Pengertian dan Cara Membuat Kerajinan Akrilik [Terlengkap]

Acrylic atau dikenal juga dengan nama akrilik atau kaca plastik, resin, bahan yang merupakan polimer sintetis yang dapat mencair ketika dipanaskan atau berbentuk thermoplastik.

kerajinan akrilik
elnuha.net

Dikarenakan karakternya yang sangat unik dan juga akrilik ini gampang dibentuk untuk jadikan beragam jenis kerajinan dan hiasan, cinderamata, ataupun asesoris dll. Memiliki dengan bentuk  dengan layaknya sebuah kaca yang kuat serta memiliki warna transparan menjadikan bahan ini banyak dipakai diseluruh dunia industri serta kerajinan.

Baca Juga : Kerajinan dari bahan lunak

Cinderamata dalam bentuk kerajinan yang terbuat dari bahan akrilik kini sudah menjadi sangat trend dan produk wisata yang sangat terpopuler.  Tak hanya indah bentuknya dan awet bahannya, akrilik ini juga dapat pula dibentuk beragam jenis hiasan dan kerajinan yang unik.

Baik memberikan bentuk didalamnya membuatnya, ataupun juga dengan membikin pola layaknya bentuk hati atau lambang yang ingin diciptakan.

Berkreasi Dengan Seni Akrilik

kerajinan akrilik
elnuha.net

Di dunia kerajinan, bahan akrilik ini juga banyak sekali digunakan untuk melapis berbagai jenis barang. Tepatnya di Kota Gede Yogyakarta yang dikenal dengan kerajinan peraknya, akrilik ini dapat digunakan untuk melapisi beragam bentuk perak sebagai gantungan kunci. kerajinan akrilik ini juga sangat menjanjikan untuk menjadi usaha bagi teman-teman semua, apalagi jika tempat tinggal kamu merupakan daerah pariwisata yang cukup ramai.

Baca Juga : Kerajinan dari sabun

Pengertian Akrilik

kerajinan akrilik
elnuha.net

Akrilik sendiri diperkenalkan pada tahun 1928 di berbagai laboratorium di dunia dan dijual ke pasaran di tahun 1933 oleh Rohm and Haas Company.

Akrilik adalah bahan yang merupakan polymethyl methacrylate yang berupa polimer sintetis dari metil metakrilat yang bersifat mencair apbila dipanaskan dan permukaannya transparan.

Polymethyl methacrylate dijual dengan merek yang bernama Limacryl, Plexiglas, Acrylite, Altuglas, Vitroflex, Perspex, Acrylplast, Lucite dan secara umumnya dikenal sebagai kaca akrilik atau akrilik saja.

Cara Membuat Plastik Akrilik

kerajinan akrilik
elnuha.net

Dalam pembuatan plastik akrilik dengan bentuk serbuk yang polimerisasi suspensi. Tangguhkan monomer dalam larutan air dan tambahkan juga katalis.

Hal seperti ini akan menyebabkan terbentuknya polimer di antara tetesan pada monomer. Polimerisasi suspensi ini dapat membentuknya butiran-butiran plastik akrilik dengan ukuran yang sangat spesifik sekali.

Gunakan juga olimerisasi massal untuk membuat plastik akrilik yang pertama yaitu dengan menuangkan monomer dan katalis ke dalam cetakan. Polimerisasi massal yang meliputi dua prosedur terpisah berdasarkan pada ketebalan-ketebalaan lembaran plastik akrilik tersebut.

Baca Juga : Kerajinan tangan dari bahan bekas

Polimerisasi massal yang berkelanjutan akan sangat baik untuk lembaran yang lebih tipis dari 0.06 inci. Polimerisasi massal sel batch lebih baik ketika lembaran tersebut memiliki ketebalan dari 0.06 inci hingga 6 inci.

Gunakan polimerisasi massal yang berkelanjutan dengan terus mencampur bahan monomer dengan katalis. Campuran monomer dan katalis ini kemudian dia akan berjalan di antara sepasang sabuk baja pada paralel.

Keuntungan utama dari metode ini adalah dengan proses yang berjalan tanpa batas, menghasilkan produktivitas yang jauh lebih tinggi.

Untuk membuat lembaran plastik akrilik yang lebih tebal dan kuat dengan menggunakan polimerisasi massal sel batch.

Gunakan juga sepasang piring kaca yang dipisahkan oleh spacer untuk merakit cetakan dan atur spacer ke ketebalan yang kamu inginkan. Cetakan ini mampu berkontraksi selama polimerisasi karena spacerbersifat cukup fleksibel.

Cara Membuat Bunga Akrilik Tulip

bunga akrilik tulip
elnuha.net

Untuk membuat bunga dari bahan akrilik ini maka teman-teman semua harus mempersiapkan bahan-bahan dan alatnya terlebih dahulu, untuk bahan dan alatnya nya yaitu :

ALAT :

  1. Tang jepit
  2. Tang potong
  3. Gunting

BAHAN

  1. Pakailah kelopak pada buah teratai dan cari yang tidak terlalu besar atau kecil
  2. Buah corong kecil
  3. Buah tetes lavender
  4. Gunakan juga tali kenur secukupnya (siapkan ukuran 20cm sebanyak 3 helai)
  5. buah kawat tangkai
  6.  buah kawat stocking

Untuk cara praktek dalam pembuatannya mari di simak gambar di bawah ini yaa

cara membuat bunga akrilik tulip

cara membuat bunga akrilik tulip

kreasibunza.wordpress.com

Nah begitulah teman-teman cara membuat bunga akrilik tulip, semoga teman-teman semua bisa memahaminya dan mempraktekan nya dirumah kalian masing-masing.

Penutup

Oke sekian dulu yaa teman-teman semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.

Dan apabila artikel ini kalian rasa cukup bermanfaat maka teman-teman bisa bantu share ke yang lain semoga mereka juga mendapatkan manfaatnya dari artikel ini.

Untuk menambah wawasan teman-teman jangan lupa baca juga kerajinan dari kain flanel

Makasih. 😀

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *