Inilah 13+ Kerajinan Dari Sabun Dengan Berbagai Kreasi Yang Unik

Taukah kamu bahwa kerajinan yang terbuat dari sabun saat ini sedang menjadi tren lho dikalangan anak zaman sekarang. Kerajinan tangan dari bahan bekas atau sabun ini juga mempunyai banyak sekali manfaatnya.

Salah satu manfaat kerajinan sabun ini adalah bisa untuk di jadikan sebagai cindra mata dalam berbagai hal-hal penitng, seperti contohnya cindra mata pernikahan, Cindra mata pada saat seminar dan lain sebagainya.

Keistimewaan yang lain selain menjadi cindra mata yaitu bisa juga untuk di jadikan untuk alat bermain anak-anak, sebagai hiasan ruangan rumah, dan juga kebutuhan yang lainnya.

Gimana sungguh sangat menarik dan banyak kan manfaat kreasi dari sabun mandi ini ? Nah, dalam artkel kali ini kami akan membahas yaitu tentang cara membuat sekaligus hasil dari kerajinan yang di hasilkan dari sabun mandi.

Kira-kira apa saja yaa.? yukk silahkan di baca semaksimal mungkin di bawah ini ?

Cara Membuat Kerajinan Dari Sabun Mandi

kerajinan dari sabun
pixabay.com

Bahan yang harus di siapkan yaitu :

  • Sabun mandi batangan yang masih utuh (sesuai apa yang kamu inginkan warnanya)
  • Pensil tulis
  • Alat ukir bisa juga menggunakan pisau kecil atau kawat dan lainnya
  • Bisa di tambah cat warna yang air
  • Air atau kertas dan amplas

Cara membuat kerajinan dengan sabun seperti di bawah ini:

  • Ambil pensil dan sabun kemudian gambar pola dasar apa yang ingin kamu buat nantinya
  • Ukir bagian luar sabun lalu gambar sketsa yang akan dibuat agar lebih terlihat pola yang akan kamu buat
  • Kemudian ukir kembali dengan sedikit kedalaman sekitar yang sama jangan terlalu dalam juga
  • Ukir bagian gambar yang detail sesuai keinginan yang kamu mau
  • Amplas atau menggunakan air agar ukiran menjadi halus dan bagus
  • Jika ingin diwarnai bisa kamu menggunakan cat warna yang sudah kamu siapkan tadi
  • Kemudian kamu keringkan sabun yang sudah kamu ukir beberapa jam sampai cat benar-benar kering
  • Jadilah kerajinan tangan yang unik dari sabun mandi yang kamu inginkan

Hasil Ukiran dari Sabun Mandi 

kerajinan dari sabun
pixabay.com

Kalau kamu selama ini belom pernah mengetahui hasil ukiran kerajinan tangan yang berasal dari sabun mandi yang cantik an unik, maka kamu wajib untuk membaca artikel kali ini.

Di bawah Ini adalah merupakan bukti hasil kerajinan yang berasal dari sabun mandi batangan yang sangat cantik dan sangat menarik.

1. Karya Seni dari Sabun Dengan Bentuk Kura-Kura

kerajinan dari sabun
vannsie.blogspot.com

Gimana te,an-teman nih, kira-kira sudah sangatlah mirip bukan dengan kura-kura aslinya hehe. Ya, kura-kura tersebut sangat cantik dan unik, dan pasti yang mengukirnya juga sangatlah ahli.

Tapi tenang saja, membuat karya seperti tadi itu tidak terlalu susah ko dan bahkan kamu juga bisa untuk membuatnya klo kamu sungguh-sungguh kamu pasti bisa hehe.

Cara mengukir sabun :

  • Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah membuat pola yang ingin kamu gambar.
  • Setelah polanya sudah terbentuk atau jadi, lalu kamu potong sabun yang di luar gambar pola tadi.
  • Setelah selesai di potong rapih, maka kamu bentuk kepala kura-kura kemudian haluskan.
  • Setelah membuat kepala kura-kuranya, langkah selanjutnya yaitu kamu perlu membuat mata kura-kura.
  • Langkah selanjutnya yaitu membuat bagian rumah/tempurung pada kura-kura tersebut.
  • Yang terakhir yaitu penyelesaian dengan merapikan semua yang kamu rasa kurang rapi dan perlu untuk perbaiki kembali.
  • Setelah langkah demi langka telah kamu lakukan, maka kerajinan dari sabun batang dengan bentuk kura-kura itu akhirnya jadi dan siap untuk di pajang di ruangan rumah kamu.
 Baca Juga : Kerajinan Dari Flanel

2. Karya Ukiran Dari Sabun Dengan Bentuk Bunga

kerajinan-sabun
adevnatural.com

Jika kamu adalah orang yang termasuk suka dengan bunga, maka kamu bisa membuat kerajinan dari dari sabun batang ini dengan berbentuk bunga.

Ya, tujuannya yaitu untuk menghemat uang dan mengasah ke kreatifitasmu agar tambah meningkat. Tertarik untuk mencobanya ?

Berikut inilah cara membuat bunga dari sabun batang

Pertama yang kamu harus lakukan yaitu kamu harus menyiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu. Adapun bahan yang harus kamu siapkan diantarany yaitu, nampan, kawat, tepung, tepung kanji, sabun, alat parut dan daun imitasi.

Membuat adonan

• Langkah yang pertama adalah kamu harus memarut sabun batang tersebut menjadi persis atau sama seperti parutan keju pada umumnya.
• Setelah sabun tersebut selesai kamu parut, maka kamu campurkan sabun tadi dengan tepung kanji dengan ukuran atau takaran 2 banding 3.
• Lalu tambahkan air putih secukupnya.
• Setelah itu lalu ratakan adonan tersebut agar nanti mudah di bentuknya menjadi bunga.

Membuat bentuk bunga

Hal yang kamu harus lakukan pertama kali yaitu membentuk mahkota bunga satu persatu. Lalu kamu bisa membuat mahkota bunga tersebut dengan mengunakan gunting atau alat mencabut uban agar rapih dan cantik apabila sudah jadi.

Agar lebih mudah lagi, maka gunakanlah kawat sebagai kerangka dan tangkai bunga. Setelah itu daun imitasi yang sudah kamu siapkan tadi lalu kamu tambahkan di bawah bunga, lalu hiaslah sabun tersebut semirip mungkin dengan bunga pada umumnya.

Setelah langkah-langkah di atas sudah kamu praktekan maka kamu telah berhasil membuat kerajinan bunga yang terbuat dari sabun yang unik dan cantik.

3. Karya Ukiran Dari Sabun Dengan Bentuk Mobil

kerajinan dari sabun
YouTube.com

Kalau punya adik kecil atau saudara yang masih kecil di rumahnya, kamu juga bisa tuh membuatkan dia mainan mobil yang dib uat dari sabun mandi batang ini. Pasti adik kamu akan senang sekali dengan mainan yang satu ini.

Kreasi mobil yang ibuat dari sabun ini selain di jadikan sebagai mainan buat anak-anak juga bisa untuk dijadikan hiasan ruang tamu lho.

Nah, mulai sekarang coba ruang tamu atau kamar kamu hias dengan menggunakan kerajinan dari sabun ini, pasti akan jauh lebih enak dipandang dan menarik.

Baca Juga : Kerajinan Dari Bahan Lunak

4. Karya Ukiran Sabun Dengan Bentuk Kapal

kerajinan dari sabun
YouTube.com

Jika selama ini yang kamu ketahui untuk membuat kerajinan tangan hanya dari kardus bekas saja, maka lain dengan ini. Ya, kerajinan dengan bentuk kapal inilah satu yang terbuat dari sabun mandi batangan.

Prakarya dari sabun tersebut memang sungguh unik dan keren. Kalau kamu tertarik ingin mencobanya  atau membuatnya di rumah, maka sebaiknya hasil karya kamu di kasih cat yang berwana-warni terlebih dahulu agar lebih bagus hasilnya.

5. Karya Seni Dari Sabun Dengan Bentuk Jari Tangan

kerajinan dari sabun
mtl.havas.com

Coba kamu perhatikan kerajinan sabun yang berbentuk tangan di atas, sangat mirip sekali bukan dengan tangan manusia asli hehe.

kalu kamu lagi gak ada kesibukan lebih baik kamu membuat kreasi sabun seperti diatas supaya waktu kamu lebih produktif daripada nganggur atau gak ada kerjaan.

selamat mencoba semoga kamu bisa menciptakan karya kamu sendiri yang bagus dan maksimal.

6. Kerajinan Dari Sabun Dengan Bentuk kupu-kupu

kerajinan dari sabun
Tokopedia.com

kalau kamu ingin melatih keahlian kamu atau ke kreatifitasan kamu, kamu wajib coba dengan membuat kreasi sabun dengan bentuk seperti kupu-kupu diatas.

Setelah kamu sudah berhasil membuat karya ini maka kamu bisa menghadiahkan karya kamu itu kepada adik-adik kamu atau ponakan kamu yang masih kecil, maka mereka akan sangat senang sekali mendapatkan permainan yang unik itu.

Ok selamat mencoba yaa semoga berhasil.

7. Kerajinan Dari Sabun Dengan Bentuk Gajah Yang Lucu

kerajinan dari sabun
adevnatural.com

Kamu punya saudara laki-laki yang masih kecil?

Nah kamu bisa coba untuk memberikan hadiah kepada saudara atau ponakan kamu itu permainan dari sabun yang lucu dan unik ini, maka kamu juga harus membuatnya denga sebaik mungkin supaya yang menerima akan senang dan sangat berterima kasih padamu.

Oiya kamu juga kalo sudah berhasil dengan karya kamu, maka kamu juga jangan lupa untuk mengajarkannya kepada saudara-saudara kamu atau ponakan kamu yang masih kecil, supaya mereka bisa sekreatif dirimu kelak.

Anak laki-laki yang masih kecil sangat suka sekali dengan hewan yang sering tayang atau tokoh utama dalam sebuah film kartun, sebagai orang tua maka kamu bisa mengajari mereka untuk membuat kerajinan gajah yang unik ini.

8. Kerajinan Tangan Dari Sabun Dengan Bentuk Kue

kerajinan dari sabun
kitchenlane.com

Gimana teman-teman sangat menarik sekali bukan kreasi dari sabun mandi batang tersebut. Mungkin kalau orang melihat dengan sekilas akan mengangap bahwa kue tersebut adalah kue yang asli hehe. Ya, gapapa sih dianggap seperti kue asli yang penting jangan sampai dimakan yaaa kwkwk.. 😀

Tapi jangan salah dulu, kue tersebut hanyalah kerajinan dari sabun lho yaa maka jangan sampai dimakan oleh siapapun hehe. Kamu juga bisa membuat keterampilan dari sabun mandi dengan bentuk kue seperti gambar di atas.

Asal ada kemauan yang kuat dan ingin selalu belaajat maka insyaAllah kamu akan mendapat hasil yang maksimal.

Lalu kamu juga bisa meletakkan kue hasil karya kamu itu di atas meja ruang tamu atau diakar kamu. Nanti pasti tamu kamu akan banyak yang mengira bahwa kalau kamu sedang nyuguhin kue pada mereka, padahal kan hanya kerajinan saja ya hehe.

Selamat mencoba ya dan semoga sukses dengan eksperimen kamu.

Wajib Baca Juga : Kerajinan Akrilik

9. Karya Seni Dari Sabun Mandi Dengan Bentuk Love Biru

kerajinan dari sabun
sites.google.com

Kamu punya saudar perempuan atau ponakan yang masih kecil ? kalau ada maka coba kamu buatkan kreasi dari sabun mandi seperti diatas, maka mereka akan sangatlah suka sekali dengan peemberian kamu itu.

Karna anak perempuan sangat suka sekali dengan benda-benda yang lucu dan unik ya seperti kreasi dari sabun di atas.

10. Karya Seni Dari Sabun Dengan Bentuk Ikan

kerajinan dari sabun
Papasemar.com

Tuh, gimana sangat menarik bukan kerajinan dari bahan sabun seperti di atas. Kalau dilihat-lihat dari desain dan modelnya sangat susah dan rumit sekali dalam membuatnya.

Tapi kalau kamu mau mencoba yaa tidak ada masalah. Yang penting kamu bisa selalu istiqomah, sabar dan bersungguh-sungguh dalam mengerjakannya agar hasilnya pun juga lebih bagus lagi daripada gambar di atas.

11. Kerajinan Dari Sabun Mandi Batang Dengan Bentuk Hasil Cetak

kerajinan-dari-sabun-dengan-bentuk-love
warganet.net

Untuk membuat hasil cetak yang bagus dan menarik seperti di atas itu maka kamu perlu yang namanya teliti dalam membuat cetakan yang bagus dan menarik.

Dengan menggunakan cara di atas maka akan sangat mempermudah kamu dalam membuatnya.

Ya, terutama bagi kamu yang tidak ingin ribet-ribet dalam mambuat kreasi dari sabun mandi batang tersebut.

12. Kerajinan Tangan Dari Sabun Dengan Bentuk Burung

kerajinan dari sabun
id.aliexpress.com

Menurut kamu kerajinan dari sabun yang berbentuk burung di atas keren atau tidak hayuu? Mungkin kamu tidak bakalan percaya bahwa kalau kerajinan dari sabun dengan bentuk burung di atas itu terbuat dari bahan dasarnya yaitu dari sabun mandi yang biasa kamu pakai mandi setiap harinya.

Ya, burung di atas itu adalah karya yang terbuat dari sabun mandi batang.

Namun bagaimanapun kerajinan tersebut dari sabun, tapi tidak semuanya menggunakan bahan dasar sabun mandi lho ya. Untuk mata atau yang lainnya itu bisa menggunkan cat dan pernak pernik lainnya yang sederhana.

Kalau kamu tertarik untuk membuatnya ya, silahkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

13. Prakarya Dari Sabun Dengan Bentuk Tangan

kerajinan dari sabun
aminoapps.com

Kerajinan dari sabun di atas yang berbentuk tangan manusia tersebut yaitu cara membuatnya bisa kamu pelajari sendiri dirumah dengan cara yaa terus mencoba dan mencoba (pantang menyerah).

Ya, terutama kepada kamu yang masih usia sekolah, agar nanti kamu bisa menjadi sarana bermain dan belajar bagi banyak orang.

Oh iya, kalau misalkan kamu ada tugas di sekolah tentang membuat kerajinan tangan, maka kamu juga bisa membuat kerajinan dari sabun seperti gambar di atas ini.

Bisa juga dengan bentuk kreasi sabun yang lain misalnya burung, gajah, ikan, atau yang sesuai kamu suka.

Cara Membuat Kerajinan Dari Sabun Give

kerajinan dari sabun
portuguese.alibaba.com

Pada era di jaman sekarang ini sudah banyak yang menciptakan atau membuat kerajinan dari barang-barabg yang sudah bekas, namun anehnya adalah sebuah sabun mandi yang sebagai alat membersihkan badan ini malah di sulap menjadi kerajinan unik dan seperti mirip dengan aslinya.

Kami akan berbagi trik kepada teman-teman semua tentang bagaimana cara membuat kerajinan dari sabun give dengan bentuk bunga mawar. Temen-temen penasaran bukan hehe ??

Sebenarnya untuk membuat kreasi dari sabun ini bahan-bahan yang harus teman-teman gunakan yaitu semuanya hampir mirip. Adapun bahan-bahan tersebut antara lain yaitu:

Bahan atau Alat

  • Kawat dan daun plastik
  • Sabun giv yang masih utuh atau masih baru
  • Alat parutan untuk menghaluskan sabunnya
  • Tepung kanji

Langkah-langkah cara untuk membuat kerajinan sabun dengan bentuk bunga mawar

  • Langkah yang pertama yaitu setelah semua bahannya sudah kamu siapkan semuanya maka langkah selanjutnya kamu harus memarut sabun tersebut menjadi setipis mungkin.
  • Berikutnya yang harus kamu lakukan adalah membentuk bunga yang di kaitkan dengan kawat sampai benar-benar bentuk sabun tersebut sudah menyerupai bunga mawar yang asli.
  • Setelah itu maka kamu bisa tambahkan daun plastik di bawah bunga yang sudah kamu bentuk tadi.
  • Setelah langkah demi langkah sudah selesai, dan bunga mawar tersebut sudah jadi, maka masukkanlah ke vas bunga dan letakkan untuk hiasan ruangan tamu kamu atau kamar kamu.

Manfaat Atau Fungsi Kerajinan Dari Sabun Mandi

kerajinan dari sabun
pixabay.com

Membuat kreasi dengan bermodalkan sabun mandi sejatinya banyak sekali manfaat yang kita dapat. Manfaat tersebut di antaranya adalah sebuah kreatifitas, pendidikan, pendapatan tambahan, dan juga hiasan bagi rumah.

Manfaat Prakarya Dari Sabun Untuk Pendidikan Bagi Anak

  • Ilmu dan pengetahuan anak akan semakin cepat berkembang dengan pesat dan juga berpotensi apabila mereka sudah menemukan hal-hal yang baru yang menurutnya unik untuk di kembangkan.
  • Menggali kemampuan seni dan kreativitas bagi anak. Imajinasi-imajinasi anak akan lebih di keluarkan dan akan membentuknya menjadi pengrajin yang handal serta sangat indah dan menarik.
  • Ketika seorang anak sudah mulai tumbuh menjadi pribadi yang lebih dewasa maka otomatis anak tersebut akan semakin kreatif dalam melakukan sesuatu dan tidak akan pernah merasa bingung dalam menemukan ide-ide baru.
  • Dalam membuat kerajinan sabun ini, maka anak akan cenderung lebih cakap dan tanggap bahkan sangat gembira apabila dia sudah bisa menciptakan kreasinya sendiri.

Manfaat Karya Seni Untuk Kreatifitas

Untuk menggali lebih jauh lagi kreatifitas setiap orang atau individu yang dapat di kembangkan dengan cara membuat sebuah kerajinan-kerajinan yang unik dan bagus.

Entah itu kerajinan dari sabun, kerajinan dari stik es krim, kerajinan dari kain flanel ataupun jenis kerajinan yang lainnya.

Seperti kita ketahui pada umumnya bersama bahwa diluaran sana banyak sekali orang yang memiliki ke ahlian atau keterampilan yang luar biasa, akan tetapi mereka sama sekali tidak bisa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Sehingga hasilnya pun ke depan mereka tidak sebaik potensinya.

Nah, kamu tidak ingin kan seperti mereka tersebut? Maka dari itu kamu perlu menggali lebih dalam lagi kreatfitas yang kamu punya dengan cara membuat kerajianan atau karya seperti yang telah kami sebutkan di atas.

Manfaat Kreasi Dari Sabun Untuk Hiasan Ruangan Rumah

Kalau kamu bosan dengan hiasan rumah kamu yang gitu-gitu aja, maka kamu wajib untuk membuat kreasi dari sabun ini untuk mempercantik ruangan pada rumah kamu, agar semakin menarik dan asyik apabila di pandang.

Ya, tujuannya selain untuk memperindah ruangan juga memanfaatkan kekreatifitas yang kamu miliki, agar kamu tidak merasa bosan dengan suasana ruangan pada rumah kamu.

Manfaat lain yang kamu peroleh adalah kamu akan menjadi media belajar anak-anak kamu dalam melatih kekreativitasan mereka kelak apabila sudah dewasa.

Penutup

Kesimpulannya adalah semua kerajinan di atas memang sangat indah dan menarik untuk dicoba, tentu saja dalam proses dalam pembuatannya juga membutuhkan kretifitas, ketekekunan, ketelitian dan juga kesabaran yang sangat ekstra untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Jadi kalau kamu tertarik untuk membuatnya kerajinan dari berbahan sabun ini, maka kamu harus memiliki sifat-sifat seperti diatas yaa.

Baca juga kerajinan dari stik es krim supaya bisa menambah wawasan kamu mengenai tentang kerajinan yang unik dan keren.

Cukup sekian dulu pembahasan tentang  kerajinan yang berbahan dari sabun, kurang lebihnya mohon maaf.
Semoga artikel ini bisa menambah wawasan bagi teman-teman semua dan apabila artikel ini kamu rasa bermanfaat silahkan bantu share supaya teman-teman yang lainnya juga mendapatkan manfaat dari artikel kali ini.

Terima kasih.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *