19 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan & Kecantikan (Terlengkap)

Siapa sih yang belom pernah dengar tentang buah yang satu ini?, yaa alpukat adalah buah yang sangat mudah sekali di temukan di indonesia ini, dengan rasanya yang enak manfaat buah alpukat juga sangat baik buat tubuh manusia.

Selain lemak yang baik di dalamnya, buah alpukat ini juga mengandung vitamin A, B, C, E, dan K serta karbohidrat, protein, folat dan magnesium yang bagus buat kesehatan tubuh.

Lantas, apa saja manfaat buah alpukat yang bisa Anda dapatkan? maka di artikel inilah akan elnuha bahas secara detail tentang manfaat buah alpukat.

Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan

manfaat buah alpukat

pixabay.com

Sebelum menjelaskan lebih detail nya mengenai manfaat buah alpukat ini, bagi Anda yang mendapati buah alpukat yang belum matang, sebaiknya tunggu hingga 4-5 hari sampai buah alpukat ini benar-benar matang dengan sempurna.

Namun, jika Anda ingin mempercepat kematangan dari buah alpukat ini maka, masukkan ke dalam kantong plastik dan bersama dengan buah-buahan lainnya seperti apel atau pisang dll.

Munculnya warna hitam atau ungu gelap yang disertai dengan sedikit lembek saat ditekan pada bagian buah alpukat ini, menandakan bahwa buah alpukat tersebut sudah matang. Pada saat inilah, buah alpukat ini sudah siap untuk Anda konsumsi.

Berikut inilah manfaaat buah alpukat yang bisa Anda dapatkan, di antaranya yaitu:

1. Meningkatkan kolesterol baik

hellosehat.com

Kandungan lemak yang tak jenuh tunggal yang berada pada buah alpukat bermanfaat dapat membantu meningkatkan kadar kolesteroln yang baik (HDL) dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Meski manfaat buah alpukat juga bisa didapatkan dari kandungan lemak baik di dalamnya, tapi Anda tidak boleh mengonsumsi buah alpukat ini secara berlebihan.

Buah Alpukat kaya akan sterol tumbuhan, senyawa yang telah terbukti dapat membantu menurunkan kolesterol dengan menghalangi penyerapannya ke dalam aliran darah.

Manfaat buah alpukat ini juga bisa dikemas dengan vitamin dan mineral, termasuk vitamin E, magnesium, vitamin C, folat, dan seng. Selain itu juga, khasiat dari buah alpukat lainnya juga bisa dipengaruhi karena kandungan potasium di dalamnya.

2. Menjaga kesehatan jantung

AyoBandung.com

Manfaat yang terdapat dari buah alpukat terutama bagi orang dewasa yang mengonsumsinya, kemungkinan banyak sekali memiliki kesehatan yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi buah alpukat sama sekali.

Orang-orang yang sering mengonsumsi buah alpukat ini biasanya identik memiliki pola makan yang sehat dan teratur, seperti rajin makan sayuran dan diet yang rendah gula.

Hal ini merupakan pengaruh kepada kestabilan berat badan tubuh, lingkar pinggang, dan indeks massa tubuh. Manfaat buah alpukat ini juga sangat baik bagi sistem metabolisme tubuh, sehingga dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit diabetes dan penyakit lainnya.

3. Menjaga gula darah supaya tetap stabil

hellosehat.com

Manfaat buah alpukat berikutnya yaitu dapat membantu menstabilkan kadar pada gula darah untuk membantu melawan resistensi insulin.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa, seseorang yang mengonsumsi dari setengah buah alpukat saat makan siang maka dilaporkanakan  merasa kenyang lebih lama, dan keinginan untuk makan lebih sedikit setelahnya memakan buah alpukat ini.

4. Mengurangi risiko penyakit jantung

hollisterrnde.com

Sebuah penelitian mengatakan, bahwa lemak tak jenuh yang terdapat pada buah alpukat ini dapat mengurangi risiko untuk datangnya penyakit jantung lebih baik daripada sekedar menurunkan asupan lemak.

Dengan menerapkan pola makan yang sehat dan lebih mengutamakan lemak tak jenuh tunggal, hal itu sangat efektif dalam mencegah sindrom metabolik, salah satu faktor yang berisiko dalam meningkatkan kemungkinan masalah dari penyakit jantung dan stroke.

5. Menjaga kesehatan rambut

hellosehat.com

Manfaat dari buah alpukat yang satu ini sangat jarang sekali diketahui oleh kebanyakan orang. Padahal, buah alpukat ini sangat berguna untuk memperkuat dan menjaga kesehatan pada rambut Anda.

Bagaimana cara penggunaanya? yaitu dengan cara campurkan buah alpukat yang sudah dikupas dengan jojoba oil.

Kemudian, oleskan secara merata ke rambut yang baru dicuci secara ke seluruh pada bagian rambut. Lalu tutup kepala Anda dengan menggunakan shower cap hingga 15-30 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Setelah itu bisa langsung dibilas hingga bersih.

6. Mencegah penyakit kanker

hellosehat.com

Sebuah penelitian mengatakan bahwa manfaat dari buah alpukat ini dapat dipercaya untuk membantu mencegah datang nya penyakit kanker.

Manfaat dari buah alpukat di sini bekerja dengan mengurangi terhadap efek samping kemoterapi pada limfosit. Bahkan, penelitian yang lain juga mengatakan bahwa, ekstrak buah alpukat terbukti dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker prostat.

Namun, perlu diingat juga bahwa studi ini dilakukan dalam sel terisolasi dan tidak serta merta membuktikan apa yang mungkin sudah terjadi pada manusia.

7. Meringankan gejala arthritis

dictio.id

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dari gabungan ekstrak buah alpukat dan minyak kedelai yang disebut dengan nama Avocado Soybean Unsaponifiables (ASU) dapat membantu mengurangi osteoartritis.

Campuran kedua bahan ini diklaim bahwa mampu membantu mengurangi rasa sakit dan secara umum bisa berdampak positif terhadap mereka yang mengalami osteoarthritis. Dan pada akhirnya, manfaat dari buah alpukat untuk pengobatan adalah kemampuannya yang bagus dalam mengatasi arthritis hingga kekakuan pada tulang.

8. Membantu menurunkan berat badan

bebasjerawat.info

Bagi Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan (diet), salah satu asupan yang sangat baik bagi Anda konsumsi adalah salah satunya yaa buah alpukat ini.

Manfaat dari buah alpukat yang bisa didapatkan adalah dapat membantu membuat rasa kenyang pada perut lebih lama.

Memasukkan buah alpukat dalam program diet Anda dapat membantu untuk makan lebih sedikit kalori secara alami dan membantu memudahkan Anda untuk tetap berpegang teguh pada kebiasaan makan yang sehat dan teratur.

Selain itu juga, buah alpukat juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dengan kandungan karbohidrat yang rendah, di mana hal tersebut adalah sesuatu yang sangat baik bagi Anda yang sedang melakukan program diet.

9. Meningkatan fungsi kognitif

rumahtanahliatcitra.com

Menurut sebuah penelitian dikatakan bahwa, manfaat dari buah alpukat ini sangat berguna untuk membantu meningkatkan fungsi kognitif pada mereka yang sudah lanjut usia.

Dengan mengkonsumsi buah alpukat ini maka akan sangat membantu dalam meningkatkan kadar lutein pada tubuh. Meningkatnya kadar lutein yang akan berefek pada meningkatnya kemampuan memori otak seseorang.

10. Membantu perkembangan otak janin

mommiesdaily.com

Manfaat dari buah alpukat yang selanjutnya yaitu dapat berguna bagi perkembangan otak janin karena kandungan lemak dapat di buah inin yang tak jenuh tunggal dan lemah jenuh nabati di dalamnya. Kandugan asam folat yang terdapat pada buah alpukat ini adalah salah nutrisi penting selama kehamilan.

Asam folat dapat berfungsi untuk mengatur dan memproduksi jalinan sel baru pada janin seseorang. Selain itu juga, asam folat ini juga dapat dipercaya membantu menurunkan risiko cacat pada prose lahir.

Ibu hamil harus membutuhkan setidaknya 400 mikrogram asam folat dalam setiap harinya. Satu buah alpukat ini dapat menyediakan sekitar 45 mikrogram asam folat.

Guna mendukung dalam perkembangan otak dan saraf pada tulang belakangnya, maka mengkonsumsi buah alpukat ini bisa dilakukan sejak trimester pertama kehamilan.

11. Menjaga kesehatan mata

brilio.net

Khasiat dari buah alpukat ini dapat berguna bagi kesehatan pada mata karena buah alpikat banyak mengandung antioksidan (lutein dan zeaxanthin) yang kuat. Selain kandungan antioksidan yang berad di dalamnya yang tinggi, khasiat buah alpukat juga dapat membantu meningkatkan penyerapan antioksidan dari makanan lain.

Sebuah studi menunjukkan bahwa manfaat darialpukatini  untuk kesehatan pada akhirnya akan menurunkan risiko pada penyakit katarak dan degenerasi makula secara drastis, khususnya terhadap mereka yang sudah lanjut usia.

12. Meningkatkan kesehatan pencernaan 

lifestyle.kompas.com

Selain kemampuannya dalam menjaga kesehatan mata karena kandungan antioksidannya, manfaat dari buah alpukat lainnya yaitu dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri di dalam usus, dengan meningkatkan bakteri sehat sekaligus dapat mengurangi bakteri yang tidak sehat.

Selain itu juga, lemak pada buah alpukat juga dipercaya dapat menyehatkan lapisan usus, sehingga dapat mengurangi kemungkinan datangnya sembelit dan gejala sindrom iritasi usus besar.

13. Membantu menyerap nutrisi

hellosehat.com

Selain memperhatikan asupan pada nutrisi yang masuk ke dalam pencernaan tubuh maka, Anda juga harus memperhatikan masalah bagaimana nutrisi tersebut dapat diserap sepenuhnya oleh tubuh.

Beberapa nutrisi larut yang terdapat dalam lemak, artinya mereka perlu untuk dikombinasikan dengan lemak lainnya agar tubuh tersebut mendapatkan manfaatnya dengan maksimal.

Sebuah studi menunjukkan bahwa dengan menambahkan buah alpukat atau minyak alpukat ke salad maka dapat membantu dalam meningkatkan penyerapan antioksidan 2,6 hingga 15 kali lipat. Jadi, tidak hanya dari buah alpukat yang bergizi tinggi, alpukat juga dapat berpengaruh yang sangat besar dalam meningkatkan nilai gizi makanan nabati lain yang Anda makan.

Ini adalah alasan yang sangat baik mengapa untuk selalu memasukkan sumber lemak yang sehat ketika Anda mengonsumsi sayuran. Tanpanya, maka akan banyak nutrisi sayuran yang bermanfaat akan terbuang sia-sia dari tubuh.

14. Mengandung Lebih Banyak Kalium dari Pisang

honestdocs.id

Kebanyakan orang mungkin kurang mendapatkan nutrisi berupa kalium. Maka buah alpukat mini adalaah solusinya karna buah ini banyak mengandung kalium yang sangat tinggi dan bagus buat kesehatan tubuh.

Kandungan kalium pada buah alpukat sendiri yaitu sebanyak 14 persen.

Nilai ini jauh lebih tinggi dari pisang yang hanya memiliki 10 persen kalium. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa banyak memiliki asupan kalium yang tinggi akan dikaitkan dengan penurunan tekanan pada darah, yang merupakan faktor risiko utama untuk serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal.

15. Bantu menjaga kesehatan kulit

babyologist.com

Manfaat buah alpukat memang tak hanya bisa diambil melalui proses konsumsi langsung saja. Tetapi bisa dimanfaatkan juga sebagai masker untuk kulit.

Dengan memanfaatkannya sebagai masker maka kesehatan kulit akan lebih terjaga dan terpelihara dengan baik. Sebab ada banyak sekali kandungan yanag terdapat dalam buah alpukat ini seperti vitamin K, E, zinc, serta senyawa lain yang akan memberikan nutrisi yang baik dan dibutuhkan kulit.

16. Melembabkan kulit

today-love.com

Buah llpukat akan sangat membantu dalam melembabkan kulit. Sehingga tak harus menggunakan make up demi dapatkan hasil kulit yang lembab dan cantik.

Cukup gunakan masker yang terbuat dari buah alpukat ini yang bersifat alami. Sebab kandungan mineral pada buah alpukat ini akan membantu mencegah kulit menjadi kering dan menutrisinya dari dalam. Kulit pun akan jauh lebih sehat dan berseri usai gunakan masker dari buah alpukat ini.

17. Mencegah penuaan dini

surabaya.bisnis.com

Kandungan kolagen yang terdapat pada buah alpukat ini akan sangat baik jika dimanfaatkan untuk merawat kulit wajah.

Secara rutin dapat mengaplikasikan masker alpukat maka akan mencegah prosesnya penuaan dini. Kolagen yang terdapat pada buah alpukat ini dapat membantu meremajakan kulit, maka kuliakan t jadi lebih kencang dan pastinya mencegah kerutan-kerutan pada wajah.

18. Membantu merawat kulit kepala

beautyundercover.sg

Perlu diketahui juga bahwa nutrisi yang terdapat pada buah alpukat ini memiliki peran yang sangat penting dalam membantu merangsang pertumbuhan pada rambut. Selain itu, vitamin dan asam lemak omega 3 pada buah alpukat bisa memberikan dampak terhadap rambut lebih berkilau dan lembut.

Maka oleh karna itu buah alpukat ini bisa dimanfaatkan sebagai masker alami bagi rambut.

19. Mengurangi kerut kelopak mata

oktanur.com

Mata menjadi salah satu bagian yang sering kali diperhatikan banyak orang. Jadi tidak heran juga jika banyak yang sangat sensitive dengan kondisi area pada kelopak mata. Apalagi saat menemukan banyak kerutan dan flek hitam di sana.

Tenang, ada manfaat buah alpukat ini yang bisa diperoleh dengan menjadikannya sebagai masker untuk wajah. Kandungan vitamin E, hydratingfats dan fatty acids dalam buah alpukat akan membantu melembabkan dan mengencangkan pada kulit kelopak mata agar lebih terlihat segar dan cerah.

Baik, mungkin itu saja yang bisa elnuha tuliskan tentang manfaat dari buah alpukat ini.

semoga bermanfaat 🙂

Terimakasih

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply