Inilah 20+ Daftar Makanan Khas di Bandung Yang Wajib Kamu Coba!!

Halo sahabat Elnuha.net, kali ini admin akan membahas tentang jenis-jenis makanan khas di Bandung nih. Mungkin dari sahabat ada yang sudah pernah ke Bandung?. Kalo belom mari kita bahas jenis makanan khas yang berada di Bandung.

Bandung memiliki ratusan tempat wisata yang keren. Dari wisata tempat-tempat angker, spot wisata alam, museum, hingga tempat-tempat wisata belanja.

Tapi bukan hanya karena itu saja yang membuat Daerah Bandung menjadi salah satu tujuan dari wisata favorit traveller luar dan dalam negeri. Karena bandung juga terkenal dengan tradisinya yang unik yaitu salah satunya adalah tarian tradisional jawa barat ini.

Bandung juga memiliki banyak tempat-tempat nongkrongnya yang cocok buat kamu yang suka ngokrong dan di lengkapi dengan kulinernya yang istimewa menjadi alasan lain para wisatawan untuk mengunjungi kota bandung ini.

Makanan khas Bandung memang dikenal sangat variatif dan memiliki cita rasa yang lezat. Namun demikian, kamu tidak perlu mengeluarkan uang banyak-banyak untuk bisa mencicipinya.

Tertarik mencicipi makanan khas Bandung yang lezat dan jumlahnya bisa sampai ratusan itu? Ini dia daftar makanan khas Bandung dan tempat terbaik untuk menikmatinya.

1. Surabi/Surabi

makanan khas bandung , serabi bandung, jajanan khas bandung
abowlofclover.com

Makanan khas dari bandung ini yang pertama yaitu surabi atau serabi. Salah satu penjual surabi yang terkenal di Bandung adalah yang terletak di Jalan Setiabudi. Makanan ini sedikit mirip dengan pancake atau keu pada umumnya, sama sama terbuat dari tepung terigu.

Hanya saja jika pancake dimasak diatas kompor, sedangkan surabi ini dimasak dengan menggunakan mangkok yang dibakar di atas tungku dengan adonan yang tebal.

Cara pembuatannya inilah yang membuat cita rasa surabi menjadi makanan khas dari Bandung. Sebagai pelengkap kamu juga bisa menambahkan toping berupa coklat, pisang, duren, bahkan nangka ataupun sosis ke bagian atas surabi tersebut.

2. Seblak

makanan khas bandung , serabi bandung, jajanan khas bandung
resepkoki.id

Belum pernah ke Bandung jika kamu belum mencoba makanana seblak ini. Makanan khas Bandung berikutnya adalah seblak yang dimana seblak ini yang terbuat dari kerupuk basah dan memiliki rasa yang khas karena dibuat dari bumbu rempah pilihan dan memiliki isian yang mengenyangkan seperti sayur, daging dan telur.

Ada beberapa tempat asyik untuk merasakan seblak, namun salah satu yang layak direkomendasikan adalah Seblak Jebred yang memiliki tambahan ceker di dalam seblak tersebut, plus tahu krispi, sosis dan kikil. Supaya semakin nyam-nyam, naikkan versi pedasnya, ya! hehe Harganya juga cukup ramah di kantong, lho!

3. Baso Tahu Tulen

makanan khas bandung , serabi bandung, jajanan khas bandung
ksmtour.com

Kata baso bagi sebagian orang sama dengan bakso pada umumnya, namun di Bandung dua kata ini sangat berbeda dari segi artinya, karena bakso adalah makanan berkuah sedangkan baso tahu adalah tahu yang berisikan daging ikan giling di dalamnya.

Sebenarnya baso tahu ini punya artian yang lebih luas lagi, karena dalam satu porsi baso tahu akan merujuk pada makanan berupa tahu isi daging, siomay, dan bumbu kacang sebagai pelengkap bumbunya.

Dalam satu porsinya makanan baso ini juga kerap ada tambahan lain yaitu berupa telur rebus, kentang rebus, kol, dan pare. Sedangkan pemberian bumbu kacang ini dimaksudkan agar baso tahu memiliki rasa pedas dan manis, karena bumbu kacangnya dirancang lebih pedas daripada makanan khas Bandung yang pedas berupa siomay pada umumnya.

4. Nasi Tutug Oncom

makanan khas bandung , serabi bandung, jajanan khas bandung, oleh-oleh bandung, tempat makan di bandung
http://azgi.blogspot.com

Dari namanya, kamu pasti sudah bisa menebak seperti apa komposisi makanan ini. Nasi yang ditumbuk dan dicampur oncom, ditambah lagi dengan lauk pauk yang sesuai dengan selera yang makan, kamu bisa mendapatkan sensasi rasa yang lezat dan menggiurkan.

Namun, pertanyaan besarnya, di manakah tempat yang menyajikan nasi tutug oncom paling mantab di Bandung? Ada banyak pendapat sii, dan semuanya memiliki cita rasanya masing-masing.

Elnuha sendiri sii merekomendasikan Nasi Tutug Oncom Bi Kokom di daerah Lengkong, yang tidak hanya memiliki rasa yang mantap, tapi juga fasilitasnya yang cukup memadai buat sahabat semuanya

5. Nasi Timbel

makanan khas bandung , serabi bandung, jajanan khas bandung, oleh-oleh bandung, tempat makan di bandung
cateringbusum.com

Nasi timbel sebenarnya sama dengan nasi-nasi pada umumnya. Yang membedakan nasi ini hanya nasi timbel yang dibungkus dengan daun pisang. Tekstur nasi nya pun lebih “pulen”, tidak terlalu lembek, dan tidak keras. Kenikmatan saat menyantap nasi timbel ini akan terasa sangat kental apabila disajikan masih hangat.

Sebagai bahan pelengkap dari nasi timbel ini, biasanya terdapat beberapa pilihan. Dari mulai ayam goreng, ayam bakar, atau hanya dengan sepotong ikan asin. Tentunya didampingi dengan sambal dan lalapan yang akan menambah selera makan kamu. Sambal nya pun kamu bisa memilih.

Biasanya beberapa rumah makan di sunda akan menyajikan nasi timbel dengan menggunakan sambal terasi. Dan sebagai inovasi lainnya, biasanya kini nasi timbel  sudah dapat dinikmati bersama dengan sayur asem.

6. Piscok

makanan khas bandung , serabi bandung, jajanan khas bandung, oleh-oleh bandung, tempat makan di bandung
abowlofclover.com

Piscok yang merupakan singkatan dari pisang coklat ini merupakan makanan khas dari bandung murah meriah dan banyak digemari oleh masyarakat bukan hanya oleh warga asli Bandung saja, namun juga kebanyakan wisatawan asing.

Pisang yang telah ditutup dengan kulit lumpia ini kemudian digoreng dan disirami dengan coklat yang tebal. Sangat nikmat sekali jika dimakan ketika masih panas. Coklatnya yang tebal akan lumer di lidah dan terasa sangat gurih apabila di gigit. sangat recommended sekali.

7.Cimol

makanan khas bandung , serabi bandung, jajanan khas bandung, oleh-oleh bandung, tempat makan di bandung
harianresep.blogspot.com

Cimol adalah makanan khas dari sunda yang terbuat dari aci atau (tepung kanji) yang dibentuk bulat sedemikian rupa seperti bentuk bakso dan akan mengembang dengan sendirinya ketika cimoltersebut di goreng dengan minyak panas.

Cimol ini biasa disajikan dengan bumbu kering layaknya basreng (bakso goreng), seperti bumbu rasa asin, bumbu rasa pedas, maupun bumbu rasa balado. Cimol ini bisa di temukan di banyak  di pinggir-pinggir jalan oleh para penjual secara berkeliling.

8. Mie Kocok

makanan khas bandung , serabi bandung, jajanan khas bandung, oleh-oleh bandung, tempat makan di bandung
travelingyuk.com

Bagi kamu yang tertarik untuk menikmati sajian yang memanjakan lidah ini, yaitu mie kocong mang dadeng yang bisa menjadi makanan alternatif yang pas. Rasanya pun juga nendang, demikian dengan isian di setiap porsi mie kocok yang disajikan tersebut.

Hal yang paling mengejutkan dari makanan ini karena kabarnya ada bumbu spesial, yang terdiri dari 27 macam bumbu rempah yang menjadikan rasa mie kocok mang dadeng ini begitu ngehits di kalangan pecinta kuliner di seluiruh indonesia maupun luar negri.

Kaldunya juga cukup sangat terasa, sementara isiannya itu, berupa mie kuning gepeng, potongan kikil dan sum sum, serta daun seledri dan bawang goreng untuk menambah rasa renyahnya, membuat kamu ingin terus nambah lagi dan lagi.

9. Siomay

makanan khas bandung , serabi bandung, jajanan khas bandung, oleh-oleh bandung, tempat makan di bandung
dev.cariresep.com

Makanan ringan khas bandung selanjutnya yaitu siomay, makanan ini tentunya tidak asing lagi bukan di telinga teman-teman semua, karena banyak yang menjualnya baik itu di foodcourt, rumah makan, maupun berkeliling di pinggir-pinggir jalan raya atau perumahan.

Yang spesial dari siomay bandung ini adalah dengan bahan dasarnya yang terbuat dari daging ikan kemudian terdapat juga campuran sagu dan akan terasa lebih lengkap disajikan dengan bumbu kacang yang gurih.

Jika teman-teman sedang berada di Kota Bandung, tidak ada salahnya untuk menuju ke tempat makan siomay enak di Bandung Jalan Veteran karena di lokasi tersebut terdapat Siomay Bandung Kingsley yang menjadi favorit urang Bandung sendiri.

10. Ulukutek Leunca

makanan khas bandung , serabi bandung, jajanan khas bandung, oleh-oleh bandung, tempat makan di bandung
deskgram.ne

Kamu akan terkejut sekali dengan kandungan gizi yang terdapat dalam makanan khas Bandung yang satu ini. Mulai dari kandungan kalori, vitamin, karbohidrat hingga senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh terdapat dalam makanan ini.

Yang lebih luar biasanya lagi, kamu juga bisa menikmatinya kapan pun karena rasanya yang gurih, renyah, sedikit pahit dan pedas.

Penikmatnya dijamin akan mendapatkan sensasi tersendiri di saat mengkonsumsi kuliner ini. Dalam seporsi ulukutek leunca ini, juga ada tambahan oncom, yang akan menambah cita rasa yang mengesankan pada makanan ulukutek leunca ini . Selain itu, kamu juga bisa mudah menemukan sajian ini di banyak tempat di Bandung.

11. Bandros

makanan khas bandung , serabi bandung, jajanan khas bandung, oleh-oleh bandung, tempat makan di bandung
sahabatdapur.com

Jajanan khas bandung selanjutnya ini adalahan makanan yang berbahan baku tepung terigu yang dibuat menjadi adonan dicampur dengan santan kelapa. Adonan sagu dan santan kelapa ini kemudian di masak menjadi satu di atas cetakan berbentuk cekung.

Ketika adonan masih setengah matang, kemudian diberi taburan kelapa parut di atas adonan tersebut sembari menunggu matang dan siap untuk disajikan. Bandros sendiri akan terasa nikmat dimakan apabila ketika masih panas atau hangat. Selain nikmat dan enak rasanya, bandros juga sangatlah terjangkau harganya.

12. Gehu Jeletot

makanan khas bandung , serabi bandung, jajanan khas bandung, oleh-oleh bandung, tempat makan di bandung
kaskus.co.id

Bagi teman-teman yang pencari rasa pedas, kuliner Gehu Jeletot ini bisa jadi jalan alternatif yang pas untuk dikonsiumsi. Cemilan baru di kota Bandung ini banyak sekali menjadi buruan bagi para wisatawan dalam negri maupun luar karena dengan rasa pedas nya makanan ini, gurih dan menyenangkan.

Selain terdapat beberapa sayuran di dalam isi tahunya, seperti irisan wortel dan sayur kol, ada juga irisan daging sapi untuk menambah cita rasa.

Gehu Hot Jeletot menjadi tempat yang cocok sekali bagi teman-teman yang menginginkan makanan khas Bandung ini. Harganya memang relatif lebih mahal dibandingkan makanan sejenis lainnya di Bandung, namun kualitas rasanya pun sangat berbeda.

13. Nasi Tutug Oncom

makanan khas bandung , serabi bandung, jajanan khas bandung, oleh-oleh bandung, tempat makan di bandung
budaya-indonesia.org

Kuliner nasi tutug oncom adalah salah satu makanan khas tradisional bandung yang paling mantap rasanya. Nasi tutug oncom ini dibuat dengan cara di bakar terlebih dahulu dengan dicampur dengan bumbu oncom dan diberi sedikit tepung tapioka. Nasi tutug oncom akan lebih nikmat jika dimakan dengan sambal dan ditambah sayuran yang masih panas.

14. Bandros

makanan khas bandung , serabi bandung, jajanan khas bandung, oleh-oleh bandung, tempat makan di bandung
plus.google.com

Salah satu cemilan tradisional kota Bandung yang paling diminati adalah bandros. makanan bandros ini adalah semacam Kue dari campuran tepung beras dan santan ini berbentuk seperti pukis dengan rasa gurih. Juga ada taburan gula pasir untuk menambah cita rasa makanan ini.

Kini variannya sudah sangat beragam. Salah satu yang menyajikan dengan cara unik adalah bandros Cowboy Cisangkuy. Ada beragam rasa yang ditawarkan, mulai dari green tea, keju, coklat hingga beberapa merek coklat kenamaan lainnya. Di sini, kamu tetap bisa mendapatkan bandros versi original, kok!

15. Peuyeum

makanan khas bandung , serabi bandung, jajanan khas bandung, oleh-oleh bandung, tempat makan di bandung
apaapacik.blogspot.com

Siapa yang tidak kenal dengan nama peuyeum?. Hampir setiap orang yang berkunjung ke Bandung kemungkinan akan pulang dengan membawa oleh-oleh bandung yang bernaama peuyeum ini.

Peuyeum merupakan salah satu makanan khas daerah Bandung. Peuyeum ini lebih mirip dengan tape, hanya saja peuyeum ini mempunyai tekstur lebih kering daripada tape dan cara pembuatannya yang berbeda. Peuyeum biasanya disajikan dengan tambahan topping yang bervariasi.

16. Colenak

makanan khas bandung , serabi bandung, jajanan khas bandung, oleh-oleh bandung, tempat makan di bandung
blogunik.com

Tidak sedikit orang yang mengenal makanan ini sebagai tape bakar, namun apa pun itu kualitas rasanya bahkan sudah mendunia. Bayangkan tape singkong yang dibakar dan dicocol pada gula merah yang dipanaskan bersama parutan kelapa, bikin ngiler, bukan?

Salah satu tempat mendapatkan makanan khas Bandung ini adalah di tempat makan Colenak Murdi Putra, yang konon sudah berdiri sejak 1930. Kamu harus mencicipi yang ini saat sedang liburan ke Bandung, ya!

17. Pisang Bollen

makanan khas bandung , serabi bandung, jajanan khas bandung, oleh-oleh bandung, tempat makan di bandung
bukalapak.com

Tidak jarang mereka yang bepergian ke Daerah Bandung akan membawakan oleh-oleh camilan ini untuk sanak keluarga dan teman di kampung halaman. Lumrah saja karena pisang bollen Kartika Sari ini, tidak hanya enak, tapi juga meninggalkan kesan yang mempesona kepada si penikmatnya sendiri. Sekarang banyak pilihan rasa lho, mulai dari kacang hijau hingga peuyeum. Hayuu kalian suka yang mana?

18. Mie Kocok

makanan khas bandung , serabi bandung, jajanan khas bandung, oleh-oleh bandung, tempat makan di bandung
pesona.travel

Dari beragam list aneka makanan khas yang berada di bandung, makanan mie kocok ini juga termasuk top list lho. Jika teman-teman ingin mencicipi kuliner ini, maka kamu dapat menemukannya di pinggir-pinggir jalan dijajakan oleh pedagang kaki lima yang menggunakan gerobak seperti kebanyakan orang berjualan bakso pada umumnya.

Seperti namanya, mie kocok ini merupakan makanan berupa mie yang bentuknya pipih dicampur dengan berbagai sayuran dan toge serta diberi tambahan sedikit kikil sapi. Nama mie kocok muncul karena sebelum disajikan, mie dan campurannya tersebut terlebih dahulu harus diaduk dan dikocok.

19. Gepuk

makanan khas bandung , serabi bandung, jajanan khas bandung, oleh-oleh bandung, tempat makan di bandung
primarasa.co.id

Makanan selanjutnya ini bukan untuk kamu yang mengusung semangat vegan. Maklum lah, bahan dasarnya saja daging sapi. Cara menyantapnya pun juga harus khas, dengan nasi hangat dan sambal yang lezat. Ingin varian lain, kamu bisa memilih sejumlah alternatif termasuk di antaranya yaitu beef salty, beef less sugar hingga chicken spicy.

Tempat terbaik mendapatkan kuliner ini adalah di Gepuk Ny. Ongyang interior restorannya yang dipenuhi dengan barang antik dan Instagenik yang menarik untuk di kunjungi.

20. Cireng

makanan khas bandung , serabi bandung, jajanan khas bandung, oleh-oleh bandung, tempat makan di bandung
merdeka.com

Makanan cireng atau aci (tepung kanji) di goreng sudah sangat familiar sekali bukan hanya di telinga masyarakat Bandung saja bahkan di seluruh daerah di indonesia pun juga pasti sudah tau cemilan yang satu ini.

Cireng merupakan makanan cemilan khas bandung yang pernah sangat terkenal di zaman era 80-an. Cireng ini biasa disantap dengan bumbu pelengkap berupa bumbu kering berbagai rasa maupun dengan bumbu kacang ataupun sambal pedas. Sungguh sangat menggugah selera bukan.

21. Wajit

makanan khas bandung , serabi bandung, jajanan khas bandung, oleh-oleh bandung, tempat makan di bandung
YouTube.com

Di sejumlah wilayah di Bandung ternyata memiliki kuliner yang sangat khas sekali. Di Bandung Barat misalnya, yang identik dengan wajit cililin. Camilan yang terbuat dari beras ketan ini, gula aren, kelapa dan vanili ini cukup sangat populer untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

Di sentra pembuatan wajit cililin, Bandung Barat, kamu tidak hanya bisa menikmatinya, tapi juga melihat pembuatannya langsung. Tertarik ke sana?

22. Colenak

makanan khas bandung , serabi bandung, jajanan khas bandung, oleh-oleh bandung, tempat makan di bandung
damniloveindonesia.com

Apakah kamu sudah tahu bahwa colenak merupakan singkatan dari cocol enak? Sebutan untuk makanan khas kota bandung yang sangat lezat ini sudah dikenal oleh masyarakat Bandung sejak tahun 1930-an.

Colenak ini berasal dari peuyeum yang cara membuatnya dengan dibakar lalu disiram dengan cairan gula merah kental dan diberi topping parutan kelapa. Jika kamu ingin menjajal colenak, maka kamu disarankan datang ke kawasan Ciputra Bandung untuk menikmati makanan yang satu ini karena disitu banyak penjual colenak yang telah terkenal kelezatannya.

Penutup

Nah, sekian ulasan mengenai makanan khas yang berada di Daerah Bandung bagi kamu. Jangan lupa apabila kamu sedang berada di Bandung, buatlah list wisata kuliner khas bandung yang wajib dicoba berdasarkan ulasan tersebut agar liburan di Bandung kamu semakin berkesan dan seru.

Semakin penasaran untuk mencoba kan? Sebelum beranjak ke Bandung, simak juga daftar oleh-oleh khas bandung agar kamu tidak kebingungan mencarikan buah tangan bagi sanak saudara dan teman-teman di dirumah.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *