√ 13+ Contoh Alat Musik Ritmis Beserta Penjelasan-Nya [TERBARU]

Alat Musik Ritmis Lebih Dalam dan Melihat Contoh Alat Musik Ritmis
gurusekolah1.blogspot.com

Alat musik ritmis – Alat musik yang tidak memiliki sebuah nada atau yang biasa kita kenal sebagai alat musik ritmis ini adalah jenis alat musik yang tidak memiliki perbedaan tinggi bunyi untuk mengeluarkan sebuah irama pada alat musik tersebut.

Alat musik ritmis ini biasanya memiliki peran yang begitu penting yaitu sebagai pengiring, pengatur tempo, hingga pembentuk irama pada sebuah pagelaran musik atau orches. Sehingga, karya musik yang dimainkan terdengar stabil dan sesuai harapan.

Setelah kami jelaskan pengertian alat musik ritmis ini, maka contoh alat musik ritmis adalah benda-benda yang bisa mengeluarkan bunyi namun tidak bisa begitu berperan sebagai perangkat melodis nya.

berikut inilah 5 alat musik ritmis yang bisa kita temukan di Indonesia, seperti:

  • Gendang
  • Ketipung
  • Kendang
  • Rebana
  • Tifa

Untuk memainkan alat musik ritmis ini maka, hal yang semestinya kita utamakan yaitu pada ketepatan dari pengambilan nada dan keteraturan sebuah ketukan pada saat mengikuti ritme sebuah lagu yang dibawakan.

Semisalnya kita memainkan sebuah lagu yang cepat, maka kita juga harus mengimbangi nya dengan cara ketukan yang cepat juga agar suaranya tidak rusak dan bisa masuk ke dalam lagu yang cepat tersebut.

Pengertian Alat Musik Ritmis

alat musik ritmis
bangbre.com

Pastinya telinga kita juga sudah tidak asing lagi mendengar istilah alat musik ritmis, melodis, dan harmonis. Kemudian jika ditanya apakah alat musik ritmis ini? Apakah kamu dapat menjawab pertanyaan tersebut?

Nah, maka dari itu agar kamu dapat menjawab pertanyaan seperti tadi maka mari kita membahasnya supaya lebih paham lagi tentang apa itu alat musik ritmis ini.

Alat musik ritmis adalah alat musik yang dijadikan hanya sebagai pengiring alat musik yang lain saja.

Dalam kata lain, alat musik ritmis ini hanya mempunyai satu nada atau bunyi saja serta tidak dapat membunyikan nada-nada tertentu seperti “Do Re Mi Fa So La Si Do”.

Maka oleh karena itu alat musik ritmis ini selalu di samping sebagai pengiring acara namun juga sebagai pengatur tempo dalam menjalankan sebuah lagu.

Banyak sekali cara yang bisa dipakai untuk memainkan alat musik ritmis ini, seperti dengan cara dipukul, digesek, dikocok, digoyang, dan ditabuh dengan menggunakan tangan ataupun bantuan alat seperti kayu, bambu,Dll.

Akan tetapi pada umumnya atau kebanyakan alat musik Ritmis ini dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan tangan.

Jadi bagaimana, sudah mulai mengerti bukan tentang apa itu alat musik Ritmis?

Jadi pada intinya, alat musik ritmis ini adalah alat musik yang hanya memiliki satu nada saja serta dijadikan sebagai pengatur tempo dalam sebuah acara pagelaran musik atau orches dangdut.

Baca juga : alat musik pukul tradisional

Contoh Alat Musik Ritmis

alat musik ritmis
moondoggiesmusic.com

Musik tercipta dari sebuah alunan syair dan berbagai jenis bunyi dan sumber dari berbagai jenis alat musik .

Tetapi terkadang kita juga bisa memanfaatkan benda-benda apapun yang dapat mengeluarkan bunyi sebagai alat musik ritmis (karena tidak bernada seperti alat musik yang lainnya).

Maka berikut ini adalah beberapa contoh alat musik ritmis yang bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari dan bisa kita pelajari pula cara memainkan nya.

Fungsi alat musik ritmis sendiri juga sangat bermacam-macam, bisa sebagai pengiring atau pun penentu sebuah tempo dalam aluran musik.

Jika kalian seorang musisi atau pemain alat musik, maka tentunya ada barang yang bisa membantu kalian untuk mengatur tempo atau sekedar hentakkan kaki ke lantai.

Alat musik ritmis tradisional

Berikut ini akan kami ulas secara detail tentang berbagai macam dan contoh dari alat musik ritmis tradisional yang unik yang tesebar di berbagai daerah di dunia dan disertai juga asal daerahnya, gambar serta cara memainkannya.

1. Drum

alat musik ritmis, alat musik drum
andertons.co.uk

Alat musik Drum merupakan jenis alat musik yang membranofon dan satu contoh alat musik ritmis modern yang juga masih termasuk dalam kelompok sejenis musik perkusi yang biasanya terdiri dari kerangka drum dan ditutupi dengan lapisan kulit atau kaca yang berfungsi sebagai tempat yang dipukul dan menghasilkan suara yang nyaring dan sesuai yang di inginkan.

Drum sendiri sebagai alat musik ritmis yaitu dapat dimainkan dengan cara menggunakan tangan atau-pun menggunakan alat pemukul seperti katu yang tergantung jenis dan penggunaan drum tersebut.

semisalnya kita memainkan alat musik ketipung maka kita bisa menggunakan tangan namun untuk snare drum maka kita harus menggunakan alat agar dapat menghasilkan suara yang sesuai apa yang kita inginkan.

Selain itu, alat musik drum ini juga berbeda dengan drum-set.

Perbedaan drum dan drum-set adalah, jika drum merupakan 1 buah alat musik, maka Drum-set sendiri terdiri dari beberapa jenis drum atau alat musik, seperti penyusunan nya bisa terdiri dari snare drum, bass drum, tom-tom dan simbal sebagai pelengkap.

Dari sisi penggunaannya, alat musik drum sendiri sering dimanfaatkan untuk mengiringi jenis musik modern seperti anak Band, dan juga dangdut.

2. Gendang

alat musik ritmis, alat musik gendang
id.wikipedia.org

Gendang juga dikenali dengan sebutan nama lain, yaitu kendang atau khendang dala bahasa jawa.

Salah satu contoh alat musik ritmis ini sering dan banyak dimanfaatkan dalam berbagai macam kesenian, bahannya yang terbuat dari kayu dan mengunakan lapisan kulit untuk tempat di pukulnya, maka alat gendang ini membuatnya tidak terlalu sulit juga dibawa.

Selain itu, biasanya alat musik gendang ini juga menggunakan kulit hewan ternak seperti sapi, kambing, kerbau, maka sehingga suara yang dihasilkan bisa jauh lebih maksimal dan cocok bagi kita yang sedang mengadakan acara besar seperti nikahan Dll.

Cara memainkan alat Gendang ini adalah dengan cara dipukul di bagian kulit nya, namun untuk teknik-nya juga berbeda-beda tergantung cara pemain itu sendiri dalam memainkannya.

Semakin ahli seorang pemain tersebut, maka biasanya teknik yang digunakan juga semakin rumit dan seakan-akan pukulan-nya asal, namun suaranya tidak terdengar sumbang.

Sebagian besar alat musik gendang dimainkan menggunakan tangan kosong ketimbang alat pukul lainnya.

3. Kastanyet

alat musik ritmis, alat musik kastanyet
tr.depositphotos.com

Alat musik yang terlihat sederhana ini memang sebenarnya memiliki banyak sekali manfaat.

Cara memainkan alat musik kastanyet ini yaitu dengan cara dihentakkan atau di-adu antara sisinya dengan sisi yang lain dengan menggunakan 1 tangan.

Bentuknya yang seperti kerang, maka membuat alat musik kastanyet ini banyak yang salah artikan orang sebagai sebagai mainan anak-anak.

Alat musik ritmis ini jarang sekali dimainkan dengan tujuan sebagai hiburan selain mengiringi tarian pada sebuah acara-acara tertentu.

Alat musik Kastanyet sendiri hanya terbuat dari kayu yang keras dan dibentuk sedemikian rupa sehingga dapat berbentuk menyerupai cangkang kerang yang cekung.

Flamenco adalah salah satu pertunjukan seni tari dari Spanyol yang memanfaatkan alat musik kastanyet ini sebagai iring-iringan musik yang dibarengi dengan alat musik gitar.

Baca juga : alat musik tradisional

4. Kendang

alat musik ritmis, alat musik kendang
Bukalapak.com

Seperti yang sudah kami bahas di atas, alat musik kendang merupakan nama lain atau keluarga yang sama dengan alat musik khendang / gendang.

Penggunaannya juga hampir sama maka alat ini cukup sering membuat beberapa orang beranggapan mereka semua sama.

Selain dengan ciri khasnya yang selalu dibarengi dengan bonang yang gemerincing, alat musik kendang ini menjadi pelengkap kesenian di sebuah acara atau pagelaran musik.

Alat musik Kendang juga merupakan salah satu alat musik ritmis tradisional yang ada di Indonesia tepatnya berkembang di daerah Jawa.

AKan tetapi ketika kendang dipadukan dengan suara alat musik lainnya, maka suara yang akan dihasilkan mampu membangkitkan semangat dan menambah keceriaan dari sebuah acara atau penampilan.

5. Ketipung

alat musik ritmis, alat musik ketipung
123rf.com

Kemudian contoh alat musik ritmis tradisional berikutnya yaitu ketipung. Setiap kita mendengar dengan nama ketipung, maka akan sejenak terlintas musik dangdut di pikiran kita.

Betul sekali, ketipung adalah salah satu alat musik yang digunakan untuk mengiringi sebuah acara dangdut.

Mungkin kiranya anak muda di zaman sekarang kurang menyukai alat musik ketipung ini karena terdengar asing padahal di tanah air kita sendiri Indonesia.

Alat musik ketipung ini adalah sebuah alat yang sudah termasuk ke dalam alat musik tradisional Indonesia yang memiliki bentuk yang begitu mirip dengan alat musik gendang, hanya saja ukuran ketipung yang lebih kecil.

Alat musik Ketipung pada umumnya terbuat dari kayu yang bagian tengahnya dilubangi dan di lapisi dengan kulit hewan atau bia juga menggunakan karet untuk bisa menghasilkan suara yang enak di dengar.

6. Konga

alat musik Konga, alat musik ritmis
e-the-l.blogspot.com

Alat musik konga adalah alat musik yang termasuk jenis alat musik ritmis yang asalnya dari luar Indonesia, yaitu dari negara Afrika.

Di beberapa daerah tertentu, alat musik konga juga dikenal dengan nama lain yaitu Tumbadora.

Tumbador atau konga ini merupakan alat musik yang sering sekali berubah-ubah baik dari segi bahan atau-pun bentuknya seiring berjalannya waktu.

Alat musik yang mirip dengan konga yaitu alat musik kendang karena cara memainkan alat musik konga ini sama sekali dengan cara memainkan alat musik kendang, yakni dengan cara dipukul.

Perbedaan kendang dan konga hanyalah terletakdari segi bentuknya saja, itupun tidak terlalu terlihat jelas perbedaanya.

Alat musik Konga ini juga memiliki bentuk yang lebih bulat yaitu mengerucut dibandingkandengan konga yang dulu.

Dari segi pembuatannya, pada saat dahulu alat musik konga terbuat dari kayu dan beberapa bahan tambahan, untuk cara pembuatan sekarang yaitu dengan berbahan fiberglass.

7. Marakas

alat musik Marakas, alat musik ritmis
pedrincompany.com

Alat musik yang dikenal karena cara memainkannya begitu unik dan cukup jarang digunakan jika dimainkan sendirian tanpa pasangan alat musik lain sebagai pengiring.

Siapa sangka, kalau alat musik Marakas ini juga sering dimainkan oleh anak kecil dengan menambahkan beras di dalam botol yang sudah kosong agar menghasilkan suara yang serupa dengan marakas yang diisi dengan biji-bijian.

ALat musik Marakas atau markas mungkin sangat jarang sekali kita temui dengan bentuk aslinya khususnya di Indonesia.

Di luar negeri sendiri, biasanya alat musik marakas ini selalu digunakan pada saat ada parade atau sebagai pelengkap tarian, seperi tarian Magalenha yang menampilkan berbagai macam tarian dan sambil memegang alat musik Marakas ini.

8. Rebana

alat musik Rebana, alat musik ritmis
id.wikipedia.org

Alat musik Rebana mungkin bukanlah satu-satunya alat musik pukul yang memiliki bentuk yang kecil. Selain alat musik Marawis dan hadroh, Rebana ini juga merupakan salah satu alat musik yang dimainkan dengan cara beregu atau berkelompok dan biasanya grup tersebut diberi nama Grup Rebana *Nama Grup* layaknya grub Band.

Alat musik Rebana berbentuk seperti gendang bulat dan pipih yang memang sengaja dibuat untuk memberi ciri khas pada daerah melayu, beberapa jenis rebana juga diberikan paku untuk mengencangkan.

Cara memainkan alat musik rebana ini juga sama persis seperti Marawis, yaitu dengan cara dipukul dengan menggunakan tangan.

Saat ini alat musik rebana juga sudah mengikuti perkembangan zaman, yaitu terbukti di beberapa acara seperti khitan, pernikahan dan adat daerah lainnya, maka alat rebana selalu ada dan ikut meramaikan acara tersebut meskipun harus membayar grup Rebana tersebut.

Dalam permainannya, alat musik rebana ini biasanya menggunakan lirik-lirik yang bernuansa religius sekaligus pengingat kepada Sang Pencipta (Tuhan).

Meskipun kebanyakan dalam membuat kelompok yaitu di dominasi pemainnya yaitu perempuan, untuk dapat menghasilkan suara yang indah dan merdu, kita harus mengeluarkan tenaga untuk memukulnya.

9. Simbal / Simbal Tangan

simbal-tangan
suherlin.com

Seperti yang kita telah ketahui bersama-sama, bahwa alat musik simbal ini berbentuk sebuah piringan pipih yang diameternya juga bermacam-macam dan mampu menghasilkan suara yang cukup keras terutama pada saat saling diadukan.

alat musik Simbal ada beberapa jenis, contohnya simbal tangan dan simbal yang ada pada drum.

Simbal tangan cara memainkannya dengan menggunakan kedua tangan dan saling diadukan antara simbal satu dan sambil lainnya.

Biasanya simbal jenis seperti ini juga memiliki tali atau sejenis pegangan untuk berjaga-jaga jikalau simbal terjatuh sedangkan simbal pada drum biasanya sudah terpasang secara otomatis dengan kuat dan dikunci.

Untuk memainkannya-pun kita hanya cukup menggunakan alat pukul yang disebut stick drum. dan sudah tersedia dari drum tersebut

10. Tamborin

alat musik tamborin, alat musik ritmis
artculture567.blogspot.com

Salah satu jenis alat musik tradisional yang cara dimainkannya dengan cara ditabuh dan digoyang, selain itu alat musik tamborin ini juga bisa dibilang masih satu kerabat dengan alat musik angklung dan marakas jika dilihat dari segi cara memainkannya.

Alat musik Tamborin merupakan alat musik perkusi tradisional yang bisa menghasilkan suara/nada gemerincing yang cocok dipadukan dengan suara dari tabuhan membran nya.

Bingkai kayu yang berbentuk bundar merupakan salah satu bahan dasar dalam pembuatan alat musik tamborin yang kemudian dilengkapi dengan membran pelapis yang bertujuan sebagai bagian yang dipukul dan terbuat dari kulit ternak atau plastik.

Suara gemerincing yang dihasilkan oleh tamborin ini berasal dari simbal kecil yang berupa kepingan logam yang menghiasi di sekeliling bingkainya, sehingga ketika digoyangkan alat tamborin ini maka akan menghasilkan suara yang ramai.

11. Tifa

alat musik Tifa
antropologidunia.blogspot.com

Sepertinya sudah banyak sekali hal yang bisa teman-teman bayangkan jika mendengar kata alat musik tifa yang satu ini.

Selain bentuknya yang begitu unik dan menarik, ternyata setiap ukiran yang terukir pada bagian tubuh tifa ini menandakan dari daerah asal pembuatan alat musik tersebut, Tifa sendiri hanya bisa ditemukan dibagian Indonesia bagian timur saja seperti Maluku sampai Papua.

Seperti yang sudah bisa kita lihat dari gambar alat musik ritmis tradisional tifa di atas ini, bentuknya yang begitu kecil dan unik maka membuat alat musik tifa ini bisa diletakkan di mana saja, namun ukurannya juga cukup panjang.

Nama lain alat musik ritmis juga sama di tiap semua daerah, yaitu Tifa.

Permainan alat musik Tifa sendiri bertujuan sebagai hiburan dan ada beberapa kelompok yang juga menggunakannya sebagai acara adat di daerah mereka seperti nikahan dengan tujuan mengenalkan daerah asalnya.

Alat musik Tifa biasa dimainkan dengan cara dipukul pada bagian membran nya. Suara yang dihasilkan pun dari pukulan nya juga sangat mudah dikenali seketika setelah kita mendengar suara alat musik Tifa ini berbunyi.

Baca juga : pengertian alat musik tradisional

12. Timpani

alat musik Timpani
usa.yamaha.com

Alat musik Timpani lebih sangat kita kenal dengan nama lain yaitu Kettle Drum yang secara informal nya mendapat sebutan Timp.

Kettledrum atau timpani ini merupakan sebuah alat musik jenis perkusi dan masih sejenis dengan alat musik drum.

ALat musik Timpani ini juga memiliki membran yang terbuat dari kulit hewan ternak sebagai bagian kepalanya, sedangkan di bagian badannya berbentuk mangkuk berukuran yang begitu besar yang secara tradisional terbuat dari tembaga.

Alat musik timpani ini biasa dimainkan dengan cara dipukul kepalanya dengan menggunakan pemukul layaknya alat musik drum biasa yang disebut stik timpani atau timpani mallet.

Alat musik Timpani ini mulai di Inggris pada sekitar akhir abad ke -19 yang pada saat itu nama Timpani ini merupakan latinisasi dari bahasa yunani yaitu bernama Tumpanon yang berarti drum tangan.

Di negara lain alat musik Timpani ini juga sudah dikenal dengan nama lain dalam bahasa Spanyol-nya adalah timbales.

13. Triangle

alat musik Triangle
lonestarpercussion.com

Beberapa orang ada yang beranggapan bahwa alat musik triangle ini bukanlah alat musik namun disini tetap akan dijelaskan sebagai alat musik karena memang penggunaan Triangle ini bukan melodis.

Alat musik Triangle ini juga sering digunakan pada saat sebuah kelompok musik sedang mengiringi sebuah lagu atau sedang memulai pertunjukan. Posisi triangle ini biasa digunakan sebagai pengatur tempo pada musik yang di bawakan.

Bentuknya yang berupa segitiga disertai tali sebagai pegangan apabila mau di bawa-bawa, maka sangat memudahkan sekali kepada seorang pemain untuk menggunakan alat musik ritmis triangle ini.

Mungkin penggunaannya juga masih jarang di ketahui di Indonesia sendiri karena kita masih senang dengan cara manual seperti ketika pelatih berkata “satu, dua, tiga, mulai” sedangkan diluar sana sudah mulai menggunakan alat ini sebagai pertanda musik bagi mereka.

Penutup

Demikianlah artikel tentang alat musik ritmis beserta gambar dan keterangannya dan semoga dengan adanya artikel ini maka dapat menambah wawasan kamu sekaligus meningkatkan rasa ingin tahu kita terhadap jenis alat musik ritmis yang ada di Indonesia dan di seluruh dunia.

sekian dan terimakasih. 😀

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *