27+ Jenis Alat Musik Tradisional dan Cara Bermainnya [Terlengkap]

Jenis alat musik tradisional – Assalamualaikum sahabat semua Elnuha.net. Pada kesempatan ini saya akan berbagi sebuah artikel yang berisi tentang jenis alat musik tradisional yang berada di Indonesia.

Indonesia adalah negara yang terkenal akan keanekaragaman budayanya, yaitu salah satunya adalah alat musik tradisional. Alat musik tradisional di Indonesia sudah memiliki nama dan kegunaan yang unik di masing-masing daerah.

Di Indonesia juga terdapat banyak sekali jenis-jenis alat musik pukul tradisional yang sudah kami tuliskan di artikel yang berikutnya.

Alat Musik Tradisional Indonesia

Kita juga pasti mengetahui bahwa Indonesia memiliki 34 provinsi mulai dari sabang sampai merauke, dimana setiap daerahnya memiliki kesenian dan alat musik tradisional yang berbeda-beda dan cukup unik sekali. Mungkin jika dihitung jumlahnya bisa sampai ratusan, akan tetapi hanya beberapa saja yang populer.

Indonesia bukan hanya terkenal dengan alat musik tradisionalnya saja tetapi juga terkenal dengan alat musik modern nya juga loh.

Bagi kamu yang bangga menjadi Indonesia. Yuk, kita cari tahu apa saja alat musik tradisional yang populer itu.

Berikut di bawah penjelasan nama alat musik tradisional Indonesia dan asal daerahnya : 

1. Alat musik tradisional : Serune Kale

alat musik gesek, alat musik tradisional jawa timur, alat musik lampung, perkusi, jenis musik tradisional, alat musik gong, musik tradisional talempong berasal dari daerah, musik tradisional, alat musik maluku, kumpulan alat musik tradisional dan keterangannya
steemkr.com

Serune Kale merupakan alat musik tradisional yang berupa terompet khas Aceh dengan dengan struktur bentuk mirip klarinet ini. Biasanya serune kale dimainkan sebagai instrumen utama dalam sebuah pertunjukan musik di Daerah Aceh, diiringi geundrang, rapai, dan sejumlah instrumen tradisional lainnya.

Alat musik Serune Kale dikenal terutama terdapat di daerah Aceh Utara, Aceh Besar, dan Aceh Barat.

Serune Kale juga berasal dari dua kata, yaitu (serune) yang merujuk pada instrumen tradisional Aceh, dan (kale) yang merupakan nama desa di Laweung, Kabupaten Pidie.

Jadi secara sederhana, serune kale bisa diartikan sebagai serunai/seruling dari daerah Kale tersebut. Sangat mungkin penamaan tersebut dikaitkan dengan kemunculan atau tempat pembuatan serune kale tersebut.

Cara menggunakan serune kale adalah dengan ditiup dan menggunakan jari untuk mengatur nada yang ada di lubang serune kale tersebut.

2. Alat musik tradisional : Aramba

alat musik tradisional jawa timur, alat musik lampung, perkusi, jenis musik tradisional, alat musik gong, musik tradisional talempong berasal dari daerah, musik tradisional, alat musik maluku, kumpulan alat musik tradisional dan keterangannya, alat musik
Gedubar.com

Aramba yaitu salah satu alat musik yang terbuat dari bahan tembaga, kuningan, suasa dan nikel. Alat ini hanya bisa dimainkan oleh satu orang. Fungsi aramba berperan sebagai pembawa pola irama di sebuah pertunjukan musik.

Meskipun aramba ini merupakan alat musik tradisional dari Nias, pada sebenarnya alat ini tidak benar-benar asli dibuat oleh masyarakat Nias. Berdasarkan sejarah yang ada, alat musik Aramba ini adalah hasil kerajinan dari Jawa yang dibawa ke Nias dengan sistem tukar/barther.

Cara untuk menggunakan aramba yaitu dengan dipukul menggunakan pemukul seperti stik.

3. Alat musik tradisional: Saluang

alat musik lampung, perkusi, jenis musik tradisional, alat musik gong, musik tradisional talempong berasal dari daerah, musik tradisional, alat musik maluku, kumpulan alat musik tradisional dan keterangannya, alat musik, alat musik tiup
alampedia.blogspot.com

Alat musik saluang adalah merupakan salah satu alat musik asal Daerah Sumatera Barat Indonesia. Lebih tepatnya alat musik ini adalah alat musik khas Minangkabau. Yang mana alat musik tersebut di tiup dan terbuat dari bambu yang tipis.

perkusi, jenis musik tradisional, alat musik gong, musik tradisional talempong berasal dari daerah, musik tradisional, alat musik maluku, kumpulan alat musik tradisional dan keterangannya, alat musik, alat musik tiup, alat musik riau
2.bp.blogspot.com

Para pemain saluang pun wajib mengetahui teknik pernapasan dalam memainkan alat musik tersebut. Teknik tersebut dinamakan manyisiahkan angok (menyisihkan napas).

Teknik ini dilakukan para para pemain saluang dengan meniup dan menarik napas dengan  bersamaan, sehingga peniup saluang dapat memainkan alat musik itu dari awal dari akhir lagu tanpa jeda/putus. Cara pernapasan ini dikembangkan dengan latihan yang terus menerus oleh para pemain saluang tersebut.

4. Alat musik tradisional : Gambus

jenis musik tradisional, alat musik gong, musik tradisional talempong berasal dari daerah, musik tradisional, alat musik maluku, kumpulan alat musik tradisional dan keterangannya, alat musik, alat musik tiup, alat musik riau, alat musik betawi
riauberbagi.blogspot.com

Gambus adalah salah satu jenis alat musik tradisional yang terdapat hampir di seluruh kawasan Melayu. Gambus sekilas menyerupai seperti gitar dan alat petik lainnya. Alat musik Gambus merupakan salah satu alat musik petik yang bersuara keras dan merdu.

Alat music gambus ini juga jadi pengiring nyanyian atau sholawat pada saat diselenggarakan pesta pernikahan atau acara syukuran. Alat musik ini identik dengan nyanyian yang mengandung islam, contohnya sholawat dll. Gambus biasanya dimainkan sambil diiringi dengan gendang.

5. Alat musik tradisional : Serangko

alat musik gong, musik tradisional talempong berasal dari daerah, musik tradisional, alat musik maluku, kumpulan alat musik tradisional dan keterangannya, alat musik, alat musik tiup, alat musik riau, alat musik betawi, nama nama alat musik
http://www.carabermainalatmusik.com

Serangko adalah salah satu dari alat musik tiup yang merupakan warisan dari kerajaan melayu tua di Kerinci dahulu.

Alat serangko berasal dari Jambi yang di buat dari tanduk kerbau. Cara menggunakan serangko adalah dengan ditiup, serangko biasa di tiup yang bertujuan untuk pemberitahuan jika ada musibah ataupun pengumuman di masyarakat Jambi.

6. Alat musik tradisional : Accordion

musik tradisional talempong berasal dari daerah, musik tradisional, alat musik maluku, kumpulan alat musik tradisional dan keterangannya, alat musik, alat musik tiup, alat musik riau, alat musik betawi, nama nama alat musik, contoh musik tradisional
http://bukanpemusik.blogspot.com

Accoridon adalah alat musik yang berasal dari Sumatera Selatan. Accoridon merupakan alat musik yang sejenis organ.

Accordion mempunyai jenis bunyi aerofon, yaitu jenis bunyi yang berasal dari hembusan nafas. Cara menggunakan accordion yaitu dengan ditiup dan memakang kedua tangan untuk mengatur alunan nada yang di keluarkan.

7. Alat musik tradisional : Doll

musik tradisional, alat musik maluku, kumpulan alat musik tradisional dan keterangannya, alat musik, alat musik tiup, alat musik riau, alat musik betawi, nama nama alat musik, contoh musik tradisional, alat musik kolintang berasal dari
Budaya Indonesia . org

Musik doll adalah merupakan alat atau kesenian tradisional masyarakat Bengkulu.

Sebagai alat tradisional (doll) yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan senimannya, serta sebagai instrumen yang digunakan pada setiap acara resmi di Kota Bengkulu, seperti acara penyambutan tamu – tamu penting, pernikahan, dan lain sebagainya.

Cara menggunakan doll yakni dengan dipukul memakai alat pemukul seperti bambu dll.

8. Alat musik tradisional : Bende

alat musik maluku, kumpulan alat musik tradisional dan keterangannya, alat musik, alat musik tiup, alat musik riau, alat musik betawi, nama nama alat musik, contoh musik tradisional, alat musik kolintang berasal dari, macam macam alat musik tradisional
obayaku.wordpress.com 

Bende adalah alat yang berasal dari daerah Lampung yang memiliki jenis suara yakni Ideofon. yaitu jenis bunyi yang berasal dari bahan dasarnya

Bende atau canang adalah sejenis gong kecil yang dapat ditemukan di hampir seluruh kepulauan Nusantara dari Sumatera hingga Maluku dan kepulauan besar lainnya. 

Cara menggunakannya pun dengan alat pukul yang khusus buat bende tersebut. 

9. Alat musik tradisional : Gendang Melayu

kumpulan alat musik tradisional dan keterangannya, alat musik, alat musik tiup, alat musik riau, alat musik betawi, nama nama alat musik, contoh musik tradisional, alat musik kolintang berasal dari, macam macam alat musik tradisional, alat musik tradisional jawa tengah
alampedia.blogspot.com

Gendang melayu adalah berasal dari Kepulauan Bangka Belitung yang mempunyai beberapa jenis bunyi Membranofon, yaitu jenis bunyi yang asalnya dengan memukul di sekitar area lunak dengan menggunakan telapak tangan hingga ke area yang keras.

Alat musik gendang melayu ini terbuat dari kulit binatang seperti sapi, kambing atau kerbau, dan alat musik ini merupakan salah satu alat musik dalam keluarga ketimplung.

10. Alat musik tradisional : Gendang Panjang

alat musik, alat musik tiup, alat musik riau, alat musik betawi, nama nama alat musik, contoh musik tradisional, alat musik kolintang berasal dari, macam macam alat musik tradisional, alat musik tradisional jawa tengah, alat musik angklung
sniperoze.blogspot.com

Alat musik gendang adalah merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara memukul seperti halnya memukul dengan telapak tangan.

Gendang terbuat dari kayu dengan selaput (membran), dan kulit sapi untuk sarana pemukulan terhadap gendang tersebut, dan gendang juga dibagi beberapa bagian, gendang kecil disebut rebana, gendang besar disebut redap.

Untuk membunyikan gendang, cukup menggunakan tangan yang di pukulkan ke kulit sapi yang ada di gendang tersebut atau bisa jua memukul dengan alat kayu dan sejenisnya.

Fungsi gendang yaitu sebagai penentu tempo ketukan pada musik untuk mengiringi tarian.

11. Alat musik tradisional : Tehyan

alat musik tiup, alat musik riau, alat musik betawi, nama nama alat musik, contoh musik tradisional, alat musik kolintang berasal dari, macam macam alat musik tradisional, alat musik tradisional jawa tengah, alat musik angklung, musik
balubu.com

Tehyan adalah alat musik tradisional yang berasal dari Betawi (Jakarta).  yang mempunyai jenis suara Kordofon, Alat musik ini sebenernya berasal dari China yang dibawa keturunan dari Thiong Hoa yang dahulu menetap atau singgah di Indonesia tepat nya di Daerah Jakarta.

Tehyan biasanya digunakan dengan cara digesek di bagian dawai atau senarnya, hampir sama dengan memainkan biola dan alat gesek lainnya.

12. Alat musik tradisional : Angklung

alat musik riau, alat musik betawi, nama nama alat musik, contoh musik tradisional, alat musik kolintang berasal dari, macam macam alat musik tradisional, alat musik tradisional jawa tengah, alat musik angklung, musik, alat musik tradisional sumatera utara
1001indonesia.net

Angklung adalah alat yang berasal dari masyarakat Sunda Jawa Barat. Alat angklung yang (bernada ganda) yang terbuat dari bambu.

Cara memainkannya pun cukup mudah hanya dengan menggoyangkannya. Bunyi yang dihasilkan disebabkan oleh benturan badan pipa bambu yang saling bertemu.

Bunyi dari alat angklung yang bernada, dengan memanfaatkan rongga adalah suatu bentuk seni yang sudah dikenal lama di indonesia, misalnya dengan alat tiup yang dikenal di dunia. Alat musik bambu amatlah populer di Nusantara.

13. Alat Musik tradisional : Gamelan

alat musik betawi, nama nama alat musik, contoh musik tradisional, alat musik kolintang berasal dari, macam macam alat musik tradisional, alat musik tradisional jawa tengah, alat musik angklung, musik, alat musik tradisional sumatera utara, alat musik yang dipukul
www.carabermainalatmusik.com

Gamelan yaitu berasal dari Jawa Tengah yang mempunyai jenis bunyi Ideofon. Cara memainkannya adalah dengan dipukul – pukul dengan alat pemukul khusus gamelan.

Nama gamelan tersebut berasal dari 2 suku kata gamel dan imbuhannya an. Kata gamelan berasal dari bahasa jawa gamel mempunyai arti memukul atau bisa juga menabuh dan imbuhan an diartikan sebagai kata benda.

Sedangkan istilah kata gamelan mempunyai arti satu kesatuan alat musik yang dimainkan secara bersamaan untuk memainkan alat musik gamelan tersebut.

14. Alat musik tradisional : Bonang

nama nama alat musik, contoh musik tradisional, alat musik kolintang berasal dari, macam macam alat musik tradisional, alat musik tradisional jawa tengah, alat musik angklung, musik, alat musik tradisional sumatera utara, alat musik yang dipukul, alat musik khas sunda
www.carabermainalatmusik.com

Bonang adalah alat tradisional yang berasal dari daerah Jawa Timur, bonang mempunyai jenis bunyi Ideofon. Cara memainkannya dengan dipukul dengan alat pukul.

15. Alat musik tradisional : Gengceng

contoh musik tradisional, alat musik kolintang berasal dari, macam macam alat musik tradisional, alat musik tradisional jawa tengah, alat musik angklung, musik, alat musik tradisional sumatera utara, alat musik yang dipukul, alat musik khas sunda, alat musik jambi
www.kamerabudaya.com

Gengceng adalah alat musik tradisional yang unik dan berasal dari daerah Bali, dengan memiliki khas bunyi yakni Ideofon, cara mainnya yaitu dengan diletakkan pada kedua telapak tangan lalu ditepuk satu sama lain sehingga bisa berbenturan dan dapat mengeluarkan suara yang nyaring.

16. Alat musik tradisional : Serunai

alat musik gesek, alat musik tradisional jawa timur, alat musik lampung, perkusi, jenis musik tradisional, alat musik gong, musik tradisional talempong berasal dari daerah, musik tradisional, alat musik maluku, kumpulan alat musik tradisional dan keterangannya
Matabaca.net

Alat musik serunai yang berasal dari daerah Minangkabau Sumatera Barat. Serunai, atau juga disebut puput serunai, adalah nama alat yang dimainkan dengan cara di tiup di ujung nya, sama halnya dengan memainkan alat musik seruling.

Serunai mempunyai ujung yang mengembang yang berfungsi untuk memperbesar volume suara. Serunai mempunyai spesifikasi yang bervarisi di tiap daerah-daerah tertentu.

Bahkan ada juga jenis serunai yang pengaturan nadanya dilakukan dengan cara menutup dan membuka permukaan bagian corong serunai tersebut.

17. Alat musik tradisional : Sasando

alat musik kolintang berasal dari, macam macam alat musik tradisional, alat musik tradisional jawa tengah, alat musik angklung, musik, alat musik tradisional sumatera utara, alat musik yang dipukul, alat musik khas sunda, alat musik jambi, alat musik kolintang berasal dari daerah
satujam.com

Alat musik sasando berasal dari kebudayaan Rote, daerah Nusa Tenggara Timur.

Masyarakat Rote biasanya menyebutnya dengan istilah (Sasandu), maksudnya yaitu alat yang berbunyi atau bergetar.

Alat musik sasando ini dapat dimainkan dengan cara dipetik menggunakan jari-jemari tangan kita.

18. Alat musik tradisional : Japen

macam macam alat musik tradisional, alat musik tradisional jawa tengah, alat musik angklung, musik, alat musik tradisional sumatera utara, alat musik yang dipukul, alat musik khas sunda, alat musik jambi, alat musik kolintang berasal dari daerah, alat musik tradisional papua
wacana.co

Japen adalah alat musik yang digemari oleh khususnya masrayakat yang ada di daerah Kalimantan Tengah, cara memainkan alat tersebut dengan cara dipetik dibagian senarnya dan akan menghasilkan jenis bunyi Kordofon.

19. Alat musik tradisional : Sampe

alat musik tradisional jawa tengah, alat musik angklung, musik, alat musik tradisional sumatera utara, alat musik yang dipukul, alat musik khas sunda, alat musik jambi, alat musik kolintang berasal dari daerah, alat musik tradisional papua, alat musik yang ditiup
Kata.co.id

Sampe adalah salah satu alat musik tradisional suku Dayak di daerah Kalimantan. Alat musik satu ini sering di gunakan untuk mengiringi berbagai acara adat seperti tarian adat dan acar nikahan.

Hampir semua masyarakat suku Dayak di Kalimantan menggunakan alat musik satu ini untuk pelengkap acara adat di daerah mereka. namun setiap masyarakat suku Dayak memiliki penamaan yang berbeda – beda seperti, Sampe’,sape’, sempe, dll.

Alat musik sampe ini biasa di mainkan dengan cara di petik menggunakan jari – jemari.

20. Alat musik tradisional : Tuma

alat musik angklung, musik, alat musik tradisional sumatera utara, alat musik yang dipukul, alat musik khas sunda, alat musik jambi, alat musik kolintang berasal dari daerah, alat musik tradisional papua, alat musik yang ditiup, alat musik lengkap
blackorchid44.blogspot.com

Tuma adalah alat musik yang berasal dari Kalimantan Barat yang mempunyai jenis bunyi Membranofon, yanag mana bunyinya mirip seperti gendang panjang.

Alat musik tuma ini terbuat dari bahan dasar kayu yang berdiameter 24-25 cm dengan panjang 1 meter sebagai rangkanya dan kulit lembu sebagai membrannya.

21. Alat musik tradisional : Panting

musik, alat musik tradisional sumatera utara, alat musik yang dipukul, alat musik khas sunda, alat musik jambi, alat musik kolintang berasal dari daerah, alat musik tradisional papua, alat musik yang ditiup, alat musik lengkap, alat musik ansambel
www.befreetour.com

Panting adalah alat musik tradisional yang sejenis dengan gambus yang berasal dari Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan. Alat musik panting biasa hanya di mainkan oleh masyarakat suku Banjar saja.

Biasanya alat tradisional panting dimainkan dengan cara dipetik. Babun, alat musik yang terbuat dari kayu berbentuk bulat, ditengahnya terdapat lubang, dan di sisi kanan dan kirinya dilapisi dengan kulit yang berasal dari kulit kambing atau sapi.

22. Alat musik tradisional : Kolintang

alat musik tradisional sumatera utara, alat musik yang dipukul, alat musik khas sunda, alat musik jambi, alat musik kolintang berasal dari daerah, alat musik tradisional papua, alat musik yang ditiup, alat musik lengkap, alat musik ansambel, alat musik modern
http://djofrontoneinnbengkulu.com

Kolintang adalah alat musik tradisional asal daerah Minahasa Sulawesi Utara yang mempunyai jenis bunyi Ideofon.

Kolintang biasa disebut juga kulintang. Kata Kolintang ini sebenarnya berasal dari bunyi yang dihasilkan oleh alat musik kolintang tersebut, yakni Tong pada saat nada rendah, dan Ting pada waktu nada tinggi dan Tang ketika mengeluarkan nada tengah.

Dahulu ketika masyarakat minahasa ingin memainkan kolintang mereka biasanya mengucapkan “Maimo Kumolintang“ yang artinya (Ayo kita ber TongTingTang) dari kebiasaan itulah alat musik ini diberi nama alat kolintang.

23. Alat musik tradisional : Ganda

alat musik yang dipukul, alat musik khas sunda, alat musik jambi, alat musik kolintang berasal dari daerah, alat musik tradisional papua, alat musik yang ditiup, alat musik lengkap, alat musik ansambel, alat musik modern, gambar alat musik
tradisikita.my.id

Ganda adalah alat musik tradisional yang berasal dari Sulawesi Tengah yang mempunyai jenis bunyi Membranofon.

Ganda biasanya dimainkan dengan cara ditepuk dengan telapak tangan dan akan menghasilkan nada ritmis. Ganda juga biasanya dimainkan bersama dengan iringan alat musik tradisional yang lainnya.
Secara umum alat musik ganda merupakan gendang kecil yang semirip denga marwas yang terbuat dari bahan dasar kayu dan kulit sapi sebagai membrannya.

24. Alat musik tradisional : Keso

alat musik khas sunda, alat musik jambi, alat musik kolintang berasal dari daerah, alat musik tradisional papua, alat musik yang ditiup, alat musik lengkap, alat musik ansambel, alat musik modern, gambar alat musik, musik daerah
AlatMusik.org

Keso adalah alat tradisional yang  berasal dari Sulawesi Selatan yang mempunyai jenis bunyi Chordofon. Apabila dilihat dari bentuknya alat keso ini mirip dengan alat musik rebab yang berasal dari jawa.

Fungsi dari alat musik tradisional keso-keso ini Sebagai pelengkap upacara, upacara keagamaan, penyambutan tamu, dan acara adat lain di sulawesi selatan. Cara memainkannya pun dengan digesek di bagian senar yang berada di tengah kayu.

25. Alat musik tradisional : Ladolado

alat musik jambi, alat musik kolintang berasal dari daerah, alat musik tradisional papua, alat musik yang ditiup, alat musik lengkap, alat musik ansambel, alat musik modern, gambar alat musik, musik daerah, pengertian alat musik tradisional
Lamandala.Net

Ladolado adalah alat musik yang berasal dari Sulawesi Tenggara yang mempunyai jenis bunyi Ideopon. Cara memainkannya alat musik ladolado dengan cara dipukul dengan menggunakan kayu.

Ladolado juga merupakan alat musik pukul yang biasanya digunakan oleh masyarakat Sulawesi Tenggara pada saat acara pernikahan dan tertentu.

26. Alat musik tradisional : Ganda

alat musik kolintang berasal dari daerah, alat musik tradisional papua, alat musik yang ditiup, alat musik lengkap, alat musik ansambel, alat musik modern, gambar alat musik, musik daerah, pengertian alat musik tradisional, gambar musically
masterjunior23.blogspot.com

Ganda adalah alat musik tradisional yang berasal dari Sulawesi. yang mempunyai jenis bunyi Membranofon.

Alat musik ganda juga merupakan jenis alat musik pukul seperti gendang tetapi ukurannya lebih kecil dan lebih ramping dibanding dengan gendang jawa. Cara memainkannya pun cukup dengan memukul bagian kulit di ujung kayunya saja dengan menggunakan telapak tangan.

27. Alat musik tradisional : Kecapi

alat musik tradisional papua, alat musik yang ditiup, alat musik lengkap, alat musik ansambel, alat musik modern, gambar alat musik, musik daerah, pengertian alat musik tradisional, gambar musically, musik tradisional adalah
Kata.co.id

Kecapi adalah alat musik tradisional yang berasal dari daerah Sunda Jawa Barat yang mempunyai jenis bunyi kordofon.

Kecapi merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. biasa dimainkan sebagai alat musik utama dalam Tembang Sunda dan kacapi suling.

Arti dari kata kacapi dalam bahasa Sunda juga merujuk kepada tanaman sentul, yang dipercaya kayunya bisa digunakan untuk membuat alat musik kecapi.

28. Alat musik tradisional : Nafiri

alat musik yang ditiup, alat musik lengkap, alat musik ansambel, alat musik modern, gambar alat musik, musik daerah, pengertian alat musik tradisional, gambar musically, musik tradisional adalah, fungsi alat musik tradisional
sagangonline.com

Nafiri adalah merupakan alat musik tradisional yang berasal dari provinsi Riau di pulau Sumatera yang bentuknya mirip seperti terompet, yang mempunyai jenis bunyi membranofon.

Nafiri biasa dimainkan dalam acara-acara tradisional musik nobat dalam majlis hiburan kaum kerabat Di Raja (kerajaan), mengiringi tradisi adat istiadat istana, perkawinan Di Raja dan upacara sambutan Raja.

Cara memainkannya adalah dengan ditepuk menggunakan telapak tangan.

29. Alat musik tradisional : FU

alat musik lengkap, alat musik ansambel, alat musik modern, gambar alat musik, musik daerah, pengertian alat musik tradisional, gambar musically, musik tradisional adalah, fungsi alat musik tradisional, alat musik sulawesi selatan
sanjiwi – WordPress.com

Fu adalah alat musik yang berasal dari Daerah Maluku Utara. Asal alat musik ini adalah dulu ada sesesorang yang tersesat di hutan kemudian ia meniupkan alat ini untuk meminta bantuan kepada seseorang yang mendengarnya.

Fu juga merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari kulit kerang, dan cara memainkannya dengan meniup pada bagian yang berlubang atau terbuka.

30. Alat musik tradisional : Tifa

alat musik ansambel, alat musik modern, gambar alat musik, musik daerah, pengertian alat musik tradisional, gambar musically, musik tradisional adalah, fungsi alat musik tradisional, alat musik sulawesi selatan, alat musik gambus
dictio.id

Tifa adalah alat musik yang bentuknya menyerupai seperti kendang dan terbuat dari kayu yang di lubangi tengahnya dan berasal dari papua.

Ada beberapa macam jenis alat musik Tifa seperti Tifa Jekir, Tifa Dasar, Tifa Potong, Tifa Jekir Potong dan Tifa Bas. Tifa mirip dengan alat musik gendang yang dimainkan dengan cara dipukul.

PENUTUP

pixabay.com

Itu tadi kawan, pembahasan mengenai nama alat musik tradisional di indonesia yang saya tuliskan.

Untuk teman-teman yang ingin membaca lebih lanjut tentang pengertian alat musik tradisional bisa cek di artikel saya yang berjudul pengertian alat musik tradisional selamat membaca !

Saya ucapkan terima kasih banyak kepada teman-teman semua yang telah membaca artikel ini hingga selesai. Tak lupa juga saya mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam proses penulisan baik itu typo atau terdapat kata yang menyinggung kalian.

Semoga artikel yang saya bagikan ini bisa memberikan manfaat untuk kalian semua. Dan bisa memecahkan masalah kalian semua. Pantengin terus Elnuha.net agar kalian tidak ketinggalan berita unik dan menarik lainnya.

Sampai jumpa lagi dengan postingan yang berikutnya yah,…bye-bye. 😀

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *