99+ Alat Musik Pukul Beserta Gambar dan Penjelasanya [TERLENGKAP]

alat musik ritmis, alat musik ketipung
123rf.com

Alat Musik Pukul Tradisional – Hai sahabat Elnuha.Net. Kali ini saya akan membahas tentang jenis-jenis alat musik pukul tradisional. Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya bahwa memukul alat musik tradisional Indoneisa ada berbagai jenis cara, ada yang menggunakan alat untuk memukul alat musiknya contohnya adalah Bedug dan ada juga yang menggunakan pukulan manual yaitu dengan tangan.

Indonesia juga terkenal sekali dengan berbagai jenis nama alat musik tradisionalnya, yaitu salah satunya alat musik pukul ini yang menjadi ciri khas suatu daerah yang berada di indonesia.

Untuk lebih mendalami tentang apa itu nusik tradisional kamu bisa baca juga di pengertian alat musik tradional yang telah saya tulis di artikel sebelumnya.

Berikut Jenis-Jenis Alat Musik Pukul Tradisional

1. Gendang Bulo

alat musik pukul tradisioanal, alat musik tradisional
Bagooli.com

Alat musik Gendang Bulo adalah alat musik tradisional yang biasa dimainkan pada acara-acara resmi seperti acara pernikahan dan acara adat lainnya. Gendang Bulo pada umumnya juga dimainkan oleh laki-laki tapi kebanyakan hanya yang tua saja, karena anak mudanya sangat kurangnya minat dari mereka untuk belajar dan melestarikanya.

2. Talempong / Bonang Minang

alat musik pukul tradisional,
nusantarapedia.com

Talempong adalah alat musik pukul tradisional yang berasal dari Minangkabau. Alat musik talempong ini pada umumnya terbuat dari bahan kuningan. Bentuk talempong menyerupai instrumen bonang pada gamelan.

Meskipun dalam segi bentuk hampir mirip dengan gamelan, talempong menghasilkan bunyi yang unik sehingga mudah dikenali sebagai instrumen musik khas masyarakat Minangkabau.

3. Marawis

alat musik tradisional. alat musik pukul tradisional
sentra-rebana.com

Marawis merupakan alat musik tradisional dengan perkusi sebagai alat musik utamanya. Musik marawis ini merupakan kolaborasi antara kesenian Timur Tengah dan Betawi, dan memiliki unsur keagamaan yang kental ketika alat ini dimainkan.

Itu tercermin dari berbagai lirik sholawat yang dibawakan yang merupakan pujian dan kecintaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

4. Aguang / Gong Minang

alat musik tradisional. alat musik pukul tradisional
karawitansunda.blogspot.com

Talempong Aguang adalah sebuah alat seni tradisi Kabupaten Agam yang sudah jarang sekali di mainkan, gong aguang berbentuk sama seperti alat musik yang di daerah lain dan cara bermainnya pun juga hampir sama yaitu dengan di pukul.

Alat musik pukul tradisional ini berfungsi sebagai penegas sebuah nada pada pentas seni dan untuk memperindah suara musik.

Pemain Aguang ini biasanya hanya sekelompok ibu-ibu yang dilengkapi dengan aksesoris dan pakaian adat mereka. untuk memainkan alat ini bisanya Pemain yang dibutuhkan untuk memainkan alat musik tradisional Minang minimal adalah 2 orang.

Baca juga : alat musik sasando

5. Kolintang

alat musik tradisional. alat musik pukul tradisional
IndonesiaKaya.com

Kolintang adalah alat musik pukul tradisional yang berasal dari Daerah Sulawesi dan Daerah Jambi. Alat musik kolintang saat ini masih cukup populer sekali di kalangan masyarakat Sulawesi, dan sekitarnya oleh karena itu masih sangat mudah kita bisa menjumpai terutama saat ada acara adat.

Kolintang biasanya dimainkan sebagai bagian dari upacara adat masyarakat Minahasa, termasuk pemujaan nenek moyang mereka dan leluhur.

Namun, masuknya beberapa agama dan kebudayaan, kolintang ini beralih fungsi sebagai alat musik dalam pertunjukkan seni dan acara adat.

6. Sasesahang

alat musik tradisional. alat musik pukul tradisional
AlatMusik.org

Sasesahang adalah alat musik tradisional yang dipukul yang terbuat dari bambu, alat musik ini mungkin kebanyakan orang susah sekali untuk mengenalinya. Alat musik sesesahang ini termasuk alat musik yang dipukul dan cara memukulnya memang cukup unik.

Dan suara yang dihasilkan pun berbeda dari alat musik lainnya seperti angklung dan lain-lain.

Sasesahang biasa dimainkan dengan alat musik ini dipukul-pukulkan ke tangan kiri sementara jari tangan kanan ditempatkan pada lubang pengatur nada yang sudah dibuat.

7. Redap

alat musik tradisional. alat musik pukul tradisional
http://atikahcarissaputri.blogspot.com

Redap adalah alat musik pukul tradisional yang berasal dari Daerah Bengkulu yang keberadaanya sudah ada sejak lama, bahkan dibandingkan dengan Doli alat ini sudah ada terlebih dahulu sebelum alat musik Doli ada.

Bentuk dari alat musik Redap ini mirip seperti alat Rebana dan bahan yang digunakan pun untuk membuat Redap yaitu kayu, rotan dan juga kulit binatang sebagai tempat dipukulnya alat Redap tersebut.

Alat musik pukul tradisional ini biasa dipakai untuk mengiringi acara daerah seperti kesenian Safaral Anam yang nantinya Redap akan di mainkan dengan alat musik Serunai, gendang Panjang untuk dikombinasikan menjadi suara yang unik dan merdu.

8. Gendang Panjang

alat musik tradisional. alat musik pukul tradisional
id.wikipedia.org

Gendang Panjang adalah sebuah alat musik pukul tradisional yang berasal dari Daerah Kepulauan Riau, yang termasuk alat musik Membranofon. cara memainkan alat musik ini yaitu dengan ditepuk dengan telapak tangan di bagian kulit binatang yang ada di bagian ujung gendang tersebut.

Di India, Gendang Panjang ini biasa disebut dengan ” Dhol ” Gendang panjang ini kedua sisinya di tutupi dengan kulit binatang yaitu berupa sapi atau kerbau yang memiliki kulit yang tebal dan keras Yang bikin alat musik ini tahan lama dan awet.

Gendang panjang selalu dimainkan 2 buah, yaitu induk untuk gendang utama atau suara bass dengan ukuran yang besar yang bermembran kulit kerbau dan anak untuk gendang yang berukuran lebih kecil yang memiliki suara lebih nyaring dibandingkan induk.

9. Sarun / Saron

alat musik tradisional. alat musik pukul tradisional
en.wikipedia.org

Sarun merupakan salah satu alat musik tradisional pukul yang berasal dari suku dayak Provinsi Kalimantan Tengah, alat Sarun ini yang dibuat dengan menggunakan besi atau logam.

Sarun ini juga sama halnya dengan alat musik Sarun lainnya yang berada di Daerah Jawa namun alat ini agak sedikit memiliki keunikan tersendiri yaitu dari jumlah lempengan logam nya yang berbeda dengan alat Sarun pada umumnya.

Alat Sarun ini memiliki 5 lempengan logam yang berbeda dengan lainya yaitu dengan mempunyai 7 lempengan logam, suara yang dihasilkan dari alat musik ini terbilang simpel dan cukup enak di dengar.

Baca juga : alat musik ritmis

10. Garantung

alat musik tradisional. alat musik pukul tradisional
wjmantiques.com

Garantung adalah alat musik pukul tradisional yang bersal dari suku Dayak yang diklasifikasikan sebagai salah satu alat musik dalam kelompok idiofon yang terbuat dari bahan campuran dari logam (besi, kuningan dan perunggu).

alat musik ini mirip dengan alat musik gong pada umumnya, tetapi perbedaanya terletak pada bunyi yang di hasilkan.

kalau bunyi dari alat musik gong pada gamelan Jawa terdengar getaran yang lebih panjang, sedangkan bunyi dari alat musik khas dari Kalimantan Tengah ini begitu lebih pendek dibandingkan dengan gong.

11. Gambang

alat musik pukul tradisional, alat musik unik, alat musik tradisional indonesia
rebanas.com

Gambang adalah jenis waditra alat musik pukul yang  berasal dari Kalimantan Utara. Alat ini terbuat dari potongan bambu yang disusun rapi sampai sedemikian rupa hinggga bisa menghasilkan suara yang merdu.

Alat gambang ini biasa dimainkan dengan cara dipukul dengan alat pemukul.

Fungsi alat ini yaitu sebagai pemanis musik, alat ini merupakan bagian dari perangkat gamelan, seperti yang terdapat pada gamelan wayang.

 12. Kompang

alat musik pukul tradisional, alat musik unik, alat musik tradisional indonesia
thegorbalsla.com

Kompang adalah sejenis alat musik pukul tradisional melayu yang paling popular bagi masyarakat. Kompang ini merupakan sebuah alat musik pukul yang biasa digunakan pada saat acara adat melayu, baik dalam acara pernikahan, khitan, aqiqah dan selametan.

Kompang sendiri termasuk kedalam alat musik rebana atau gendang.

Kompang biasa dibuat dari kulit kambing dan memiliki bentuk seperti lingkaran yang tebuat dari kayu keras atau yang lazimnya kayu jenis jati atau nama lain dari saintifik Artocarpus Heterophyllus.

13. Rebana

alat musik pukul tradisional, alat musik unik, alat musik tradisional indonesia
id.m.wikipedia.org

Rebana adalah alat musik gendang yang berbentuk bundar dan pipih yang merupakan khas suku melayu. Bingkai berbentuk lingkaran ini terbuat dari kayu yang dibubut, dengan salah satu sisi untuk ditepuk berlapis kulit kambing

Cara memainkan alat musik rebana ini biasa dengan memukulnya dengan menggunakan tangan.

Biasanya orang mengambil posisi untuk memainkan alat ini yaitu sikap duduk/berdiri saat memainkan alat musik rebana kemudian memegangnya dengan menggunakan tangan kiri lalu memukulnya menggunakan tangan kanan.

Rebana yaitu salah satu alat musik tradisional yang dipukul menggunakan tangan langsung. Teman-teman juga mungkin sering melihat di sekolah atau tempat majelis yang mengadakan acara ketika bulan Ramadhan datang dan acara maulid Nabi SAW.

PENUTUP

pixabay.com

Nah itu tadi teman-teman, pembahasan yang mengenai alat musik pukul tradisional yang saya tuliskan.

Tidak hanya itu saja saya juga sudah menuliskan macam-macam alat musik modern yang berada di indonesia, untuk teman-teman silahkan bisa membacanya di alat musik modern.

Saya ucapkan terima kasih banyak kepada teman-teman semua yang telah membaca artikel ini hingga selesai.

Tak lupa juga saya mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam proses penulisan baik itu typo atau terdapat kata yang menyinggung buat kalian.

Semoga artikel yang saya bagikan ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk kalian semua. Dan bisa memecahkan masalah kalian semua.

Pantengin terus Elnuha.net agar kalian tidak ketinggalan berita-berita unik dan menarik lainnya.

Sampai jumpa lagi dengan postingan yang berikutnya yah,…bye-bye. ????

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *