17+ Jenis Makanan Tradisional Jawa Paling Maknyus Rasanya [Lengkap]

Makanan tradisional jawa – Makanan tradisonal memang begitu menggoda sekali untuk dicicipi di lidah kita ini kalau kamu berkunjung ke suatu daerah. Kurang lengkap rasanya jikalau sudah tiba di suatu tempat tapi nggak nyobain makanan khas daerah tersebut. Apa kata dunia ntar hehe, udah jauh-jauh dateng ke tempat tersebut tapi belum pernah yang namanya ngerasain makanan khas di sana.

Jawa juga bukan hanya terkenal dengan makanan khas tradisional nya saja lho melainkan banyak sekali budaya yang harus kamu ketahui juga seperti jenis-jenis permainan tradisional, adat istiadat jawa dan lain-lain.

Macam- Macam Makanan Tradisional Jawa

makanan tradisional jawa, makanan khas jawa, makanan khas jawa tengah, timur, barat, makanan tradisional, makanan jawa

Nah apabila kamu sedang berada di suatu daerah khususnya pulau jawa yang terkenal sebagai pulau terlebar yang ke 13 di seluruh Dunia ini wouw, sangat menyenangkan sekali jika kamu berkunjung ke pulau jawa untuk mencicipi beraneka makanan tradisional dan lezat dari pulau jjawa ini.

Nah kamu mau tau makanan apa saja yang wajib kamu coba jika berada di Jawa?

Berikut makanan tradisional jawa yang sangat terkenal paling enak. dan pastinya wajib kamu coba.

1. Lumpia Semarang

makanan tradisional jawa, makanan khas jawa, makanan khas jawa tengah, timur, barat, makanan tradisional, makanan jawa

jpnn.com

Siapa sih yang nggak tau Kota Semarang itu makanan khas-nya apa, hayuu apa tebak hehe..? Yup hampir setiap orang kalau sudah ditanya pasti jawabnya yaa lumpia.

Lumpia biasanya lebih enak kalau dimakannya saat masih hangat-hangatnya lho. Apalagi kalau ditambah dengan cocolan saus dan cabe rawit, beeh, tambah menggoda aja ituh.

Makanan lumpia sendiri mempunyai berbagai rasa dan isi yang beragam, ada yang pakai ayam di alamnnya, udang, telur, sayuran dan mie pun ada. Kalau kamu berkunjung ke Semarang, rugi sekali klo tidak mencicipi makanan yang satu ini.

2. Rujak Cingur

makanan tradisional jawa, makanan khas jawa, makanan khas jawa tengah, timur, barat, makanan tradisional, makanan jawa

Travelingyuk.com

Kuliner yang berikutnya ini memang menjadi kuliner jawa yang sangat terkenal dan selalu membuat turis asing penasaran dengan rasa makanan ini, untuk kamu yang belum tau rujak cingur ini seperti apa bentuk nya.?

Nah rujak cingur sendiri terdiri dari berbagai jenis potongan buah-buahan yang di beri cingur (mulut sapi), sayur-sayuran, tahu, dan bumbu rujak cingur yang terbuat dari cabe, petis, gula merah, bawang putih, kacang goreng, dan sedikit garam lalu di ulek dan dicampur dengan seporsi rujak cingur yang merupakan kombinasi yang sangat sempurna.

Saat kamu berada di Jawa khusunya di jawa terutama di Kota Surabaya maka kamu wajib sekali untuk nyobain makanan khas tradisional yang satu ini yaa guys, dijamin deh kamu gak akan di manjakan dengan 1 porsi rujak cingur saja, tapi kamu akan pengen nambah terus klo sudah ngerasain makanan ini.

Ruja cingur ini biasa di nikmati dengan kerupuk!!! kebayang donk guys gimana rasanya makanan ini.?

3. Wajik

makanan tradisional jawa, makanan khas jawa, makanan khas jawa tengah, timur, barat, makanan tradisional, makanan jawa

resepkoki.id

Wajik adalah makanan khas yang berasal dari Salatiga. Wajik ini merupakan cemilan yang berbahan dasar dengan beras ketan dan gula jawa kemudian terdapat juga campuran santan di dalam proses pembuatannya. Wajik ini biasa di pakai untuk acara-acara seperti selametan, nikahan, khitanan, dan lain-lain

4. Tahu Petis

makanan tradisional jawa, makanan khas jawa, makanan khas jawa tengah, timur, barat, makanan tradisional, makanan jawa

petisansuroboyo.com

Nah sekarang ini makanan yang terbuat dari olahan tahu, yaitu tahu petis. Makanan ini asli dari  Kota Semarang. Biasanya tahu petis ini digunakan sebagai cemilan ataupun klo mau dimakan pake nasi juga bisa loh.

Tahu petis ini bahannya yang terbuat dari tahu, tahu goreng tepatnya. Dinamakan tahu petis karena tahu goreng ini ada kombinasi siraman saus hitam yang bisa disebut dengan petis. Nah, petis sendiri terbuat dari kuah rebusan ikan atau udang yang sudah dimasak terus sampai menjadi kental kuah tersebut.

5. Telur Asin

makanan tradisional jawa, makanan khas jawa, makanan khas jawa tengah, timur, barat, makanan tradisional, makanan jawa

sahabatdapur.com

Telur yang rasanya asin ini. Makanan yang terbuat dari telur bebek ini yang berasal dari daerah Brebes, Jawa Tengah. Biasanya telur asin ini dimakannya dengan nasi, tapi ada juga lho yang makan langsung telur nya saja tanpa nasi.

biasanya untuk mendapatkan telur ini sangat mudah sekali jika kamu berkunjung ke pulau jawa dan melewati Daerah Brebes maka sangat banyak sekali penjual telur di setiap pinggir jalan di Daerah Brebes ini.

6. Lontong Balap

makanan tradisional jawa, makanan khas jawa, makanan khas jawa tengah, timur, barat, makanan tradisional, makanan jawa

resepkoki.id

Nah guys nama dari makanan  tradisional yang satu ini emang unik bukan? nah kenapa diberi nama  demham nama lontong balap.?

karena pada zaman dahulu di jawa timur itu ada penjual-penjual lontong yang biasanya membawa dagangannya untuk keliling di kota Surabaya dan biasanya pedagang ini dalam berkeliling jalannya lebih kencang sekali, makanya diberi sebutan dengan nama lontong balap.

sampai saat ini lontong balap masih legendaris sekali di Jawa timur guys, Wajib buat kamu klo main ke Jawa harus ngerasain lontong balap ini.

Nah lontong balap sendiri terdiri dari lontong, touge, tahu goreng, lenthok, kecap, bawang goreng, sambal, dan siraman kuahnya yang khas terbuat dari kacang, dan lontong balap ini akan lebih nikmat jika dimakan ketika masih hangat.

7. Nasi Gandul

makanan tradisional jawa, makanan khas jawa, makanan khas jawa tengah, timur, barat, makanan tradisional, makanan jawa

travelingyuk.com

Jikalau kamu sedang main ke Pati, jangan lupa untuk nyobain nasi gandul ini yaa. Beda dengan nasi biasanya, nasi gandul ini adalah nasi uduk yang cara penyajiannya dengan memakai daun pisang.

Beda kan? Tapi nggak cuma itu saja loh guys, rasa nasinya itu lho, lebih uenak dan gurih dari pada nasi yang biasanya kita makan sehari-hari.

Nasi gandul ini paling uenak kalau kita makannya langsung di tempatnya (kota Pati). Dengan kuah yang begitu segar ditambah dengan lauk berupa daging sapi yang sudah diolah dan empuk tentu akan menjadi pelengkap rasa yang makin membuat nasi gandul ini menjadi lebih lezat dan bikin ketagihan.

8. Nasi Liwet

makanan tradisional jawa, makanan khas jawa, makanan khas jawa tengah, timur, barat, makanan tradisional, makanan jawa

cookpad.com

Lain tempat lain juga namanya, kalau tadi namanya nasi gandul, nah sekarang namanya nasi liwet. Makanan nasi yang berasal dari kota solo, bedanya sama nasi gandul mungkin hanya cara penyajiannya sama bahan pekengkapnya saja.

Nasi liwet ini disajikan dengan irisan ayam yang di iris secara tipis-tipis dan kadang ada yang pakai labu siam juga.

Solo juga merupakan salah satu daerah Di Indonesia yang memiliki jenis tarian tradisional indonesia yang unik dan menarik.

9. Enting-Enting Gepuk

makanan tradisional jawa, makanan khas jawa, makanan khas jawa tengah, timur, barat, makanan tradisional, makanan jawa

nadiaarini.blogspot.com

Tau makanan permen yang sering diiklanin di tv yang namanya ting-ting nggak? Nah, mungkin itu bentuk modern dari enting-enting gepuk ini. Kalau saya sih milih enting-enting gepuknya nya. Karena enting-enting gepuk ini makanan khas tradisional yang berasal dari daerah Salatiga, Jawa Tengah.

Bahan intinya untuk membuat makana ini adalah kacang tanah yang telah di dihaluskan dan dipadatkan. Tapi sebelumnya kacangnya sudah dicampur dengan gula Jawa dulu supaya semua menyatu menjadi satu.

10. Rondo Royal

makanan tradisional jawa, makanan khas jawa, makanan khas jawa tengah, timur, barat, makanan tradisional, makanan jawa

wisataku.id

Nah, kalau makanan yang satu ini namanya agak aneh yaitu rodo royal. Nggak tau sih apa maksud nya kok bisa dikasih dengan nama rondo royal ini, padahal rondo itu dalam bahasa jawa yang artinya janda lho.

Makanan rondo royal ini yang berasal dari Daerah Jepara, bahan dasarnya adalah hanya dengan tape singkong. Oalaaah, tape goreng ternyata, wkwkwkw, memang tape goreng ini lah. 😀

Jadi tape dimasukkan ke adonan tepung terigu kemudian digoreng, jadi deh rondo royal nya yang lezat.

11. Gethuk

makanan tradisional jawa, makanan khas jawa, makanan khas jawa tengah, timur, barat, makanan tradisional, makanan jawa

PengusahaSukses.com

Gethuk adalah makanan tradisional yang berasal dari jawa yang menggunakan bahan dasar yaitu singkong. Sebenarnya nggak cuma di Jawa Tengah aja gethuk ini berada, tetapi di Jogja pun juga ada gethuk goreng lho.

Tapi kenyataanya makanan gethuk ini lebih terkenal dari daerah Jawa Tengah.

Gethuk dulu warna aslinya adalah putuh, tapi sekarang sudah ada berbagai macam warna agar lebih terlihat menarik.

12. Dawet Ireng

makanan tradisional jawa, makanan khas jawa, makanan khas jawa tengah, timur, barat, makanan tradisional, makanan jawa

tribunnews.com

Kalau kamu sedang berada di Kota Purworejo atau sedang mengunjungi Purworejo dan kamu berasa kehausan, coba deh kamu cari dawet ireng yang ada di sana. Dawet ireng ini sangat beda dengan dawet pada umumnya yang hanya berwarna hijau. Seperti namanya, dawet ireng ini memiliki warna dawet yang ireng atau hitam.

Warna hitam yang terdapat di dawet ini terbuat dari bahan alami yaitu dengan abu jerami. Abu jerami sendiri digunakan untuk pembuatan cendol dawet ireng.

Kalau soal rasa, kamu boleh deh bandingin deg dengan dawet pada lainnya. Rasa dawet ireng ini memang sangat menyegarkan. Apalagi kamu klo minumnya pakai es batu pada siang hari yang panas, udah gitu gulanya pakai gula jawa asli pula, hmmm enaknya.

13. Mangut Beong

makanan tradisional jawa, makanan khas jawa, makanan khas jawa tengah, timur, barat, makanan tradisional, makanan jawa

dondendron – WordPress.com

Kalau makanan yang satu kamu hanya bisa cicipi di Kota Magelang saja, jadi sempatin deh untuk berkunjung ke kota Magelang ini. Kota yang letaknya ngga begitu jauh dari Jogja ko, tempat di mana Candi Borobudur berada tersebut.

Di Magelang ini, kamu bisa mencicipi makanan tradisional mangut beong ini, mangut yang terbuat dari ikan beong. ikan beong adalah ikan yang klo di lihat serupa dengan lel tapi bukan lele.

Ikan beong ialah ikan khas yang ada di Sungai Progo Yogyakarta, ikan ini memiliki rasa yang lezat dengan dagingnya yang gurih dan tidak begitu lembut dan tidak mudah hancur.

14. Brekecek

makanan tradisional jawa, makanan khas jawa, makanan khas jawa tengah, timur, barat, makanan tradisional, makanan jawa

oknusantara.com

Makanan brekecek adalah makanan tradisional yang merupakan makanan khas dari Jawa Tengah, tepatnya di daerah Cilacap. Walaupun namanya kedengaran agak aneh, namun kalau sudah nyicipin makanan ini, mungkin kamu bakal ketagihan dan pengen nambah lagi, atau paling nggak, lidahmu bakal dibikin bergoyang deh hehehe.

15. Nasi Grombyang

makanan tradisional jawa, makanan khas jawa, makanan khas jawa tengah, timur, barat, makanan tradisional, makanan jawa

travelingyuk.com

Nasi grombyang adalah makanan yang merupakan salah satu makanan tradisional khas Jawa Tengah, tepatnya berasal di daerah Pemalang.

Penamaan makanan yang satu ini berasal dari cara penyajian makanan tersebut, yaitu dengan kuahnya yang lebih banyak dari pada isi, sehingga kelihatan bergoyang, atau grombyang-grombyang klo dalam bahasa jawanya.

Kuliner tradisional khas Jawa Tengah ini terbuat dari daging kerbau, nasi, dan kuah. Penyajiannyapun  menggunakan mangkuk yang kecil dan dilengkapi juga dengan sate kerbaunya.

16. Jenang Kudus

makanan tradisional jawa, makanan khas jawa, makanan khas jawa tengah, timur, barat, makanan tradisional, makanan jawa

wirausahabrilian.bri.co.id

Jenang Kudus adalah makanan oleh-oleh khas dari kudus, jenang ini biasanya dijual dalam bentuk potongan memanjang dan dibungkus menggunakan plastik yang bening. Kamu bisa membeli dalam jumlah kiloan atau yang sudah dimasukkan ke dalam kotak-kotak khusus.

Rasa dari jenang Kudus ini juga macam-macam lho ada yang manis dan teksturnya sangat legit dan lembut.

17. Garang Asem

makanan tradisional jawa, makanan khas jawa, makanan khas jawa tengah, timur, barat, makanan tradisional, makanan jawa

Kooliner.com

Garang asem adalah salah satu makanan khas tradisional di daerah Jawa Tengah, seperti Semarang, Kudus, Demak, Pekalongan, dan Pati.

Makanan yang satu ini merupakan makanan yang berbahan dasar dengan ayam yang dimasak bersama dengan santan dan menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya. Rasa dari garang asem ini juga asam dan pedas, pasti sangat menggugah selera kamu untuk mencicipinya.

Garang asem biasa dimakan bersama dengan nasi dan juga lauk pendamping lainnya seperti ayam tempe goreng dan juga perkedel.

18. Mie Ongklok

makanan tradisional jawa, makanan khas jawa, makanan khas jawa tengah, timur, barat, makanan tradisional, makanan jawa

wartakota.tribunnews.com

Kalau kamu lagi berada di daerah Wonosobo, Jawa Tengah, wajib nuat kamu untuk mencicipi mie ongklok ini yaa. Kuliner mie ongklok ini merupakan mie rebus yang diracik bersama dengan kol dan potongan daun kucai. Kuah pada mie ongklok ini menggunakan kanji, jadi akan lebih kental dari pada kuah mie pada umumnya.

penutup

pixabay.com

Cukup sekian artikel tentang macam-macaam makanan tradisional jawa yang saya tuliskan tadi semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi teman-teman semua.

Jangan lupa untuk membaca juga artikel permainan tradisional indonesia supaya kamu lebih luas wawasannya. 😀

Mohon maaf apabila ada perkataan yang kurang sopan dan dalam penulisan yang kurang berkenan di hati teman-teman semua.

Terus pantengin Elnuha.net agar mendapatkan informasi-informasi penting dan menarik lainnya sampai jumpa Bye-Bye 😀

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply