus disiapkan :

  • Daun buah Ciplukan

Cara menjadikan obat asma :

  • Bersihkan terlebih dahulu daun buah Ciplukan hingga bersih
  • Hancurkan daun buah Ciplukan tersebut dengan menggunakan tangan
  • Oleskan pada bagian kulit yang terkena Kurap
  • Ulangi cara ini sampai Kurap kamu sembuh

11. Obat Untuk Demam

guesehat.com

Demam sering kali membuat kita menjadi lemas seakan-akan sudah tidak berdaya lagi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Penyakit demam dapat diobati dengan mngkonsumsi buah Ciplukan sebagai salah satu obat alternatif, ikuti cara dibawah ini untuk mengetahui cara membuat obat demam dengan buah

Bahan-bahan :

  • Buah Ciplukan secukupnya

Cara menjadikan obat demam :

  • Bersihkan buah Ciplukan terlebih dahulu sampai bersih
  • Konsumsi buah Ciplukan seperlunya
  • Ulangi cara ini sampai demam kamu semakin membaik

Baca Juga : Manfaat Buah Mahoni

12. Obat Kanker Payudara

artria.id

Kanker payu

dara tidak bisa dianggap sebagai penyakit yang remeh karena kanker payudara ini dapat menyangkut masalah kehidupan seseorang yang menderitanya. Buah Ciplukan ini dapat digunakan sebagai obat untuk kanker payudara, ikuti cara dibawah ini yaa :

Bahan-bahan yang disiapkan:

  • Pucuk daun Ciplukan yang masih muda
  • Empat butir beras
  • Tunas Kunyit secukupnya
  • Parutan Kelapa juga secukupnya

Cara menjadikannya obat kanker payudara :

  • Bersihkan terlebih dahulu semua bahan diatas
  • Campurkan semua bahan diatas dan digiling sampai tercampur semua
  • Ramuan hasil gilingan tadi bisa langsung tempelkan pada payudara kamu
  • Ulangi cara ini sampai mendapatkan hasil yang semakin membaik

13. Obat Untuk Stroke

hellosehat.com

Stroke adalah sebuah penyakit yang sangat menakutkan bagi semua orang terkadang juga terjadi tiba-tiba tanpa ada penyebabnya. Buah Ciplukan ini dapat digunakan sebagai salah satu obat alternatif yang sanggat bagus untuk mengobati Stroke ikuti cara dibawah ini ya

Bahan yang disiapkan:

  • Buah Ciplukan secukupnya

Cara menjadikan obat stroke :

  • Bersihkan terlebih dahulu buah Ciplukan tersebut
  • Makan langsung seperti makan pada umumnya
  • Atau juga bisa dibuat minuman Ciplukan untuk obat Stroke

14. Mengatasi Gejala Penyakit Parkinson

tirto.id

Penyakit parkinson yaitu merupakan penyakit yang disebabkankan oleh adanya gangguan pada sistem saraf pusat yang dapatt memberikan pengaruh besar terhadap gerak tubuh seseorang.

Salah satu gejala datangnya penyakit parkinson ini adalah tremor pada salah satu tangan. maka sangat disarankan untuk mengkonsumsi jus ciplukan secara rutin setiap harinya, karena buah ciplukan ini telah dipercaya dapat menurunkan gejala tremor tersebut.

14. Menghilangkan Penyakit Kuning

babyologist.com

Penyakit kuning adalah sebuah penyakit yang dapat menyebabkan perubahan pada warna kulit menjadi kuning akibat dari tingginya kadar zat bilirubin yang berada di dalam darah.

Penyakit kuning ini umumnya dialami oleh bayi, terutama yang baru lahir, tetapi dalam beberapa kondisi juga bisa menyerang kepada orang dewasa. Kandungan senyawa antioksidan seperti fisalin, saponin, flavonoid, dan polifenol yang ada di dalam buah ciplukan ini telah dipercaya dapat membantu untuk mengatasi penyakit kuning ini.

15. Mengatasi Epilepsi

hellosehat.com

Penyakit epilepsi ini disebabkan karena tertangguhnya aktivitas sel saraf di dalam otak sehingga dapat menyebabkan penderita mengalami kejang-kejang.

Penyebab epilepsi juga bisa bermacam-macam akibat faktor genetik atau cedera otak akibat trauma terhadap suatu kejadian buruk yang di alami seseorang. Gejala epilepsi ini akibat genetik bisa terlihat dari sejak usia dini.

Pengobatan epilepsi ini dapat menggunakan obat-obatan maupun dengan cara diet tertentu. Sebagai pendamping terapi untuk proses penyembuhan epilepsi, maka kamu bisa mengonsumsi buah ciplukan sebanyak 8-10 buah per harinya untuk membantu menurunkan gejala epilepsi ini.

16. Menjaga Kerja Saluran Kemih

sehatq.com

Manfaat dari buah ciplukan selanjutnya yaitu untuk membantu menjaga kerja saluran pada kemih. Buah Ciplukan ini dapat menjadi salah satu obat diuretik yang dapat membantu memperlancar untuuk buang air kecil, mencegah infeksi saluran kemih, dan juga mencegah batu kandung kemih.

Sumber lain juga menyatakan bahwa daun dari buah ciplukan ini memiliki manfaat untuk menyembuhkan kencing nanah atau gonore.

Itulah penjelasan mengenai manfaat dari buah ciplukan, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan teman-teman semua mengenai tanaman ciplukan ini.

Terimakasih

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply