33+ Alat Musik Tiup Beserta Gambar dan Penjelasannya [TERLENGKAP]

alat musik tiup
pixabay.com

Alat Musik Tiup – Pastinya Anda sudah sangat mengenal alat musik tiup ini bukan?. Walaupun tidak pernah memainkannya setidaknya kita bisa membedakan beberapa alat musik tiup dengan yang tidak.

Alat musik tiup ini memang telah meliputi banyak sekali kategori dari kategori tradisional, modern dan lain sebagainya.

Dengan beberapa kategori tersebut maka alat musik tiup ini bisa di pastikan jika terdapat banyak jenis alat musik tiup tersebut.

Ada alat musik tiup yang terbuat dari bahan kayu ada juga yang terbuat dari bahan bambu.

Untuk alat musik modern yang kerap kali kita ketahui di kehidupan sehari-hari adalah alat musik tiup yang menggunakan bahan plastik, besi ataupun logam.

Pengertian Alat Musik Tiup

alat musik tiup
pixabay.com
Alat musik tiup adalah suatu alat musik yang banyak mengandung suatu jenis penalun (resonator), biasanya suatu tabung, yang ada kolom udara di dalamnya maka harus digetarkan dengan cara meniup melalui suatu tempat di ujung penalun tersebut.
Titinada (pitch) getaran ini ditentukan oleh panjang tabung dan modifikasi manual panjang efektif kolom getar udara yang di hasilkan.

Cara memperoleh nada :

alat musik modern tiup, alat musik tiup terompet, alat musik tiup
pixabay.com
  1. * Mengubah panjang yang terdapat pada kolom udara getar dengan mengubahnya menjadi panjang efektif tabung dengan menutup atau membuka lubang di sisi tabung. Ini dapat dilakukan dengan menutup lubang dengan jari-jemari tangan atau menekan suatu kunci yang akan menutup lubang. Metode ini digunakan oleh hampir semua alat musik tiup yang terbuat dari kayu (woodwind instrument).
  2. * Mengubah panjang kolom udara getar dengan merubah panjang tabung tersebut melalui pengaturan katup (lihat katup putar dan katup piston) yang dilewati udara melalui tabung tambahan sehingga dapat meningkatkan panjang keseluruhan pada tabung, dan menurunkan titinada dasar. Metode ini banyak digunakan oleh hampir semua alat musik yang terbuat dari bahan logam (brass instrument).
  3. * Mengubah panjang pada kolom udara yang bergetar dengan memperpanjang tabung menggunakan mekanisme geser. Metode ini sering digunakan misalnya oleh trombon. Menggetarkan kolom udara pada berbagai harmoni tanpa mengubah panjang kolom udara.

Mengenal lebih dalam tentang alat musik tiup

alat musik modern tiup, alat musik tiup terompet, alat musik tiup
pixabay.com

Alat musik tiup merupakan sebuah alat musik yang memiliki suatu jenis penalun atau resonator yang umumnya terdapat suatu tabung pada bagian badan nya, dimana kolom udara yang ada di dalamnya dapat digetarkan dengan cara meniup ujung lubang sehingga tiupan angin tersebut bisa menghasilkan suara.

Titinada atau pitch getaran yang akan di tentukan dengan seberapa panjang tabung yang di buat serta modifikasi manual yang panjang akan jauh lebih efektif pada kolom getar udaranya.

Alat musik tiup sendiri dibagi menjadi dua kategori utama yaitu :

  • Alat musik tiup yang terbuat dari kayu atau yang sering di sebat dengan woodwind instrument.
  • Alat musik tiup yang terbuat dari logam biasa disebut dengan brasswind instrument.

Alat musik tiup klarinet

Alat musik tiup klarinet
pixabay.com

Untuk alat musik tiup yang pertama yaitu bernama klarinet, dimana alat musik tiup klarinet ini merupakan alat musik yang asal usul nya dari keluarga Woodwind.

Sedangkan untuk nama klarinet sendiri memang di ambil dari bahasa Itali yaitu dengan nama “Clarino” yang memiliki sebuah arti terompet dengan adanya penambahan pada akhir kalimat yakni “-et” yang memiliki makna kecil.

Alat musik Klarinet ini memang alat musik yang tidak begitu jauh dengan alat saksofon, karena untuk memainkan alat musik ini harus dengan memakai satu reed saja.

Alat musik tiup oboe

alat musik tiup aboe
pixabay.com

Selanjutnya yaitu alat musik tiup yang bernama oboe yang mana alat musik ini merupakan salah satu alat musik yang termasuk tradisional.

Alat musik oboe ini merupakan alat musik yang memiliki double ress dengan jenis woodwind, dimana oboe ini adalah keturunan dari shawm.

Nama dari alat musik tiup oboe yang satu ini di ambil dari bahasa dari negara Perancis hautbois yakni kata “obo” yang memiliki arti “high wood”.

Alat musik tiup oboe ini juga sering kali dikatakan  dengan sebutan hautboy jika menggunakan bahasa Inggris.

untuk orang yang memainkan alat musik oboe maka disebut dengan obois.

Apabila alat musik ini di bandingkan dengan instrumen dari woodwind yang lain, maka oboe ini memiliki sebuah suara yang jauh lebih jernih dalam segi irama dan cukup melengking.

Suara dari alat musik oboe sendiri juga dapat terdengar dengan jelas dalam jangka jarak yang cukup jauh, sehingga suaranya ini dapat dengan mudah di dengan pada saat tuning.

Umumnya pada sebuah acara musik orchestra akan melakukan tuning untuk dapat mendengarkan suara alat musik oboe ini dengan memainkan A concert.

Alat musik tiup saksofon

alat musik tiup saksofon
pixabay.com

Alat musik tiup yang selanjutnya adalah saksofon yang mana alat musik dari instrumen nya ini masih masuk kedalam golongan keluarga brasswind.

Alat musik tiup saksofon ini umumnya terbuat dari sebuah logam serta di mainkan dengan cara memakai single- reed yang mana sama halnya dengan alat musik Klarinet.

Alat musik Saksofon ini adalah salah satu alat musik tiup yang di ciptakan oleh Adolphesax pada tahun 1846.

Pada umumnya, hal ini akan bersangkutan dengan populernya musik, big band serta musik jazz. Akan tetapi, awalnya alat musik ini hanya akan di tunjukkan menjadi instrument sebuah orkestra dalam sebuah acara band militer saja.

Sampai saat ini ada juga beberapa macam dari merek alat musik saksofon yang tengah beredar di pasaran. contohnya saja seperti Selmer, Lincoln, Lrak, L.A.Sax, Weril, Subaru, Conn, Jupiter, Yamaha, Lafleur dan juga Yanagisawa.

Untuk orang yang sering memainkan saksofon itu memiliki sebutan yaitu dengan nama saksofonis.

Di negara Indonesia juga banyak pemain alat musik saksofon ini yang terkenal yakni seperti Kenny joe, Paulus dan lainnya.

sedangkan pemain alat musik saksofon yang terdahulu yaitu bernama Charlie Parker, Colemen Hawkins, Zoot Sims dan masih banyak lagi.

lalu untuk pemain alat musik saksofon internasional masa kini yang masih sangat terkenal sekali adalah Dave Koz, Kenny Garrett, Eric Marienthal, Sadao Watanabe dan masih banyak lagi.

Alat musik tiup flute

alat musik tiup flute
pixabay.com

Selanjutnya yaitu alat musik tiup fluter yang mana alat musik ini merupakan instrument musik yang memang masih memiliki hubungan erat dengan keluarga dari woodwind.

Suara yang di keluarkan oleh alat musik flute sendiri memiliki karakter yang lembut dan dapat di kombinasikan dengan beberapa alat musik yang lainnya yang bertujuan untuk menghasilkan musik yang bagus.

Alat musik flute modern ini memang sangat professional yang pada umumnya alat ini terbuat dari bahan perak maupun emas, dimana nantinya kedua bahan ini akan di campur dan kombinasikan.

Sedangkan untuk flute untuk seorang murid, biasanya dibuatkan dari bahan nike- perak, maupun logam yang nantinya akan di lapisi juga dengan perak.

Alat musik tiup terompet

alat musik modern tiup, alat musik tiup terompet, alat musik tiup
pixabay.com

Alat musik tiup yang selanjutnya yaitu alat musik terompet yang terbuat dari bahan logam.

Alat musik terompet sendiri memiliki tempat yang paling tinggi dari alat musik tiup pada umumnya. Mulai dari alat musik tiup saksofon, tuba, french horn, eufonium, baritone dan juga trombon.

Alat musik tiup terompet ini berada di-pitch di Bb. Alat musik terompet ini hanya mempunyai tiga tombol saja yang untuk mengatur sebuah.

Semua pemain alat musik terompet pun wajib untuk menyesuaikan embouchure hanya untuk memperoleh nada yang bagus dan juga berbeda-beda dari yang lainnya.

Alat musik Terompet sendiri memiliki beberapa jenis dan jenis terompet yang sering kita jjumpai atau digunakan dan adalah terompet Bb. Akan tetapi, untuk terompet jenis C, D, E, Eb, A, F dan juga G maka bisa dengan mudah di temukan di setiap daerah.

Kalau Terompet jenis C ini adalah yang sering di pakai pada sebuah orchestra yang ada di Amerika.

Alat musik Terompet ini memiliki bentuk yang jauh lebih kecil dibandingkan yang lainnya dan bisa memberikan suara yang jauh lebih cerah dan juga hidup jika di bandingkan dengan terompet Bb.

Alat musik tiup trombon

alat musik tiup trombon
pixabay.com

Alat musik tiup yang berikutnya yaitu bernama trombon yang mana alat musik trmbon ini terbuat dari bahan logam.

Sama seperti halnya dengan alat musik tiup pada umumnya yang terbuat dari logam, maka suara yang hasilkan dari trombon ini juga dapat menggetarkan bibir.

Nama trombon ini sendiri di ambil dari bahasa Itali yaitu dengan nama tromba yang memiliki arti terompet dan juga kata –one untuk akhiran kata yang memiliki arti besar.

Maka jika digabungkan menjadi satu maka trombon yang memiliki arti terompet besar.

Hal ini di karenakan memang sudah di lihat dari keseluruhan dari ukuran dari pada alat musik terompet pada umumnya. Untuk pemain trombon ini biasa disebut dengan nama trombonis.

Alat musik tiup harmonika

alat musik tiup harmonica
pixabay.com

Untuk alat musik tiup yang selanjutnya ada alat musik tiup harmonika yang menjadi alat musik yang sangat mudah sekali untuk di mainkan. Cara memainkan alat musik harmonika ini yaitu dengan menghisap dan meniupnya kembali.

Maka dengan cara ini alat musik harmonika ini akan mengeluarkan suara yang lumayan bagus dan juga bervariasi.

Alat musik harmonika sendiri adalah salah satu alat musik tiup tradisional yang asalnya dari Negara China yang pada awal mulanya memiliki sebutan nama “Sheng”.

Alat musik harmonika ini sudah banyak digunakan kurang lebih sekitar 500 tahun yang lalu sejak kekaisaran yang di pimpin oleh Nyu-kwa.

Untuk alat musik harmonika yang modern sendiri sudah ada sejak tahun 1821 yang ditemukan oleh Christian Friedrich Buschmann.

Alat musik Harmonika modern ini adalah sebuah instrument yang mana sangat cukup sederhana yang hanya terdiri dari plat- plat getar pada logam yang sudah di susun dengan rapi secara horizontal.

Harmonika ini memang termasuk masih memiliki desain yang kurang sempurna dengan hanya menyediakan nada pada tiup kromatisnya saja.

Desain awal yang pertama dibuat oleh Bushmann ini pada akhirnya di modifikasi lagi oleh beberapa orang sehingga lebih terlihat bagus dan modern.

Salah satu contohnya yaitu harmonika yang dibuat oleh Richter.

Alat musik tiup bassoon

alat musik tiup bassoon
pixabay.com
Alat musik Bassoon ini termasuk dalam keluarga dari kelompok instrumen woodwind. Alat musik bassoon ini memiliki suara terendah dari instrumen woodwind pada umumnya.

Alat musik tiup tuba

alat musik tiup tuba
pixabay.com

Tuba adalah salah satu jenis alat musik tiup yang pada dasarnya terbuat dari logam. Tuba merupakan alat musik dengan ukuran alay terbesar dan suara paling terendah dalam keluarga alat musik brass.

Alat musik Tuba ini pertama kali muncul pada abad ke-19, kini merupakan masuk dalam anggota alat musik orkestra yang modern.

Alat musik tiup tahuri

alat musik tiup tahuri
IndonesiaKaya.com

Alat musik Tahuri  adalah alat yang berbentuk terompet dari kima atau kerang raksasa.

Alat musik tahuri ini berasal dari Provinsi Maluku, khususnya di daerah pesisir. Untuk membuat tahuri, maka kerang dicuci terlebih dahulu sampai bersih.

Setelah itu, maka kerang langsung dilubangi dengan bor.

Untuk mendapatkan nada yang tertentu, tergantung dari besar kecilnya lubang yang dibuat dan besar kecilnya kerang yang akan digunakan untuk membuat alat musik tahuri ini.

Kerang yang kecil akan menghasilkan nada yang tinggi atau nyaring. Sementara kerang yang besar akan menghasilkan nada yang rendah.

Alat musik tiup serunai

alat musik tiup Serunai
id.indonesian-stuff.barlians.com

Alat musik Serunai, atau juga biasa disebut puput serunai, adalah nama alat musik tiup yang sangat dikenal di Indonesia sebagai alat musik tradisional di masyarakat Minang.

Bagian yang sangat unik dari alat musik serunai ini adalah ujungnya yang mengembang, yang berfungsi untuk memperbesar volume suara serunai.

Alat musik tiup saluang

alat musik tiup saluang
dictio.id
Saluang adalah sebuah alat musik tradisional khas yang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat. Yang mana alat musik tiup ini yaitu terbuat dari bambu tipis atau talang.
Orang Minangkabau sendiri juga percaya bahwa bahan yang paling bagus untuk dibuat alat musik saluang ini berasal dari talang untuk jemuran kain atau talang yang biasa ditemukan hanyut di sungai.
Alat musing saluang ini termasuk dari dalam golongan alat musik suling, tapi lebih sederhana pembuatannya, yaitu cukup dengan melubangi talang dengan empat lubang saja, maka jadiah alat musik saluang.

Alat musik tiup kinu

alat musik tiup kinu
fulldiziseyret.over-blog.com

Kinu adalah sebuah alat musik tiup yang berasal dari pulau Rote di Nusa Tenggara Timur.

Alat musik kini ini sekilas begitu mirip dengan alat musik seruling.

Alat musik tiup foy doa

alat musik tiup
sahabatnesia.com

Alat musik Foy Doa merupakan suling berganda yang berasal dari daerah Ngada, Flores, NTT.

Alat musik foy day ini terbuat dari Buluh atau bambu yang kecil dan bergandeng dua atau lebih. Mungkin alat musik ini bisanya digunakan oleh para pemuda-mudi saja dalam permainan rakyat di malam hari dengan membentuk seperti lingkaran.

Alat musik tiup triton

alat musik triton
pixabay.com

Triton adalah jenis alat musik yang cara penggunaannya yaitu dengan cara ditiup.

Alat musik tradisional ini berasal dari Papua. Alat musik ini banyak tersebar di pesisir pantai yang ada di sekitar daerah Papua dan digunakan sebagai alat komunikasi dan sebagai alat panggil kepada orang lain.

Alat musik tiup pereret pengasih-asih

indonesiawarisanbudaya.blogspot.com

Pereret Pengasih-asih adalah sebuah alat musik tradisional yang berasal dari Jembrana Bali.

Alat musik ini begitu mirip dengan alat musik terompet, namun alat musik ini terbuat dari kayu yang dibentuk sedemikian rupa yang akhirnya mengeluarkan bunyi-bunyian seperti bunyi terompet

Alat musik tiup rinding

alat musik rinding, alat musik tiup
seru.beureum.com

Rinding adalah jenis Alat Musik tradisional yang berasal dari daerah Gunungkidul yogyakarta, yaitu sebuah alat musik tiup yang berbahan dasar dari bambu berbentuk pipih persegi panjang.

Di salah satu ujung sisi lebar dari alat musik rinding ini, dibentuk pengait yang ditalikan dengan tali kenur. Kemudian dipermukaan dari alat musik ini dibuat lubang berbentuk cawang. Lubang inilah yang nantinya akan menghasilkan suara.

Penutup

Demikianlah artikel tentang alat musik tiup beserta gambar dan keterangannya dan semoga dengan adanya artikel ini maka dapat menambah wawasan teman-teman semua.

Sekaligus meningkatkan rasa ingin tahu kita terhadap jenis alat musik tiup yang ada di Indonesia dan di seluruh dunia.

sekian dan terimakasih. 😀

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *