√ Inilah 11+ Kerajinan Dari Bahan Lunak Alami dan Buatan [Terlengkap]

Apa kabar teman-teman semua nih kali ini admin elnuha.net akan membahas yang berhubungan dengan kerajinan lagi nih, yaitu salah satunya kerajinan dari bahan lunak yang semoga dengan artikel ini bisa menambah wawasan kamu lebih jauh lagi mengenai dunia kerajinan ini.

Untuk membuat sebuah kerajinan dari bahan yang lunak kamu juga bisa menggunakan nya dengan bahan alami ataupun bahan buatan yang sesuai dengan kerajinan yang akan kamu buat tersebut.

Bahan utama dari sebuah kerajinan ini dapat dengan mudah kamu dapati dari alam seperti tanah liat dan bambu. Namun bisa juga dari bahan yang tidak alami seperti yang ada di artikel sebelumnya yaitu kerajinan dari sabun mandi batang dan lain sebagainya.

Kerajinan ini termasuk juga ke dalam karya seni yang diciptakan secara tradsional di masyarakat indonesia ini.

Kerajinan Dibagi Menjadi Dua Jenis :

kerajinan dari bahan lunak alami dan buatan
qlapa.com

1. Bahan lunak alami yaitu merupakan bahan lunak yang diperoleh dari alam sekitar dan dengan proses pengolahan yang juga secara alami oleh manusia dan tanpa sedikitpun dicampur dengan bahan- bahan buatan. Contoh bahan alami yang digunakan untuk kerajinan ini, adalah , tanah liat, bambu, dan kulit pepohonan.

2. Bahan lunak buatan yaitu merupakan bahan yang digunakan untuk sebuah kerajinan yang diolah menjadi bahan lunak. Adapun macam-macam karya kerajinan dari bahan lunak buatan didapat berdasarkan bahan yang digunakan tersebut, seperti bubur kertas, gips, sabun batang, lilin, dan masih banyak yang lainnya.

Setiap jenis kerajinan tersebut selalu memiliki keunggulan dan fungsi yang berbeda-beda.

Kamu juga bisa menggunakan hasil kerajinan dari bahan lunak ini untuk hadiah kepada orang-orang yang kamu sayang atau orang terdekat kamu.

Pengertian Kerajinan Bahan Lunak

Kerajinjan-Bahan-Lunak
silanesia.com

Salah satu bentuk karya kerajinan yang bisa di jual adalah kerajinan yang berasal dari bahan lunak. Sebab, karena benda ini memiliki keindahan yang cukup menawan bagi yang melihatnya, selain itu banyak juga variasi yang beragam dari bahan lunak tersebut.

Kamu juga bisa memilih seperti apa kerajinan yang kamu suka. Selain itu, bahannya juga mudah ditemukan kok disekitar kamu.

Mengapa seni ini dinamakan dengan kerajinan bahan lunak? Karena bahan utama yang digunakan dari kerajinan adalah benda-benda yang sifatnya lunak alias tidak keras apabila dipegang.

Kamu juga dapat dengan mudah untuk membuat kerajinan ini di rumah kamu sendiri. Bisa untuk mengisi waktu kosong kamu, meningkatkan kreatifitas dan yang paling menarik bisa menghasilkan uang bagi kamu, lumayan bat nambah-nambah jajan hehhe.

Kerajinan Dari Bahan Lunak Alami

kerajinan dari bahan lunak alami dan buatan
pixabay.com

Pertama kita akan membahas tentang kerajinan yang berasal dari bahan lunak alami. Ciri khas dari bahan ini adalah terletak pada bentuknya yang sangat lunak atau tidak keras.

Untuk kamu mendapatkan bahan ini juga cukup mudah kok. Kamu bisa mengambil dari bahan alam yang masih murni di sekitar rumah kamu misalnya tanah liat dan sebagainya.

Contoh Kerajinan Dari bahan Lunak Alami :

1. Kerajinan dari Tanah Liat

kerajinan dari bahan lunak alami dan buatan
elnuha.net

Banyak sekali karya seni kerajinan yang diciptakan dari tanah liat. Kerajinan dari bahan ini banyak sekali dikenal dengan nama kerajinan keramik, yang proses pembuatannya yaitu dimulai dari tanah liat yang dipijit, dibutsir, dipilin, dibakar, hingga diglatsir sampai menghasilkan keramik yang indah dipandang.

Indonesia sendiri memiliki banyak sekali berbagai jenis kerajinan dengan teknik yang berbeda sesuai ciri khas daerah nya masing-masing.

Umumnya, ciri khas kerajinan ini ada pada bentuknya yang unik, beragam hias yang ditampilkan, dan berbeda jika dibandingkan dengan negara-negara lainpada umumnya. Contoh kerajinan lain dari tanah liat yaitu, gerabah, pot bunga, guci, hingga piring yang terbuat dari tanah liat.

Baca Juga : Kerajinan Dari Bahan Bekas

2. Kerajinan dari Serat Alam

kerajinan dari bahan lunak alami dan buatan
pixabay.com

Kerajinan yang berbahan dari serat alam juga banyak sekali menghasilkan aneka ragam seni yang indah dan bernilai rupiah.

Umumnya teknik dalam pembuatan kerajinan dari bahan serat alam ini harus dibuat dengan cara dianyam. Hasil yang akan diciptakan dari kerajinan ini di antaranya adalah yaitu seperti tas, dompet, alas meja, tempat lampu, topi, dan lain sebagainya.

3. Kerajinan dari Kulit

kerajinan dari bahan lunak alami dan buatan
elnuha.net

Kerajinan wayang ini menggunakan bahan baku kulit yang sebelumnya sudah disamak atau dirapikan. Kulit yang dapat digunakan bisa berupa kulit yang masih mentah ataupun kulit sintetis.

Kulit yang digunakan ini berasal dari hewan, seperti buaya, sapi, kambing, kerbau sebagai bahan dasar dalam pembuatan kerajinan. Kerajinan kulit ini menghasilkan banyak sekali barang atau benda seperti tas, dompet, wayang, jaket, sepatu, dan lain sebagainya.

Bahkan ada juga yang memulai usahanya dengan hanya membuat kerajinan dari kulit tersebut lalu dijualnya di pasaran bahkan sampai keluar negeri.

Kerajinan dari bahan lunak buatan :

1. Kerajinan Gips

kerajinan dari bahan lunak alami dan buatan
pixabay.com

Gips ini merupakan salah satu bahan mineral yang sifatnya tidak larut dalam air hingga jangka waktu yang cukup lama apabila sudah menjadi padat atau keras.

Gips sendiri mengandung beberapa jenis zat, yaitu seperti hidrat kalsium sulfat dan beberapa mineral seperti karbonat, nitrat, sulfat, borat yang terlepas sehingga gips tersebut dalam proses pengerasannya akan terasa sangat panas sekali.

Untuk membuat benda dengan bentuk yang kamu inginkan, maka prosesnya juga harus dicairkan terlebih dahulu dan kemudian dibuat cetakan sesuai dengan apa yang mau kamu ciptakan atau buat.

Pembuatan sebuah kerajinan juga diperlukan jika gips yang akan diproduksi dalam jumlah yang besar. Karena pada umumnya pembuatan gips sendiri memerlukan cetakan, maka bahan utama pembuatan cetakannya yaitu silicone rubber.

Namun jika kamu ingin membuat yang paling mudah dan tidak sulit dicari bisa menggunakan plastisin atau tanah liat yang berada di alam. Umumnya kerajinan dari gips ini yaitu berupa hiasan dinding atau mainan yang berbentuk seperti boneka.

Baca Juga : Kerajinan Dari Kain Flanel

2. Kerajinan Lilin

kerajinan-dari-bahan-lunak-lilin-ukir
sitimutianurfadilah.blogspot.com

Jika kita diperhatikan, dalam pembuatan kerajinan dari bahan lilin ini merupakan yang paling mudah dan sangat sederhana jika dibandingkan dengan bahan-bahan yang lainnya.

Kerajinan yang berbahan dari lilin juga bisa dilakukan oleh hampir setiap orang. Untuk membuatnya bisa dengan cara mengukir lilin tersebut secara langsung atau mencairkan nya terlebih dahulu.

Jika kamu ingin membuat dengan berbahan lilin dengan bentuk yang unik dan sesuai keinginan yang kamu mau.

Maka kamu perlu mencairkan lilin tersebut terlebih dahulu dengan memanaskannya di atas api atau kompor. Contoh kerajinan yang dihasilkan dari bahan lilin ini yaitu bunga lilin atau berbagai hiasan lainnya.

3. kerajinan Sabun

kerajinan-dari-bahan-lunak-lilin-ukir
elnuha.net

Kerajinan dari sabun yang sangat unik. Bahan yang diperlukan untuk membuat karya seni yaitu hanya dengan sabun batangan. Sabun batang tersebut dapat diolah dengan dua cara yaitu.

Pertama: mengukir sabun hingga dapat menghasilkan karya seperti: binatang, buah, dan bunga.

Kedua, membentuk sabun, yaitu: sabun harus diparut hingga menjadi seperti bubuk, lalu dicampur dengan sagu dan sedikit air, lalu dibuat adonan baru seperti membuat bentuk dari plastisin.

4. Kerajinan Bubur Kertas

kerajinan-dari-bahan-lunak-lilin-ukir
YouTube.com
Sisa kertas yang sudah tidak terpakai dirumah kamu, ternyata bisa kamu manfaatkan juga lho dengan membentuk beraneka ragam karya seni yang unik dan indah.
Untuk membuat kerajinan yang bermodalkan dari bubur kertas ini umumnya kamu harus membutuhkan koran bekas, tepung kanji, air, lem, serta alat lainya yang dibutuhkan tergantung dari bahan apa yang ingin kamu dibuat.
untuk contoh yang sudah berhasil dalam memanfaatkan bubur kertas ini yaitu kamu bisa membuat berupa celengan, tempat pensil, bingkai, dan lain sebagainya dari bubur kertas tersebut.

Fungsi Kerajinan dari Bahan Lunak

Fungsi produk kerajinan dari bahan lunak ini dibedakan menjadi dua, yaitu pertama berfungsi sebagai benda pakai dan kedua sebagai benda hias :

Baca Juga : Kerajinan Dari Stik Es Krim

1. Fungsi Pakai

kerajinan-dari-bahan-lunak-lilin-ukir
souvenirplakat.com

Benda atau barang yang terbuat dari bahan lunak yang memiliki fungsi pakai biasanya digunakan sebagai alat, wadah, ataupun pelengkap busana saja.

Sebagai benda pakai, tentu tujuan pembuatannya lebih mengutamakan yaitu ke fungsi benda tersebut, sementara unsur keindahan atau estetik hanya sebagai pendukungbelakang saja.

Fungsi pakai dibedakan kembali menjadi fungsi bahan bangunan, wadah, pembersih, dan fungsi hiburan.

Fungsi sebagai bahan bangunan ini bisa berupa semen dan batako, fungsi sebagai wadah bisa berupa kotak tisu, fungsi hiburan yang dimaksud seperti wayang kulit, dan sebagai pembersih bisa berupa sapu atau pel.

2. Fungsi Hiasan

Kerajinan Fungsi Hias
kerajinanprakarya.blogspot.com

Kerajinan yang terbuat dari bahan lunak yang digunakan sebagai benda hias yang dibuat untuk dipajang sebagai hiasan atau memperindah suatu ruangan, yang lebih mengutamakan aspek keindahan dibandingkan kegunaanya.

Contoh dari kerajinan bahan lunak yang memiliki fungsi hias yaitu salah satunya patung, guci, dan masih banyak lainnya.

Penutup

Cukup sekian dulu pembahasan tentang kerajinan tangan dari bahan bekas.

Baca juga kerajinan akrilik untuk menambah wawasan teman-teman semua dalam dunia kerajinan yang sangat kreatif ini.

kurang lebihnya admin mohon maaf apabila ada penulisan yang typo atau kurang berkesan dihati teman-teman semua.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan bagi teman-teman semua, apabila artikel ini kamu rasa bermanfaat silahkan bantu share supaya teman-teman yang lainnya juga bisa mendapatkan manfaat dari artikel kali ini.

Terima Kasih.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *