Inilah 101+ Kerajinan Dari Bahan Bekas Yang Mudah di Buat [Terlengkap]

Ide membuat sebuah kerajinan tangan yang berbahan dari bahan bekas biasanya dengan meniru kerajinan tangan yang sudah pernah ada atau dengan memodifikasi bentuk atau bahannya saja.

Sering kali kebanyakan kita mendapatkan ide membuat dalam kerajinan tangan dari barang bekas yaitu dengan melalui gambar atau informasi yang kita dapatkan melalui kata orang atau pencarian di internet.

Sudah banyak sekali kerajinan tangan yang berasal dari barang bekas yang sering kali berujung menjadi sampah yang tidak memiiki nilai sama sekali.

Dengan menyulap barang-barang bekas tersebut menjadi sebuah kerajinan tangan yang indah, maka kita sangat membantu untuk mengurangi penumpukan sampah di masyarakat.

Barang bekas seringkali dipandang sebelah mata oleh kebanyakan orang. Bahkan sering juga dibuang dan dijual dengan harga yang sangat murah.

Tetapi dengan adanya tangan-tangan orang kreatif, barang bekas tersebut bisa dirubah menjadi barang bekas yang menarik yang bernilai tinggi dan bisa dijual dengan harga yang cukup mahal.

Baca Juga : Kerajinan Dari Sabun

Mulai dari bahan bekas yang berasal dari kertas bekas, botol bekas, sisa-sisa kain jahitan/tekstil, sampah sedotan, plastik dan berbagai macam barang bekas lainnya. Pasti di sekitar kamu banyak sekali bukan barang bekas yang mungkin bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat kerajinan tangan yang mempunyai seni.

Yuk mari kita simak, inilah beberapa contoh gambar aneka kerajinan tangan dan penjelasannya dari barang bekas dan cara pembuatannya yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk membuat kerajinan tangan kamu sendiri di rumah.

Pot Bunga dari Botol Bekas

kerajinan dari bahan bekas
Rimma.co

Pot bunga dengan gambar di atas terlihat begitu menarik bukan? Bahan pembuatnya yaitu dengan hanya menggunakan botol plastik bekas saja lho. Contoh di atas hanyalah salah satu contoh kerajinan yang berbahan dari barang bekas. Gambar di atas juga merupakan salah satu contoh desain pot bunga saja.

Mungkin kamu juga bisa membuat desain yang lebih bagus dari ini dengan kreatifitas dan kemampuan yang kamu miliki.

Selain juga dengan menggunakan bahan botol bekas, kamu juga bisa membuat sebuah pot bunga yang mirip dengan menggunakan kaleng bekas minuman atau barang bekas lainnya.

Bingkai Foto

kerajinan dari bahan bekas
kerajinan-keren.blogspot.com

Bahan bekas berupa sedotan juga bisa dibuat menjadi bingkai foto yang unik dan menarik lho ternyata.

Untuk membuat bingkai foto dengan berbahan sedotan sebagai berikut:

  • Pertama-tama kamu siapkanlah beberapa buah sedotan dengan warna yang bermotif.
  • Lalu siapkanlah kardus bekas yang sudah tidak dipakai.
  • Selanjutnya kamu Potong kardus tersebut hingga membentuk ukuran frame foto yang kamu inginkan.
  • Jangan lupa juga potong persegi pada bagian tengah kardus dan lapisan bagian atas untuk membuat tampilan foto.
  • Lalu potong-potong sedotan tersebut dengan mengikuti bentuk frame, lalu susun dan tempelkanlah sedotan-sedotan itu pada bingkai bagian atas sebagai hiasannya.
  • Selanjutnya tempelkanlah bingkai yang sudah ditempeli oleh sedotan tadi ke bingkai yang menjadi lapisan pada bagian bawah kardus, jangan lupa untuk tidak memberikan lem pada semua sisi frame, sisakan juga bagian atas untuk tidak diberi lem agar bisa untuk memasukkan foto.
  • Terakhir masukkanlah foto yang kamu inginkan ke dalam bingkai tersebut.

Hiasan dinding

Hiasan dinding dari Botol Bekas
edysantoz.blogspot.com

Sedotan juga dapat dikreasikan dengan menggunakan kain flannel untuk membuat hiasan dinding yang cantik dan menarik. Hiasan dinding ini berfungsi untuk digantung di kamar kamu untuk memberikan dekorasi pada kamar kamu serta menambah keindahan dan kenyaman sebuah ruangan.

Dapat juga kamu jadikan sebagai gantungan nama yang dipajang di pintu kamar kamu untuk menambah hiasan pada pintu kamar.

Kamu juga bisa mengajak anak-anak kamu atau temen-temen kamu untuk ikut membuat karya hiasan dinding tersebut dengan berbahan bekas sedotan yang mudah didapat dimana saja. Hal ini akan sangat membantu untuk memacu kreativitas mereka untuk belajar.

Jenis sedotan yang bermotif lain dapat dikumpulkan dan jika sudah terkumpul banyak, maka dapat dijadikan hiasan dinding seperti pada gambar di atas.

Untuk membuat hiasan dinding tersebut dibutuhkan juga pembuatan pada pola dasar dinding, kemudian sedotan-sedotan bermotif tersebut kamu potong dengan menmenyesuaikan bentuk pola kemudian ditempel-tempel. Terakhir yaitu tambahkan juga pita motif yang cantik sebagai gantungan untuk memberikan kesan yang unik dan menarik.

Gak Baca Rugi : Kerajinan Dari Kain Flanel

Tempat Tisu dari Kaleng bekas

kerajinan dari bahan bekas
Dekorrumah.net

Kaleng adalah salah satu barang yang tidak terpakai di rumah tangga yang sering kita temui.

Mungkin bagi yang masih memiliki anak yang masih kecil dan menggunakan susu formula sebagai asupan bagi anaknya, maka kaleng bekas susu bubuknya sering kali menumpuk terlalu banyak di dapur dan pada akhirnya di buang begitu saja.

Daripada kaleng-kaleng susu tersebut ini tidak dimanfaatkan, lebih baik kaleng tersebut kita jadikan saja sebagai tempat untuk menata tisu.

Yang kamu perlukan hanyalah beberapa alat untuk membuat lubang pada bagian penutup atas botol dan cat atau stiker.

Lubang pada bagian atas kaleng akan bakal dijadikan sebagai tempat mengambil tisu, sedangkan cat tersebut digunakan untuk melukis atau menggambar bagian luarnya supaya tempat tisunya terlihat lebih menarik dan cantik. Kalau tidak ada cat, kamu juga bisa cukup dengan menempelkan stiker atau kertas polos saja pada bagian luar kaleng tersebut.

Membuat Bunga dari Sedotan

kerajinan dari bahan bekas
id.pinterest.com

Bunga merupakan sebuah kreasi sedotan yang paling banyak dibuat oleh kebanyakan orang pada umumnya. Karena membuat bunga dari sedotan adalah cara yang cukup mudah dilakukan untuk banyak orang. Bunga yang berbahan dasar dari sedotan dapat dirangkai menjadi satu rangkaian bunga yang dapat dipajang di ruangan rumah ataupun di dalam kamar kamu.

Memiliki rangkaian bunga di dalam rumah akan membantu untuk memperindah hiasan/suasana rumah kamu tanpa harus perlu untuk menanam bunga yang sesungguhnya.

Karena bunga yang dipetik dan dirangkai itu hanyalah cuma dapat bertahan selama beberapa hari saja, kemudian bunga-bunga tersebut juga akan jatuh layu meskipun sudah disirami dengan air yang banyak.

Celengan dari Kardus Bekas

Celengan dari Kardus Bekas
YouTube.com

Untuk melatih ketrampilan pada anak-anak kamu maka kamu perlu untuk mengajak mereka untuk membuat sebuah celengan yang berbahan dari kertas kardus seperti pada gambar di atas ini.

Kreasi dari kardus bekas ini mungkin bisa kamu jadikan sebagai tugas muatan lokal untuk membuat kerajinan tangan yang berbentuk celengan dari kardus bekas ini.

Tugas kamu yang pertama yaitu kamu perlu membuat pola utamanya dan memberi pengarahan saat perakitan sudah dimulai. Maka nanti anak didik kamu yang akan merakitnya kalau mereka belum bisa memotong pola sendiri.

Ajari mereka dengan kesabaran yang ekstra, karena tidak semua anak yang kamu ajari itu mudah mengerti dengan apa yang kamu ajarkan tersebut.

Dan supaya hasilnya juga bisa maksimal dan anak-anak pun tetap senang dan semangat karena hal ini juga bisa jadi media untuk bermain bagi anak-anak.

Setelah celengan masing-masing anak sudah jadi, pasti mereka akan merasakan kebanggan tersendiri dengan hasil yang mereka buat masing-masing dan celenganya juga bisa mereka manfaatkan untuk menabung di rumah mereka masing-masing.

Taplak Meja dari Sedotan

Taplak Meja dari Sedotan
hargataplakmeja.blogspot.com

Mungkin bagi kebanyakn orang yang belum pernah melihat tidak akan menyangka bahwa kalau sedotan juga bisa dijadikan sebagai taplak meja seperti pada gambar di atas.

Dengan memanfaatkan sebuah sedotan bekas ternyata kita bisa menyulapnya hingga menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat bahkan bisa bernilai ekonomi bagi kita.

Taplak yang berbahan dari sedotan bekas ini bisa kamu kreasikan motifnya, susunan warnanya juga bisa kamu buat sama semua atau warna-warni sesuai dengan selera yang kamu inginkan.

Alat dan bahan yang perlu kamu gunakan pun hanya beberapa meter benang dan sedotan bekas saja tentunya serta gunting untuk memotong-motong sedotan tersebut. Oh iya, supaya ukurannya bisa seragam, alangkah baiknya kamu perlu untuk menggunakan alat ukur seperti penggaris untuk mengukur panjang dan pendek potongan sedota tersebut.

Boneka lucu Bekas dari Botol Pewangi Pakaian

Boneka lucu Bekas dari Botol Pewangi Pakaian
informazone.com

Botol-botol bekas yang digunakan untuk pewangi pakaian, botol usang obat kumur mulut, atau botol usang bekas oli motor jika kamu memiliki salah satu dari botol-botol tersebut maka kamu mampu membuat boneka yang lucu satu ini.

Kamu juga bisa membuat botol-botol bekas tersebut menjadi kerajinan tangan boneka dengan berbagai tokoh yang unik dan bernilai ekonomi tentunya.

Jadi kamu tidak perlu repot-repot untuk harus lagi membeli mainan yang mahal bagi anak-anak di kamu rumah.

Cukup dengan kamu bisa menciptakan kreasi dari botol-botol ini maka kamu sudah dapat membuat aneka mainan yang lucu dan menarik bagi mereka. Buatlah boneka tokoh idola anak-anakmu, jangan lupa sesuaikan juga ukuran botol dengan tokoh yang pas untuk yang nanti kamu ciptakan.

Bungkus kado yang unik

Bungkus kado yang unik
ekspektasia.com

bila kamu ingin memberikan hadiah yang unik kepada orang terdekat kamu, maka kamu sebaiknya mengemas hadiah itu dengan bungkus yang unik dan indah.

Jangan membungkus hadiah untuk orang yang kamu sayang dengan bungkusan kado yang biasa saja. Buatlah sesuatu hal yang paling istimewa agar hadiah yang kamu berikan tersebut bisa membuat kesan tersendiri bagi yang menerimanya.

Pot tanaman lucu dan cantik

kerajinan dari bahan bekas
hipwee.com

bila ada cewek yang lihat pot bunga ini maka pasti dia akan mengatakan “ wiih keren bingits” :v. Pot ini lebih sederhana sekali bukan? pot ini tidak memerlukan bahan tambahan, tetapi kamu disuruh untuk kreatif dalam menciptakan gambar lucu di pot tersebut. Keterampilan melukis yang kamu punya sangat berpengaruh di hasil akhir pembuatan pot ini.

Baca Juga : Kerajinan Dari Bahan Lunak

Kerajinan Tangan dari Tutup Botol

kerajinan dari Tutup Botol
astromesin.com

Tutup botol kadang kali adalah sebuah benda yang sangat diremehkan dan sering kali kita buang begitu saja di tempat sampah. Padahal tanpa kita sadari bahwa sebenarnya tutup botol yang kita bunag tersebut  bisa disulap menjadi sesuatu yang sangat berharga.

Malahan beberapa model dan bentuk kerajinan dari barang bekas tertentu dapat dijual dengan harga yang cukup mahal.

Kalender Dari Tutup Botol

kerajinan dari Tutup Botol
loop.co.id

Bikin saja kalender dirumahmu menggunakan magnet agar kalendermu anti mainstream dan unik dibandingkan dengan kalender pada umumnya.

Dalam pembuatan kalender ini terbilang cukup gampang, kamu hanya tinggal siapkan saja beberapa magnet yang bisa ditempelkan di bagian belakang botol serta spidol untuk menghias bagian depan tutup botol dengan variasi kamu sendiri.

Disamping juga keren, kalender yang terbuatdari tutup unik semacam ini pula dapat digunakan berkali-kali atau bertahun-tahun selanjutnya. Kamu hanya cukup rajin-rajin saja mendesain dan bikin baru magnetnya jika mau di ubah suasana dan warna.

Jam Dinding Dari Tutup Botol

kerajinan dari Tutup Botol
hipwee.com

Kalau kamu belum punya jam dinding di rumah kamu, maka kamu perlu coba aja buat sendiri dengan bermodalkan tutup botol yang pastinya harus kamu kumpulin terlebih dahulu.

Pertama siapkan saja mesin jam dinding, besi atau gagang yang sudah tidak terpakai, lem, dan tutup botol minuman bekas. Lalu, kemudia kamu rangkai saja jadi susunan yang berbentuk jam dinding sesuai dengan gayamu sendiri atau bisa lihat gambar di atas. Praktis sekali kan. ????

Kalung Dari Tutup Botol Bekas

kerajinan dari Tutup Botol
idekeren.blogspot.com

Kalung yang indah dan cantik bisa lho kamu buat dengan bermodalkan tutup botol bekas saja. Kalau kamu bingung mau kasih hadiah apa buat ulang tahun orang yang kamu sayang, maka kamu gak perlu kwatir.

Kamu bisa kok hadiahi mereka dengan kreasi tangan kalung ini. Aksesoris unik ini tidak akan membuat malu-maluin dan dijamin hanya orang-orang tertentu yang punya. Dia tentu akan banggasekali bukan dengan pemberian yang unik itu! ????

Baca Juga : Kerajinan Akrilik

Tatakan Dari Botol Bekas

kerajinan dari Tutup Botol
hoticedtea0.blogspot.com

Bagi kamu para pecinta kopi, jangan cuma memanjakan dirimu dengan rasa kopi yang enak saja. Sesekalilah kamu manjakan juga gelasmu dong. Beri gelas kopimu tersebut dengan tatakan yang lucu dari tutup botol bekas ini.

Ngga melulu kamu harus beli tatakan yang harganya cukup mahal, maka kamu cukup berkreasi dengan daur ulang tutup botol bekas ini dan bisa jadi alternatif yang wajib kamu coba.

Cara membuatnya cukup mudah! Kamu hanya perlu menyusun tutup botol yang sedikit kamu lubangi itu dan kaitkan aja dengan kawat kecil. Simpel, bukan. ???? semoga berhasil !

Gantungan Lucu Dari Tutup Botol Bekas

kerajinan dari Tutup Botol
treehugger.com

Anak-anak kamu pasti suka kaau kamu buatkan mereka gantungan yang lucu ini ataupun juga bisa buat saudara perempuan kamu yang masih kecil, gantungan lucu untuk tasnya.

Kamu jadi tidak [erlu untuk membeli gantungan tas yang udah biasa banget beredar di pasaran, coba kamu berikan hasil kreasimu sendiri yang sangat unik dan tidak ada yang mempunyainya.

Yang kamu harus siapkan yaitu hanya tutup bekas dan spidol, serta tali dan juga pita. Oiya, jangan lupa juga lem untuk merekatkan tutup botol yang satu dengan yang lain ya.

Anting-Anting Dari Tutup Botol Bekas

kerajinan dari Tutup Botol
hipwee.com

Anting-anting yang terbuat dari tutup botol dijamin akan membuat penampilanmu akan lebih kece dan keren tentunya, untuk membuat kreasi ini  Kamu hanya cukup bermodalkan pengait anting yang bisa kamu dapat dengan mudah di toko aksesoris terdekat dirumah kamu.

Gunakan juga lem untuk menempel, jadilah sepasang anting lucu yang siap menggantung cantik di telinga kamu.

Siap-siap jadi trendsetter ya. Paling setelah itu teman-teman kamu banyak juga yang pada meniru. ????

Penutup

Cukup sekian dulu pembahasan tentang kerajinan tangan dari bahan bekas.

Baca juga kerajinan dari stik es krim untuk menambah wawasan kamu dalam dunia kerajinan yang kreatif

kurang lebihnya mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkesan dihati teman-teman semua.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan bagi teman-teman semua dan apabila artikel ini kamu rasa bermanfaat silahkan bantu share supaya teman-teman yang lainnya juga bisa mendapatkan manfaat dari artikel kali ini.

Terima kasih.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *