√ 17+ Jenis-Jenis Alat Musik Modern & Cara bermainnya [LENGKAP]

alat musik modern gitar, alat musik petik gitar, alat musik petik

pixabay.com

Alat Musik Modern – Hallo sahabat semua, kembali dengan Elnuha.Net. Nah kebetulan sekali pada kali ini Elnuha.Net akan menuliskan artikel yang membahas tentang jenis-jenis alat musik modern nih. Kira-kira apa aja yaa alat-alat musik  yang akan di ulas oleh Elnuha.Net ini hehe..?

Apakah diantara teman-teman ada yang sudah mengetahuinya? Yaa tepat sekali, salah satu dari alat musik modern yang sangat kerap kita temui dan kita mainkan, kita dengarkan lantunan-lantunan nada yang indah ini adalah alat musik gitar.

Alat musik gitar ini adalah termasuk alat musik modern yang cara bermainnya dengan di petik dan cara ini bisa dilakukan oleh semua daerah, berbeda sekali dengan alat musik pukul tradisional yang hanya  bisa dimainkan di daerah-daerah tertentu saja.

alat musik modern gitar, alat musik petik gitar, alat musik petik

pixabay.com

Gitar ini menjadi sebuah alat musik modern yang paling digemari sekali di kalangan anak muda zaman sekarang ini, mengapa? Karena mempunyai suara atau nada yang begitu merdu sekali, apalagi buat para laki-laki nih yang sudah punya istri sangat cocok sekali buat mengingat masa muda dulu wkwkwk.

Ingat yang sudah punya istri yaa, klo yang blom yaa sabar atuh hehehe 😀

Musik untuk setiap manusia ini memiliki filosofi dan makna-makna tersendiri. Musik ini ada yang memakai untuk membangkitkan rasa semangat yang telah hilang atau bisa juga untuk mencurahkan isi perasaan mereka di dalam musik terebut.

Yukk langsung saja kita simak bareng-bareng tentang penjelasan alat musik modern yang berkembang dengan cepat dari zaman ke zaman:

Jenis-Jenis Alat Musik Modern

1. Alat musik Modern Dawai

alat musik modern gitar, alat musik petik gitar, alat musik petik

pixabay.com

Alat musik dawai yaitu tergolong jenis alat musik yang dapat mengeluarkan suara ketika senar atau dawainya kita getarkan dengan menggunakan jari-jemari kita. Berdasarkan klasifikasi Hornbostel-Sachs yang dipakai dalam Organologi, alat musik tipe ini dinamakan pula dengan jenis suara kordofon.

Terdapat tiga metode yang paling utama agar alat musik dawai ini bisa mengeluarkan bunyi yang merdu untuk didengar, yakni dengan dipukul, dipetik dan digesek.

Berikut ini adalah jenis jenis dari alat musik modern dawai yaitu:

  • Gitar

alat musik modern gitar, alat musik petik gitar, alat musik petik

pixabay.com

Gitar adalah alat musik modern yang banyak diketahui dan diminati sebagian besar dari kalangan anak muda zaman sekarang ini. Cara memainkannya pun lumayan gampang, biasanya dibunyikan dengan memetik senarnya dengan memakai jari ataupun plektrum. Gitar memiliki dua model, yaitu gitar akustik dan gitar elektrik.

Baca juga : alat musik petik

Gitar Elektrik

alat musik modern gitar, alat musik petik gitar, alat musik petik

hidupsimpel.com

Gitar elektrik ini merupakan jenis gitar yang menggunakan beberapa pickup untuk merubah suara atau getaran dari senar gitar menjadi arus listrik yang akan dikuatkan kembali dengan menggunakan seperangkat amplifier dan loud speaker.

Suara gitar listrik ini dihasilkan dari getaran senar gitar tersebut yang mengenai kumparan yang ada di badan gitar yang biasa disebut “pick up“. Terkadang sinyal yang keluar dari pickup diubah secara elektronik atau manual dengan menggunakan gitar effect sebagai reverb ataupun distorsi.

Jenis gitar elektrik ini dikenal luas sebagai jenis gitar yang dipakai untuk intrumen utama di beberapa jenis genre musik zaman now, misalnya saja musik reggae, rock, jazz, pop, country, dan lain sebagainya.

Gitar Akustik

alat musik modern gitar, alat musik petik gitar, alat musik petik

pixabay.com

Gitar akustik ini memiliki ciri ciri umum yaitu dengan terdapatnya lubang pada bagian tengahnya. yang bertujuan agar mengeluarkan bunyi maka kita harus petik senarnya untuk bisa menghasilkan bunyi pada gitar tersebut.

Ketika dipetik maka Getaran senar gitar tersebut akan dialirkan lewat sadel dan jembatan tempat pengikat gitar dan kemudian masuk ke dalam ruang suara.

Suara yang tersimpan dalam ruangan akan beresonansi dengan kayu dalam badan gitar tersebut. Kualitas suara gitar sendiri sejalan dengan kualitas senar dan kayu pada gitar yang di pakai.

Biasanya gitar jenis seperti ini biasa dipakai untuk pertunjukkan solo di sebuah acara-acara nikahan, kelulusan sekolah, dan acara-acara resmi ataupun non resmi lainnya.

  • Biola

alat musik modern gitar, alat musik petik gitar, alat musik petik

pixabay.com

Alat musik biola ini termasuk jenis alat musik dawai modern yang cara membunyikannya yaitu dengan menggeseknya dan menekan senar-senar yang ada di biola untuk menghasilkan suara yang bervariasi dan merdu.

Pada biola ini terdapat ada 4 jenis senar yang masing masing senarnya ini terdiri dari kunci (G,D,A,E). Dan masing masing kunci tersebut harus diatur berbeda dengan menggunakan interval sempurna yang kelima. Adapun kunci yang menghasilkan nada paling rendah yaitu pada biola yang berada di kunci G.

Biola ini biasa dapat dimainkan pada 4 jenis genre musik yang terkenal yaitu jazz, pop, klasik, dan rakyat.

2. Macam-Macam Alat Musik Modern Tiup

Setelah sebelumnya kita membahas tentang alat musik modern dawai di atas, saatnya kita membahas alat musik modern tiup. Berbeda dengan jenis alat musik dawai tadi, alat musik modern ini menghasilkan bunyi dikarenakan adanya getaran pada bibir sipemain ketika alat musik tersebut ditiup.

Di bawah ini adalah daftar alat musik modern tiup :

  • Saksofon

alat musik modern tiup, alat musik tiup terompet, alat musik tiup

pixabay.com

Saksofon adalah merupakan instrumen yang masih tergolong dalam keluarga musik brasswind. Saksofon ini biasa terbuat dari logam yang sudah diolah sedemikian rupa menjadi alat yang cantik suara dan bentuknya dan dimainkan menggunakan single-reed seperti klarinet.

Saksofon yang merupakan ciptaan dari sebuah nama Adolphesax  tepat pada tahun 1846 tepatnya dari negara Belgia, umumnya alat ini dihubungkan dengan popular music, pop band music dan jazz, tapi awalnya ditunjukan sebagai instrumen millter dan band-band orkestra.

  •  Terompet

alat musik modern tiup, alat musik tiup terompet, alat musik tiup

pixabay.com

Terompet ini adalah salah satu sejenis alat musik modern tiup yang terbuat dari bahan baku logam. Terompet ini hanya mempunyai tiga tombol yang berfungsi untuk mengatur sebuah nada pada setiap lubangnya, cara untuk menentukan suara atau nadanya ialah dengan mengatur udara-udara yang masuk kedalam terompet tersebut dengan menekan tombol-tombol tersebut dengan teratur dan benar.

Untuk memainkan alat musik terompet ini kita harus mempunyai napas yang cukup panjang dan kuat untuk meniup terompet dengan jangka panjang.

Jadi untuk kalian yang mau belajar memainkan alat musik terompet ini saya sarankan kalian untuk sering-sering olahraga agar napas kalian bisa teratur dengan baik dan panjang seperti joging dipagi atau sore hari, berenang-renang dan.

Selain dari itu, teman-teman juga harus sering makan-makanan yang sehat dan bergizi tentunya untuk mendapatkan suara yang panjang dan napas yang teratur.

Baca juga : alat musik sasando

  • Harmonika

alat musik modern tiup, alat musik tiup terompet, alat musik tiup

pixabay.com

Harmonika adalah sebuah alat musik modern dimana harmonika ini telah dipakai dari 6000 tahun yang lalu di negara khususnya China yang dikenal sebagai sebutan Sheng. Harmonika ini juga termasuk salah satu alat musik yang cukup mudah untuk dimainkan.

Cara menggunakannya alat musik harmonika ini cukup dengan menempelkan bibir kita kepada lobang-lobang yang berada di tubuh pinggir harmonika tersebut lalu meniupkan angin ke dalam lubang harmonikanya saja sudah menghasilkan sebuah nada yang sangat merdu untuk di dengar.

  • Saxophone

alat musik modern tiup, alat musik tiup terompet, alat musik tiup

pixabay.com

Saxophone adalah sebuah alat musik modern yang berasal dari Negara Belgia dan dibuat oleh seorang nama Adolphe Sax di pada tahun 1840. Oleh karena itu alat musik ini disebut dengan sebutan saxophone. Nah, saxophone ini adalah termasuk golongan dari bagian keluarga alat musik modern tiup bernada yang terbuat dari bahan logam juga yang ekspresi dan jangkauan nadanya cukup tinggi seperti terompet pada umumnya.

Biasanya saxophone ini dimainkan hanya oleh popular musik saja, contohnya big band musik, dan para legenda jazz lainnya.

Namun, dulunya alat musik ini hanya digunakan untuk mengiringi sebuah musik yang mana sebagai instumen orchestra dan band-band militer.

  •  Pianika
alat musik tradisioanal piano

pixabay.com

Alat musik pianika adalah termasuk alat musik melodi yang merupakan alat musik yang sekeluarga dengan piano tapi hanya berbeda cara memaikannya.

Pianika biasa dimainkan dengan cara ditiup di bagian selang yang di sambungankan ke pianika tersebut. Warna-wana untuk di tekan nadanya ada yang berwarna putih untuk nada-nada asli (natural) dan ada yang berwarna hitam-hitam untuk memainkan nada-nada kromatis.

Untuk menambah wawasan kamu silahkan baca pengetian alat musik tradisional yang sudah saya tuliskan di artikel sebelumnya

Baca juga : alat musik tradisional

PENUTUP

pixabay.com

Nah, demikianlah artikel yang membahas tentang alat musik modern yang dilengkapi dengan cara memainkannya agar kalian semua mengetahui tentang cara memainkan alat musing pada masing-masing jenisnya. terimakasih dan semoga bisa bermanfaat.

Kamu juga bisa baca jenis-jenis alat musik tradisional yang sudah saya tulis di artkel sebelumnya, rugi deh klo gak baca hehe.. 😀

Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada teman-teman semua yang telah membaca artikel ini hingga selesai.

Sampai bertemu kembali dengan postingan yang berikutnya, …bye-bye????

 

 

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply