99+ Contoh Alat Musik Petik Beserta Cara Memainkannya [LENGKAP]

Alat Musik Petik – Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki berbagai kekayaan alam dan juga budaya nya. Biasanya, masing-masing daerah indonesia ini memiliki kebudayaan dan kesenian tersendiri yang sangat kental akan budayanya.

Dengan kata lain, bahwa Indonesia ini adalah tempat pusatnya alat musik kesenian tradisional yang sangat terkenal. Bahkan sudah dikenal dari kalangan di seluruh penjuru dunia.

Sebelum membahas lebih detail seperti apa alat musik petik ini. Maka alangkah baiknya jika kamu mengetahui terlebih duhulu apa itu alat musik.

Alat musik sendiri adalah suatu instrumen yang di ciri khas kan dan dibentuk dengan maksud atau tujuan yaitu, agar bisa mengeluarkan suatu bunyi pada sebuah pertunjukan musik atau lain sebagainya.

Sedangkan, masing-masing alat musik ini mempunyai karakteristik dan bentuk khas tersendiri dari masing-masing daerah.

Nah, pada umumnya alat musik ini yang berdasarkan berbagai karakter bentuk maupun bunyi tersebut dibagi menjadi berbagai macam jenis dan menurut cara memainkannya alat musik terbagi menjadi 5 macam yaitu:

  • Alat musik gesek
  • Alat musik pukul
  • Alat musik tiup
  • Alat musik tekan
  • Alat musik petik

Itulah beberapa macam alat musik yang dapat dibedakan menurut cara bermainnya.

Selanjutnya, akan kami berikan beberapa contoh alat musik petik tradisional dan juga modern secara menyeluruh (lengkap).

Nah, sebelum membahas lebih lengkap tentang mengenai seperti apa ragam alat musik petik tersebut, maka alangkah baiknya jika kita ketahui dahulu mengenai pengertian alat musik petik itu sendiri. Maka dari itu, simak ulasannya berikut di bawah ini.

Pengertian Alat Musik Petik

alat musik petik

moondoggiesmusic.com

Alat musik petik adalah Alat musik tradisional yang mampu mengeluarkan suara ketika di petik bagian senarnya. Panjang pendeknya petikan pada dawai alat musik petik sangat berpengaruh pada tinggi rendah nya nada yang akan dihasilkan.

Pada umumnya, semua alat musik petik ini selalu menggunakan senar atau dawai agar menghasilkan suatu bunyi yang nyaring dan kencang.

Namun, ada juga beberapa orang berpendapat bahwa alat musik petik adalah alat yang merupakan sebuah suara yang bisa mengeluarkan bunyi, ketika di getarkan atau dipetik pada bagian senarnya.

Nah, seiring dengan berkembangnya zaman, alat musik petik sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu alat musik petik tradisional dan modern.

Alat Musik Petik Tradisional dan Modern

Selanjutnya kami akan membahas mengenai beberapa contoh alat musik petik yang unik dan menarik. Langsung saja berikut inilah uraian contoh alat musik petik sekaligus dengan cara memainkannya (Terlengkap).

Alat Musik Gitar

alat musik modern gitar, alat musik petik gitar, alat musik petik

pixabay.com

ALat musik Gitar adalah alat musik yang berdawai dan cara bermainnya dengan menggunakan jari-jemari tangan atau sebuah plektrum (alat petik gitar) yang di gesekkan ke senar yang bertujuan untuk menghasilkan suara.

Bunyi yang dihasilkan dari senar-senar yang bergetar. Gitar juga ada beberapa jenis yaitu berupa gitar akustik atau listrik, atau gabungan antara keduanya.

Alat Musik Gitar Bass

alat musik modern gitar, alat musik petik gitar, alat musik petik

pixabay.com

Gitar bass atau elektrik ini (biasa disebut Bass elektrik atau bass saja) adalah alat musik berdawai yang untuk memainkannya perlu menggunakan listrik untuk memperbesar suara dan variasinya.

Penampilannya juga mirip dengan gitar listrik tapi gitar ini lebih memiliki tubuh yang besar, leher yang jauh lebih panjang, dan biasanya memiliki empat senar (dibandingkan dengan gitar pada umumnya yang memiliki enam senar).

Alat Musik Mandolin

Alat Musik Mandolin

Pixabay.com

Mandolin adalah sebuah alat musik tradisional yang masuk tergolong ke dalam golongan alat musik cordophone (berdawai) yang cara memainkannya dengan cara dipetik.

Instrumen Mandolin sendiri memiliki bunti yang kemiripannya dengan alat musik Kecapi yang ada di Cina, Sunda dan Jawa Tengah, namun instrument Mandolin ini memiliki keunikan yang tersendiri yaitu dia memiliki tuts seperti piano yang berguna untuk menghasilkan nada yang diinginkan oleh si pemain.

Mandolin sendiri adalah alat musik yang berasal dari daerah Naples, Italia.

Baca juga : alat musik tradisional

Alat Musik Harpa

alat musik petik, alat musik harpa

kenalibudaya.info

Harpa atau dalam bahasa Inggris sering disebut juga dengan sebutan Harp adalah jenis alat musik yang dipetik. Seringkali alat musik Harpa ini diilustrasikan bersama dengan para malaikat saat sedang memainkannya.

Bentuknya yang begitu tinggi, umumnya alat musik ini berwarna emas, dan memiliki senar.

Biasanya berbentuk dasar seperti segitiga. Seringkali alat musik ini hadir bersamaan dengan orkestra simfoni, dan dilengkapi dengan bersamaan dengan suara vokal, suara flute, atau bisa juga dengan jazz bass dan drum.

Alat Musik Siter

alat musik petik,Alat Musik Siter

id.wikipedia.org

Siter adalah salah satu alat musik tradisional yang cara memainkannya dengan cara dipetik  dan alat musik ini berasal dari pulau Jawa.

Cara memainkan alat musik siter yaitu dipetik pada bagian senarnya dengan menggunakan ibu jari, jari yang lainnya digunakan untuk menahan getarannya yang bertujuan untuk mendapatkan suara yang di inginkan.

Umumnya pemain alat musik Siter ini menggunakan tangan kanan untuk memetik senar dan jari tangan kiri mereka digunakan untuk meredam suara getaran. Siter dan Celempung dimainkan bersama atau dikenal sebagai penerusan.

Alat musik Siter ini berukuran sekitar sampai 40 cm panjangnya, sedangkan Celempung 90 cm.

Dikarenakan alat musik ini mempunyai ukuran yang pas dengan tangan dewasa, maka tidak terlalu sulit jika teman-teman ingin mempelajarinya, bukan berarti mudah mempelajarinya lho ya.

Alat Musik Banjo

Alat Musik Banjo, alat musik petik

moondoggiesmusic.com

Banjo adalah alat musik petik (mendawai) yang dikembangkan oleh budak Afrika di Amerika Serikat, dan merupakan gabungan beberapa alat musik yang berada di Afrika.

Namabanjo ini umumnya dianggap alat musik yang berasal dari istilah Kimbundu, mbanza. Meski demikian, sebuah penelitian menyatakan bahwa istilah ini mungkin berasal dari istilah Senegambia yang menunjuk pada tongkat yang terbuat dari bambu yang digunakan untuk leher alat musik Banjo ini.

Alat Musik Sasando

alat musik sasando, alat musik petik

balaiedukasi.blogspot.com

Alat musik Sasando merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT) yang terbuat dari bambu dan daun lontar. Namun belum banyak yang sudah mengetahui tentang asal mula Sasando ini tercipta.

Pemain dan pembuat Sasando yaitu bernama, Jeagril Paah, mengungkapkan bahwa, Sasando diciptakan pada abad ke-17 tepatnya di Pulau Rote oleh dua orang penggembala domba, dari sebuah wadah kecil yang dipakai pengembala tersebut untuk menimba air.

Dua orang gembala itu kemudian baru tahu atau menyadari bahwa ada suara-suara yang bagus da unik yang bisa dihasilkan oleh alat sederhana tersebut.

Alat Musik Ukulele

alat musik ukulele, alat musik petik

bukalapak.com

Ukulele adalah sebuah alat musik petik yang hampir sama dengan alat musik gitar yang berukuran lebih kecil, sekitar 20 inci, dan merupakan alat musik asli dari Hawaii yang ditemukan sekitar tahun 1879, Alat musik ‘Ukulele’ dalam bahasa hawaii artinya yaitu ‘kutu loncat’.

Dalam sebuah musik keroncong menjadi alat musik utama dengan mengeluarkan suara crong, crong, crong, sehingga musik asli Indonesia tersebut disebut keroncong sejak tahun 1880 lamanya.

Alat Musik Kecapi

alat musik kecapi, alat musik petik

id.wikipedia.org

Alat musik Kecapi merupakan alat musik yang berasal dari Sunda yang biasa dimainkan sebagai alat musik utama dalam Tembang atau lagu-lagu dalam bahasa Sunda atau Mamaos Cianjuran dan kacapi suling.

Rincian unsur nada dalam sebuah kacapi parahu.

Kata kacapi sendiri dalam bahasa Sunda yaitu merujuk kepada tanaman yang bernama sentul, yang dipercaya oleh orang sunda yaitu kayunya bisa digunakan untuk membuat alat musik kacapi.

Alat Musik Gambus

alat musik gambus, alat musik petik

Highlight.ID

Gambus merupakan salah satu jenis instrumental alat musik tradisional yang terdapat hampir di seluruh kawasan khususnya di daerah Melayu.

Alat musik gambus ini sejatinya yaitu berasal dari daerah Timur Tengah. Tetapi secara umum alat gambus sendiri dua dibagi menjadi dua jenis yaitu Gambus Hadramaut dan Gambus Hijaz.

Alat Musik Saung Gauk

Alat Musik Saung Gauk

id.wikipedia.org

Saung gauk adalah sebuah alat musik petik yang berasal dari Kalimantan Selatan. Jika kita lihat dari bentuknya, alat musik saung gauk ini mempunyai bentuk yang melengkung dan pada sisi lehernya juga terdapat semacam hiasan yang sangat khas dari daerah kelimantan sendiri.

Alat musik petik saung gauk ini juga merupakan alat musik yang masih sejenis dengan harpa tradisional yang sangat kuno yang berasal di benua Asia.

Alat Musik Shamisen

alat musik shamisen, alat musik petik

http://japanl0v3r.blogspot.com

Alat Musik Shamisen merupakan alat musik yang masuk pada kategori alat musik petik. Cara memainkan alat musik shamisen ini yaitu dengan cara memetik nya di bagian senar yang bertujuan untuk menghasilkan suara yang nyaring.

Alat musik Shamisen sendiri berasal dari negara Jepang. Alat musik Shamisen ini juga sangat berbeda dengan alat musik pada umumnya yaitu karena hanya memiliki dawai yang berjumlah hanya 3.

Di Negara aslinya yaitu Jepang, alat musik Shamisen ini juga sudah termasuk elemen alat musik yang penting pada seni musik tradisional di jepang.

Yang menjadi ciri khas dari alat musik shamisen ini yaitu terdapat pada bagian tubuhnya yang dibungkus dengan kulit punggung anjing atau kulit perut kucing betina.

Selain itu alat musik shamisen, juga terdapat beberapa yang dilapisi dengan dengan plastik . dalam alat musik ini, terdapat juga tiga jenis seperti badan (Do) , leher (Sao), dan pasak (Itomoki).

Baca juga : alat musik tiup

Alat Musik Harpa

Alat Musik Harpa

Pixabay.com

Sejak jaman dulu, alat musik petik yang bernama Harpa sendiri memang sudah ada. Sehingga, tidak heran lagi jika banyak yang menyebutkan bahwa alat musik Harpa ini menjadi salah satu alat musik petik yang paling tua  di banding alat musik yang lainnya yang ada di dunia.

Hingga sekarang, alat musik petik Harpa ini masih sering pakai pada beberapa pertunjukan atau acara seni musik di beberapa penjuru di seluruh dunia.

Menurut sejarah mengatakan bahwa, alat musik Harpa ini terbuat dari busur panah yang biasanya sering digunakan untuk berburu hewan buas. Setelah itu, alat musik Harpa ini dikembangkan menjadi alat musik yang berguna bagi acara-acara.

Pada umumnya alat musik Harpa ini, jika dilihat dari bentuknya, alat musik ini memang berbentuk segitiga dan berwarna emas.

Uniknya lagi dari alat musik ini yaitu, Harpa juga dapat di mainkan dengan menggunakan tangan atau bahkan sampai bisa menggunakan kaki.

Terdapat juga komponen yang sangat penting yang terdapat pada alat musik ini yaitu  sound board, neck, dan string.

Sedangkan, pada alat musik pada umumnya untuk jumlah dawainya hanya berjumlah 22 buah. Namun, ada juga alat musik Harpa ini yang mempunyai dawai hingga berjumlah  sampai 47 senar.

Alat musik tertua di dunia ini juga sering sekali dimainkan pada saat pertunjukan musik seperti orchestra dan pada umumnya alat musik Harpa ini hanya dimainkan oleh satu orang saja.

Alat Musik Gayageum

Alat Musik Gayageum, alat musik petik

indonesian.wikitree.me

Alat musik Gayageum sendiri memang belum terlalu banyak dikenal oleh masyarakat khususnya di Indonesia. Sebenarnya, pada alat musik yang mirip seperti kecapi ini berasal dari negara Korea. Sedangkan untuk jumlah senar atau dawainya yaitu berjumlah 12 buah senar saja.

Selain itu, alat musik Gayageum ini juga mempunyai 2 jenis yaitu Jeongak dan Sanjo.

Yang menjadi perbedaan dari keduanya yaitu hanya pada bagian pemakaian nya  saja.

Pada umumnya , alat musik Sanjo ini sering digunakan pada acara pagelaran solo. Sedangkan untuk jenis yang Jeongak ini biasanya digunakan pada pertunjukan orkestra.

Selainalat musik gayageum, masih terdapat banyak lagi alat musik petik dari korea yang masih satu jenis seperti geum seul,  geomungo, dan yanggeum Dll.

Alat musik Sanxian

Hasil gambar untuk Alat musik Sanxian

silanesia.com

Alat Musik Sanxian merupakan alat musik dawai yang berasal dari daratan China. Alat musik ini umumnya mempunyai 3 buah senar dawai. Yang menjadikan alat musik ini lebih unik yaitu terdapat pada bahan untuk bagian badannya yaitu terbuat dari kulit ular sanca dan pada leher seperti alat musik gitar.

Alat musik Sanxian ini mempunyai fungsi yaitu biasa digunakan sebagai mengiringi pertunjukan solo dan orkes. Pada abad yang ke 20 terdapat, alat musik Sanxian yang dilakukan modifikasi yang kemudian hanya tersisa 4 senar saja.

Sedangkan, untuk hasil nada yang dikeluarkan yaitu dengan nada perkusi. Sementara alat musik ini persis dengan banjo.

Alat Musik Danbau

Alat Musik Danbau

alatdanmusik.blogspot.com

Asal alat musik yang satu ini yaitu asalnya dari negara Vietnam. Nah, untuk cara memainkan alat musik ini yaitu dengan cara dipetik pada di senarnya.

Alat musik petik ini merupakan alat musik yang mempunyai keunikan tersendiri yaitu memiliki satu kunci nada saja atau cord pada senarnya.

Dari segi tampilannya, alat musik petik Danbau ini juga bisa dikatakan sangat simple sekali. Namun, hanya terdiri dari tongkat senar, bamboo, senar sutra, dan tempurung kelapa.

Seiring dengan berjalannya waktu, alat musik Danbau ini makin dikembangkan sehingga alat musik Danbau seolah tidak lagi termasuk alat musik tradisional melainkan alat musik modern.

Alat Musik Sampek

Alat Musik Sampek, alat musik petik

kamerabudaya.com

Alat musik Sampek merupakan alat musik yang merupakna khas dari Dayak. Alat musik ini biasa dimainkan dengan cara dipetik. Bahan utama dalam pembuatan Alat musik ini yaitu terbuat dari kayu. Namun, kayu yang digunakan ini tidak sembarangan. Tetapi, hanya kayu-kayu tertentu seperti kayu kapur dan kayu ulin.

Pada umumnya, Fungsi alat musik sampek sendiri digunakan sebagai pengiring prosesi acara adat dan juga sebagai pengiring tarian tradisional pada suku dayak. Untuk Jumlah dawai yang digunakan dari alat musik sampek ini antara 3 sampai 6 buah senar.

Sebelumnya, senar yang digunakan pada alat musik Sampek ini berasal dari serat pohon enau. Namun, seiring dengan berjalannya waktu maka, bahan senarnya juga dibuat dari kawat yang berukuran kecil.

Bagian ujung dari alat musik Sampek ini yaitu terdapat hiasan atau ukiran-ukirang yang mencerminkan ciri khas dari suku dayak sendiri, yakni kepala burung elang.

Hal inilah yang menjadi letak keunikan dari alat musik Sampek ini.

Pada umumnya, alat musik Sampek ini biasa dimainkan pada acara rakyat yaitu seperti ritual hasil panen. Fungsi pada utama alat musik sampek ini yaitu sebagai pengiring tarian yang ditampilkan di tengah tengah acara tradisional berlangsung.

Alat musik petik sampek ini juga bisa dimainkan secara satu orang atau banyak orang.

Alat Musik Pipa

Alat Musik Pipa, alat musik petik

sukawu.com

Pipa adalah alat musik yang termasuk alat musik petik murni. Asal mula alat musik pipa ini yaitu dari Tionghoa. Alat musik Pipa ini juga sudah ada pada semenjak era dinasti Qin terdahulu. Ya, kira-kira antara tahun 221-206 SM.

Alat musik pipa ini mempunyai letak keunikan yang spesial yaitu alat musik ini bentuknya mirip sekali dengan buah pir. Sedangkan, dawainya berjumlah hingga 4-5 senar.

Semenjak ada dinasti Tang, alat musik Pipa ini sudah mulai banyak dimainkan oleh beberapa masyarakat. Bahkan, alat musik ini juga banyak digunakan sebagai pengiring acara acara pada kerajaan.

Seiring dengan berkembangnya zaman, alat musik petik Pipa ini terus mengalami modifikasi dan semakin dikembangkan mulai dari jumlah fret, bentuk, hingga cara memainkan nya.

Alat Musik Jentreng

Alat Musik Jentreng, alat musik petik

Notepam.com

Alat musik Jentreng adalah alat musik yang termasuk dalam cara memainkannya dengan cara dipetik dengan jari-jemari. Selain itu, alat musik ini juga sudah tergolong ke dalam alat musik kecapi yang mempunyai jumlah dawai sebanyak hingga 7 buah.

Jika dilihat dengan mata terbuka, alat musik petik yang satu ini memang hampir sangat mirip dengan kecapi pada umumnya.

Adapun bahan yang digunakan dalam pembuatan alat musik ini yaitu cukup dengan menggunakan kayu nangka dan juga bisa menggunakan kayu kembang sebagai bahan dasarnya.

Namun, agar bisa menghasilkan suara yang lebuh bagus, maka cara memainkan alat musik Jentreng ini harus dengan cara dipetik pada bagian toel dengan menggunakan jari kiri dan jari kanan kita.

Baca juga : alat musik modern

Alat Musik Sitar

Alat Musik Sitar, alat musik petik

djarumcoklat.com

Jenis alat musik petik yang berikut ini memang kurang terkenal khususnya di Indonesia. Namun dengan berkembang nya zaman maka, saat ini juga banyak yang memainkannya. Alat musik petik Sitar ini berasal dari Asia selatan.

Karena berasal dari daerah Asia Selatan maka, alat musik Sitar ini paling banyak digunakan untuk mengiringi pertunjukan dalam tarian India dan juga dikolabirasikan dengan menggunakan instrumen dari musik klasik Hindustan lainnya.

Dalam alat musik petik Sitar ini, harus menggunakan dawa yang berjumlah sebanyak 7 buah. Dawai Sitar sendiri, terdiri dari dua jenis yaitu dawai simpatetik dan dawai biasa.

Nah, maka untuk menghasilkan nada yang unik dan menarik maka, alat musik ini terdapat ruang resonansi ground.

Alat Musik Siter

Alat Musik Siter, alat musik petik

id.wikipedia.org

Alat musik petik Siter memang mempunyai nama yang hampir sama dengan alat musik Sitar. Namun, alat musik Siter ini juga merupakan alat musik asli dari Indonesia yang sudah termasuk sebagai alat musik tradisional.

Lebih tepatnya alat ini berasal yaitu dari Jawa Tengah.

Alat musik Siter ini juga sering dimainkan pada beberapa pertunjukan seni musik yang berada di beberapa daerah.

Bentuk ruang penggema pada alat musik ini suaranya yaitu berbentuk trapesium dan pada bagian atasnya juga terdapat bentangan dawai kawat yang cukup panjang.

Jika dibandingkan dengan alat musik kecapi, maka alat musik keduanya bisa dibilang sangat mirip. Namun, yang membedakannya yaitu dengan cara memainkannya.

Alat Musik Japen

Alat Musik Japen, alat musik petik

mamikos.com

Alat musik Japen adalah alat musik yang merupakan musik tradisional dari Indonesia. Yang lebih tepatnya alat musik ini berasal dari Kalimantan Tengah.

Alat musik Japen ini juga mempunyai instrumen yang hampir mirip dengan alat musik kecapi. Bahkan, sampai bunyi nada yang dihasilkan oleh alat ini hampir sama dengan bunyi nada pada alat musik kecapi.

Alat Musik Panting

Alat Musik Panting, alat musik petik

riuhimaji.com

Kalimantan selatan juga mempunyai alat musik petik khas daerah mereka yaitu biasa disebut dengan nama alat musik Panting.

Alat musik  Panting ini termasuk satu jenis dengan alat musik gambus. Awalnya, alat musik panting ini dimainkan dengan secara individu atau perorangan saja. Namun, seiring berjalannya waktu, maka alat musik ini bisa dimainkan secara berkelompok.

Alat Musik Keso-keso

Alat Musik Keso-keso, alat musik petik

alatmusik.org

Alat musik keso-keso adalah alat musik petik yang berasal dari daerah Sulawesi Selatan. Jika dilihat dari bentuknya, alat musik Keso-keso ini memiliki banyak kemiripan dengan alat musik yang berasal dari Jawa yaitu alat musik Rebab.

Alat musik ini juga bisa menghasilkan suara yang enak didengar. fungsi dari alat musik keso keso ini yaitu sebagai pelengkap pada saat upacara keagamaan, penyambutan tamu, dan adat daerah di sulawesi selatan.

Alat Musik Celempung

Alat Musik Celempung, alat musik petik

Notepam.com

Negara Indonesia masih banyak sekali menyimpan beberapa alat musik petik seperti Celempung dan alat musik unik lainnya. Lebih tepatnya alat musik ini berasal dari jawa barat.

Cara memainkan alat musik Celempung ini sama dengan cara memainkan alat musik petik lainnya.

Biasanya, alat musik Celempung ini digunakan sebagai instrumen pelengkap pada pagelaran musik gamelan di daerah jawa barat.

alat musik Celempung ini mempunyai keunikan tersendiri yaitu penyetelan senarnya adalah dengan nada prelog dan bernada slendro pada senar yang lain nya.

Alat musik Celempung ini juga sudah termasuk kedalam alat musik tradisional dari Jawa Barat. Bahkan, hingga sampai saat ini masih banyak dimainkan oleh orang Sunda di beberapa pertunjukan seni di jawa barat.

Alat Musik Mandolin

Alat-Musik-Mandolin

moondoggiesmusic.com

Alat musik Mandolin yang satu ini merupakan alat musik petik yang memang terasa sangat asing sekali di telinga kita.

Cara memainkan alat musik Mandolin ini sama persis seperti ketika memainkan alat musik petik pada umumnya yaitu dengan cara di petik menggunakan jari-jari tangan.

Namun, Jika dibandingkan dengan alat musik gitar maka, jumlah senar mandolin ini jauh lebih banyak. untuk Kegunaaan, alat musik mandolin ini bisa digunakan sebagai pengiring lagu tradisional dan tarian rudat.

Penutup

Itulah ulasan tentang alat musik petik yang kami tuliskan. Dengan beragamnya alat musik petik saat ini, menandakan bahwa dunia ini mempunyai banyak sekali beragam budaya yang sangat unik dan menarik tentunya untuk di ketahui. Khususnya di indonesia tercinta ini.

Maka dari itu, agar wawasan kita semakin Bertambah, maka perbanyaklah Membaca. Ya, seperti membaca artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat.

Terima Kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply