Jalan-Jalan Ke Air Terjun Cilember

Musim liburan pun telah tiba!! Saya dan teman-teman Pondok Pesantren merencanakan sebuah perjalanan untuk ke sebuah curug. Awalnya sih masih bingung mau kemana.

Karena rencana nya mau ke Jogja tapi karena tiket kereta sudah habis, akhirnya kami memutuskan untuk traveling ke kota Bogor.

Ceritanya mau touring biar kaya orang-orang gitu hehehe.

Dengan modal nekad, saya dan teman-teman sepakat untuk mengendarai motor dan bergantian naik motor jika salah satu ada yang merasa capek.

Oke, pukul 7 pagi kami pun sudah siap berangkat dari Tangerang, saya dan teman-teman memulai perjalanan menuju Bogor dengan memakai sepeda motor.

Perjalanan Alhamdulillah Lancar

pixabay.com

Alhamdulillah perjalanan kami sangat lancar. Karena kondisi jalan sudah bagus dan tidak terlalu ramai. Sampai di Parung, kami berhenti sejenak untuk mengisi perut yang sudah mulai keroncongan, kami pun berhenti di sebuah warung makan nasi padang di dekat pasar.

Perjalanan kami cukup lancar hanya sedikit macet di daerah Ciawi menuju puncak, karena pukul 10 pagi biasanya masih di tutup jalur kearah puncak dan di buka kembali pukul 11 siang,
Kami pun berhenti sejenak sambil menunggu jalur tersebut di buka.

Rute menuju Curug Cilember tidak terlalu jauh dari Cimory nanti ambil arah ke kiri.

Jalanan nya memang melewati rumah-rumah penduduk setempat dan harus berhati-hati karena kondisi jalanan nya agak rusak dan cukup macet saat liburan panjang, karena banyak orang dari luar kota juga datang ke sana untuk mandi dan kegiatan lainnya.

Jalanan nya hanya satu arah, membuat pengendara mobil harus antri dan bergantian melewati jalan tersebut. Setelah melewati rumah-rumah penduduk dan hutan, akhirnya tibalah kami di tempat parkir Curug Cilember tersebut,

Sampai Di Curug

pixabay.com

Oke, sudah sampai di depan pos penjagaan, untuk tiket masuk ke curug adalah 20000rb/ orang.
Cilember adalah sebuah desa yang terdapat di Cisarua, puncak, Jawa Barat.

Salah satu tujuan wisata yang terkenal di daerah ini adalah wahana wisata Curug Cilember.

Arti kata curug adalah bahasa sunda dari air terjun. Di Curug Cilember, kita akan menghadapi tantangan untuk bisa mengunjungi tujuh buah air terjun yang ada di kawasan ini dengan medan yang semakin sulit dan terjang.

Curug Cilember

merahputuh.com

Curug Cilember memiliki 2 Curug yang berbeda yaitu Curug 5 dan Curug 7. Tidak jauh dari pintu masuk terdapat pedagang – pedagang souvenir yang menjual pakaian bertuliskan Curug Cilember dan berbagai souvenir lainnya.

Taman Kupu-Kupu

Terdapat juga taman kupu-kupu yang besar dan monyet-monyet yang bergelantungan di pohon-pohon sepanjang hutan tersebut, dan ada juga kolam refleksi ikan yang dapat menyembuhkan penyakit gatal-gatal dll.

Curug

pixabay.com

Curug 7 letaknya tidak jauh dari pintu masuk dan konon ceritanya jika kita mandi di curug 7, muka akan menjadi awet muda dan bagi yang belum menikah akan mendapatkan jodoh ( hehehe… Kebetulan saya juga masih jomblo wkwkwk ) 😀

Di mulai dari air terjun ke tujuh yang agak dekat dari pintu masuk, hingga curug ke 1 yang berada di paling atas. Untuk sampai ke curug 1 bisa menempuh sejauh kurang 2 kilo dari bawah pintu masuk.

Karena curug 7 lebih dekat dibanding kan dengan curug lainnya, sehingga pengunjung pun lebih banyak datang kesana.

Disekitar curug 7 juga, banyak sekali tenda-tenda yang dipasang untuk pengunjung yang ingin berkemah di sana, ada tenda yang disewakan, ada juga pengunjung yang membawa tenda sendiri untuk camping di sana dan menikmati sejuk nya suasana curug.

Curug 7 memiliki fasilitas lengkap seperti toilet umum, mushola dll.

Ada juga kamar ganti bagi pengunjung yang basah bajunya setelah bermain air di curug.

Saya dan teman-teman memutuskan untuk naik ke curug 5 terlebih dahulu, karena letaknya jauh lebih tinggi dan mendaki.

Medan yang harus dilalui adalah akar-akar pohon besar dan tanah merah yang lumayan licin karena abis terkena air embun.

Untuk sampai dipuncak curug kami membutuhkan waktu sekitar 1 jam an. Tapi walaupun agak lama pasti gak akan nyesel deh karena curug 5 jauh lebih indah dibanding curug 7 katanya, view untuk foto-fotonya pun lebih bagus dan cocok buat kalian yang suka selvy hehehe...

Dan pastinya harus mandi juga disana walaupun air nya sangat dingin dan menusuk tulang.

Curug Cilember dapat menjadi pilihan wisata bagi anda yang ingin berekreasi bersama keluarga dan teman-teman di akhir pekan atau liburan, di sana juga selain tempat nya yang adem dan sejuk,  terdapat juga banyak sekali tempat makan khas Kota Bogor dan oleh-oleh lainnya, pokoknya recomended banget deh buat kamu yang ingin mencari tempat liburan.

Setelah puas bermain air, saya dan teman-teman langsung turun menuju ke curug 7, dan di sepanjang jalan kami sering bertemu dengan orang Arab yang datang juga ke sana untuk berwisata dan menikmati indahnya suasana curug.

Lokasi puncak dan sekitarnya memang kebanyakan di huni oleh orang-orang Arab yang sudah lama bermukim di sana.

Jadi jangan pernah heran yaa, kalau datang ke Curug Cilember dan sekitarnya itu kita selalu bertemu dengan wajah-wajah Arab yang cantik dan rupawan hehehe. 😀

Cuaca cukup cerah pada siang itu, ditambah pemandangan curug yang indah di pandang dan segar, setelah kami sampai di curug 7, saya dan teman-teman langsung saja bermain air dan mandi di curug 7 tersebut.

Suasana ramai dan dingin tidak menghalangi niat saya dan teman-teman untuk merasakan sensasi segarnya mandi dibawah air terjun yang sangat deras dan segar itu.

Curug yang indah dan pemandangan yang bisa menyegarkan mata pastinya gak bakal nyesel dah datang kesana.

Karena hari sudah mulai malam tepatnya pukul 17:30 sore, saya dan teman-teman pun memutuskan untuk pulang kerumah salah satu teman kami yang kebetulan rumah nya di Daerah Bogor juga, jadi yaa mau numpang makan dan tidur deh di sana wkwkwk…

Olah Raga Pagi

pixabay.com

Keesokan paginya kami pun langsung di ajak jalan-jalan menelusuri salah satu kampung teman saya tersebut yang tepat nya berada di daerah Mega Mendung.

Saya dan teman-teman saya menelusuri kampung dengan berjalan kaki, karena suasana masih pagi jadi sekalian olah raga deh heheh

Bermain Ke Sungai

pixabay.com

Dan ternyata di kampung tersebut ada sebuah sungai juga yang amat deras juga air nya dan banyak bebatuan besar di sungai tersebut, saya dan teman-teman pun langsung ingin melihat sungai tersebut.

Dan kami pun langsung turun ke sawah untuk menuju ke sungai tadi, jalan yang lumayan licin karena abis terkena air embun pada malam tadi.

Setiba nya kami di bawah, saya pun langsung menceburkan tangan saya ke dalam air sungai tersebut, untuk merasakan segar nya air hehehe..

Biasa lah saya itu klo lihat air jernih bawaan nya mau nyemplung aja udah 😀

Oke, sekian pengalaman saya saat berlibur ke Curug cilember, Seru dan menyenangkan sekali. Sampai jumpa di cerita perjalanan saya selanjutnya yaaa. 😀